Skip to main content

Mengatasi Anak Hobi Ngempeng

Mungkin ada orangtua yang risau karena melihat si kecil gemar mengisap jari atau mungkin ngempeng.

Atau bagi orantua yang belum melihat tanda-tanda si kecil gemar mengisap jari atau ngempeng mungkin bertanya-tanya, berbahaya nggak ya jika kelak si kecil juga bisa mengalaminya dan bahkan sulit dihilangkan?

Nah, dulu sewaktu saya menjadi reporter di Batam, saya pernah mewawancarai seorang psikolog. Namanya Ibu Bibiana Dyah.

Menurut beliau, ada fase atau masa yang disebut fase oral. Di fase ini, anak sepertinya suka sekali memasukkan sesuatu ke mulutnya.

Di fase ini, anak mendapat kepuasan dengan adanya sensasi di sekitar mulutnya. Dengan ngedot, ngenyot ASI, atau ngempeng jempolnya sendiri.

Sebetulnya kalau kata psikolog, ini adalah hal yang wajar. Karena semua bayi, mesti melewati fase ini kurang lebih satu setengah tahun.

Yang paling sering dimasukkan, tentu saja jari tangan.

Lalu karena orangtua tidak ingin tangan anaknya yang masuk karena mungkin takut tangan itu kotor, jadilah ada beberapa orangtua yang memilih memberikan empeng ke anaknya.

Kebiasaan inipun bisa muncul ketika orangtua memberikan empeng atau dengan dot yang maksudnya, untuk menenangkan si bayi.

Namun sayangnya jika ini terjadi pada anak, ngempeng bisa menjadi bentuk kecemasan.

Bahkan menurut psikolog, menjadi tidak wajar lho jika ngempeng ini terjadi hingga masa anak-anak. Beberapa akibat negatif pun bisa timbul jika kebiasaan ini terus menerus berlanjut.

Kebiasaan ngempeng atau mengisap jari pada anak dapat mempengaruhi pertumbuhan gigi geligi, bentuk mulut, hingga kemampuan bicara anak.

Karena jari tidak selalu bersih, kotoran bisa masuk ke dalam mulut. Akibatnya bisa cacingan misalnya.

Lalu, jika para orangtua risau melihat si kecil yang makin hari makin sulit menghilangkan kebiasaan ngempeng atau menghisap jari, ada beberapa hal yang perlu dilakukan.

Misalnya, dengan mengetahui dahulu penyebab mengapa si kecil memiliki kebiasaan ini.

Intinya adalah temukan penyebabnya dan mengalihkan ngempeng ke kegiatan lain.

Karena mengempeng untuk mengurangi ketidaknyamanan yang dirasakan anak, maka perhatian dan kegiatan menyenangkan bisa menjadi alternatif penggantinya.

Selanjutnya, beri perhatian yang baik pada anak yang suka mengempeng.

Saat dia ngempeng, ajak anak berkegiatan, misalnya mendengar cerita, membuka buku bergambar, bernyanyi, atau diajak permainan yang lain.

Sedangkan pada anak yang sudah mengerti, berikan penjelasan mengapa mengempeng tidak baik. Caranya adalah dengan berkomunikasi yang hangat pada anak.

Kadang-kadang, ngempeng juga dilakukan anak saat ia menahan lapar atau haus. Jika demikian, maka hindari dengan selalu menyediakan makanan kecil dan jus untuk anak.

Tegakkan disiplin dan tegas. Katakan pada anak, bahwa usianya sudah tidak membolehkan untuk mengempeng.

Jika beberapa waktu kemudian anak tidak menunjukkan kebiasaan mengempengnya, berikan hadiah. Selalu beri reward saat anak menunjukkan sikap yang positif.

Pada kondisi yang sudah sulit teratasi lagi, ketika orangtua sudah mencoba beberapa cara namun belum berhasil, berikan sesuatu yang rasanya tidak disukai anak.

Misalnya dengan memberi rasa pahit atau asam sekali di jempolnya. Ini kalau menurut psikolog, bisa kok dilakukan oleh orangtua.


Ciptakan Rasa Aman

Setelah melihat akibat yang bisa ditimbulkan dari kebiasaan anak mengisap jari atau ngempeng, mungkin para orangtua tak ingin jika kelak si kecil memiliki kebiasaan ini.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan sejak dini untuk mengantispasi kebiasaan si kecil tersebut.

Ciptakan selalu rasa aman bagi bayi maupun anak dengan perhatian dan cinta.

Jangan pernah menganggap ‘wajar’ memberi empeng ke bayi, jika memang tidak diperlukan.

Kenalkan minum dengan menggunakan gelas-gelas yang lucu pengganti dot atau botol.

Bisa juga dengan memberikan dongeng-dongeng tentang nilai-nilai kebersihan, kebiasaan yang baik, serta berani meninggalkan empeng.


