ASUS VivoBook Pro F570, Teman Kerja dan Bersenang-senangnya Mom Blogger

16 comments

Work hard. Play hard. (Kata Wiz Khalifa, yang sudah diyakini banyak orang sebelum Om Wiz bikin lagu tahun 2012)  

Sejak menikah, saya memutuskan tidak lagi bekerja di luar rumah. Pikir saya, enakan melakukan sesuatu yang bisa dikerjakan di rumah saja deh sambil mengurus keluarga.

Awalnya menekuni menjadi penulis cerita anak. Namun seiring waktu, saat melihat banyak teman penulis menekuni dunia blogging, saat banyak majalah anak berguguran tak lagi terbit, akhirnya saya pun mengikuti hembusan angin. Jadi ikut arus deh menjadi blogger.

Baca cerita saya yang lain juga yuk, tentang ASUS Laptopku, Sahabat Bekerja dan Berkaryaku Sejak Dulu

Katanya, blogger seperti saya ini disebutnya mom blogger. Istilah ini dipakai untuk mereka yang berstatus ibu-ibu dan ngeblog. Bahasan blognya kebanyakan seputar pengasuhan anak atau parenting, wanita, atau keluarga.

Seiring waktu saya baru sadar, kalau kerjaan mom blogger ini buntutnya juga bisa menjadi buzzer atau influencer. Jika dulu saat jadi blogger sejak tahun 2006 aktivitas yang saya tahu kalau mengisi blog itu ya cuma menulis, sekarang ternyata bisa lebih dari itu. Blogger zaman sekarang bisa punya nilai plus kalau jago fotografi, membuat infografis, dan bikin video sebagai pelengkap tulisan.

perbedaan-blogger-buzzer-influencer
Perbedaan blogger, buzzer, influencer

Lantas, apa yang sudah saya lewati dan rasakan sejak menekuni profesi blogger beberapa tahun terakhir?

Seperti bayangan sebelumnya, pekerjaan ini memang fleksibel bisa dilakukan di rumah. Sesekali saya yang sekarang tinggal di Lamongan, meliput kegiatan yang seringnya diadakan di Surabaya.

Enaknya jadi mom blogger itu, saya bisa beraktivitas dengan anak yang bisa dilakukan sekaligus membuat bahan untuk diisi ke blog, Youtube, Instagram, atau Facebook.

Misalnya aktivitas membuat cerita dari mainan punya anak yang saya abadikan lewat foto dan atau video. Anak senang dapat main sama emaknya, emaknya pun bahagia dapat bahan buat media sosialnya. Yuhuuu! Sekali dayung, dua tiga benua pun terlampaui.

channel-youtube-cerita-anak-ceria
Channel Youtube milik saya yang bernama Cerita Anak Ceria

Urusan menyiapkan isi blog atau media lainnya biasanya dilakukan saat anak sedang tidur atau saat ia main ke tempat mbahnya. Lebih seringnya, ya saat malam hari menemani jam kelelawar cari makanan.

Kalau begadangnya sampai dini hari sehingga jam tidur berkurang, biasanya ditebus besok harinya saat menemani anak tidur siang. Yap, lebih tepatnya… tidur pulas bersama anak!

Terkadang ada juga tawaran dari pihak lain yang berisi sepaket kewajiban, misalnya dari pihak produk kecantikan, kesehatan anak, asuransi, atau yang lainnya. Mereka meminta saya membuat tulisan di blog, kadang ditambah harus bikin foto atau video untuk dimuat di Instagram atau Youtube, kadang ditambah juga main twitter untuk mengejar trending topic.

Urusan kerja kadang bahkan bisa harus saya kerjakan sambil jalan-jalan keluarga lho. Yuk baca tulisannya di sini: Bikin Asyik Liburan Sambl Kerja dengan ASUS ZenBook UX391UA

Meski kelihatannya saya tidak bekerja di luar rumah, tapi itulah yang biasanya saya lakukan. Dan di luar sana, buanyak juga para wanita seperti saya, yang kelihatannya ibu rumah tangga, yang aslinya sudah melewati jenjang kuliah bahkan hingga S2, dan memilih kerja di rumah sebagai mom blogger.
  
