Ingin dapat Pinjaman Online yang Aman, Yuk Perhatikan Beberepa Hal Penting Ini

21 comments


Terkadang kita dihadapkan pada kebutuhan dana untuk keperluan tertentu. Namun saat menemui jalan buntu dan kita kesulitan meminjam pada orang lain, pinjaman online yang aman bisa jadi solusinya.

Padahal kebutuhan akan dana pinjaman berbentu tunai tersebut bisa jadi begitu mendesak. Misalnya, kita membutuhkan segera dana untuk biaya berobat keluarga, untuk keperluan pernikahan, atau biaya pendidikan anak.

Ada juga kebutuhan yang sifatnya tidak begitu penting tapi kok ya diperlukan juga. Misalnya untuk membeli sepeda motor, atau sebagai tambahan dana usaha.

Pinjaman online yang aman bisa jadi alternatif solusi dari masalah mendesaknya keperluan mendapatkan dana bantuan. Ada beberapa kelebihan yang bisa didapatkan jika mengajukan pinjaman keuangan secara online, terutama jika membandingkannya dengan lembaga keuangan lain pada umumnya.

1. Dibandingkan dengan pinjaman melalui bank, jasa pinjaman dana online tidak memerlukan syarat BI checking dan kartu kredit. Proses pencairannya pun bisa lebih mudah dan cepat.

2. Selain itu, jasa pinjaman dana online tidak lagi memerlukan seluruh persyaratan dan prosedur pinjaman yang biasanya harus dilakukan dengan komunikasi langsung. Bahkan, wawancara kelayakan kredit yang kita ajukan bisa dilakukan hanya melalui komunikasi telepon, lho. Ini sangat menguntungkan untuk siapa saja yang memiliki kesibukan dan kesulitan jika harus diminta pergi langsung ke kantor jasa pinjaman dana online.

3. Jika kita memiliki aset yang bisa digunakan sebagai jaminan, maka kita berpeluang mendapatkan suku bunga yang lebih rendah. Karena, pihak jasa pinjaman dana online memperhatikan risiko dana pinjaman yang kita ajukan. Selain itu bila sewaktu-waktu kita kesulitan melunasi pinjaman keuangan, maka kita bisa mengajukan permohonan penawaran memperpanjang waktu pinjaman.

4. Masa tenor yang diberikan bisa cukup panjang. Maksimal bisa selama 20 bulan.

5. Suku bunga di jasa pinjaman dana online biasanya lebih rendah dibandingkan lembaga keuangan pada umumnya. Dengan catatan, memperhatikan juga ada tidaknya jaminan yang bisa kita ajukan.

Agar kita bisa mendapatkan pinjaman online yang aman, ada beberapa hal penting yang perlu kita perhatikan terlebih dahulu. Yuk simak apa saja di poin-poin berikut ini.

1. Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan atau OJK

Jika berkaitan dengan apapun yang berhubungan dengan lembaga keuangan, kita mesti memperhatikan apakah lembaga keuangan tersebut terdaftar atau tidak di Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.

Kalau sebuah lembaga keuangan terdaftar di OJK, artinya lembaga keuangan tersebut resmi dan jelas hukumnya. Ia pun harus menaati aturan yang sudah ditetapkan oleh OJK.

Kita yang akan jadi nasabah di jasa pinjaman dana online itu pun bisa merasa aman saat meminjam uang. Misalnya, dari etika kurang baik saat terjadi penagihan pinjaman yang mereka lakukan pada kita.

Jangan mudah tergiur dengan kata-kata pinjaman langsung cair atau tanpa agunan sama sekali. Perhatikan dan telitilah terlebih dahulu sebelum kita memutuskan untuk meminjam dari lembaga keuangan tersebut.

2. Syarat yang Perlu Diajukan

Perhatikan juga apa saja syarat yang dibutuhkan untuk bisa mendapatkan kredit dari jasa pinjaman dana online. Karena, hal ini bisa memengaruhi cepat lolos atau tidak diterimanya pinjaman yang kita ajukan.

