Skip to main content

Posts

Showing posts from May, 2019

Membuat Tahu Bumbu, Resep Buka Puasa SKIPPY yang Cepat Saji

Sejak kecil, saya suka sekali makan tahu bumbu. Dan ternyata setelah kenal SKIPPY, saya baru tahu, kalau membuat tahu bumbu adalah resep buka puasa SKIPPY yang cepat saji dan bisa saya lakukan dengan mudah. Hanya butuh waktu beberapa menit saja sebelum waktu berbuka.
Makanan tahu bumbu sendiri baru saya kenal saat saya pindah tinggal di Lamongan. Rasanya sekilas mengingatkan dan mengobati rasa kangen lidah saya pada ketoprak yang biasa saya makan saat tinggal di Bekasi. Mungkin, karena sama-sama menggunakan bahan kacang.
Konon katanya sih, tahu bumbu ini adalah makanan khas Blitar. Cuma kalau di daerah saya, asal makanan tahu bumbu ini bisa macam-macam. Ada yang bilang dari Tuban. Malah di daerah Modo yang ada di Lamongan dan letaknya berbatasan dekat dengan Bojonegoro, makanan tahu bumbu ini begitu familiar dan hampir selalu ada di warung-warung kecil di pedesaan.
Dan memang, untuk urusan makanan, saya itu paling doyan segala makanan yang mengandung unsur kacang dan petis atau bisa juga…

Tradisi Ramadan Saat Masa Kecil yang Jadi Kenangan

Kalau ingat masa kecil, rata-rata mesti pada suka deh buat main nostalgia. Begitu juga saya saat mengingat tradisi ramadan saat masa kecil yang jadi kenangan hingga kini.
Nah, kali ini saya mau ngelist nih, beberapa tradisi ramadan waktu zaman dulu kecil. Ada beberapa yang masih ada sampai sekarang, tapi ada juga yang kayaknya sudah jarang banget saya jumpai saat ini.
Yuk, saya mulai ngelist ya…
1. Patrol
Saya tahunya sih istilahnya ini, untuk kegiatan heboh membangunkan sahur yang dilakukan anak-anak kecil.
Kalau dulu zaman tinggal di Bekasi sih saya nggak pernah tahu kegiatan ini. Tapi pas saya pindah ke Lamongan, whua, awalnya sampai kaget banget.
Itu versi ngebanguninnya bisa kayak orang ngebangunin ngasih tahu orang kalau ada kebakaran. Heboh, ramai, dan keras banget suaranya!
Lha gimana nggak heboh deh. Tiap anak yang lewat berjalan dengan berkelompok. Terus mereka teriak sekencang-kencangnya meneriakkan kata sahur.
Masih ditambah pakai acara pukul-pukul barang. Ada yang bawa botol b…

Saat Ujian Nasional Bisa Bikin Panik, Hanya Aplikasi Inilah yang Bisa Membuat Murid Santai dan Mudah

Bangun pagi,shalat malam, dan belajar bisa menjadi rutinitas aktivitas yang sering dilakukan para murid di tingkat akhir SMA agar soal UN SMA-nya mendapat nilai memuaskan. Saking semangatnya, tak jarang kebiasaan tersebut justru membuat siswa tertidur di kelas saat proses belajar mengajar.
Tentu saja, kebiasaan itu bisa membuat para ibu menjadi khawatir. Meski seorang ibu ingin anaknya memiliki nilai memuaskan, namun apabila melihat anak sampai terus menerus begadang hingga mendapat laporan dari guru kalau sang anak tertidur di kelas, ibu manapun tentu jadi khawatir.
Kebiasaan murid yang cemas dengan proses Ujian Nasionalnya sehingga berusaha sekuat tenaga untuk menyiapkan diri sejak jauh hari ini kerap saya temukan juga saat dulu mengajar di SMA. Dan memang, tipe anak seperti ini begitu teguh dengan pendiriannya.
Siswa tipe ini sulit peduli dengan nasihat siapapun termasuk ibunya untuk lebih sedikit bersantai dalam belajar. Ia pun merasa tidak cukup belajar di sekolah meski sudah mendap…

Bikin Menu Sahur SKIPPY yang Segar di Mulut Yuk!

