NFT Termahal di Dunia Sepanjang Tahun 2021

 

Secara sederhanya NFT bisa diartikan sebagai aset digital yang mewakili barang berharga dengan nilai yang tidak bisa diganti atau ditukar.

Baru-baru ini, nama Ghozali Everyday mendadak menghebohkan dunia maya ketika foto selfinya terjual di NFT dengan harga yang sangat fantastis hingga miliaran rupiah. Lantas, apa itu NFT?

NFT adalah aset digital, semacam token yang tidak bisa ditukarkan. Adapun sistem transaksi jual beli NFT adalah dengan cara online dengan menggunakan Cryptocurrency (uang mata kripto) sebagai salah satu mata uang yang digunakannya. 

Secara sederhanya NFT bisa diartikan sebagai aset digital yang mewakili barang berharga dengan nilai yang tidak bisa diganti atau ditukar. Dan setiap produk NFT memiliki data catatan transaksi yang berada di dalam blockhain. Dimana, data tersebut menginformasikan tentang siapa pembuatnya, harga, dan histori kepemilikan. 

Ingin mengamankan kenangan selfie seperti Ghozali Everyday, bisa juga dengan cara ini: Ini Dia Cara Mudah Mengamankan Kenangan

Selain Ghozali Everyday, ada juga NFT-NFT lainnya yang dijual dengan harga yang fantastis di sepanjang tahun 2021 yang lalu. Oleh karena itu, dalam tulisan kali ini akan memberikan informasi tentang 5 NFT termahal sepanjang tahun 2021 sebagai berikut: 

  1. NFT The Merge


The Merge merupakan NFT termahal yang pernah terjual di tahun 2021. The Merge sendiri merupakan hasil karya seni yang diciptakan oleh seniman digital Pak. Pak sudah dikenal sebagai salah satu jagoannya di dunia NFT. Pasalnya, ia mampu menciptakan karya-karya seni yang unik, menarik dan ikonik.

The Merge sendiri merupakan hasil karya seni yang diciptakan oleh seniman digital Pak
Sumber foto: akun Twitter Cruxe

The Merge sendiri terjual dengan nilai harga Rp 91,8 juta USD atau setara dengan Rp 1,31 triliun. 


  1. NFT: The First 5000 Days


NFT: The First 5000 Days menjadi NFT termahal selanjutnya yang berhasil terjual di tahun 2021. NFT: The First 5000 Days sendiri merupakan kolase gambar buatan Mike Winkleman sejak tahun 2007 dan sudah selesai di tahun 2020. 

NFT: The First 5000 Days sendiri merupakan kolase gambar buatan Mike Winkleman sejak tahun 2007 dan sudah selesai di tahun 2020
Sumber foto: akun Twitter Cruxe


NFT: The First 5000 Days ini terjual dengan harga 69,3 juta USD atau setara dengan Rp 991 miliar. Kolase gambar yang dijual melalui rumah lelang Christie’s ini dibeli oleh investor cryptocurrency Singapura. 


  1. NFT Human One


NFT Human One menjadi NFT termahal lainnya yang pernah terjual di tahun 2021 dengan harga sebesar 28,9 juta USD atau setara dengan Rp426 miliar melalui rumah lelang Christie’s. 

NFT Human One sendiri merupakan potret bergerak yang menceritakan manusia pertama yang lahir di metaverse
Sumber foto: akun Twitter Cruxe


NFT Human One sendiri merupakan potret bergerak yang menceritakan manusia pertama yang lahir di metaverse. 


Adapun pemilik NFT Human One adalah Mike Winkleman yang juga membuat NFT Everydays: The First 5000 Days. 


Baca juga: Berpenghasilan Pasif dalam Bidang Digital dari Keberadaan Iklan


  1. NFT cryptoPunk #752


Hasil karya seni avatar digital yang dihasilkan secara unik melalui blockchain Ethereum ini dibuat oleh duo developer yang berbasis di Kanada sekaligus yang menjalankan Larva Labs. Hasil karya seni ini dianggap cukup langka dan unik sehingga salah menjadi salah satu aset digital paling ikonik dan berhasil menjadi NFT termahal di tahun 2021. 

Hasil karya seni avatar digital yang dihasilkan secara unik melalui blockchain Ethereum ini dibuat oleh duo developer yang berbasis di Kanada sekaligus yang menjalankan Larva Labs
Sumber foto: akun Twitter Cruxe


Sejak Juni 2017, sudah ada sekitar seribu CryptoPunk yang dihasilkan secara algoritmik, salah satunya adalah CryptoPunk #752 ini yang terjual seharga 11,75 juta USD atau setara dengan Rp 168,02 miliar yang dilelang oleh Sotheby.


  1. CryptoPunk #3100


Masih bagian dari keluarga CriptoPunk, CryptoPunk #3100 menjadi aset digital NFT termahal di dunia sepanjang tahun 2021. CryptoPunk #3100 berhasil terjual pada 11 Maret 2021 yang lalu dengan harga 7,8 juta USD atau setara dengan Rp 108 miliar.

CryptoPunk #3100 berhasil terjual pada 11 Maret 2021 yang lalu dengan harga 7,8 juta USD atau setara dengan Rp 108 miliar
Sumber foto: akun Twitter Cruxe


Sebelumnya, di tahun 2017 CryptoPunk #3100 hanya terjual dengan nilai jual 7,8 juta USD atau setara dengan Rp 1 juta saja.


Baca juga: Menyiapkan Anak Generasi Digital Sukses di Masa Depan Bersama Faber-Castell


Jadi buat yang mau terjun di dunia NFT, jangan asal ikut-ikut yuk. Apalagi jika karena tergiur kesuksesan Ghozali dengan foto selfienya.


Sebaiknya, cari tahu dulu apa itu NFT. Jika memang tertarik, baru deh cari celah dan cara bagaimana agar NFT yang kita jual bisa sukses.


Nah dari contoh-contoh NFT yang pernah sukses tadi, kita bisa cari tahu bagaimana mereka bisa begitu bernilai. Lalu, buat juga karya NFT yang bisa bakal laku bahkan sukses di pasaran.





Comments

Postingan Populer

TB Membuat Kayyisah Menjadi Anak tak Biasa

Mengganti Token Bank Mandiri yang Habis Baterai

Pakai Serum Pemutih Badan yang Bikin Cepat Putih, Aman Nggak Ya?

Anak Lemas Setelah Sembuh dari Sakit, Ini Dia Cara Memulihkannya

Menambah Wawasan Parenting dari Buku Dilan

Review Jujur Setelah Pakai Rangkaian Scarlett Whitening, Hasilnya Ternyata…

Bikin Asyik Liburan Sambil Kerja dengan ASUS ZenBook UX391UA

Tujuh Hal yang Perlu Dipertimbangkan dalam Membuka Usaha Toko Sembako

Lopang, Surganya Buah Jamblang

Melawan Neuropati untuk Segudang Aktivitas yang Terus Menanti