Skip to main content

Ubah Liburan Impian Jadi Kenyataan dengan JD Flight



“Ais iku uga aik peawak ya, ama abi, ama umi,” demikian tutur Kayyisah tiap ia mendengar deru pesawat melintas di langit atas rumah kami.

Kata-kata Kayyisah itu membuat saya sering tercenung. Ya Allah, kapan ya bisa ngajak ni anak beneran naik pesawat?

Apalagi bulan Maret lalu, saya dapat kesempatan mengikuti sebuah kegiatan yang membuat saya bisa beberapa hari melepas rutinitas harian menjadi ibu rumah tangga.

Momen di waktu itu punya beberapa arti buat saya. Setelah empat tahun lamanya, akhirnya saya bisa bepergian lagi, naik pesawat, dan ke Jogja.

Jogja sendiri adalah tempat asal ayah saya. Sementara seumur-umur sejak menikah, saya belum pernah sekalipun mengajak suami dan anak untuk berkunjung ke rumah kerabat ayah di sana.

Terkadang ingin rasanya mengajak mereka berlibur ke sana. Tak hanya itu, saya pun ingin mengunjungi beberapa tempat wisata yang ada di Jogja.

Misalnya ke Candi Prambanan. Bahkan hingga di kesempatan bulan lalu ke Jogja, lagi dan lagi, saya hanya bisa melihat candi ini dari kejauhan.


Ke Jogja Naik Pesawat

Sebetulnya untuk menuju Jogja dari Lamongan tempat saya tinggal sekarang, biasanya, saya menempuh perjalanan dengan menggunakan bus. Terkadang jika bersama keluarga, kami juga bisa naik mobil pribadi. Waktu tempuhnya kira-kira sekitar enam hingga tujuh jam lamanya.

Pengalaman menuju Jogja dengan menggunakan pesawat di bulan lalu adalah kesempatan pertama saya. Dengan waktu tempuh di udara hanya sekitar satu jam lebih beberapa menit dari Surabaya, mungkin jika ditotal waktu perjalanan dari Lamongan, hanya menghabiskan waktu sekitar empat atau lima jam saja.

Awalnya saya sempat tertawa juga waktu diminta naik pesawat dari Surabaya ke Jogja, sementara saya biasanya naik bus. Tapi dari pengalaman bulan lalu, ternyata kondisi tubuh jadi tidak terlalu lelah saat menempuh perjalanan lewat udara jika dibandingkan lewat darat dengan bus.

Apalagi rencananya mengajak Kayyisah yang masih berumur tiga tahun. Naik pesawat menurut saya bisa menghindari kebosanan yang mungkin akan dirasa Kayyisah jika naik bus.

Selain itu, naik pesawat juga sekaligus mengenalkan pada Kayyisah pengalaman menggunakan alat tranportasi udara.


Mewujudkan Impian dengan JD Flight

Giliran pesan tiket, saya sempat bingung juga akan menggunakan aplikasi apa. Kebetulan, saya memiliki akun di JD.id. Lantas saya terpikir, bisa nggak ya pesan tiket pesawat pakai JD.id?

Seorang teman lantas memberi tahu, jika saya pun bisa memesan tiket lewat JD.id. caranya, lewat JD Flight. Bahkan imbuhnya lagi, ada JD Hotel juga.

Wuaduh, kemana saja saya ini kok kudet begini?

Saya lantas membuka link JD Flight di flight.jd.id. Setelah coba pesan sampai ke tagihan pembayaran, saya terkesan lho dengan JD Flight ini.

Tapi sebelum saya bicara kelebihannya apa saja pesan tiket pesawat lewat JD Flight, saya mau cerita dulu ya proses gimana-gimananya pesan tiket pesawat lewat JD Flight.

- Pertama, kita tinggal isi saja mau berangkat dari mana dan tujuannya ke mana. Terus isi juga waktu penerbangannya kita kapan, jumlah tiket pesawat yang mau kita pesan, serta kelas penerbangannya. Kalau saya, pilih kelas ekonomi saja.

- Setelah kita klik ‘cari tiket’, halaman selanjutnya yang bisa kita jumpai adalah pilih penerbangan pergi dan kemudian kalau sudah beres, pilih penerbangan pulang.

- Di tiap halaman pilih penerbangan baik pergi maupun pulang, kita bisa memilih alias sortir nih mulai dari: waktu berangkat, waktu tiba, durasi, sampai harga. Bisa juga lho memilih mau langsung atau transit, terus transitnya bisa pilih juga di kota mana. Kita juga bisa memilih mau pakai maskapai penerbangan apa.

- Di tiap maskapai yang ditunjukkan JD Flight, kita bisa lihat detil penerbangan sampai rincian harganya.