Anak Jadi Kurang Percaya Diri

Selain pengaruhnya pada fisik terutama bentuk gigi dan mulut anak, kebiasaan menghisap jari atau ngempeng ternyata juga memiliki efek pada kejiwaan.

Terutama, jika kebiasaan ini berlarut dan tidak segera disembuhkan.

Kebiasaan menghisap jari atau ngempeng bisa mempengaruhi psikologis anak. Selain itu, kebiasaan mengempeng bisa berubah menjadi kebutuhan pada anak untuk menghindari kecemasan, ketidaknyamanan, atau mengalihkan dari ketakutan-ketakutannya.

Sehingga jika jempolnya dikeluarkan dari mulutnya maka dia merasa lingkungan mengancamnya.

Anak juga bisa jadi memiliki jiwa kurang percaya diri, ketika lingkungan atau orang-orang di sekitarnya menertawakan atau mengejek kebiasaannya tersebut.


Ketergantungan yang kuat pada suatu kebiasaan akan menghambat psikologis untuk tugas-tugas perkembangan yang harus dikuasainya. 

Comments

Popular posts from this blog

TB Membuat Kayyisah Menjadi Anak tak Biasa

Hingga sekitar umur delapan bulan, Kayyisah menjadi anak yang menggemaskan. Grafik berat badan yang biasanya selalu di warna hijau muda bahkan kuning, di usia tujuh hingga delapan bulan, grafik berat badan Kayyisah bisa ada di warna hijau tua.
Kalau melihat fotonya saja tampak menggemaskan. Makannya sedang lahap-lahapnya.
Tapi beberapa minggu kemudian, semuanya berubah. Makin hari nafsu makannya makin susah. Sampai-sampai pernah lho selama berminggu-minggu, Kayyisah hanya mengandalkan ASI dan air kacang hijau. Makannya hanya satu atau dua sendok makan alpukat.
Pola makan seperti itu di usianya yang sekitar sembilan bulan hingga setahun, lho! Bayangkan saja, anak umur segitu makannya kayak begitu.
Beberapa keanehan lain yang saya temukan saat itu, dalam sehari Kayyisah kurang kuantitas buang air kecilnya. Kalau dipakaikan diaper setelah mandi pagi, saat dicopot sebelum mandi sore lho diapernya masih kering! Parah kan?
Waktu saya cerita ke abinya dan juga ibu, mereka pada bilang kalau bisa…

Pakai Serum Pemutih Badan yang Bikin Cepat Putih, Aman Nggak Ya?

Putih itu cantik. Ingat slogan yang ngehits itu kan? Makanya, banyak wanita mencari produk kecantikan yang bisa memutihkan kulit. Termasuk serum pemutih badan. Eh tapi kalau efeknya bikin cepat putih, sebetulnya aman nggak ya?
Yups, pertanyaan itu sepertinya jadi bahan pertimbangan lain deh selain apakah produk pemutih kulit itu ampuh atau tidak hasilnya.
Malah kadang jadinya kayak buah simalakama. Badan bisa cepat putih tapi efek sampingnya ada rasa panas terbakar dulu, kulit kemerahan, atau endingnya malah kulit jadi gosong.
Habis itu nangis deh karena nggak jadi putih…
Atau, iya sih, serum pemutih badan yang kita pakai itu aman. Tapi setelah sekian purnama dipakai, kok kulit nggak kunjung putih seperti model iklan yang kita lihat.
Dan akhirnya jadi terpikir, katanya labelnya pemutih badan ampuh. Tapi kok kulitku nggak kunjung putih kayak mbak yang itu?
Jadilah kitanya bingung. Sebetulnya perlu nggak sih pakai serum pemutih kulit? Lantas apa bedanya dengan jenis produk kecantikan lainny…

Mengganti Token Bank Mandiri yang Habis Baterai

Setelah sekitar delapan tahun, akhirnya token Bank Mandiri saya mati. Baterainya habis. Dan uniknya, saya nggak pernah terpikir kalau urusannya sampai harus ke bank segala.
Jadi waktu kenal yang namaya token, saya pikir kalau alat tersebut baterainya habis, ya tinggal ganti saja baterainya di tukang servis jam tangan. Eh ternyata setelah browsing, saya baru tahu jika kita nggak bisa asal ganti baterai token tersebut.
Awal tanda-tanda baterai token habis itu mulai terlihat saat ada seperti noda di bagian tepi bawah layar. Semula saya pikir, apa mungkin ada kotoran masuk kali ya? Tak berapa lama kemudian, ada lagi seperti titik noda yang muncul di bagian tepi atas layar.
Hingga suatu ketika saat saya ingin transfer dana ke rekening tabungan ibu, token itu mati. Meski saya tekan tombol secara asal, tetap saja token tersebut tidak bisa aktif. Dah lah fixed, saya yakin token ini sudah habis baterainya.
Kemudian saya browsing di internet berniat ingin mencari tahu, kalau baterai token ini habi…

