Skip to main content

Bercerita Asyik dengan So Good CERDIK


Sepertinya, hampir semua anak kecil suka menyimak dongeng, ya. Apalagi bila caranya asyik dan menarik.

Misalnya, dongeng yang disampaikan dalam buku yang gambarnya berwarna-warni, dongeng yang isi ceritanya lucu serta terus memancing rasa penasaran anak, atau dongeng yang diceritakan dengan gaya bicara serta suara dan gerak yang bervariatif sehingga bisa membuat anak terpesona.

Tentunya, dongeng akan makin meninggalkan kesan baik bagi anak jika ada nilai positif serta pengetahuan di dalamnya.


Saya sendiri termasuk orang yang merasakan manfaat dari kebiasaan orangtua yang suka mendongeng sewaktu saya kecil. Selain itu, keberadaan berbagai buku cerita dan majalah anak yang saya baca juga terasa hingga sekarang manfaatnya.

Salah satu dongeng atau cerita yang membekas di benak saya adalah tentang cerita bergambar dari sebuah majalah anak, seorang remaja yang terus berusaha untuk menjadi penari balet. Meskipun, ia harus hidup sendiri karena kedua orangtuanya sudah meninggal, serta bibinya yang tak setuju dengan pilihan pendidikan di sekolah balet.

Dari cerita itu saya belajar, bahwa untuk mendapatkan sesuatu yang kita cita-citakan, kita harus hidup dengan kerja keras, disiplin, pantang menyerah, dan berani bersusah-susah terlebih dahulu.


Karena tahu begitu besar manfaat mendongeng pada anak, saya pun mulai mengenalkan kegiatan membacakan dongeng pada Kayyisah sejak dalam kandungan.

Apalagi pada saat hamil, saya sendiri banyak menulis cerita anak untuk dikirim ke berbagai media.

Sedangkan hingga usia Kayyisah yang menginjak tiga tahun sekarang ini, cara saya mendongengkan cerita untuknya sudah makin bervariasi.

Mulai dari membacakan buku cerita, bercengkerama sambil mengingatkannya tentang cerita di film anak yang pernah dilihatnya, menggunakan media mainan yang sedang ia mainkan, atau menggunakan boneka jari tangan.

Untuk media hp, saya menyimpan beberapa film offline yang sesekali bisa Kayyisah simak. Cara komunikasinya sama seperti saat ia melihat film anak di tv, saya mendampinginya sambil sesekali menjelaskan apa kenapa dan bagaimana dari jalan cerita yang ada.


Nah, beberapa waktu yang lalu, saya melihat artikel di blog beberapa teman tentang aplikasi CERDIK dari produk makanan So Good. CERDIK itu adalah singkatan dari Cerita Digital Interaktif.

Yang membuat saya tertarik adalah saat melihat tampilan dongengnya yang berbentuk animasi. Tapi, tidak seperti film cerita anak biasa.

Buat saya waktu itu, kok ini kayaknya mengasyikkan ya. Pasalnya, sudah berkali-kali saya download berbagai aplikasi yang berlabel cerita anak, tapi tampilannya kurang menarik.

Saat saya tunjukkan ke Kayyisah, hanya dalam hitungan tak sampai satu menit, dia sudah bosan. Beberapa tampilan aplikasi cerita anak tersebut jika memiliki suara, hanya terdengar seperti orang membacakan buku cerita dengan nada tak bervariasi. Apalagi gambarnya yang sering tidak bergerak. Batin saya, yah, ini sih sama saja kayak baca buku biasa.

Untuk memenuhi rasa penasaran, akhirnya semalam saya berangkat ke toko moderen yang ada di depan perumahan. Dari awal niat saya ingin membeli So Good yang bentuknya aneka dinosaurus. Waktu melihat di blog teman, kok sepertinya bentuk-bentuknya lucu dan menarik minat anak.

Sayang, sewaktu sampai di depan freezer So Good, produk yang saya inginkan itu belum ada stiker CERDIK-nya. Tapi sewaktu melihat produk So Good yang Animal, naget ayam rasa pizza, kok ada stiker CERDIK-nya.


Akhirnya saya pilih So Good Animal tersebut. Dalam pikiran saya, sepertinya ini menarik kalau buat Kayyisah yang suka mengenal aneka bentuk binatang.