Syarat-syarat yang dibutuhkan pada umumnya adalah fotokopi KTP, Kartu Keluarga, dan slip gaji. Terkadang pihak lembaga keuangan yang menawarkan pinjaman online ini juga bisa jadi meminta kita menunjukkan fotokopi BPKB kendaraan atau kartu kredit. Syarat ini bisa tergantung dari jenis dana pinjaman yang kita ajukan.

3. Pencairan yang cepat

Jika kita mengajukan pinjaman untuk kebutuhan yang mendesak, perhatikan juga seberapa lama dana pinjaman kita bisa segera diputuskan dan dicairkan dari jasa pinjaman dana online tersebut.

Lantas apa saja pinjaman online yang bisa berpeluang didapatkan oleh masyarakat yang membutuhkan? Berikut ini macam-macamnya berdasarkan tujuan pembiayaan, jumlah pinjaman, agunan, suku bunga, dan jangka waktu angsurannya.

1. Kredit Tanpa Agunan atau KTA

Namanya saja kredit tanpa agunan, maka pinjaman online yang kita ajukan pun biasanya tidak meminta agunan aset. Tapi, biasanya diperlukan kepemilikan kartu kredit sebagai bagian dari persyaratan pengajuannya.

2. Kredit karyawan

Untuk siapa saja yang berstatus karyawan aktif di sebuah perusahaan, bisa mengajukan kredit di poin ini. Biasanya syarat yang dibutuhkan adalah SK pengangkatan kerja dari dan slip gaji dari perusahaan.

3. Kredit Kendaraan Bermotor atau KKB

Bagi yang memerlukan tambahan dana untuk membeli kendaraan bermotor, kredit jenis ini bisa jadi solusinya.

4. Kredit Pemilikan Rumah atau KPR

Tak hanya melalui jasa perbankan, lewat jasa pinjaman dana online pun kita bisa berpeluang mendapatkan dana pinjaman untuk memiliki rumah seperti yang kita inginkan

5. Pinjaman usaha

Merasa butuh tambahan modal untuk usaha, kita bisa mengajukan juga pinjaman usaha ke jasa pinjaman dana online.



Saat ini, pinjaman online yang aman bisa kita dapatkan lewat beberapa financial technology. Untuk bisa mendapatkannya, coba saja berkunjung ke https://www.cekaja.com/kredit/pinjaman-online. di sana kita bisa mendapatkan kemudahan secara online dengan membandingkan dan mendapatkan pinjaman online yang memiliki bunga terendah juga proses tercepat.

Yuk baca juga:
- Tips bagaimana mendapatkan kredit motor yang murah
- Tips berbelanja dengan cara yang pintar
- Mengatur keuangan untuk mereka yang sedang menyiapkan kehadiran buah hati

Related Posts

21 comments

  1. kalau mau minjem onlen memang harus ati2 bangeeett...
    sekarang banyak pisan yang pinjaman onlen tapi sebenernya lintah darat digital -__-"

    ReplyDelete
  2. Mirip pegadaian ya mba? Aku baru tau ini. Lgsg buka info di link yg mba kasih.

    ReplyDelete
  3. Wah, serius ini ada pinjaman online.. Lumayan nggak ribet juga ya mbk prosedurnya, nggak perlu datang langsung, wawancara juga By Phone.

    ReplyDelete
  4. Wah mbak baru tahu aku ini mbak ada pinjaman online yang aman tapi aku untuk sekarang berprinsip gak boleh pinjam uang heheh

    ReplyDelete
  5. harus disiplin ya kalaumenggunakan pinjaman online apalagi sekarang mudah banget mendapatkannya. Cuma kalau sudah menunggak sekali aja menyeramkan

    ReplyDelete
  6. yang utamanya ada di bawah pengawasan OJK ya mba jadi aman. emang sekarang mudah banget ajuin pinjaman online ini

    ReplyDelete
  7. Pantesan banyak peminat karena prosesnya lebih cepat. Tetapi, memang tetap harus hati-hati, ya

    ReplyDelete
  8. sekarang ini untuk kredit udah mudah banget yaa, Mba. Bahkan untuk kredit pun bisa dilakukan secara online tapi memang sebagai calon nasabah kita harus pandai-pandai memilih tempat peminjaman biar gak salah langkah

    ReplyDelete
  9. Senangnya jadi konsumen zaman now!

