Skip to main content

Melihat Keistimewaan Buku dari Jendela Bab Satu

Melihat Keistimewaan Buku dari Jendela Bab Satu


Nasib sebuah buku di tangan pembacanya bisa dimulai dari bab satu. Yap, karena itu bab satu sering disebut sebagai jendela buku. Ibaratnya andai kita ingin tahu sebuah rumah, lalu menjulurkan kepala untuk melihat kesan sekilas isi rumah melalui jendelanya, muncul atau tidaknya rasa penasaran bisa berawal dari situ.

Tapi ngomong-ngomong, kok ya kurang kerjaan banget gitu nge-kepo-in rumah orang dari jendelanya? Lha kalau duluan digetok kepalanya sama yang punya rumah gimana?

Sudahlah, saya sedang nggak mau berdebat tentang seberapa besar peluang kepala kita digetok sama pemilik rumah orang gara-gara kita ngintip dari jendelanya. Karena sebetulnya kali ini saya mau main perbandingan bagaimana istimewanya sebuah buku dari bab satunya. Ada empat buku yang akan saya bandingkan. Dan keempat-empatnya punya genre yang berbeda.

Karena saya hobinya membaca dan menulis cerita anak dan remaja, keempat buku itu nantinya akan ada di antara lingkaran tersebut. Buku apa sajakah itu?

Adakah dari para pembaca blog ini yang sudah pernah membaca buku Hujan karya Tere Liye? Hm… kalau yang ini kayaknya banyak yang ngacung lah ya…

Kalau buku Luka dan Api Kehidupan karya Salman Rushdie?

Krik krik, krik krik…

Buat yang langsung memicingkan mata karena baca nama Salman Rushdie, for your information, buku ini kategorinya buku anak, lho. Jadi Salman Rushdie itu sebetulnya piawai juga membuat buku anak. Genrenya fantasi, dan isinya seru! Unsur penistaan agama? Beneran nggak ada kok. Kalau nggak percaya, tanya aja Pak Haji (*eh ini mah logatnya si Ucup, ya?)

Kalau yang masih bingung emangnya ada apa dengan Salman Rushdie, tanyakan saja pada rumput yang bergoyang. Eh, kalau itu sih sampai kiamat juga nggak akan terjawab! Jadi, tanya saja pada mbah google deh yah.

Terus kalau buku Middle School: Get Me Out of Here karyanya James Patterson dan Chriss Tebbets, siapa yang sudah pernah baca? Tebakan saya, kayaknya kalau buku yang ini sudah agak banyakan yang baca. Labelnya saja New York Tims Bestselling Series.

Begitu juga dengan buku Sherlock, Lupin, dan Aku: Kawanan Si Nyonya Hitam karyanya Irene Adler, ada yang pernah baca? Kalau yang belum, mesti langsung kepincut nama Sherlock. Yap, bener kalau yang nebak nama panjang Sherlock di tokoh ini adalah Sherlock Holmes. Itu lho, tokoh detektif kesohor di dunia fiksi. Nah, buku ini versi anak-anaknya. Iya, Sherlock dan kawan-kawan diceritakan masih di usia anak-anak.

Buat yang sudah nebak benar nama panjang Sherlock, hadiahnya dapat payung cantik, yah! Hore… Silakan diambil di toko-toko terdekat yang menjual payung. Tentunya hadiah ini bisa ditebus dengan harga payung itu sendiri. *kedipcantikbinusil

Sekian basa-basi saya. Sekarang yuk kita bahas satu per satu buku yang sudah terpilih acak dari koleksi saya tersebut.


Tak Selamanya Hujan Membawa Keromantisan

Quotes dari buku Hujan karya Tere Liye

“Selamat datang di dunia masa depan.”

Rasanya sapaan itu yang saya terima dari membaca bab satu novel Hujan. Sebagai pembaca, saya langsung disuguhkan dengan sebuah setting ruang pengobatan berteknologi canggih yang tak saya jumpai di zaman saya sekarang.

Tidak hanya deskripsi tentang ruang dan seperti apa kecanggihan teknologi yang sudah ada di masa itu, pembaca juga langsung disuguhkan dengan sekilas informasi dari tokoh utama cerita, Lail.