Sampai di rumah, saya goreng nagetnya dan langsung menawarkan ke Kayyisah. Eh alhamdulillah, anaknya doyan. Abinya lalu saya minta untuk menemani Kayyisah dulu sementara saya mendowonload aplikasinya.


Setelah aplikasi So Good Cerdik berhasil terpasang, waktunya menunjukkan dongeng ke Kayyisah.


Kebetulan, saya dapat dongeng yang berjudul Chika Chiko. Chika itu sepupunya Chiko. Chika punya usaha toko roti, Chiko punya usaha peternakan ayam.

Suatu ketika Chika butuh telur ayam dan kemudian ia pesan ke Chiko lewat telepon. Sayangnya, telur-telur ayam di peternakannya banyak yang rusak karena ada biawak yang bertengkar dengan si Jengger, ayam kesayangan Chiko. Si Jengger ini panik saat melihat biawak.

Dari aplikasi So Good Cerdik, saya baru tahu kalau ada cerita lainnya yaitu Lala dan SingSing, serta Umbo Larage.


Cara mainnya cukup mudah kok. Kita tinggal scan kartu yang sudah ditaruh di dalam frame, lalu ikuti saja petunjuk selanjutnya.

Saya pakai mode AR yang setelah saya klik, saya tidak perlu lagi memegangi hp melulu di atas kartu.


Setelah cerita berhasil muncul, nantinya kita akan melihat sebuah buku yang tersaji dalam dua halaman. Halaman yang kiri bentuknya animasi bergerak, sedangkan halaman yang kanan berupa halaman statis seperti gambar buku.

Di bagian bawah tampilan buku, ada teks yang tampil sesuai dengan ujaran pendongeng yang kita dengar.


Asyiknya dari aplikasi CERDIK ini, Kayyisah bisa memutar 360 derajat tampilan dongengnya.


Lalu, aplikasinya bisa dilakukan secara offline. Tentunya, mamaknya senang dong karena jatah kuota internet jadi nggak boros. Sementara kalau di beberapa aplikasi yang lain semacam ini, seringnya harus online dan pasti bikin saya menangis miris! Hehehe…


Karena saking sukanya sama aplikasi CERDIK, Kayyisah sampai minta disetelkan ulang cerita ini terus berkali-kali dalam sehari.


Buat saya, cara dongeng ini keren banget! Anak yang kinestetik alias suka bergerak, bisa main putar-putar animasinya. Aktivitas ini bermanfaat banget untuk motorik halus anak.

Anak yang visual bisa melihat tampilan animasi serta gambar yang warnanya menarik. Ia juga bisa sambil membaca teks di bawahnya.


Sedangkan anak yang auditorik, bisa mendengar ujaran pendongengnya yang bertutur dengan suara yang bervariasi. Tokoh ceritanya juga punya suara yang berbeda.

Selain itu yang keren dari isi dongeng di aplikasi CERDIK ini menurut saya adalah adanya nilai moral serta pengetahuan yang disisipkan di dalamnya.

Misalnya dari cerita Chika Chiko, anak dikenalkan dengan sifat berani serta pengetahuan tentang biawak. Saya sendiri baru tahu lho, kalau biawak itu termasuk jenis Varanus Salvator atau hewan yang tidak ganas. Karena selama ini, saya sendiri sering agak takut jika bertemu biawak.

Tidak hanya dongeng, aplikasi ini juga punya resep juga. Resepnya terdiri dari kategori Bekal Sekolah, Enjoy Snack, atau Family Party. Di kartu yang saya dapatkan, ada resep Canape Karaage atau Fish Bucket dalam kategori Family Party.

Overall, merasa suka banget dengan keberadaan aplikasi CERDIK. Manfaatnya banyak buat anak dan juga mamak seperti saya.


Sepertinya, setelah ini saya terpikir untuk mencari So Good yang lain deh untuk berburu Cerita Digital Interaktif yang lain. Soalnya, aplikasi CERDIK dari So Good, bikin kegiatan bercerita antara orangtua dan anak jadi asik, sih!

