Berbagai Pertimbangan Saat Memilih Nama Blog

18 comments


Buat saya, memilih nama blog itu lieurnya bisa berhari-hari. Setidaknya proses pertimbangan itu yang pernah saya alami, terutama sebelum memiliki blogimsusanti ini.

Kalau dirunut pengalaman pernah punya beberapa blog, hal-hal ini sih yang pernah saya alami dan lakukan sebelumnya menjatuhkan pilihan pada sebuah nama blog.

1. ikapunyaberita dot wordpress dot com

Blog ini saya buat saat bekerja jadi reporter. Isinya kebanyakan berupa berbagai artikel yang saya buat dan pernah dipublish di Tribun Batam tempat saja saya kerja dulu.

Kalau temanya gado-gado. Pokoknya segala artikel yang pernah saya buat untuk media mingguan Sabtu-Minggu deh, seputar anak muda, wanita, dan keluarga.

Jadi bisa ketebak lah ya intinya. Blog ini punyanya saya, ika, dengan segala berita yang pernah dibuat dan dipublish ulang di blog.

2. malyaalesha dot blogspot com

Beberapa tahu yang lalu, saya pernah mengalami disorientasi identitas alias labil. Pengen banget punya blog tapi nggak mau ketahuan identitasnya.

Belum lagi hasil kemakan diskusi di sebuah grup Fb yang ngebahas tentang Google Adsense. Katanya sih kalau kita punya GA, hati-hati aja dan jangan sampai terendus, siapa orang di balik penggarapan blog tersebut. Soalnya kalau ada orang nggak suka sama kita, gampang, tinggal gempur saja pakai klik di iklan GA-nya.

Jadi blog ini memang awalnya saya buat dengan tujuan ingin diarahkan ke Google Adsense. Meski endingnya, blog ini cuma bertahan beberapa bulan.

Nama Malya Alesha sendiri diambil dari sebuah nama Malya dari bahasa sansekerta, dan nama Alesha yang merupakan nama tengah anak saya.

3. mamakhebring dot com

Awalnya blog ini saya buat di blogspot dan lalu tak lama kemudian saya TLD-kan. Tujuan awalnya pas dibuat adalah untuk mewadahi tulisan-tulisan bertema parenting hasil peninggalan zaman jadi reporter.

Kata Mamak saya ambil dari sebutan ibu yang banyak dipakai orang Melayu. Sedangkan Hebring, artinya keren. Buat yang anak 90-an, mungkin ingat dengan tokoh sebuah film televisi bernama Bu Hebring.

4. imsusanti dot com

Di keluarga, orang lebih mengenal saya dengan sebutan Santi. Karena ingin membuat blog bertema personal, akhirnya saya buat nama imsusanti untuk blog tersebut. Nama itu berasal dari dua nama awal saya yang disingkat dengan membiarkan kata susanti menempel utuh di belakang.

Blog ini dan blog mamakhebring hanya bertahan setahun. Gara-garanya kesalahan dari awal yang bingung dengan istilah domain dan hosting. Niatnya beli domain saja, eh keliru ikut ngebeli hosting.

Walhasil pas waktunya perpanjangan, saya lieur lihat tagihan. Apalagi blogimsusanti ini sudah cukup banyak postingannya dan kuotanya kayak minta tambah terus.

5. blogimsusanti dot com

Patah hati melepas nama domain imsusanti, akhirnya saya membuat blog baru dengan menambahkan kata blog di depannya. Jadilah blogimsusanti dot com.

Sebelum jatuh ke nama itu, sempat terpikir bikin nama domain ini itu sih. Pokoknya maunya yang unik, lah. Tapi karena nggak kunjung ketemu, ya sudah, saya pakai cara menambahan kata blog di depan kata imsusanti.

Meski kesannya blog bertema pengalaman personal, tapi blog ini lebih banyak saya arahkan ke tema wanita dan keluarga. Sebetulnya pernah sih baca, katanya blog dengan niche tertentu, baiknya pakai nama domain yang setema dengan niche. Misalnya, blog tentang traveling berarti temanya yang ada kata-kata travel, jalan, rekreasi, dan sebagainya.

Tapi ya itu tadi. Karena kebanyakan pertimbangan ini itu kok malah bikin lieur, ya sudahlah, pakai nama personal saja.