Sepanjang awal bab buku yang bergenre romance ini, saya juga merasa digiring ke sebuah pertanyaan yang terus membulat. Kenapa Lail ada di situ? Apa yang akan dilakukan pada Lail oleh tenaga medis yang sedang menanganinya? Kenapa Lail begitu sedih? Hingga kebulatan rasa penasaran saya makin sempurna saat membaca kalimat terakhir di bab tersebut.

“Aku ingin melupakan hujan.” Ini seperti sebuah pernyataan yang mementahkan segala anggapan bahwa hujan adalah bumbu keromantisan.

Menurut saya, Tere Liye begitu piawai menggiring rasa penasaran pembaca. Ia meletakkan kekuatan pengenalan setting seperti untuk memberi tahu pembaca, “Hei, novel ini asik lho. Tentang dunia masa depan yang tak pernah kau ketahui.”

Tak hanya itu. Untuk kebanyakan orang yang punya kadar kepo pada nasib orang lain, menurut saya Tere Liye juga memanfaatkan hal itu. Coba bayangkan saja, kita sedang di jalan nih. Lalu lihat orang nangis. Kebanyakan dari kita pasti akan bertanya-tanya.

Bisa dibilang, novel ini tidak mengambil jenis pengenalan sekilas semua tokoh di bab awalnya. Tapi dengan gaya menyuguhkan sebuah episode yang memancing penasaran, di situlah kekuatan dari bab satu novel ini.


Memainkan Pikiran Pembaca Lewat Anjing dan Beruang

Quotes dari buku Luka dan Api Kehidupan karya Salman Rushdie

Buat yang tidak mau tertarik sama sekali dengan segala buku Salman Rushdie karena berita yang pernah beredar, yuk saya ajak untuk kenalan sedikit dengan buku yang ini. Hohoho, saya paksa Anda membacanya! Sekali lagi, ini tentang sebuah buku anak bergenre fantasi lho.

Dan untuk ke sekian kalinya, saya acungkan banyak jempol untuk Salman Rushdie yang sangat jago membuat cerita antah berantah khayalistik tingkat dewa! Setelah dulu sewaktu kuliah di 2003 untuk pertama kalinya saya berkenalan dengan karyanya yang berjudul Haroun and The Sea of Stories, tanpa saya duga, 13 tahun kemudian saya bisa menikmati sekuelnya.

Di buku Luka dan Api Kehidupan, Salman memberi giliran pada adiknya Harun untuk berpetualang. Namanya Luka, sebuah nama yang membuat saya salah duga. Ya iya lah, saya kira luka yang dimaksud adalah cedera pada tubuh. Eh, ternyata namanya orang.

Cerdasnya Salman itu ya, dia buat cerita yang dari awal babnya saja sudah menantang pembaca untuk menguatkan imajinasi membuat gambaran dua binatang. Ada anjing yang bernama beruang, dan beruang yang bernama anjing. Nah lho?

Dari situlah kemudian Salman membawa pembaca ke arah cerita kenapa kok ada dua binatang dengan nama yang tertukar? Lalu di bagian ini juga awal perkenalan dengan tokoh Luka.

Buat siapa saja yang belum pernah membaca sekuel pertama dari buku bergenre fantasi ini, tak perlu khawatir. Karena hanya ada sedikit benang penghubung antara kedua buku tersebut kok. Garis besarnya, jika buku pertama adalah tentang petulangan Harun, buku ke dua ini adalah ceritanya Luka.

Salman seakan menegaskan itu di bagian bab awal. Dan untuk memberi tahu jika buku ini punya kakak yang lebih dulu muncul belasan tahun sebelumnya, Salman memang sedikit mengenalkan di bab pertama. Hanya sedikit. Lalu selanjutnya tak masalah apakah pembaca buku ini sudah pernah membaca sekuel pertamanya atau belum.

Selain perkenalan pada tokoh absurd tertukar nama di anjing dan beruang yang kemudian jadi teman petualangan Luka, pengenalan tentang Luka, Salman juga mengajak pembaca untuk melihat sekilas apa yang akan jadi masalah besar dalam buku ini.

