Skip to main content

Asyiknya Mengenal Huruf Lewat Nama Makanan


Anak balita nggak boleh calistung? Boleh… Asal caranya yang asyik, dan anak nggak dipaksa untuk serius belajar.

Di luar negeri sana, kegiatan mengenal huruf, angka, sampai konsep baca tulis dan hitung untuk anak usia balita, caranya banyak yang menarik lho. Rata-rata, dilakukan dalam kondisi anak sedang bermain.

Nggak hanya lewat permainan, dengan menggunakan buku pun bisa. Apalagi buku anak zaman sekarang kan keren-keren tuh. Anak bisa menambah pengetahuan, dan aktivitas yang dilakukan dengan buku tersebut.

Misalnya buku karya Mbak Winarti terbitan Bhuana Ilmu Populer atau BIP ini. Bukunya berjudul ‘Mengenal Huruf Melalui Makanan A-Z’. Anak-anak bisa mengenal huruf A sampai Z lewat nama-nama makanan.


Yang asyik dari buku ini, anak-anak bisa mengenal huruf dari huruf depan tiap makanan. Di buku ini juga bikin saya jadi tahu lho makanan-makanan khas dari beberapa daerah.

Selain mengenal huruf, ada permainan juga nih yang bisa dilakukan anak-anak baik sendiri maupun dengan pendampingan orangtua. Misalnya, aktivitas mencari perbedaan, dan tempel stiker.

Aktivitas yang terakhir itu kesukaan Kayyisah banget. Dia memang paling suka mainan stiker yang ditempel ke mana-mana. Pas main stiker di buku ini sama abinya saja, dia maunya yang nempel sendiri, terserah dia. Abinya cuma boleh nunjukin kategori tempat menempelnya.


Kalau yang mencari perbedaan, memang sih buat Kayyisah yang masih umur tiga tahun, dia agak kesulitan mencari bedanya. Eh tapi, saya juga pas nyoba nyari, ternyata kok asyik juga ya. Hehehe, saya mah emang malah suka asyik sendiri kalau sama buku buat anak-anak!

Satu lagi yang Kayyisah suka dari buku ini adalah gambar-gambarnya yang besar dan berwarna-warni. Terus ada beberapa yang terlihat menarik buat Kayyisah. Misalnya, gambar anak dengan baju dinosaurus.

Nggak hanya mengenal huruf, Mbak Winarti juga menulis buku yang seri pengenalan angka. Judulnya ‘Mengenal Angka Melalui Alat Transportasi’. Iya, dari judulnya kelihatan ya, kalau buku yang ini pakai media gambar transportasi untuk mengenalkan angka pada anak.

Baca juga di sini ya review buku tersebut: Mengenal Angka Melalui Alat Transportasi

Oh iya, dua buku ini asyik juga lho untuk dipakai di PAUD, penitipan anak atau daycare, playgroup, dan TK. Jadi buat para guru di lembaga tingkat pendidikan usia dini, yuk ditambah koleksi bukunya dengan dua buku karyanya Mbak Winarti ini.


Di toko buku seperti Gramedia atau toko buku online juga bisa kok belinya. Biar jadi temannya Kayyisah dan anak-anak lain yang juga punya buku ini ya…

Comments

  1. bener mbak, anakku juga tau huruf M gara-gara nama depannya pakai M. selamat belajar Kayyisah :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling enak emang Bun ngenalin huruf dari kata-kata yang anak biasa tahu.

      Delete
  2. Jadi inget mau beli buku juga untuk dedek wiken ini. Lg mau latih dia bicara dgn banyak2 cerita hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk Mbak beli buku yang ini juga. Asyik buat si kecil...

      Delete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkenan membaca.

Popular posts from this blog

Menambah Wawasan Parenting dari Buku Dilan

Membimbing Anak Belajar

Lopang, Surganya Buah Jamblang

Tujuh Hal yang Perlu Dipertimbangkan dalam Membuka Usaha Toko Sembako

Kebun Binatang Surabaya, Tempat yang Instagramable untuk Foto Keluarga