Lopang, Surganya Buah Jamblang

Tahu buah jamblang, atau juwet, atau dhuwet, atau dhuwek?
Di beberapa daerah, buah ini memang punya julukan yang berbeda-beda. Saya sendiri malah menyebutnya dengan plum Jawa! Hahaha…
Nah, di daerah Lopang, Kecamatan Kembangbahu, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, kita bisa menjumpai buah jamblang dengan aneka jenis.
Mulai dari jamblang yang ukurannya kecil tanpa biji, sampai yang berukuran sebesar bakso telur puyuh dengan daging buah yang tebal.
Atau, dari yang rasanya masam, hingga jamblang yang manis tanpa menyisakan rasa sepet di lidah.
Jamblang yang warnanya hitam pekat hingga berwarna ungu kemerahan pun ada di Lopang.



Di masa-masa akhir musim kemarau menjelang musim hujan, biasanya buah ini bermunculan.
Untuk tahun 2017 ini, sepertinya musim jamblang di Lopang jatuh di sekitar bulan Oktober hingga November. Karena di bulan September ini, pohon-pohon jamblang di Lopang mulai bermunculan bunganya.
Karena begitu kayanya jenis jamblang di Lopang, saya menyebut tempat satu ini sebagai surg…

Tujuh Hal yang Perlu Dipertimbangkan dalam Membuka Usaha Toko Sembako

Pada tahu kan toko sembako? Itu lho, toko yang isinya menjual sembilan bahan pokok.
Yang masuk kategori sembako itu antara lain: 1.Beras, sagu, dan jagung 2.Gula pasir 3.Sayur-sayuran dan buah-buahan 4.Daging sapi, ayam, dan ikan 5.Minyak goreng dan margarine 6.Susu 7.Telur 8.Gas ELPIJI (kalau dulu sih minyak tanah) 9.Garam berIodium dan berNatrium
Semua bahan itu jadi kebutuhan pokok sehari-hari manusia.
Nah, peluang usaha membuka toko sembako ini bisa menjadi bisnis rumahan ibu rumah tangga yang menguntungkan. Bagaimana tidak. Tiap hari bisa selalu saja ada orang yang datang membeli.
Tapi yang namanya bisnis menguntungkan, biasanya ya memang banyak pesaingnya.
Menurut beberapa info yang saya baca, kita perlu survey dulu. Barangkali, eh, ternyata ada toko sembako juga di dekat tempat yang mau kita dirikan usaha.
Kalau sampai ada, perlu dipantau juga. Jangan sampai harga toko tersebut lebih murah dari barang-barang yang dijual di toko kita nantinya.
Tapi kalau sampai belum ada pesaingnya, namanya …

Membersihkan Luka Si Kecil Nggak Pakai Perih dengan Hansaplast Spray Antiseptik

Gimana caranya membersihkan luka si kecil nggak pakai perih? Ni kayaknya jadi pertanyaan banyak para ibu lah ya. Terutama yang punya anak dengan karakter aktif, suka banyak gerak.
Saya sendiri merasakannya. Kayyisah anak saya itu, masuk kategori anak yang jarang mau diam. Jadi biar katanya anak aktif itu tanda pintar, ya sudah lah ya, memang harus dibiarin sambil dipantau keaktifannya.
Cuma uniknya, Kayyisah ini kalau terluka, jarang banget mau langsung ngomong. Kecuali kalau sayanya sebagai ibunya langsung tahu. Akibatnya, lukanya yang telat ketahuan itu malah bikin proses penyembuhan nggak bisa cepat.
Belum lagi kalau sudah luka, masalah lainnya ya rasa sakit yang muncul. Iya sih, Kayyisah memang tipe anak yang kuat menahan sakit. Tapi tetap saja, kalau pas mandi, dianya baru mulai keluar reaksi kesakitannya. Akhirnya saat dirawat lukanya, jadi ada tantangan tersendiri deh!
Apalagi kalau kena obat yang malah bikin dia kesakitan. Mau nggak diobatin kok ya entar gimana sembuhnya. Diobat…

Saat Berwakaf Tak Lagi Butuh Dana Besar

Jika manusia meninggal, maka amalnya terputus kecuali tiga perkara, sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak soleh yang berdoa kepadanya. (HR Muslim)
Rentetan pertanyaan tentang wakaf diberikan Norman Nugraha, Chief Sharia Business Sun Life pada saya dan beberapa teman blogger saat acara Kopdar #WakafPastiKiniDanNanti yang diadakan di Bangi Kopi Surabaya pada hari Kamis 20 September 2018 lalu.
“Sudah tahu nggak bedanya wakaf dengan sedekah? Nah, tahu kan besarnya manfaat wakaf. Terus kalau tahu, sudah pernah wakaf nggak?”
Banyak peserta yang tidak langsung menjawab pertanyaan tersebut. Termasuk saya sendiri yang kadang masih suka bingung. Iya ya, sebetulnya bedanya sedekah sama wakaf itu di mananya sih?