- Kalau sudah di dua halaman tersebut, giliran halaman book penerbangan. Di halaman ini kita masih dikasih kesempatan untuk mengubah data. Misalnya di jumlah penumpang.

Dari pengalaman pesan tiket di JD Flight, menurut saya ini dia beberapa kelebihannya:

- Pesan tiket pesawat di JD Flight ini menurut saya mudah, juga fleksibel. Fleksibel yang dimaksud saya itu adalah kita bisa menentukan mau pesan tiket yang seperti apa, berangkat kapan, dan harganya mau yang mana.

- Kalau mau cari tiket pesawat murah, kita juga bisa dengan mudah mendapatkannya di JD Flight. Selain karena tampilan pilihannya diatur berdasarkan harga termurah, kita juga bisa menggunakan kupon JD.id yang kita punya.

- Dan… ini dia yang menurut saya kerennya JD Flight kalau buat para traveler. Tadi sempat tahu kan kalau di JD Flight kita bisa mudah pesan tiket pesawat dengan penerbangan langsung atau transit.
Nah, buat para traveler, kesempatan transit di bandara apalagi sampai beberapa jam itu artinya bisa gede lho. Kesempatan jalan-jalan ke tempat lain bisa nambah rek! Meski cuma memanfaatkan waktu transit.
Misal kayak saya tadi, mau berangkat ke Jogja dari Surabaya. Bisa lho milih transit dulu ke Bali. Dan, kita nggak perlu pusing cari-cari pesawat mana yang kasih peluang itu. Di JD Flight sudah ada pilihan ‘transit’ yang otomatis kalau kita klik, akan mengarahkan kita ke beberapa penerbangan yang memiliki peluang buat kita bisa transit.
Dan bayangin saja kalau ini buat liburan ke luar negeri. Kan lumayan tuh bisa nambah record ‘I was there’ di mana. Meski cuma transit… Hehehe…

Jadi kalau kalian mau punya liburan impian ke mana? Yuk ubah jadi kenyataan. Biar makin asyik, pakainya JD Flight ya…




Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Indonesia Corners dan JD.ID. Artikel ditulis berdasarkan pengalaman dan opini pribadi.


Comments

  1. Jadi kangen naek pesawat,,terakhir naek tahun kemaren hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Moga habis ni ada kesempatan terbang lagi ya Mbak...

      Delete
  2. Asyik banget bisa liburan apalagi sambil bawa orang tersayang, keluarga tercinta dan teman yang penuh drama dan juga penuh cerita pastinya seru sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mbak, harapannya sih bisa bareng sama keluarga.

      Delete
  3. JD.id bisa beli tiket juga kak? Berarti lengkap dong.
    Baru tahu daku jadinya. Karena lihat diiklannya tahunya buat belanja produk aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, saya juga baru tahu kalau sekarang ada JD Flight

      Delete
  4. Bund, mombassador SGM kah? Kepo sama acara bln lalunya :D

    Smg impian bw bocil ke jogja terwujud dg jd flight ya. Salam buat Kayyisah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, di blog ini udah saya tulis juga yang tentang mombas.

      Delete
  5. Asiknya,, harga tiket memangnya lebih murah ya bunsay kalau beli di JD.Flight

    ReplyDelete
  6. wahh jd id bisa beli tiket juga yaa? ntar nyobain ahh. siapatau pas dapat murah

    ReplyDelete
  7. Aku pengen liburan ke Lombok atau Raja Ampat. Kayaknya seru banget bawa anak2 lihat alam yang Indah. Pantainya cakeeep banget. Pake JD Flight oke ya. Oke, noted banget. Bisa jadi referensi saat mau lburan nanti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mesti seru ya Teh ngajak keluarga liburan ke sana...

      Delete
  8. Kini naik pesawat bukan sesuatu yang mevvah lagi ya kak.sdh bnyk pilihan tiket murah dan promo.dan yg jg penting, naik pesawat itu bebas dari macet.sehingga fisik tdk begitu lelah usai perjalanan :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, naik pesawat sekarang kayak udah jadi hal yang biasa.

      Delete
  9. Oo beli tiket pesawat skrg bisa ya di jd id? Belum pernah nyoba sih, tali pas baca artikel ini seperti ya mudah ya . Ntar coba saya ceki2 deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, sekarang sudah bisa di JD Flight. Gampang juga caranya.

      Delete
  10. Harganya bagus nggak? Aku pengen nyari promo tiket pesawat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan Ki Demang. Kalo menurut saya sih. Karena kemarin sempet cari tiket pesawat ke Batam dan jatuh harganya nggak ngagetin banget. Padahal harinya deket lebaran tuh.