Bisa dibilang, bab satu a la buku Luka dan Api Kehidupan ini isinya komplet. Ya ada pengenalan tokoh, juga ada masalah awal cerita. Juga ada jurus mensetting mind set pembaca dengan memberi kesempatan pada pembaca membuat sendiri gambaran dari tokoh yang ada.

Pesan tak tertulis di bab ini ialah, kalau kamu tidak kuat membuat gambaran anjing berwujud beruang dan beruang berwujud anjing, selamat, berarti kamu tidak kuat untuk kelak menikmati kegilaan dunia dan cerita khayalan a la Salman Rushdie yang dijamin tidak akan bisa ditebak oleh siapapun arahnya.


Perkenalan yang Diawali dari Cerita Ledakan

Quotes dari buku Luka dan Api Kehidupan karya Salman Rushdie

Seperti gaya bercerita yang lugas di sepanjang buku ini, bagian bab awal dari buku Middle School Get Me Out of Here juga nggak pakai banyak basa-basi. Dari judulnya saja langsung tertulis, “Boom!” dan lalu mengalirlah pengenalan tokoh sekaligus masalah awal yang menimpanya yang jadi inti dari cerita buku ini.

Karena buku bergenre humor ini tergolong novel grafis, maka di sepanjang cerita, pembaca akan disuguhi cerita yang dikisahkan lewat tulisan dan juga lewat gambar. Demikian juga untuk bagian bab satu buku ini. Untuk mengenalkan tokoh utama buku ini berikut masalahnya, duo penulisnya mencampur di antara tulisan dan gambar.

Untuk pengenalan tokoh yang akan banyak muncul dalam cerita, penulis tidak detail mengenalkannya langsung satu per satu. Sepertinya penulis memilih mengajak pembaca untuk terus mengalir mengenal tokoh seiring cerita yang ada.

Jaminan bahwa kelak pembaca tidak akan menjumpai cerita yang bertele-tele juga menjadi pesan dari bab satu ini. Dan dengan gaya itu pula, pembaca dipancing untuk terus mencari tahu bab demi bab yang akan diceritakan selanjutnya.


Sebuah Bab yang Langsung Membuatmu Kenal Semua Tokoh Inti Cerita

Quotes dari buku Sherlock Lupin dan Aku karya Irene Adler

Sebuah perjalanan baru, pengenalan orang-orang baru, dan itulah yang disuguhkan pada buku Sherlock, Lupin, dan Aku: Kawanan si Nyonya Hitam. Buku bergenre detektif ini sepertinya ingin memanfaatkan bab satu untuk memberi tahu kepada pembaca tokoh demi tokoh utama yang akan hadir di sepanjang cerita.

Sekilas gambaran atau identitas fisik tiap tokohnya juga sedikit dijabarkan dalam bab awal buku ini. Semenjak membaca bab awal buku ini, saya seperti membayangkan sedang melihat film dengan tokoh utamanya terus bicara mengambil posisi narator cerita.

Narasi cerita ini mengambil sudut pandang Irene Adler. Ia langsung menyebut nama demi nama tokoh utama di buku tersebut seiring dengan alur cerita awal ketika ia tiba di sebuah kota dalam rangka liburannya.

Nah, si Irene ini lalu menggunakan orang lain untuk mengenalkan nama dirinya. Mirip adegan film yang isinya ada tokoh terus menarasikan cerita lalu di sela-selanya ada tokoh lain yang mengajaknya atau diajaknya berbicara.


Dari contoh empat buku tadi, saya seperti melihat model jendela yang berbeda-beda. Semuanya terbuka. Semuanya mengizinkan pembaca untuk mengintip sekilas apa yang akan diceritakan dalam bab-bab selanjutnya. Dan semuanya juga berusaha memancing rasa penasaran pembaca untuk membalikkan halaman buku ke bab ke dua.