Ada beberapa alasan kenapa bikin menu sahur SKIPPPY yang segar di mulut itu perlu banget. Alasannya, karena saat sahur, biasanya tubuh kita masih terasa lemas atau mengantuk. Sering kan rasanya mau sahur itu kok ya malas banget.

Nah kali ini saya mau berbagi resep menu sahur SKIPPY yang gampang banget untuk dicoba saat sahur. Iya, karena sahur itu enaknya kita bikin yang simple, tapi manfaatnya gede banget untuk energy kita selama seharian puasa.

Salah satu resep yang mau saya bagi kali ini sebagai bagian dari menu sahur SKIPPY adalah sambal timun. Bahan-bahannya antara lain sebagai berikut:

- Tiga buah cabai kecil. Kalau buat saya, ukuran ini pas sih. Nggak kepedasan. Tapi kalau buat yang suka pedas, ya monggo ditambahin. Cuma hati-hati juga lho ya mengkonsumsi pedas saat sahur karena efeknya bias ke perut selama puasa. Apalagi buat yang punya sakit maagh.

- Sekotak terasi kecil. Saya pakai yang sachet.

- Gula secukupnya. Ini buat saya sebagai penyeimbang karena sudah ada terasi dan…

Tips Mendapatkan Dana Cepat yang Aman dan Terpercaya untuk Lebaran

Saat bulan ramadan tiba, biasanya selain urusan ibadah, ada juga yang jadi perhatian banyak orang. Apalagi kalau bukan urusan uang. Dan bagi yang keuangannya pas-pasan, tentunya begitu ingin tahu cara atau tips mendapatkan dana cepat yang aman dan terpercaya untuk lebaran.
Karena memang di saat ramadan dan juga momen lebaran, kebutuhan pengeluaran bisa jadi lebih meningkat. Terutama di saat lebaran, kebutuhan uang untuk pengeluaran akan sangat dibutuhkan terutama untuk urusan keluarga.
Agar bisa mendapatkan dana cepat yang aman dan terpercaya untuk persiapan lebaran, ini dia beberapa hal yang bisa kita lakukan:
- Berdagang
Bisa dibilang di saat bulan ramadan atau untuk persiapan lebaran, tingkat konsumsi tiap orang kebanyakan akan meningkat. Terutama untuk urusan makanan.
Karena itu, kita bisa melakukan usaha yang berhubungan dengan makanan atau minuman. Misalnya, menjual makanan atau minuman untuk takjil. Atau karena kebanyakan orang malas untuk keluar rumah di saat puasa, kita bisa menj…

Undian 100 Juta Tabungan Online SOBATKU di Surabaya, Meriahnya Festival Kuliner Sampai Kejutan Umrah

Hari Sabtu tanggal 4 Mei kemarin, saya berkesempatan datang dan main ke acara undian 100 juta tabungan online SOBATKU. Acara yang diadakan di Galaxy Mall 2 Surabaya ini buat saya meriah dan kerenmya parah! Saya dan pengunjung yang lain bisa pesta kulineran alias wiskul. Malah, beberapa teman bisa ikutan undian berhadiah umrah segala.
Sebetulnya saya sendiri sudah sejak 2017 kenal dengan tabungan SOBATKU. Lewat email berlangganan, tabungan online ini sering banget secara berkala mengadakan undian. Hadiahnya jutaan juga ada hadiah umrah.
Nah pas kemarin itu, saya sempat jadi saksi beserta masyarakat Jawa Timur lainnya di acara Undian 100 Juta. Walaupun nggak ikut menang, tapi rasanya ikut senang juga dengan kemeriahannya.
Apalagi ada festival kuliner yang bikin pengunjung bisa wisata kuliner alias wiskul aneka macam makanan dan minuman. Ditambah, ada lomba untuk anak-anak dan hiburan.

Jadi overall, acara Undian 100 Juta Tabungan Online SOBATKU kemarin itu kayak pestanya banyak orang deh, bu…