Begitu sih cerita saya saat membuat pertimbangan ketika memilih nama untuk blog. Yang terkadang, prosesnya bisa mbulet tapi ya ujung-ujungnya pakai nama juga untuk digunakan di domain.

Kalau teman-teman, gimana cerita pertimbangan saat memilih dan membuat nama blognya?



Related Posts

18 comments

  1. Kalau saya hanya 2kali mbak...soalnya semakin banyak pilihan nama kadang bikin saya bingung untuk memilih hahaha... jadi langsung to the point maka nama diri saja

    ReplyDelete
  2. Akhirnya menemukan nama yang pas yaa hehehe.. biasanya semakin mudah diucapkan semakin mudah diingat juga. happy blogging Mba :)

    ReplyDelete
  3. Karena anakku manggil aku bunda, dan manggil bapaknya dengan sebutan papi..jadilah nama blogku papibunda hahha biar gampang di inget..kadang anak manggilnya di singkat jadi "pibun" 😀

    ReplyDelete
  4. Wah, ada beberapa kisah penamaan blog yang akhirnya sampai ke blog personal yang saya kunjungi ini. Nggak mudah sih memang kakak untuk memilih nama blog yang asyik, gampang diingat, dan mencerminkan kita. Aku sendiri akhirnya menggabungkan namaku. Teteup yang terpenting sih konsistensi dalam menulis.

    ReplyDelete
  5. Hahaha bamyak ya mba pilihannya. Aku ya langsung aja namaku. Pun next pengen punya blog dengan nama Hajar Bleh haha

    ReplyDelete
  6. Saya dulu blm paham jd engga ngerti nama hrs gimana..ikut2an aja sama blogger yg lain hehe...tp itu bs jd branding ternyata...

    ReplyDelete
  7. Orang tua bilang nama adalah doa. Apapun namanya yg penting punya arti yang baik2 saja ya...

    ReplyDelete
  8. itu lah makanya aku gak bisa banyak-banyak ternak blog 😅 dari nentuin namanya aja udah lieur duluan.. mikirnya sampai berhari-hari, iya kalau langsung dapet naka yang cocok, seringnya sih yaudah susah dapet yang sreg hehehe

    ReplyDelete
  9. Wah banyak juga ya mba blognya, aku baru buat satu ini aja mba :)

    ReplyDelete
  10. Saya sih milih nama sendiri aja karena biar keren haha, engga deng maksudnya biar gampang diingat saja, begitu.

    ReplyDelete
  11. Aku berapa kali ganti nama,dari alay anak remaja, lalu sampai sekarang sudah branding diri sendiri baik untuk blog atau juga sebagai penulis buku.

    ReplyDelete
  12. banyak sekali blognya ya kak. kalau aku sih dasar pemilihannya yang mudah dibaca dan diingat aja. kalau bisa emang sesuai dengan passion dan hobi sih kak

    ReplyDelete
  13. Blog yang saya kelola sekarang cuma dua, dan fokus kedua itu aja. takut terbengkalai kalau banyak2, takut ga adil. dan saya tipenya juga sulit membagi waktu

    ReplyDelete
  14. Saya sendiri sebelum memilih nama blog sekarang, beberapa kali pernah ganti nama. Namun karena berbagai pertimbangan maka memilih nama yg sekarang.

    ReplyDelete
  15. Aiiihh sama-samaaaaa. Saya pernah punya blog curhatan gtu tapi yang gak ketahuan kalau itu saya, Jd keinget blog itu haha. Alay banget dan malu kuknya kalau mau baca lg hehe.
    Zaman now beda, kalau bisa dikenal oleh org krn brandingnya ya mbak :D

    ReplyDelete
  16. Wah, setuju mbak bahwa buat nama blog enggak semudah yang dikira. Kita pasti punya pertimbangan kenapa blog kita dinamakan demikian dan kenapa bukan demikian. Aku sendiri pertama kali buat blog valandstory-val(dot)blogspot(dot)com. Tapi pas ubah domain akhirnya ubah jadi valandstories(dot)com karena lebih enak dibaca dan merepresentasikan tentang aku dan cerita2 yg aku tulis dalam blog.

    ReplyDelete

  17. Banyak juga ya mba blognya . Si Mba nya rajin banget nulis pasti, tp unik juga branding namany

    ReplyDelete
  18. Perjalanan yang panjang untuk sevuah nama... Sekarang pasti dah pas dan gak akan berganti lagi kan?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular