Posts

Cara Membersihkan Mesin Cuci dengan Mudah

Image
  Mesin cuci rusak gara-gara nggak pernah dibersihkan? Duh, jangan sampai deh ya. Padahal di internet banyak banget lho berbagai tips membersihkan mesin cuci . Jadi dari pada rusak duluan, yuk deh kita cari tahu serba-serbi tentang cara membersihkan mesin cuci dengan mudah. Fyi, sebetulnya jika pertanyaannya berapa lama mesin cuci harus dibersihkan, jawabannya ternyata nggak harus menunggu berbulan-bulan lho. Karena ternyata, mesin cuci itu harus dibersihkan paling tidak sebulan sekali. Atau, tergantung juga jenis pembersih mesin cucinya. Jika tidak, akibatnya pakaian jadi bisa bau tidak sedap. Padahal baru kita cuci lho di mesin cuci. Ini dikarenakan adanya kotoran mesin cuci yang kotor dan menumpuk. Coba deh, niatnya mencuci baju biar bersih, eh, malah kena tambahan bakteri dari sisa-sisa kotoran proses pencucian sebelumnya. Kotoran mesin cuci ini bisa berupa kerak, sisa sabun cuci, pelembut , atau pewangi pakaian, serta kotoran pada baju kotor. Efeknya pada mesin cuci sendir

Punya Masalah Kulit? Tanya Dokter Kulit Saja Yuk Lewat Chat Dokter di SehatQ

Image
  Saat ini begitu banyak cara mudah untuk menghubungi dokter di masa pandemi. Misalnya jika kita punya masalah kulit dan ingin tanya dokter kulit , kita bisa melakukan chat dokter di SehatQ. Nah, hal inilah yang awalnya kurang saya pikirkan ketika menghadapi masalah kesehatan kulit di keluarga. Bisa dibilang, kulit saya memang terkadang sensitif. Dan ndilalah, hal ini menurun ke ke dua anak saya, Kayyisah dan Emir. Mengulang kejadian yang pernah terjadi pada kakaknya waktu bayi, kini si bayi Emir ternyata juga mengalami masalah kulit sensitif. Terutama di daerah punggung. Anak bungsu saya ini sering mengalami ruam di daerah punggungnya. Dan mengulang kejadian kakaknya, saya pun sampai menerka-nerka apa yang menjadi penyebab ruam pada Emir. Tebakan saya yang jadi penyebab ruam pada Emir ini mulai dari dia alergi telur, alergi panas matahari dan cuaca panas, sampai terpikir alergi air atau bajunya yang mungkin harus dicuci dengan pembersih khusus. Saya sendiri memang hingga

Setelah Nonton bluMusical, Saya nggak Minder Lagi Punya Mimpi di Usia 40 Tahun

Image
  Awalnya saat nonton bluMusical , saya cuma membatin, “Ah, tayangan ini hanya pantas untuk anak-anak generasi milenial akhir dan Gen Z. Siapalah saya yang masuk kategori generasi milenial awal? Mimpi? Kayaknya sudah nggak pantas lagi!” Gimana enggak, liriknya saja pas awal seperti ini, “Mimpi-mimpi kita, mimpi kita yang muda.” Oktober sebentar lagi saja, umur saya genap 40 tahun. Batas akhir dari istilah pemuda. Tapi… kok musiknya asyik ya? Ya sudah lah, saya teruskan nontonnya. Soalnya tayangannya bentuk drama musical gitu. Ya ada ngobrolnya, tapi banyak musiknya. Koreografinya pun cakep! Sambil nonton, pikiran saya malah kelayapan ke mana-mana. Inti lamunan saya ada pada kata mimpi. Dulu, saya memang punya mimpi. Namun mimpi yang akhirnya terpenuhi itu membuat saya justru terus bermimpi urusan finansial sekarang ini, saat di mana orang-orang seumuran saya banyak yang sudah meraih kesuksesan finansial. Baca juga yuk tulisan ini:  Ingin Punya Usaha Kuliner dengan Sasaran Gen

Hoala & Koala, Lagunya Anak Indonesia Masa Kini dengan Animasi 3D

Image
Yang jadi anak tahun 90-an seperti saya pastinya bahagia banget dengan keberadaan lagu anak Indonesia masa itu. Misalnya saja lagu-lagu yang dikenal sepanjang masa hingga sekarang seperti Balonku Ada Lima, Burung Kakatua, Bintang Kecil, dan yang lainnya. Ada juga eranya artis Eno Lerian, Agnes Monica, Eza Yayang yang kondang dengan lagu-lagu mereka yang ceria. Sayangnya jika anak zaman sekarang ditanya apa lagu anak yang mereka suka, bisa jadi banyak yang kebingungan. Iya, zaman sekarang anak-anak Indonesia seperti tidak punya lagu anak yang bisa mereka senandungkan sehari-harinya. Yang ada, justru banyak anak sangat hapal dengan lagu cinta-cintaan ala orang dewasa yang sedang hits. Untungnya di sekitar akhir tahun 2020, lahirlah Hoala & Koala sebagai teman bermain baru anak Indonesia. Anak-anak pun kini bisa kembali menikmati lagu anak Indonesia yang memang ditujukan untuk usia mereka yang masih belia. Kita bisa menyaksikan Hoala & Koala di Youtube lagu dan animasi anak chann

Fitur di Sebuah Aplikasi Belajar yang Bakal Bikin Kemampuan Otak Meningkat

Image
  Beberapa teman saya mengeluh tentang anaknya yang jadi kecanduan hp selama masa pandemi. Sampai-sampai ada salah satu teman yang mengaku awalnya memang punya kebijakan no hp ke anaknya. Tapi karena pandemi, karena semua urusan sekolah selalu berkaitan dengan hp, karena anak-anak banyak diminta di rumah dan diminimalkan keluar rumah, ya hp lagi lah jadinya. Sebetulnya yang banyak ditakutkan dari para orang tua tentang anak yang selalu pegang hp itu adalah game. Banyak orang tua sudah tahu apa saja sisi buruk dari anak yang kecanduan permainan. Tapi dengan alasan kondisi pandemi tadi, akhirnya orang tua pun mengalah dan membiarkan anaknya main hp. Baca juga yuk dilema PJJ atau PTM di tulisan ini dan bagaimana menyiasatinya:  Kembali ke Sekolah dengan PJJ dan PTM? Siap Dong! Dan memang, sebetulnya kalau kita mau lebih cari tahu, banyak lho aplikasi bagus yang tak kalah dari game untuk urusan hiburan. Bahkan aplikasi belajar sekalipun, sekarang banyak yang keren-keren. Salah satuny