Comments

Popular posts from this blog

TB Membuat Kayyisah Menjadi Anak tak Biasa

Hingga sekitar umur delapan bulan, Kayyisah menjadi anak yang menggemaskan. Grafik berat badan yang biasanya selalu di warna hijau muda bahkan kuning, di usia tujuh hingga delapan bulan, grafik berat badan Kayyisah bisa ada di warna hijau tua.
Kalau melihat fotonya saja tampak menggemaskan. Makannya sedang lahap-lahapnya.
Tapi beberapa minggu kemudian, semuanya berubah. Makin hari nafsu makannya makin susah. Sampai-sampai pernah lho selama berminggu-minggu, Kayyisah hanya mengandalkan ASI dan air kacang hijau. Makannya hanya satu atau dua sendok makan alpukat.
Pola makan seperti itu di usianya yang sekitar sembilan bulan hingga setahun, lho! Bayangkan saja, anak umur segitu makannya kayak begitu.
Beberapa keanehan lain yang saya temukan saat itu, dalam sehari Kayyisah kurang kuantitas buang air kecilnya. Kalau dipakaikan diaper setelah mandi pagi, saat dicopot sebelum mandi sore lho diapernya masih kering! Parah kan?
Waktu saya cerita ke abinya dan juga ibu, mereka pada bilang kalau bisa…

Pakai Serum Pemutih Badan yang Bikin Cepat Putih, Aman Nggak Ya?

Putih itu cantik. Ingat slogan yang ngehits itu kan? Makanya, banyak wanita mencari produk kecantikan yang bisa memutihkan kulit. Termasuk serum pemutih badan. Eh tapi kalau efeknya bikin cepat putih, sebetulnya aman nggak ya?
Yups, pertanyaan itu sepertinya jadi bahan pertimbangan lain deh selain apakah produk pemutih kulit itu ampuh atau tidak hasilnya.
Malah kadang jadinya kayak buah simalakama. Badan bisa cepat putih tapi efek sampingnya ada rasa panas terbakar dulu, kulit kemerahan, atau endingnya malah kulit jadi gosong.
Habis itu nangis deh karena nggak jadi putih…
Atau, iya sih, serum pemutih badan yang kita pakai itu aman. Tapi setelah sekian purnama dipakai, kok kulit nggak kunjung putih seperti model iklan yang kita lihat.
Dan akhirnya jadi terpikir, katanya labelnya pemutih badan ampuh. Tapi kok kulitku nggak kunjung putih kayak mbak yang itu?
Jadilah kitanya bingung. Sebetulnya perlu nggak sih pakai serum pemutih kulit? Lantas apa bedanya dengan jenis produk kecantikan lainny…

Mengganti Token Bank Mandiri yang Habis Baterai

Setelah sekitar delapan tahun, akhirnya token Bank Mandiri saya mati. Baterainya habis. Dan uniknya, saya nggak pernah terpikir kalau urusannya sampai harus ke bank segala.
Jadi waktu kenal yang namaya token, saya pikir kalau alat tersebut baterainya habis, ya tinggal ganti saja baterainya di tukang servis jam tangan. Eh ternyata setelah browsing, saya baru tahu jika kita nggak bisa asal ganti baterai token tersebut.
Awal tanda-tanda baterai token habis itu mulai terlihat saat ada seperti noda di bagian tepi bawah layar. Semula saya pikir, apa mungkin ada kotoran masuk kali ya? Tak berapa lama kemudian, ada lagi seperti titik noda yang muncul di bagian tepi atas layar.
Hingga suatu ketika saat saya ingin transfer dana ke rekening tabungan ibu, token itu mati. Meski saya tekan tombol secara asal, tetap saja token tersebut tidak bisa aktif. Dah lah fixed, saya yakin token ini sudah habis baterainya.
Kemudian saya browsing di internet berniat ingin mencari tahu, kalau baterai token ini habi…