Comments

Popular posts from this blog

TB Membuat Kayyisah Menjadi Anak tak Biasa

Hingga sekitar umur delapan bulan, Kayyisah menjadi anak yang menggemaskan. Grafik berat badan yang biasanya selalu di warna hijau muda bahkan kuning, di usia tujuh hingga delapan bulan, grafik berat badan Kayyisah bisa ada di warna hijau tua.
Kalau melihat fotonya saja tampak menggemaskan. Makannya sedang lahap-lahapnya.
Tapi beberapa minggu kemudian, semuanya berubah. Makin hari nafsu makannya makin susah. Sampai-sampai pernah lho selama berminggu-minggu, Kayyisah hanya mengandalkan ASI dan air kacang hijau. Makannya hanya satu atau dua sendok makan alpukat.
Pola makan seperti itu di usianya yang sekitar sembilan bulan hingga setahun, lho! Bayangkan saja, anak umur segitu makannya kayak begitu.
Beberapa keanehan lain yang saya temukan saat itu, dalam sehari Kayyisah kurang kuantitas buang air kecilnya. Kalau dipakaikan diaper setelah mandi pagi, saat dicopot sebelum mandi sore lho diapernya masih kering! Parah kan?
Waktu saya cerita ke abinya dan juga ibu, mereka pada bilang kalau bisa…

Honor 10 Lite, Buat Ekspresi Selfie Makin Percaya Diri

Hari Rabu tanggal 27 Februari kemarin bisa jadi hari yang membahagiakan bagi yang suka selfie pakai kamera hp. Pasalnya, brand Honor mengeluarkan seri Honor 10 Lite buat ekspresi selfie makin percaya diri.
Gimana nggak bikin selfie jadi makin Pe De, kemampuan kamera utama apalagi kamera depannya itu keren banget lho. Belum lagi teknologi yang dipakai oleh Honor 10 Lite.
Dari bocoran spesifikasinya, saya kok malah teringat kejadian beberapa waktu sebelumnya. Jadi kamera belakang hp tetiba rusak, dan itu bikin saya harus melakukan banyak cara untuk membuat satu video 40 detik saja.

Oh iya, baca tulisan ini juga yuk tentang Lima Hal Positif Ini Bisa DIlakukan Para Orang Tua Jika Punya Kesempatan Mengakses Facebook dan Youtube Sepuasnya.
Cerita tentang Ekspresi dengan Kamera Hp yang tak Berkualitas
Beberapa waktu lalu, saya dan banyak teman influencer memang dapat job-joban bikin video 40 detik untuk aplikasi tertentu yang akan launching. Sedihnya, kamera hp saya itu kualitasnya menyedihkan b…

Pakai Serum Pemutih Badan yang Bikin Cepat Putih, Aman Nggak Ya?

Putih itu cantik. Ingat slogan yang ngehits itu kan? Makanya, banyak wanita mencari produk kecantikan yang bisa memutihkan kulit. Termasuk serum pemutih badan. Eh tapi kalau efeknya bikin cepat putih, sebetulnya aman nggak ya?
Yups, pertanyaan itu sepertinya jadi bahan pertimbangan lain deh selain apakah produk pemutih kulit itu ampuh atau tidak hasilnya.
Malah kadang jadinya kayak buah simalakama. Badan bisa cepat putih tapi efek sampingnya ada rasa panas terbakar dulu, kulit kemerahan, atau endingnya malah kulit jadi gosong.
Habis itu nangis deh karena nggak jadi putih…
Atau, iya sih, serum pemutih badan yang kita pakai itu aman. Tapi setelah sekian purnama dipakai, kok kulit nggak kunjung putih seperti model iklan yang kita lihat.
Dan akhirnya jadi terpikir, katanya labelnya pemutih badan ampuh. Tapi kok kulitku nggak kunjung putih kayak mbak yang itu?
Jadilah kitanya bingung. Sebetulnya perlu nggak sih pakai serum pemutih kulit? Lantas apa bedanya dengan jenis produk kecantikan lainny…

