Nasi Biryani, Olahan Daging Kambing Khas India

 

Olahan daging kambing khas india

Saat Idul Adha, terkadang bisa jadi kita mendapatkan daging kambing hasil kurban. Nah, jika bingung daging tersebut ingin diolah menjadi apa, coba saja dibuat Nasi Biryani.

Nasi biryani ini memiliki cita rasa pedas yang berasal dari beberapa rempah tertentu. Sehingga jika disantap, bumbu biryani bisa membuat siapa saja merasa hangat. Apalagi pengunaan daging kambing yang juga jadi salah satu bahan pembuatnya.

Jika tertarik untuk membuatnya, yuk simak resep membuat bumbu nasi biryani.

Bahan untuk membuatnya:

- 500 gram beras panjang, rendam dulu selama satu jam. Kalau saya sendiri akhirnya menggunakan beras biasa, buka beras India yang biasanya dipakai untuk membuat nasi biryani. Usahakan gunakan beras yang tidak doyan air jika dimasak. Biar jika sudah jadi, nasi biryani-nya ada kesan bulir nasinya tidak mudah lengket.

- 350 gram daging paha kambing, potong-potong. Jika dapat dari daging kurban, karena tidak bisa memilih, ya akhirnya saya pakai daging bagian kambing yang apa saja untuk dioah jadi nasi biryani.

- 1 buah bawang bombay diiris-iris

- 2 siung bawang putih diiris tipis

- 3 butir kapulaga dibelah jadi dua bagian

- 4 butir cengkeh

- 2 cm jahe digeprek

- ¼ sendok teh jintan

- ¼ sendok teh adas manis

- ¼ sendok teh pala bubuk. Karena di rumah nggak ada yang bubuk, jadi butir pala saya hancurkan saja dengan cara biasa pakai ulekan

- 2 ½ sendok teh garam

- 1 sendok teh gula

- ¼ sendok teh merica bubuk

- ½ sendok teh kunyit bubuk

- 800 ml air

- 125 ml yoghurt

- 2 sendok makan minyak untuk menumis

Untuk bahan pelengkap, gunakan 25 gram kismis dan 2 sendok makan bawag goreng untuk taburan

Cara membuatnya, panaskan minyak goreng, lalu tumis bawang bombay, bawang putih, kapulaga, cengkih, dan jahe hingga harum.

Masukkan daging kambing lalu aduk hingga berubah warna.

Tambahkan adas manis, jintan, pala, garam, gula, merica, dan kunyit. Aduk hingga rata.

Masukkan air lalu masak daging hingga empuk atau air berkurang sampai setengahnya.

Masukkan beras dan yohurt lalu aduk sampai meresap.

Pindahkan nasi ke pengukus, masak hingga 30 menit sampai matang.

Sajikan nasi biryani dengan taburan kismis dan bawang goreng.

Nah, itu tadi resep cara membuat nasi biryani yang saya dapatkan dari internet. Kalau mau lebih sip lagi bumbu biryani yang seperti masakan India aslinya, pakai saja bumbu nasi biryani Cairo Food.

Bumbu nasi biryani


Bumbu biryani dari Cairo Food ini biasanya dipakai dan dipercaya sebagai standar bumbu biryani oleh para koki restoran, hotel dan catering besar. Kita bisa beli langsung di hipermaket atau marketplace seperti Tokopedia dan Shopee. Bumbu biryani Cairo Food juga bisa kita dapatkan langsung di website resminya yang ada di https://cairofood.id atau bisa pesan via whatsapp di nomor 081218222610.

Yang membuat bumbu biryani dari Cairo Food ini istimewa adalah 100 persen terbuat dari rempah alami, bukan kimia atau dari perisa, bebas MSG, tanpa pewarna, tanpa pengawet, serta anti kempal alami.

Bumbu yang diracik di Indonesia ini juga halal, lho. Bisa jadi pilihan yang pas banget kan untuk dipakai membuat nasi biryani saat Idul Adha.

Kalau di resep yang saya tuliskan tadi bahan-bahan bumbu nasi biryaninya mudah didapat, nah dengan bumbu nasi biryani dari Cairo Food, bahan-bahannya mendekati asli nasi biryani asal India sana.

Dalam satu wadah bumbu nasi biryani Cairo Food mengandung cumin, biji ketumbar, biji adas manis, paprika, biji pala, biji kelabat, kayu manis, bunga lawang, kapulaga hijau, kunyit kuning, daun laurel, cengkeh, cabai merah, jahe putih, lada hitam, kapulaga putih, bawang putih, dan beras putih.

Cara membuatnya, tinggal ikuti saja petunjuk yang ada di balik kemasannya. Kalau saya, sebagai orang yang suka males ribet, ya jelas milih pakai bumbu ini saja. Sudahlah praktis, takaran dan bumbunya pun memang sesuai dengan membuat nasi biryani yang asli dari India sana.

Oh iya, untuk tips mengolah daging kambing, biasanya sebelum diolah, saya remas-remas dulu dengan irisan buah nanas. Kalau sudah, lalu saya rebus. Sekali mendidih, saya ambil dagingnya, saya buang airnya. Barulah daging kambingnya bisa saya pakai untuk olahan ini itu. Cara ini bisa membuat daging kambing jadi lebih cepat empuk, juga nggak bau pesing kambing saat nantinya masakan sudah jadi.

Nah, itu dia salah satu olahan daging kambing yang bisa kita coba saat Idul Adha ini. Nasi biryani ini bisa jadi pilihan untuk yang suka daging kambing ditambah dengan cita rasa khas India sana.


Comments

Post a Comment

Terima kasih sudah berkenan membaca.

Popular posts from this blog

TB Membuat Kayyisah Menjadi Anak tak Biasa

Mengganti Token Bank Mandiri yang Habis Baterai

Anak Lemas Setelah Sembuh dari Sakit, Ini Dia Cara Memulihkannya