      Delete
  11. Pengen ke Jepang kak. Hiks. Tapi gak bisa sendirian. Jadi harus bersama sama dan biayanya itu loh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Moga suatu saat keturutan ya... Kan siapa tahu dapat hadiah sekeluarga.

      Delete
  12. Bisa beli tiket juga yaa di JD.id boleh lah nanti aku lihat-lihat kalau hunting tiket

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak. Di JD. id sekarang selain bisa belanja juga bisa beli tiket.

      Delete
  13. Wah jadi pengen ngepoin JD.ID. Moga2 bisa dapat tiket murah, lumayan kan buat mudik lebaran ntr. Tengkyu infonyaaaaaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, tiket deket lebaran di situ nggak mahal banget jatuhnya. Masih bisa dapat harga yang lumayan.

      Delete
  14. Anakku juga suka banget sama pesawat Mba, dan cita-citanya sejak kecil pengen naik pesawat. Alhamdulillah bulan November tahun lalu cita-citanya tercapai. Semoga Kayyisah juga secepatnya bisa naik pesawat yaa, amiiin 😇😇

    Saya juga pengen banget ke Jogja lagi Mba, pengen ke sana bareng anak dan suami

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ... moga doa kita terkabul ya Mbak...

      Delete
  15. Semoga terwujud ya mbak anaknya naik pesawat. Saya jadi ingat masa kecil dulu sering banget bilang ke ibu "kapan saya naik pesawat" alhamdulillah sdh merasakan naik pesawat setelah dewasa ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Mbak. Masa kecilku juga gitu. Baru pas gede bisa naik ke mana-mana.

      Delete
  16. aku seumur umur juga bisa dihitung naik pesawat mbak, malahan banyakan dibayarin daripada beli tiket sendiri ha ha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... yang penting udah sering ngerasain Ki Demang 😁

      Delete
  17. Hmmm.. Liburan impianku ke mana yak? Banyak banget mbak, dan destinasi tujuan anehnya selalu bertambah. Aku pun bingung, semuanya mau didatangi. Apadaya dompet dak sanggup. Untung ada JD.ID ya, bisa beli tiket pesawat dengan harga lebih murah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah keren ni Mbak, hobi jalan-jalan ya. Moga meski makin bertambah destinasi yang dipengenin, tetel bisa dikunjungi ya semuanya suatu saat nanti...

      Delete
  18. Dengan fitur JD.ID flight ini, cari tiket pesawat jadi lebih gampang dan tentunya lebih murah. Liburan impian bisa terwujudkan.

    ReplyDelete
  19. ok,, aku akan siap2 liburan... otw ke aplikasinya ahh,,, naik pesawat terbang

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkenan membaca. Mohon maaf, komentar yang mengandung link hidup akan saya hapus ya...

Popular posts from this blog

Menambah Wawasan Parenting dari Buku Dilan

Ceritanya karena lagi heboh-hebohnya Film Dilan nih. Saya yang sudah dari lama ngincer buku itu, lalu pengen beli tapi kok ya kapasitas dana nggak kayak dulu lagi, akhirnya cuma bisa ngowoh.
Eh ndilalah, entah dari mana ceritanya, kok jadi tahu aplikasi perpustakaan nasional bernama iPusnas. Dan di sana koleksi Dilannya lengkap! Tiga buku ada semua. Cuma… antriannya sampai ratusan, Jeng!
Demi rasa penasaran, ikutan ngantri deh. Lucunya, awal ngecek koleksi buku Dilan di iPusnas, saya langsung bisa pinjam buku yang ke tiga, Milea Suara dari Dilan. Pas kosong, padahal yang sudah antri banyak. Tapi kemudian saya anggurin. Dan akhirnya nggak kebaca deh.

Beberapa hari kemudian, saat launching film Dilan beneran keluar, cek antrian lagi deh. Makin sering lagi ngeceknya di notifikasi. Endingnya, dalam seminggu, saya bisa lho mengalahkan para pesaing antrian buku ini, baca tiga-tiganya dalam waktu nonstop sekitar lima sampai enam jam langsung baca, lewat hp Samsung J1. Udah, bayangin aja tu laya…

Lopang, Surganya Buah Jamblang

Tahu buah jamblang, atau juwet, atau dhuwet, atau dhuwek?
Di beberapa daerah, buah ini memang punya julukan yang berbeda-beda. Saya sendiri malah menyebutnya dengan plum Jawa! Hahaha…
Nah, di daerah Lopang, Kecamatan Kembangbahu, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, kita bisa menjumpai buah jamblang dengan aneka jenis.
Mulai dari jamblang yang ukurannya kecil tanpa biji, sampai yang berukuran sebesar bakso telur puyuh dengan daging buah yang tebal.
Atau, dari yang rasanya masam, hingga jamblang yang manis tanpa menyisakan rasa sepet di lidah.
Jamblang yang warnanya hitam pekat hingga berwarna ungu kemerahan pun ada di Lopang.



