Skip to main content

Posts

Memilih Reel Pancing untuk Anak yang Hobi Memancing

Memilih reel pancing untuk anak sepertinya jadi kegiatan yang juga dilakukan orang tua beberapa waktu terakhir. Terutama sejak masa SFH atau study from home atau belajar di rumah.Pasalnya karena waktu belajar yang lebih fleksibel, beberapa anak rupanya mulai mencari kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengusir kejenuhan. Salah satu kegiatan pengusir jenuh itu adalah memancing.Hal itu yang sempat saya temui pada Devan, anak tetangga saya. Sering di saat siang ia melewati rumah saya untuk pergi ke arah sungai yang terletak tak jauh dari rumah kami. Atau pernah juga ia terlihat berkelompok bersama teman-temannya memancing di selokan besar yang ada di jalan raya.Berbeda dengan keponakan saya yang bernama Rafa. Anak yang usianya seumuran dengan Devan ini kerap diajak memancing oleh adik saya yang merupakan papanya ke kolam pemancingan atau tambak milik saudara ibunya.Untuk melengkapi kegiatan hobi dari anak-anak seperti Devan atau Rafa, sepertinya perlu beberapa alat pancing yang menunjang.…

Melancarkan ASI Usai Melahirkan Ternyata Mudah Lho dengan Asimor

Bagi Mamsi (Mama ASI) atau para Pejuang kASIh, bisa mengalami ASI lancar itu adalah anugerah. Dan melancarkan ASI usai melahirkan itu mudah lho dengan Herba Asimor. Apalagi sejak IMD.Ya, para Mamsi pastinya ingin ASI langsung keluar begitu bagi lahir. Namun sayangnya, bagaimana agar kondisi itu bisa terjadi pascamelahirkan, rupanya banyak yang tidak diketahui atau disadari oleh para pejuang kASIh. Nah, dalam rangka Pekan ASI yang berlangsung sejak tanggal 1-7 Agustus 2020 ini, kali ini saya ingin berbagi cerita pengalaman nih seputar ASI yang pernah terjadi pada anak pertama dan ke dua saya, dengan kondisi yang berbeda-beda. Harapannya, semoga kelak tidak banyak lagi Mamsi yang sampai tidak tahu atau tidak sadar, bahwa ternyata menjadi pejuang kASIh itu tidak hanya dimulai sejak bayi lahir ke dunia. Karena ternyata, ada akibat yang pernah saya dan bayi saya alami karena ketidaktahuan dan kekurangsadaran saya terkait urusan ASI ini.Kenapa Harus ASI?Oh iya, kalau ada yang mungkin bertan…

Saat Harus Melahirkan di Tengah Musim Corona

Kalau saja Oktober tahun lalu saya tahu beberapa bulan kemudian akan ada wabah Corona, mungkin saya dan suami tidak akan memutuskan berusaha menghadirkan adik untuk Kayyisah. Tapi kehadiran anak memang hak Allah. Dan kini takdir meminta saya untuk harus melahirkan di tengah musim Corona.Saat saya menuliskan ini, tepat 37 minggu usia kandungan saya. Ada hal yang teringat di benak saya tentang apa yang terjadi beberapa hari atau beberapa minggu ke belakang.Waktu itu bayi dalam kandungan saya anteng banget. Nggak seperti biasanya. Mau berangkat ke rumah sakit untuk konsultasi, rasanya sempat ragu. Ya, siapapun banyak yang tahu, jika hamil di masa pandemi ini, bumil sebisa mungkin meminimalisir kunjungan ke fasilitas kesehatan. Asalkan tidak ada masalah, ada baiknya di rumah saja.Tapi bayi yang di luar kebiasaan itu akhirnya memaksa saya meminta suami mengantar ke faskes 1. Alhamdulillah, setelah dicek bidan, bayi saya sebetulnya baik-baik saja. Cuma untuk memastikan, ia pun memberi rujuk…

Mozaik, Aktivitas Menyenangkan yang Punya Banyak Manfaat Bagi Anak

Bagi anak usia TK, kegiatan membuat mozaik sepertinya menjadi aktivitas menyenangkan yang punya banyak manfaat bagi anak. Biasanya aktivitas ini dilakukan dalam proses belajar mengajar.Saya sendiri baru menyadari hal itu saat anak saya Kayyisah yang kini ada TK kecil menjalani masa belajar di rumah. Jadi beberapa kali guru TKnya memberikan kegiatan dalam LKS yang bisa dikerjakan anak-anak di rumah.Secara pribadi merasa senang sih Kayyisah bisa mendapatkan LKS. Buat saya LKS itu bukan PR yang memberatkan anak ataupun saya yang membimbingnya di rumah. Malah, saya jadi merasa senang karena ada kegiatan yang bisa dilakukan Kayyisah di rumah.Nah, salah satu kegiatan yang memang kerap ada dalam LKSnya Kayyisah adalah ya membuat mozaik itu. Bentuknya macam-macam. Pernah Kayyisah dapat tugas membuat rumah adat, membuat bendera merah putih, atau kalau yang baru-baru ini membuat menara Monas.Bedewei, mungkin ada yang bingung. Apa sih bedanya mozaik, kolase, sama montase? Kalau mozaik itu menyus…

Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil Tua

Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil Tua - Siapa nih para bumil atau yang dulunya saat hamil tua pernah punya cerita kakinya bengkak? Jujur, kalau saya sih pada saat kehamilan pertama dulu nggak mengalami itu. Yang ada, kaki saya memang pernah bengkak tapi saat setelah melahirkan. Ndilalah pas hamil yang sekarang, tepatnya saat trimester ke tiga atau saat hamil tua, kok ya mengalami juga yang namanya kaki bengkak. Pas browsing sana-sini, sempat terbaca perihal pre eklampsia.Dari yang pernah saya dengar, kalau ibu hamil mengalami pre eklampsia, bahayanya tuh saat nanti setelah melahirkan. Bisa pendarahan hebat euy! Bahaya banget deh pokoknya.Selain browsing, saya pun sempat tanya ke teman-teman di Facebook. Alhamdulillah, banyak teman baik hati yang memberi masukan ini itu sampai mendoakan kebaikan untuk kehamilan saya.Nah, buat yang juga penasaran gimana caranya mengatasi kaki bengkak saat hamil, ini dia beberapa tips dari teman-teman saya untuk mengatasi masalah tersebut.1. Kurang Kaliu…