Menjadi Wanita dengan Karir Lebih Bagus dari Pasangan

Wanita berkarir dan ikut membiayai kebutuhan keluarga? Kini hal tersebut sudah dianggap wajar. Tapi bagaimana jika menjadi wanita dengan karir lebih bagus dari pasangan?
Yang sering terjadi, ketika ternyata karir wanita lebih cemerlang daripada pasangan apalagi suami, hal ini masih dianggap tidak biasa di kalangan masyarakat.
Tapi… siapa sih yang tidak mau mendapat karir atau memperoleh penghasilan lebih besar? Namun jika kemudian posisinya lebih tinggi dari suami, maka hendaknya hal seperti ini dibicarakan di antara pasangan itu sendiri.
Karena, ini bukan lagi menyangkut penilaian orang yang melihatnya. Akan tetapi lebih kepada hal-hal apa saja yang kemungkinan akan terjadi di dalam hubungan pasangan tersebut.
Akan lebih baik kalau dari awal sudah ada komunikasi, komitmen, dan keseimbangan di antara suami dan istri. Sedangkan kalau itu terjadi sebelum menikah, ada baiknya komunikasikan terlebih dahulu. Kalau sudah, baru komitmen bersama dan keseimbangannya seperti apa.
Seperti apapun se…

Saat Punya Pasangan dalam Satu Kantor

Pernah dengar adanya tempat kerja yang melarang punya pasangan dalam satu kantor? Atau malah ada yang membolehkan dan justru malah mendukung.
Nah, kali ini yuk kita bahas gimana-gimananya kalau kita punya pasangan yang ada dalam satu tempat kerja.
Beberapa perusahaan memang ada yang tidak membolehkan sepasang pria dan wanita yang memiliki hubungan asmara untuk berada dalam satu kantor. Dengan alasan, pasti nantinya akan berpengaruh pada hubungan kerja dalam lingkungan tempat kerja tersebut.
Menurut perusahaan yang menerapkan peraturan ini, secara kualitas, langsung atau tidak langsung, kondisi tersebut bisa berpengaruh. Apalagi jika satu divisi. Ini jadi alasan mengapa banyak perusahaan tidak mengizinkannya.
Jangankan bagi pasangan yang mengarah ke hubungan serius atau yang sudah menikah, keberadaan sepasang pria dan wanita yang masih dalam tahap pacaran saja bisa memengaruhi kualitas kerja.
Sementara itu di luar dari boleh tidaknya aturan tersebut, pasangan yang berada dalam satu tempat…

Cara Aman Bertransaksi Non Tunai

Belanja ke minimarket bayarnya tinggal gesek pakai debit card. Beli pulsa tinggal buka e-banking. Bayar makanan pakai scan barcode. Dompet pun isinya hanya uang beberapa lembar dan beberapa kartu debit serta kartu kredit. Nggak ada lagi yang namanya ke mana-mana bawa dompet tebal. Eit, tapi pada tahu nggak cara aman bertransaksi non tunai?
Sebetulnya, hidup dengan transaksi yang apa-apa bikin saya nggak langsung pegang uang itu buat saya sendiri, rasanya asyik! Mau ke mana-mana jadi nggak ribet.
Tapi tetap saja, mau pakai pembayaran cara tunai atau non tunai seperti yang tadi saya gambarkan, semuanya perlu dilakukan dengan hati-hati.

Urusan hati-hati dalam keuangan juga terkait dengan cara mengaturnya. Yuk baca juga tulisan tentang Atur Keuangan dengan Cara Islami Lewat Investasi Syariah. Berbagai Penipuan yang Terjadi pada Transaksi Non Tunai
Sekitar awal-awal tahun 2000-an, saat masih kuliah, saya mendengar kabar tentang sekelompok mahasiswa yang kaya dari hasil mencuri uang. Tapi, cara…

Tujuh Hal yang Perlu Dipertimbangkan dalam Membuka Usaha Toko Sembako

Pada tahu kan toko sembako? Itu lho, toko yang isinya menjual sembilan bahan pokok.
Yang masuk kategori sembako itu antara lain: 1.Beras, sagu, dan jagung 2.Gula pasir 3.Sayur-sayuran dan buah-buahan 4.Daging sapi, ayam, dan ikan 5.Minyak goreng dan margarine 6.Susu 7.Telur 8.Gas ELPIJI (kalau dulu sih minyak tanah) 9.Garam berIodium dan berNatrium
Semua bahan itu jadi kebutuhan pokok sehari-hari manusia.
Nah, peluang usaha membuka toko sembako ini bisa menjadi bisnis rumahan ibu rumah tangga yang menguntungkan. Bagaimana tidak. Tiap hari bisa selalu saja ada orang yang datang membeli.
Tapi yang namanya bisnis menguntungkan, biasanya ya memang banyak pesaingnya.
Menurut beberapa info yang saya baca, kita perlu survey dulu. Barangkali, eh, ternyata ada toko sembako juga di dekat tempat yang mau kita dirikan usaha.
Kalau sampai ada, perlu dipantau juga. Jangan sampai harga toko tersebut lebih murah dari barang-barang yang dijual di toko kita nantinya.
Tapi kalau sampai belum ada pesaingnya, namanya …