    Saat ini berbagai brand semakin inovatif, jadi mau tak mau, suka tak suka kita dituntut harus selektif.

    Harus bijak memilih sesuai kebutuhan bukan keinginan, termasuk memilih pinjaman online yang aman.


    ReplyDelete
  10. Bener banget Mbak, harus hati-hati memilih pinjaman online ya.... Soalnya tahun kemarin sudah banyak banget aplikasi yang diblacklist OJK. Dan beritanya serem-serem juga ya yang beredar....

    ReplyDelete
  11. aku suka nih di cekaja, bisa mendapatkan informasi seputar pinjaman online juga dimudahkan untuk melakukan pinjaman, mmg skrg lbh bagus melakukan pnjaman scra online asal ada OJKnya ketimbang ke bank

    ReplyDelete
  12. Jadi inget kalo akutu termasuk orang yang males minjem-minjemin duit *tutup muka pake wajan. Soalnya dari pengalaman pada susah giliran bayar sih *ngeles XD Jadi, ntar aku bisa share aja ya kalo ada yg minjem, solusinya bisa di Cekaja aja. Tfs Mbaa :D

    ReplyDelete
  13. Belum pernah nyoba pinjem online begini, tapi minjem duit temen via chat pernah dan duitnya ditransfer wkwkwk aku udah percaya sama cekaja. mbak. Karena banyak temenku yang udah membuktikan kinerja cekaja

    ReplyDelete
  14. Wah informatif nih mbak. Soalnya kan sekarang banyak banget tawaran kredit online. Kita harus hati2 kalo ga mau terjerumus hutang

    ReplyDelete
  15. Jaminan dari OJK itu penting banget ya mba.. aku masih belum 100 persen percaya dengan platform online sejujurnya

    ReplyDelete
  16. Kalau sdh terdaftar di OJK sdh relatif lebih aman ya walau tetap hrs lebih hati2..blm pernah nyoba tapi semoga jgn sampai pinjem deh suka jd beban..hehe

    ReplyDelete
  17. Wah, noted banget nih tipsnya. Walau pun aku masih takut dengan pinjol ini. Soalnya lihat ke hapeku banyak masuk sms dari pinjol yang minta aku ngingetin temenku yang nunggak.Semoga yang pake produk pinjol, pada bijak ya. Uangnya buat hal produktif. Biar gak nunggak.

    ReplyDelete
  18. Semoga banyak pihak yang terbantu untuk modal usaha dengan adanya layanan pinjaman online gini ya. Karena kadang kalo pinjam di lembaga keuangan perbankan harus ada jaminan

    ReplyDelete
  19. Makin marak dan menjamur aja ya mbak pinjaman2 online sekarang ini. Memang penting bagi kita sebagai konsumen untuk lebih selektif. Pilih sesuai kebutuhan dan tentu yang aman.

    ReplyDelete
  20. Sekarang ini, ketika butuh dana darurat, banyak sekali jalan untuk bisa mendapatkan pinjaman. Kalau malu pinjam secara offline, secara online pun bisa yaa.. Tapi harus hati-hati banget, soalnya kemarin sempat ada yang menunggak cicilan dan semua nomor yang ada di kontaknya disatukan dalam satu grup WA. Ya Allah, yang kayak gini mungkin yang belum terdaftar di OJK yaa..

    ReplyDelete
  21. Baru tahu info peminjaman secara online ini, semoga bisa membantu masyarakat ya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular