Anak Lemas Setelah Sembuh dari Sakit, Ini Dia Cara Memulihkannya

 

cara mengatasi anak yang lemas setelah sembuh dari sakit

Melihat anak sudah sembuh dari sakit, rasanya pasti melegakan. Tapi, tentu kita masih merasa sedih saat melihat anak lemas setelah sembuh dari sakit. Rasanya ingin sekali membuat si kecil bisa kembali aktif.

Biasanya anak yang habis sakit memang tidak bisa langsung terlihat segar bugar. Apalagi jika selama sakit, ia susah, tak nyaman, dan tidak bersemagat untuk makan. Ditambah lagi jika sakitnya adalah usai menjalani opname di rumah sakit.

Anak yang lemas setelah sembuh dari sakit biasanya disebabkan juga karena sebelumnya ia mengalami sakit panas. Biasanya tubuh yang mengalami kenaikan suhu badan akan berefek pada lidahnya yang menjadi putih. Kondisi ini membuat lidah tidak begitu bisa merasakan rasa makanan, bahkan membuat lidah merasa pahit saat mencoba rasa makanan apapun.

Nah, untuk mengembalikan kebugaran si kecil setelah sembuh dari sakit, kali ini saya ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi si kecil yang masih lemas setelah sembuh dari sakit.

1. Memberi vitamin

Bisa dibilang inilah cara untuk mempercepat agar kondisi si kecil kembali ke sedia kala. Untuk mengembalikan energinya, berikan ia vitamin yang kaya degan vitamin. Sedangkan untuk menumbuhkan nafsu makannya, coba berikan vitamin yang mengandung curcuma. Jika ragu, konsultasikan saja pada dokter, vitamin apa yang cocok untuk anak agar ia kembali sehat dan bugar.

2. Tambahkan konsumsi susu dan madu

Kalau saya sendiri biasanya lebih cenderung memberikan madu khusus anak. Madu ini biasanya saya berikan sejak saat ia sakit hingga ia kembali sembuh.

Jika selama sakit anak kesulitan minum susu apalagi karena waktunya sering berbarengan dengan waktu konsumsi obat, nah, saat ia sembuh lah waktu yang pas untuk kembali memberinya susu. Apalagi susu memiliki kandungan gizi yang bagus untuk tubuh.

2. Beri si kecil makanan minuman yang kaya gizi

Hal utama yang harus dilakukan agar anak tidak lagi lemas setelah sakit, tentunya dengan memberinya makan-makanan yang bergizi. Namun, biasanya anak masih merasa malas karena indra pengecapannya yang masih terasa pahit. Apalagi jika sebelumnya anak mengalami sakit panas yang sangat tinggi.

Sakit seperti ini memang kerap membuat lidah menjadi putih, sulit mengecap rasa, atau bahkan lidah terasa pahit. Untuk itu coba siasati dengan memberikan makanan berkuah yang segar. Misalnya dengan memberinya sop ayam rempah.

Jika anak merasa lidahnya masih terasa tidak enak, bukan berarti kemudian kita bisa memberinya makanan yang beraroma atau rasa yang tajam ya. Apalagi jika itu sampai berminyak seperti aneka jajanan gorengan.

Selain itu, hindari juga untuk menuruti segala kemauan si kecil hanya agar ia mau makan. Misalnya aneka snack yang banyak mengandung penyedap rasa atau penguat rasa. Karena yang ada bukannya anak malah membaik nafsu makannya, bisa jadi ia malah merasa mual dan muntah.

3. Jangan paksa anak untuk langsung beraktivitas seperti biasanya

Anak yang terlihat lemas setelah sembuh dari sakit memang terlihat kerap enggan melakukan banyak hal. Itu memang bentuk dari kondisi tubuhnya yang masih dalam tahap pemulihan. Jadi bukan karena si kecil pemalas lho ya. Karena itu, jangan paksa anak untuk langsung beraktivitas seperti biasanya.

Misalnya jika anak bersekolah di full day. Jika memang ia ingin tidak masuk sekolah dulu karena badan merasa lemas, cobalah pahami dengan memberinya kesempatan atau jeda agar sementara ia tidak bersekolah dulu.

Jadi begitulah apa dan bagaimana kondisi anak yang lemas setelah sembuh dari sakit, serta bagaimana cara mengatasinya.

Comments

Popular posts from this blog

TB Membuat Kayyisah Menjadi Anak tak Biasa

Mengganti Token Bank Mandiri yang Habis Baterai

Pakai Serum Pemutih Badan yang Bikin Cepat Putih, Aman Nggak Ya?