Membentuk Karakter Baik pada Anak

Anak cowok tidak boleh menangis, inilah suatu bentuk streotype yang kerap dilakukan orang tua kepada anak demi membentuk karakter baik pada anak. Streotype sendiri berarti mengkotak-kotakkan ciri tertentu berdasarkan pandangan umum yang kadang belum terbukti kebenarannya.
Padahal, tak selamanya hal tersebut benar dan bisa jadi merupakan pendidikan yang keliru. Misalnya, anak cowok juga boleh menangis dalam arti batas-batas yang wajar. Begitu halnya dengan permainan yang diberikan dan diperbolehkan untuk anak cowok dan cewek.
Mainan anak juga tidak boleh streotype. Anak cowok boleh main boneka. Begitu juga anak cewek boleh mainan mobil-mobilan. Pekerjaan di rumah juga harus dibagi secara bijaksana. Anak laki-laki boleh juga diajarkan memasak. Sesekali anak cewek juga boleh melakukan pekerjaan cowok.
Pendidikan anak memang berawal dari keluarga. Ayah dan ibu adalah malaikat bagi anak termasuk mengarahkan aktivitas yang mempengaruhi pekerjaan dan sifat.
Sedangkan apabila ada seseorang yang …

Melawan Neuropati untuk Segudang Aktivitas yang Terus Menanti

Dulu sewaktu sekolah, terkadang saya punya kebiasaan unik, meminta teman sebangku untuk memukuli telapak tangan saya.
Asli, kira-kira sejak SD kelas enam saya sudah punya kebiasaan seperti itu.
Jadi zaman tahun 80 sampai 90-an, yang namanya sekolah kan muridnya kebanyakan disuruh membaca atau menulis. Bahkan kalau sudah punya buku pun tetap disuruh mencatat ulang.
Sewaktu harus sering menulis itulah, kadang tangan saya terasa lemas. Rasanya seperti tidak ada energi untuk bisa menggerakkan tangan.
Selain telapak tangan yang terasa lemas, bagian lengan di dekat siku saya juga sering terasa seperti tertusuk-tusuk jarum. Kalau bahasa saya, rasanya cengkring-cengkring!
Itu masih urusan tangan. Lha kaki saya waktu itu juga sering terasa kram. Biasanya di daerah telapak tangan bagian samping atau di jari tengah dan jari manis kaki.
Waktu itu saya tidak pernah sampai mengira-ngira, saya itu sebetulnya kena apa, apa penyebabnya, dan harus melakukan apa agar keluhan-keluhan di tangan dan kaki saya s…

Mengganti Token Bank Mandiri yang Habis Baterai

Setelah sekitar delapan tahun, akhirnya token Bank Mandiri saya mati. Baterainya habis. Dan uniknya, saya nggak pernah terpikir kalau urusannya sampai harus ke bank segala.
Jadi waktu kenal yang namaya token, saya pikir kalau alat tersebut baterainya habis, ya tinggal ganti saja baterainya di tukang servis jam tangan. Eh ternyata setelah browsing, saya baru tahu jika kita nggak bisa asal ganti baterai token tersebut.
Awal tanda-tanda baterai token habis itu mulai terlihat saat ada seperti noda di bagian tepi bawah layar. Semula saya pikir, apa mungkin ada kotoran masuk kali ya? Tak berapa lama kemudian, ada lagi seperti titik noda yang muncul di bagian tepi atas layar.
Hingga suatu ketika saat saya ingin transfer dana ke rekening tabungan ibu, token itu mati. Meski saya tekan tombol secara asal, tetap saja token tersebut tidak bisa aktif. Dah lah fixed, saya yakin token ini sudah habis baterainya.
Kemudian saya browsing di internet berniat ingin mencari tahu, kalau baterai token ini habi…