Baju Koko untuk Anak

Post a Comment
Kalau pas lebaran terus lihat anak cowok pakai baju koko, saya mesti ngebatin, “Cakepnya…” Iya, rasanya ngelihat anak cowok pakai baju koko itu langsung kepikir anak soleh.

Baju koko sering identik dengan baju muslim untuk laki-laki. Seringnya sih bisa kita lihat sebagai baju yang kerap dipakai salat. Meski di kemudian hari, baju koko akhirnya sering juga kok dipakai para pria untuk berbagai kesempatan yang cenderung resmi.

Dari hasil browsing, baju koko ini konon katanya asal muasalnya dari baju Tionghoa yang diadopsi oleh masyarakat betawi. Kata ‘koko’ sendiri adalah sebutan kakak laki-laki dalam bahasa Tionghoa. Seiring waktu, baju koko juga ada yang menyebut dengan baju takwa.

Tak hanya untuk baju pria dewasa, baju koko juga cakep lho kalau dipakai anak-anak. Apalagi momennya saat lebaran. Dipakai salat Id bisa, untuk berkunjung ke rumah sanak dan tetangga pun pantas.

Meski untuk model dari dulu sampai sekarang baju koko untuk anak tidak begitu banyak model seperti baju gamis pada anak perempuan, tetap ada beberapa pertimbangan nih yang bisa dipakai dalam memilih baju koko untuk anak laki-laki.

1. Bahan tetap jadi pembahasan utama ya. Pilih bahan yang nyaman untuk dipakai anak. Apalagi anak cowok kan biasanya banyak tingkahnya dan cenderung lebih banyak berkeringat. Jadi, pilihlah bahan yang bagus menyerap keringat saat dipakai anak.

Selain itu, jika bisa pilih bahan yang nggak gampang terlihat kusut. Ya itu tadi, karena anak cowok banyak geraknya. Kalau bajunya gampang kusut kan kurang enak dilihat jadinya.

2. Untuk ukuran, pilih yang ukurannya longgar tapi tidak berkesan kebesaran buat anak. Sekali lagi, karena anak cowok cederung aktif bergerak.

3. Urusan jahitan dalam juga buat saya jadi pertimbangan. Sebisa mungkin, pilih baju koko yang jahitan dalamnya rapi dan tidak kasar saat bergesekan dengan kulit anak. Sehingga anak nyaman saat memakainya.

4. Kalau tentang model dan corak, lihat bentuk tubuh anak ya. Kalau anaknya badannya besar atau gemuk, pilih baju koko yang bentuk dan coraknya lebih simpel. Sedangkan warnanya bisa dipilih yang lebih gelap.

5. Mau lengan panjang atau pendek ya? Kalau menurut saya sih tergantung bajunya nanti akan sering dipakai untuk apa, ke mana, dan kapan. Apakah hanya untuk salat, atau untuk kegiatan yang bisa memakan waktu seharian.

Atau kalau bingung, kan banyak juga tuh model baju koko yang lengannya bisa diatur panjang atau pendek. Kalau pendek, tinggal dilipat dan dikaitkan dengan kancing saja deh.


6. Urusan kerah di bagian leher juga perlu diperhatikan lho ya. Jangan sampai ketika maunya kancing ditutup semua, eh ternyata terlalu ketat di leher. Atau kalau mau lebih aman, bisa juga pilih baju koko yang memang sudah terlihat longgar bagian kerahnya.



Setelah browsing sana-sini, kalau saya sendiri sih suka sama beberapa model baju koko anak yang ada di Matahari Mall dot com. Modelnya tuh lebih bervariatif baik corak, maupun warnanya.

Kalau menurut saya, ini beberapa model baju koko anak yang simpel dan terlihat elegan. Lebih cocok untuk dipakai saat salat ya sepertinya.











Sedangkan kalau beberapa model yang ini terlihat warna-warni dan kesannya ceria. Pas nih dipakai buat acara berkunjung ke sanak saudara atau tetangga saat lebaran.









Sedangkan yang bercorak ini menurut saya berpaduan dari dua yang di atas. Kesan elegannya dapat, dan juga khas dengan keceriaan anak-anak.






Oke deh, itu tadi bahasan saya tentang baju koko untuk anak. Barangkali pas bisa sebagai bahan pertimbangan memilih baju koko untuk momen lebaran atau yang lainnya.


Related Posts

Post a Comment

Popular