Simpelnya kalau menurut Norman, wakaf itu sebetulnya sama-sama kitanya mengeluarkan uang untuk yang membutuhkan. Tapi pembedanya, kalau wakaf itu manfaatnya diharapkan berkepanjangan masanya.
Yang menerima, bisa mendapatkan manfaat wakaf untuk jangka waktu yang panjang. Misalnya ta…

Asyiknya Mengenal Huruf Lewat Nama Makanan

Anak balita nggak boleh calistung? Boleh… Asal caranya yang asyik, dan anak nggak dipaksa untuk serius belajar.
Di luar negeri sana, kegiatan mengenal huruf, angka, sampai konsep baca tulis dan hitung untuk anak usia balita, caranya banyak yang menarik lho. Rata-rata, dilakukan dalam kondisi anak sedang bermain.
Nggak hanya lewat permainan, dengan menggunakan buku pun bisa. Apalagi buku anak zaman sekarang kan keren-keren tuh. Anak bisa menambah pengetahuan, dan aktivitas yang dilakukan dengan buku tersebut.
Misalnya buku karya Mbak Winarti terbitan Bhuana Ilmu Populer atau BIP ini. Bukunya berjudul ‘Mengenal Huruf Melalui Makanan A-Z’. Anak-anak bisa mengenal huruf A sampai Z lewat nama-nama makanan.

Yang asyik dari buku ini, anak-anak bisa mengenal huruf dari huruf depan tiap makanan. Di buku ini juga bikin saya jadi tahu lho makanan-makanan khas dari beberapa daerah.
Selain mengenal huruf, ada permainan juga nih yang bisa dilakukan anak-anak baik sendiri maupun dengan pendampingan orang…

Resep Buka Puasa dengan Sambal Boran Khas Lamongan

Ada satu makanan khas dari daerah Lamongan yang jarang diketahui oleh kebanyakan orang luar Lamongan. Ya, jika kebanyakan orang tahunya kuliner Lamongan itu identik dengan Soto Ayam Lamongan, tapi sebenarnya, di Lamongan sendiri ada sebuah kuliner yang menjadi makanan keseharian masyarakat Lamongan.
Namanya Nasi Boran. Disebut boran karena biasanya penjualnya menggunakan bakul besar yang bernama boran saat berjualan.
Panganan yang satu ini kerap ditawarkan para penjualnya saat pagi hari sebagai sarapan, atau sore hingga malam hari. Biasanya penjual akan membungkus nasi boran dengan menggunakan daun pisang yang dilapisi kertas koran pada bagian luarnya.
Sedangkan di bulan Ramadan, Nasi Boran tetap diminati banyak masyarakat Lamongan untuk sajian berbuka puasa, atau sahur. Jadi meski dini hari, ada juga kok penjual Nasi Boran yang berjualan. Malah biasanya laris diburu mereka yang ingin menikmatinya untuk menu sahur.
Untuk satu kali sajian, Nasi Boran ini bisa terdiri satu porsi nasi, berik…

Nilai KKM, karena Tiap Anak Punya Kecerdasan yang Berbeda

Buat para orangtua, adakah yang sering kepikiran bagaimana caranya agar anaknya harus dapat nilai bagus? Adakah yang sampai pusing waktu tahu anaknya kok dapat nilai jelek?
Kalau ada yang punya pikiran kayak gitu, yuk, saya kenalin sama yang namanya nilai KKM.
Buat yang belum kenal sih. Tapi kalau sudah kenal juga nggak apa-apa kok kalau kenalan lagi *maksa
KKM apaan sih?
KKM itu singkatan dari Kriteria Ketuntasan Minimal. Nah, udah ada gambaran kan arah pembicaraan saya akan ke mana?
Tapi, sebelumnya saya ceritain pengalaman saya dulu ya waktu ngajar. Jadi kalau urusan nilai anak jelek, sebetulnya yang lieur juga gurunya lho. Malah seringnya, anaknya nyantai kayak di pantai, gurunya yang ngos-ngosan kayak naik gunung menanjak dan berjurang.
Pasalnya, tiap guru sudah membuat standar nilai KKM sejak awal semester. Terus dituntut untuk melaporkan hasil akademik anak didiknya yang standar terendahnya adalah nilai KKM. Dengan waktu yang seringnya pendek, nilai anak didiknya harus berstandar KK…