Tujuh Hal yang Perlu Dipertimbangkan dalam Membuka Usaha Toko Sembako

Pada tahu kan toko sembako? Itu lho, toko yang isinya menjual sembilan bahan pokok.
Yang masuk kategori sembako itu antara lain: 1.Beras, sagu, dan jagung 2.Gula pasir 3.Sayur-sayuran dan buah-buahan 4.Daging sapi, ayam, dan ikan 5.Minyak goreng dan margarine 6.Susu 7.Telur 8.Gas ELPIJI (kalau dulu sih minyak tanah) 9.Garam berIodium dan berNatrium
Semua bahan itu jadi kebutuhan pokok sehari-hari manusia.
Nah, peluang usaha membuka toko sembako ini bisa menjadi bisnis rumahan ibu rumah tangga yang menguntungkan. Bagaimana tidak. Tiap hari bisa selalu saja ada orang yang datang membeli.
Tapi yang namanya bisnis menguntungkan, biasanya ya memang banyak pesaingnya.
Menurut beberapa info yang saya baca, kita perlu survey dulu. Barangkali, eh, ternyata ada toko sembako juga di dekat tempat yang mau kita dirikan usaha.
Kalau sampai ada, perlu dipantau juga. Jangan sampai harga toko tersebut lebih murah dari barang-barang yang dijual di toko kita nantinya.
Tapi kalau sampai belum ada pesaingnya, namanya …

Melawan Neuropati untuk Segudang Aktivitas yang Terus Menanti

Dulu sewaktu sekolah, terkadang saya punya kebiasaan unik, meminta teman sebangku untuk memukuli telapak tangan saya.
Asli, kira-kira sejak SD kelas enam saya sudah punya kebiasaan seperti itu.
Jadi zaman tahun 80 sampai 90-an, yang namanya sekolah kan muridnya kebanyakan disuruh membaca atau menulis. Bahkan kalau sudah punya buku pun tetap disuruh mencatat ulang.
Sewaktu harus sering menulis itulah, kadang tangan saya terasa lemas. Rasanya seperti tidak ada energi untuk bisa menggerakkan tangan.
Selain telapak tangan yang terasa lemas, bagian lengan di dekat siku saya juga sering terasa seperti tertusuk-tusuk jarum. Kalau bahasa saya, rasanya cengkring-cengkring!
Itu masih urusan tangan. Lha kaki saya waktu itu juga sering terasa kram. Biasanya di daerah telapak tangan bagian samping atau di jari tengah dan jari manis kaki.
Waktu itu saya tidak pernah sampai mengira-ngira, saya itu sebetulnya kena apa, apa penyebabnya, dan harus melakukan apa agar keluhan-keluhan di tangan dan kaki saya s…

Ingin Punya Usaha Kuliner dengan Sasaran Generasi Milenial? Yuk Ikuti Tips Berikut

Pernah nggak terpikir, ingin punya usaha kuliner untuk generasi milenial. Yap, usaha di bidang kuliner sepertinya saat ini sedang menjadi tren. Hal ini pun tak rupanya juga dilirik oleh para artis.
Namun uniknya, beberapa waktu lalu saya sempat membaca berita di sebuah situs online tentang tutupnya beberapa usaha kuliner yang dimiliki para artis. Beberapa usaha kuliner artis pun yang kini masih hidup, tak sedikit juga yang sepi pengunjung.
Diam-diam saya lalu mengamati, sepertinya ada lho poin-poin yang jadi syarat kenapa sebuah usaha kuliner dengan sasaran generasi milenial bisa tetap bertahan lama. Penasaran? Yuk simak tipsnya berikut ini.
1. Menu yang Enak dan Unik
Yang namanya orang jual makanan, tentunya soal rasa adalah urusan nomor satu. Meski makanannya sedang tren, tampilannya bagus sekalipun, tapi kalau rasanya nggak enak, orang pun bisa kapok untuk membelinya lagi.
Nah, jika urusan rasa sudah oke, barulah kita pikirkan apa yang bisa membuat usaha kuliner itu tetap menang dari p…

Asyiknya Mengenal Huruf Lewat Nama Makanan

Anak balita nggak boleh calistung? Boleh… Asal caranya yang asyik, dan anak nggak dipaksa untuk serius belajar.
Di luar negeri sana, kegiatan mengenal huruf, angka, sampai konsep baca tulis dan hitung untuk anak usia balita, caranya banyak yang menarik lho. Rata-rata, dilakukan dalam kondisi anak sedang bermain.
Nggak hanya lewat permainan, dengan menggunakan buku pun bisa. Apalagi buku anak zaman sekarang kan keren-keren tuh. Anak bisa menambah pengetahuan, dan aktivitas yang dilakukan dengan buku tersebut.
Misalnya buku karya Mbak Winarti terbitan Bhuana Ilmu Populer atau BIP ini. Bukunya berjudul ‘Mengenal Huruf Melalui Makanan A-Z’. Anak-anak bisa mengenal huruf A sampai Z lewat nama-nama makanan.