Pernah saya dengar dari teman, kenapa banyak perusahaan yang memilih bekerja sama dengan blogger dari pada iklan dan membayar artis. Karena ternyata, jangkauannya ke masyarakat lebih luas dan mengena.


cara-kerja-mom-blogger

Misalnya saja produk susu yang bekerja sama dengan para mom blogger. Para mom blogger seperti saya dan teman-teman lain bisa menyebar cerita tentang bagaimana pengalaman memakai produk itu ke teman-temannya lewat media sosial.

Intinya bisa dibilang, pekerjaan ini memang kelihatan santai, tapi ya perlu keseriusan. Waktu pengerjaannya fleksibel, tapi kerap dituntut dengan deadline. Saking fleksibelnya, sampai-sampai harus dilakukan di jam istirahat kebanyakan orang.

laptop-asus-yang-sudah-menemani-kerja-hingga-lebih-dari-tujuh-tahun
Saya dan laptop ASUS yang sudah menemani aktivitas kerja saya hingga lebih dari tujuh tahun.


Cara Bersenang-senang di Rumah a la Mom blogger


Untuk menjaga kewarasan jiwa dan raga sebagai mom blogger, biasanya sih kalau saya dan teman-teman mom blogger lain, suka punya me time di sela-sela mengurus keluarga dan pekerjaan yang bisa dilakukan di rumah.

Ya biarpun hiburannya nggak melulu harus bisa rekreasi ke mana atau belanja di mana, yang penting di rumah pun tetap perlu ada hiburan. Dan berikut ini hasil pengamatan saya dari media sosial tentang bagaimana me time teman-teman mom blogger di rumah.

1. Nonton video

Hiburan murah meriah yang paling memungkinan dan banyak dilakukan para mom blogger adalah… nonton video! Ada yang hobinya nonton ceramah, film yang kebanyakan pada memilih nonton drama korea alias drakor, atau film lainnya. Untuk media yang dipakai bisa menggunakan hp atau kebanyakan menggunakan laptop.

Yang namanya the power of emak-emak, mesti bisa lah ya multitasking dengan prinsip tadi, sekali dayung dapat melewati banyak benua. Kegiatan menghibur diri ini pun bisa lho dilakukan sambil setrika. Bahkan di saat tengah malam hingga dini hari!


setrika-sambil-nonton-pakai-laptop-asus
Salah satu the power of emak-emak dalam multitasking: setrika sambil nonton di laptop!

2. Mendengarkan musik

Pilihan lain untuk menghibur diri adalah mendengarkan musik sambil melakukan kegiatan domestik. Masak, cuci baju atau nyupir alias nyuci piring, bersih-bersih rumah, akan makin meriah kalau ada alunan musik yang didengar.

3. Main game

Alternatif lain, main game, bersama anak, atau anak yang diminta ngalah dan sebetulnya emaknya lah yang mau main, atau anak main tapi digerecoki sama emaknya yang punya strategi lain di game tersebut.

Uhuk, kalau yang terakhir itu sih saya yang ngacung! Hahaha…

4. Baca buku

Hiburan lain, baca buku. Yang kalau sekarang, versinya bisa juga baca bentuk digital di media elektronik seperti laptop, tablet, atau hp.

5. Mengikuti gosip

Bwahaha… yang terakhir ini beneran lho. Kayak pas ramai-ramainya berita Mbak Bulan dengan yang udah nikah lalu bertagar Restu. Itu ada dari kami yang sampai ngekepoin mulai dari berita gosip, Instagram, hingga acara tv. Bahkan, sampai bikin meme dan infografisnya segala!

Mengikuti berita sampai ngebahasnya di media sosial ini hiburan banget. Bisa bikin kami melupakan sejenak besok mau masak apa, dalam waktu dekat ada deadline nulis apa, sampai menyatukan suara antar teman yang beda dukungan pilpres nanti!

Jadi ya itulah tadi hasil pengamatan saya terhadap teman-teman yang melakukan aktivitas serupa sebagai mom blogger, yang beberapa juga saya lakukan, dan bagaimana kami bisa menciptakan hiburan sendiri di rumah.

Kenalan dengan ASUS VivoBook Pro 570


Urusan perangkat buat kerja dan senang-senang, kayaknya ASUS kok ya mengerti banget kalau di dunia ini ada orang-orang seperti saya dan teman-teman mom blogger yang punya prinsip work hard play hard.