Di masa-masa akhir musim kemarau menjelang musim hujan, biasanya buah ini bermunculan.
Untuk tahun 2017 ini, sepertinya musim jamblang di Lopang jatuh di sekitar bulan Oktober hingga November. Karena di bulan September ini, pohon-pohon jamblang di Lopang mulai bermunculan bunganya.
Karena begitu kayanya jenis jamblang di Lopang, saya menyebut tempat satu ini sebagai surg…

Membimbing Anak Belajar

Kali ini saya ingin membahas tentang apa dan bagaimana tentang membimbing anak belajar yang perlu dilakukan oleh orangtua. Tulisan ini berdasarkan hasil wawancara dengan Imelda Yetti yang beberapa tahun lalu sempat saya wawancarai sewaktu saya menjadi reporter di Batam. Saat itu, ia adalah pengajar di Sekolah Charitas Batam.
Sering orangtua mewajibkan anaknya untuk belajar tanpa ingin tahu mengapa ada anak yang sulit dalam proses belajarnya. Akibatnya meski anak dipaksa terus belajar, anak tak kunjung menjadi pintar dalam artian menyerap apa yang dipelajarinya sendiri.
Padahal menurut Imelda, ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi kemampuan anak dalam belajar. Faktor-faktor tersebut antara lain, waktu, dukungan, budaya, konteks, dan kebebasan memilih.
Dikatakannya lebih lanjut, tiap anak memiliki waktu yang berbeda-beda untuk dirinya sehingga ia bisa mudah menyerap apa yang dipelajarinya.
Anak pun membutuhkan dukungan dari lingkungan sekelilingnya dalam hal belajar. Bisa jadi dari or…

Tujuh Hal yang Perlu Dipertimbangkan dalam Membuka Usaha Toko Sembako

Pada tahu kan toko sembako? Itu lho, toko yang isinya menjual sembilan bahan pokok.
Yang masuk kategori sembako itu antara lain: 1.Beras, sagu, dan jagung 2.Gula pasir 3.Sayur-sayuran dan buah-buahan 4.Daging sapi, ayam, dan ikan 5.Minyak goreng dan margarine 6.Susu 7.Telur 8.Gas ELPIJI (kalau dulu sih minyak tanah) 9.Garam berIodium dan berNatrium
Semua bahan itu jadi kebutuhan pokok sehari-hari manusia.
Nah, peluang usaha membuka toko sembako ini bisa menjadi bisnis rumahan ibu rumah tangga yang menguntungkan. Bagaimana tidak. Tiap hari bisa selalu saja ada orang yang datang membeli.
Tapi yang namanya bisnis menguntungkan, biasanya ya memang banyak pesaingnya.
Menurut beberapa info yang saya baca, kita perlu survey dulu. Barangkali, eh, ternyata ada toko sembako juga di dekat tempat yang mau kita dirikan usaha.
Kalau sampai ada, perlu dipantau juga. Jangan sampai harga toko tersebut lebih murah dari barang-barang yang dijual di toko kita nantinya.
Tapi kalau sampai belum ada pesaingnya, namanya …

Kebun Binatang Surabaya, Tempat yang Instagramable untuk Foto Keluarga

Setelah sekian lama hanya bisa memandang dari kaca bus saat melewati Kebun Binatang Surabaya dari Terminal Bungurasih ke Terminal Osowilangun, pada akhirnya saya bisa menginjakkan kaki lagi ke kebun binatang kebanggaan arek Suroboyo yang biasa disingkat dengan KBS.
Sebetulnya kemarin itu kali ke dua saya mengunjungi KBS. Seingat saya, pertama kali main ke sana saat masih SD sekitar sebelum kelas 5. Waktu itu saya masih tinggal di Bekasi dan diajak main ke KBS saat sedang berlibur di Lamongan.
Nah, agenda ke KBS pada hari Selasa, 4 Juli 2017 lalu itu sebetulnya bisa dibilang mendadak. Rencananya awal, saya dan suami ingin mengajak Kayyisah naik kuda sebagai pemenuhan janji karena dia sudah bisa dan mau berjalan.
Sempat terpikir untuk mengajak Kayyisah ke Kenjeran. Tapi tidak jadi karena takut anaknya kepanasan.
Suami sendiri inginnya sih mengajak ke Pacet. Cuma dalam pikiran saya, kok sayang kalau agendanya naik kuda saja.
Setelah browsing, saya baca ternyata di KBS kok ada juga wahana nai…