Yang asyik dari buku ini, anak-anak bisa mengenal huruf dari huruf depan tiap makanan. Di buku ini juga bikin saya jadi tahu lho makanan-makanan khas dari beberapa daerah.
Selain mengenal huruf, ada permainan juga nih yang bisa dilakukan anak-anak baik sendiri maupun dengan pendampingan orang…

Resep Buka Puasa dengan Sambal Boran Khas Lamongan

Ada satu makanan khas dari daerah Lamongan yang jarang diketahui oleh kebanyakan orang luar Lamongan. Ya, jika kebanyakan orang tahunya kuliner Lamongan itu identik dengan Soto Ayam Lamongan, tapi sebenarnya, di Lamongan sendiri ada sebuah kuliner yang menjadi makanan keseharian masyarakat Lamongan.
Namanya Nasi Boran. Disebut boran karena biasanya penjualnya menggunakan bakul besar yang bernama boran saat berjualan.
Panganan yang satu ini kerap ditawarkan para penjualnya saat pagi hari sebagai sarapan, atau sore hingga malam hari. Biasanya penjual akan membungkus nasi boran dengan menggunakan daun pisang yang dilapisi kertas koran pada bagian luarnya.
Sedangkan di bulan Ramadan, Nasi Boran tetap diminati banyak masyarakat Lamongan untuk sajian berbuka puasa, atau sahur. Jadi meski dini hari, ada juga kok penjual Nasi Boran yang berjualan. Malah biasanya laris diburu mereka yang ingin menikmatinya untuk menu sahur.
Untuk satu kali sajian, Nasi Boran ini bisa terdiri satu porsi nasi, berik…

Tips Mengajukan Pinjaman Modal Usaha

Dalam sebuah usaha, keberadaan modal menjadi salah satu hal utama yang diperhitungkan. Namun apabila modal sendiri tidak memungkinkan, mengajukan pinjaman modal usaha bisa menjadi alternatif pilihan.
Kebutuhan akan modal usaha biasanya muncul pada saat kita akan memulai sebuah usaha, atau di saat usaha sudah berjalan dan kita membutuhkan tambahan modal untuk lebih mengembangkan usaha yang sudah ada.
Saat ini, begitu banyak lembaga keuangan yang menawarkan pinjaman untuk modal usaha. Mulai dari bank, koperasi, atau ada juga lembaga keuangan online. Apalagi, banyak lembaga keuangan yang saat ini memprioritaskan pinjaman untuk usaha yang berskala kecil dan menengah.
Hal ini dikarenakan pemerintah sendiri juga mendukung keberadaan usaha kecil yang punya arti besar bagi perekonomian negara. Keberadaan usaha kecil dapat membantu pemerintah dalam menciptakan lapangan kerja baru hingga menyerap tenaga kerja di masyarakat.
Menurut Undang-undang Nomor 20 Tahun 2008, ada penjelasan perbedaan antar…

Tips Mendapatkan Dana Cepat yang Aman dan Terpercaya untuk Lebaran

Saat bulan ramadan tiba, biasanya selain urusan ibadah, ada juga yang jadi perhatian banyak orang. Apalagi kalau bukan urusan uang. Dan bagi yang keuangannya pas-pasan, tentunya begitu ingin tahu cara atau tips mendapatkan dana cepat yang aman dan terpercaya untuk lebaran.
Karena memang di saat ramadan dan juga momen lebaran, kebutuhan pengeluaran bisa jadi lebih meningkat. Terutama di saat lebaran, kebutuhan uang untuk pengeluaran akan sangat dibutuhkan terutama untuk urusan keluarga.
Agar bisa mendapatkan dana cepat yang aman dan terpercaya untuk persiapan lebaran, ini dia beberapa hal yang bisa kita lakukan:
- Berdagang
Bisa dibilang di saat bulan ramadan atau untuk persiapan lebaran, tingkat konsumsi tiap orang kebanyakan akan meningkat. Terutama untuk urusan makanan.
Karena itu, kita bisa melakukan usaha yang berhubungan dengan makanan atau minuman. Misalnya, menjual makanan atau minuman untuk takjil. Atau karena kebanyakan orang malas untuk keluar rumah di saat puasa, kita bisa menj…