Dan sebetulnya nggak hanya blogger atau mom blogger, kebanyakan para pekerja millenial zaman sekarang kalau saya perhatikan, memang sangat membutuhkan perangkat terutama laptop yang bisa serius dipakai kerja dan sungguh-sungguh kalau diajak bersenang-senang.


asus-vivobook-pro-f570
ASUS VivoBook Pro F570

Laptop yang asyik dipakai buat keduanya itu bernama ASUS VivoBook Pro F570. Ada si otak alias CPU dengan bertenaga AMD Ryzen Mobile, dikasih teman GPU handal dari NVIDIA GeForce GTX 1050 untuk bikin ciamik tampilan grafisnya.

Yuk, baca dulu spesifikasi lengkapnya bisa disimak di sini.


spesifikasi-asus-vivobook-pro-f570
Sumber: press release ASUS VivoBook Pro F570

Dengan spesifikasi tersebut, ada empat kelebihan yang kali ini ditonjolkan ASUS pada VivoBook Pro F570 dibanding laptop lainnya.

1. Andal Dipakai Kerja

ASUS VivoBook Pro F570 bisa dibilang laptop pertama dengan prosesor dari AMD Ryzen 5 atau Ryzen 7, dan kartu grafis dari NVIDIA GeForce GTX 1050.

Manfaatnya menggabungkan CPU dan GPU ini bikin ASUS VivoBook Pro F570 mendukung produktivitas dan pekerjaan sehari-hari, multi-tasking, dan atau penggarapan konten seperti bentuk pembuatan tulisan dan infografis atau edit foto dan video. 


asus-vivobook-pro-f570-andal-dipakai-kerja

2. Audio Sonic Master ASUS X Series Didukung oleh Prosesor


Laptop ASUS VivoBook Pro F570 punya audio yang sangat jernih karena menggunakan teknologi Sonic Master, perpaduan khusus perangkat keras dan perangkat lunak pintar. Teknologi ini sendiri dirancang agar memberi kontrol audio penuh untuk suara yang keren saat kita melihat film, mendengarkan musik, atau main game. 

3. Tampilannya Elegan


Bagian chasisnya ASUS VivoBook Pro F570 ni unik karena pakai warna stunning finish dengan lightning blue edges. Bodinya eye catching dan elegan, dengan warna biru mengkilat di bagian logo dan pinggirannya digabungkan dengan brush finish pada seluruh bodi.


penampilan-asus-vivobook-pro-f570
Penampilan ASUS VivoBook Pro F570

4. Fingerprint Sensor


ASUS VivoBook Pro F570 sudah preinstall Windows asli, lho. Lalu seperti laptop ASUS lainnya, VivoBook Pro F570 ini dilengkapi fingerprint yang sudah didukung Windows Hello. Urusan login pun jadi cepat dan aman.


fingerprint-sensor-pada-vivobook-f570

Buat saya, merek ASUS itu sudah kayak cinta pertama dan cinta sejati deh. Yuk baca tulisan saya tentang itu di sini: Sebuah Kisah Klasik untuk Laptop ASUS Masa Depan yang Lebih Produktif

ASUS VivoBook Pro F570 sebagai Penunjang Kerja dan Hiburan


Kalau tadi kelebihan ASUS VivoBook Pro F570 yang jadi unggulannya, saya pun punya pertimbangan tersendiri, kenapa laptop ini memang pantas jadi sohibnya mom blogger dalam urusan kerja dan senang-senang.

1. Kapasitas penyimpanan yang besar


ASUS VivoBook Pro F570 menyediakan penyimpanan kecepatan tinggi yaitu SSD M.2 SATA3 berkapasitas 256GB pada VivoBook Pro F570 versi AMD Ryzen 7 dan juga dilengkapi oleh harddisk berkapasitas ekstra 1TB 5400rpm. Sedangkan untuk versi Ryzen 5, ASUS VivoBook Pro F570 hanya dilengkapi oleh harddisk 1TB namun bisa ditambahkan SSD M2 jika dibutuhkan.

Dijamin, saya nggak perlu lagi ribut cari external hard disc atau takut laptop jadi lemot karena kebanyakan menyimpan foto, video hasil rekaman aktivitas si kecil, atau file film korea deh. Uhuk!


storage-yang-besar

2. Kenyamanan Mata


Layar ASUS VivoBook Pro F570 berukuran 15,6 inci yang mendukung resolusi FullHD rasio 16:9 dengan resolusi 1920x1080 pixel. Tingkat kecerahan layar 200 nits dan menggunakan panel jenis anti-glare. Jadinya nyaman deh kalau digunakan dalam kondisi pencahayaan apapun.

