Cara Menghilangkan Bau Mulut

Kapan hari saat menyaksikan televisi, nggak sengaja saya mendengar pembahasan tentang bau mulut.

Sebentar, ini kok nonton tv tapi pakai acara nggak sengaja nonton dan mendengar ya? Hehehe, ada yang mikir kenapa anehnya di situ?

Jadi gini ceritanya, pagi itu sebetulnya saya memang sedang memasak. Kayyisah ikut abinya sekolah. Karena sepi, jadilah saya nyetel tivi.

Ndilalah pembahasannya tentang bau mulut. Pas banget, karena saat itu saya sedang kepikiran masalah ini.

Terutama yang namanya sedang puasa ya, masalah bau mulut memang kerap jadi hal yang nggak mengenakkan. Meski puasa, sebetulnya bisa diminimalisir lho masalah yang satu ini.

Nah, dokter yang sedang membahas di tv waktu itu adalah dokter gigi. Jadi pas lah ya narsumnya.

Sebelum membahas tentang penyebab dan cara mengatasi masalah bau mulut, dokter gigi yang sayang saya lupa namanya itu memberi tips terlebih dahulu nih tentang bagaimana kita bisa mengecek apakah kita punya bau mulut apa nggak.

Cara termudah memang kita bisa menghembuskan nafas lewat mulut ke telapak tangan dan segera kita membauinya.

Cara lain bisa juga lho dengan menghembuskan nafas lewat mulut ke gelas. Atau bisa juga dengan mengulum sendok kemudian membauinya.

Yang namanya bau mulut sebetulnya ada kadarnya juga. Ada yang biasa, ada pula yang terlalu menyengat sehingga berkemungkinan besar mengganggu orang lain.

Ada beberapa penyebab yang membuat seseorang bisa punya bau mulut yang terlalu mengganggu. Bisa karena masalah gigi, penyakit dalam, panas dalam, atau dari makanan yang sebelumnya kita makan.

Kalau masalahnya penyakit dalam, tentunya harus diobati terlebih dahulu.

Sedangkan masalah yang paling sering adalah karena makanan. Makanan yang mengandung jengkol, petai, dan bawang kerap jadi biang keroknya.

Tak hanya itu. Banyak makan pedas pun ternyata bisa jadi penyebab bau mulut, lho.

Lantas bagaimana cara mengatasinya terutama saat sedang puasa? Melihat dari kemungkinan penyebab bau mulut yang tadi sudah saya sebut, tentunya menghindari penyebabnya jadi cara termudah ya.

Cara lain untuk menghindari bau mulut adalah dengan rajin sikat gigi terutama setelah makan. Kalau situasinya sedang puasa berarti ya terutama setelah berbuka dan sahur.

Gunakan juga pembersih khusus untuk membersihkan sela-sela gigi. Karena kalau sampai ada sisa makanan yang terselip, akhirnya yang tertinggal itulah yang jadi penyebab bau mulut.

Dokter giginya waktu itu juga mengingatkan untuk membersihkan bagian lidah. Katanya, bagian ini yang sering diabaikan banyak orang. Padahal kalau lidah tidak dibersihkan bisa berpeluang jadi sumber bau mulut juga.

Penggunaan mouthwash setelah sikat gigi juga bisa jadi solusi bau mulut. Tapi hindari yang mengandung alkohol karena bisa bikin kering mulut.

Itu dia berbagai hal seputar bau mulut dan cara mengatasinya terutama di saat puasa.

Kalau pengalaman teman-teman gimana nih tentang cara mengatasi bau mulut?

Comments

  1. Ini makanya saya kalau masak nggak suka bawang putihnya yang kelewat strong. Cuma kalau pas beli matang ya nggak bisa ngaturnya, haha... Palingan ya sikat gigi selesai makan. Rajin2 juga periksa gigi untuk bersihkan karang gigi, karena ini pengaruh juga sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mbak, beli makanan mateng itu emang kitanya ya nggak bisa ngukur bumbunya...

      Delete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkenan membaca.