Biar tambah nyaman saat kerja atau menikmati konten multimedia, ASUS memasukkan fitur teknologi ASUS Eye Care Technology yang mengurangi pancaran sinar warna biru sampai 33 persen.

Jadi meski berjam-jam lihat laptop karena urusan kerja, nonton film, atau main game, mata bisa tetap nyaman dengan keberadaan pengaturan cahaya di ASUS VivoBook Pro F570.

Malah kalau dipakai di ruangan gelap, ASUS VivoBook Pro F570 menyediakan fitur backlit pada keyboard chicklet full size yang digunakan.


backlit-keyboard
Backlit Keyboard. Sumber foto: ASUS

Tuh, pas banget kan buat para pekerja kreatif yang kebanyakan kerja di malam hari. Kayak saya gini nih, yang biasanya ngeblog, edit foto atau video, sambil nemenin anak tidur di kondisi kamar yang temaram. 

3. Mengedit Foto atau Video Jadi Nggak Salah Warna


Di urusan multimedia, VivoBook Pro F570Z punya fitur ASUS Splendid software tuning yang bikin warna di tampilan layar lebih konsisten dan akurat. Fitur ini mengoreksi warna yang diterapkan sejak awal, serta software pengaturan untuk memastikan warna yang ditampilkan tetap konsisten dan akurat.

Untuk kemudahan konfigurasi, ASUS Splendid punya empat mode dan optimalisasi untuk jenis konten yang berbeda. Kalau merasa masih kurang pas, ada juga Mode Manual untuk menyesuaikan pengaturan tampilan dengan kebutuhan kita saat menggunakannya.

Yang beginian ini saya butuhkan banget kalau pas bikin infografis. Nggak ada lagi kejadian nggak pas warna.



asus-splendid-software-tuning
ASUS Splendid Software Tuning. Sumber foto: ASUS

4. Memanjakan Penggunanya yang Hobi Nonton Film atau Main Game


VivoBook Pro F570Z juga memiliki fitur ASUS Tru2Life Video yang bisa meningkatkan tampilan warna. Biasanya teknologi ini ada di pesawat televisi, lho.

Fitur ini menggunakan algoritma software cerdas untuk mengoptimalkan ketajaman dan kontras setiap frame video, sehingga video tampak lebih jernih, detail, dan realistis.

Selain itu fitur ini juga mampu meningkatkan kontras hingga 150 persen lebih tinggi dan menampakkan detail yang tersembunyi di area gelap sementara pada saat yang bersamaan juga menjaga ketajaman dan detail warna di area lain sehingga hasilnya menjadi  tampak lebih indah. 


teknologi-tru2life
Teknologi Tru2Life. Sumber foto: ASUS

Me time dengan nonton film sendiri di rumah jadi makin asyik. Coba kalau di bioskop, kan nggak bisa nonton sambil setrika! Hahaha... Beginilah nasib orang yang nggak percaya laundry. Setrika melulu hobinya!
Tuh, beneran emang ASUS VivoBook Pro F570 memang diciptakan untuk kerja dan bersenang-senang ya. Kalau pakai laptop ini, work hard play hard bisa diganti jadi work smart play hard, deh. Ya iyalah, kerjaan kita bisa diselesaikan dengan cepat dan tepat karena keberadaan teknologi ASUS VivoBook Pro F570 dengan berbagai fiturnya yang sangat menunjang.

Dan endingnya, bisa cepat senang-senang kemudian…

Related Posts

16 comments

  1. Selalu ada waktu ya buat para moms untuk mengikuti gosip terkini. Hehe. Memang ada sensasi sendiri kalau mengikuti info orang-orang terkenal.

    ReplyDelete
  2. Duuuh... Memang laptop ASUS VivoBook Pro F570 ini lengkap performanya ya mba dan sangat mendukung pekerjaan blogger untuk menghasilkan konten2 yang menarik.

    ReplyDelete
  3. iiiihhh aku ngga fokus sama infografik nya hahahaha kereeeennn

    ReplyDelete
  4. Keren banget ya laptop ASUS. Desain grafisnya keren juga nih. Btw, aku juga suka baca ebook di notebook ataupun hape. Biar lebih hemat sih. Dan lebih suka nonton film atau video lewat notebook atau hape. Emak2 jaman now keren ya bisa mendapatkan penghasilan melalui blog.

    ReplyDelete
  5. wkwkwkwk.. mbaakk, awas bajunya gosong tuh, saya gak berani deh nonton sambil nyetrika, dulu pernah, 2 kali malah.
    Saya nyetrika di lantai gitu gara2nya mau nonton sekalian.
    Eh yang ada, paha saya kesetrika juga langsung melepuh hiks

    Btw saya juga mupeng ama ASUS vivabook ini.
    Buat gantiin laptop uzur saya.
    Gak enak banget kerja sambil lola itu, ngabisin waktu banget :D

    ReplyDelete
  6. Hai, Mbak Ika. Salam kenal. Ulasannya bagus dalam sudut pandang mom blogger, saya jadi tahu kayak gimana dunia mom blogger pada umumnya, he he. Saya juga sukanya ngedrakor saja sebagai me time atau baca buku. Ada juga ebook atau bisa di google play.
    Butuh banget laptop yang sangat menu njang kayak ASUS VivoBook Pro F570. Soalnya sarana yang saya miliki kurang memadai.
    Akhir bulan Februari saya terima surel dari agensi yang mengajak kerja sama, sayangnya saya belum berani terima job karena sarana yang dimiliki tak menunjang. Saya takut mengecewakan. Paham banget pada bagaimana deadline serta hal lainnya sedang saya tak bisa lakukan hal seperti Mbak Ika kayak bikin video.
    Infografisnya bagus, Mbak. Saya pengen bisa bikin kayak gitu. Sayang netbook saya lemot dan kurang aplikasi. Kalau dihubungkan ke Canva untuk bikin infografis, kerap terganggu komputer yang mendadak disable mulu dari network karena sistem operasinya bermasalah jadi tak stabil.Argh banget, ha ha.
    ASUS memang multitasking, duh, pengen banget. Saya mupeng, hi hi.
    Saya tak pernah menonton sambil nyetrika, layar netbook kecil, sih. Bahas setrika ingat belum nyetrika setumpuk baju karena keasyikan blogwalking, ha ha.

    ReplyDelete
  7. Kalau laptopnya canggih memang enak. Bisa kerja sekaligus bersenang-senang dengan laptop :D

    ReplyDelete
  8. yang sama cuma denger musik dan nonton gosip saja..hahah, saya jarang nonton di laptop atau ngegame.
    Tapi keren bener memang Asus vivobook ini. Duh, jadi pengin juga:)

    ReplyDelete
  9. Duh, bikin mupeng deh speknya. Bikin kepengen cepet ganti laptop jadul di rumah dengan ini. Dan setuju banget, walopun di rumah, emak blogger pun kudu punya laptop canggih biar jos kerjanya :D

    ReplyDelete
  10. Asik nih ASUS sy juga pengeb lapi asus yg lama lemot klo dipake ngenet.

    ReplyDelete
  11. Wah bagus laptopnya kalau baca2 speknya ya mbak. Tertarik sama kapasitas penympanannya yg gede itu, apalagi aku suka nimbun foto haha. Memang buat konten kreator laptop bagus sangat dibutuhkan ya buat mendukung pekerjaan :D

    ReplyDelete
  12. Hahah, mbak Ikam, daku juga kek gitu sambil setrika sambil nonton. Yang ada mah tontonan udah mau habis, eh yang mau disetrika kok belum habis juga yaak, 😂😂

    ReplyDelete
  13. Hahahaa aku fokus ke ekspresi saat setrika sambil nonton. Habhaa. Duh emang ya laptop ini kece banget mba. Mau punya jugaaa :)

    ReplyDelete
  14. Asus vivibook ini bagus banget kaak. Jadi referensiku buat nanti ganti laptop.

    ReplyDelete
  15. jadi blogger itu memang menyenangkan yaa. kita bisa bekerja dari mana saja. apalagi kalau punya perangkat keren kayak asus ini. makin semangat deh kerjanya

    ReplyDelete
  16. Wah keren mom multitalent banget aku mah mana bisa setrika smbil nonton kudu konsen😆asus emang keren banget yah mom aku msh pinjem laptop paksu nih buat ngeblog makanya klo ngedraft ya malem gk bisa siang pengen beli laptop tp nabung dulu deh suami juga rekomendasiin asus sih

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular