Skip to main content

Karena Anak Cerdas Itu Butuh Dukungan



Memiliki anak cerdas adalah anugerah bagi setiap orang tua. Selain itu, anak yang memiliki kecerdesan pun membuat orang tua optimis akan masa depan si kecil nantinya.

Saya sadar, setiap anak memang terlahir dengan bakat kecerdasan berbeda. Namun, anak tetap perlu dukungan dari lingkungan sekitarnya terutama orang tuanya. Berikut ini beberapa alasan saya tentang kenapa kecerdasan seorang anak perlu mendapat dukungan dari saya dan suami sebagai orang tuanya.

1. Anak membutuhkan nutrisi seimbang

Yang saya tahu dari beberapa seminar parenting, konon dalam ilmu kedokteran, seorang anak itu memiliki seribu hari pertama yang penting untuk dipenuhi asupan nutrisinya. Masa ini diawali sejak masa kehamilan.

Nah, di masa-masa tersebut, otak anak sedang tumbuh dan berkembang dengan cepat. Kalau sampai di masa tersebut ia kurang mendapat dukungan positif dari lingkungan sekitar terutama orang tuanya, akan berakibat buruk bagi masa kehidupannya kelak.


Sebagai ibu, saya berupaya semaksimal mungkin untuk memenuhi dan menjaga asupan nutrisi anak agar selalu terpenuhi dan seimbang sejak masa kehamilan, pemenuhan ASI selama dua tahun saat bayi, serta pemenuhan asupan nutrisinya lewat apapun yang dikonsumsi anak.

2. Anak perlu sering diajak aktivitas bersama

Dari hasil pengamatan saya sejak dulu, anak yang selalu diajak beraktivitas oleh lingkungan sekitar apalagi orang tuanya akan beda jadinya dengan mereka yang jarang melakukan hal tersebut.


Karena itu sebisa mungkin saya dan suami mengajak Kayyisah anak kami untuk melakukan berbagai aktivitas bersama. Meski saya dan suami terkadang sibuk dengan berbagai aktivitas, sebisa mungkin, kami harus punya waktu luang untuk beraktivitas Kayyisah.

3. Anak membutuhkan orang tua yang tahu tipe kecerdasannya

Saya dan suami berkesimpulan bahwa Kayyisah tipe anak yang cenderung seimbang kemampuan visual dan auditorik, serta menonjol di kemampuan verbal. Ia juga tipe anak yang punya kelebihan di motorik halus.

Dari hasil pengamatan tersebut, saya dan suami pun mulai mengarahkan apa yang perlu banyak dilakukan Kayyisah untuk mengasah kecerdasannya yang memang bakat alami sejak lahir serta kemampuannya yang masih dirasa perlu distimulus lagi.


4. Anak membutuhkan penghargaan atas proses tumbuh kembangnya

Yang pernah saya tahu, anak yang tumbuh dengan dukungan dan kasih sayang akan jauh melesat kecerdasannya dibanding anak yang tumbuh dengan celaan. Dan saya amati sendiri, setiap kami memberi penghargaan atas apa yang berhasil Kayyisah lakukan, sekecil apapun, justru membuatnya lebih mampu menguasai hal apapun.


5. Anak membutuhkan kecerdasan emosional yang harus diasah

Saya akui, kecerdasan emosional Kayyisah banyak menurun dari suami saya yang punya kemampuan sosial lebih. Karena itu, kami pun mulai memerhatikan bagaimana cara Kayyisah saat berkomunikasi dengan orang lain, mengembangkan sisi empatinya, serta kemampuannya untuk berbagi dengan orang lain.


6. Anak perlu dikenalkan pada hal baru

Semakin banyak hal baru yang diketahui anak, maka akan makin besar pengetahuannya dan makin besar pula kebiasaannya belajar hal baru. Itu yang saya dan suami sadari sehingga kerap mengajak Kayyisah melakukan berbagai aktivitas baru yang baik untuk tumbuh kembangnya.


Lalu, anak yang cerdas itu yang seperti apa sih? Yuk saya kupas satu-satu ya tentang apa dan bagaimana kecerdasan yang perlu dikembangkan dalam diri anak serta apa saja yang saya bersama suami untuk Kayyisah anak kami.

1. Anak cerdas itu kreatif

Kreatif adalah bisa membuat hal baru. Sisi kreatif akan muncul apabila lingkungan sekitar terutama orang tua memberikan berbagai peluang untuk aktivitas kreatif anak.


2. Anak cerdas itu peduli

Kepedulian anak terhadap lingkungan sekitar membuatnya berinteraksi dan menambah pengetahuan. Kayyisah pun kerap kami ajak memerhatikan apa yang ada di lingkungan sekitarnya, mengenalkannya, dan mengajaknya untuk tidak bersikap masa bodoh.


3. Anak cerdas itu berani

Di balik keberanian, ada rasa ingin tahu anak yang membuatnya belajar hal baru. Saya dan suami kerap menstimulus Kayyisah untuk bermental berani dengan mengenalkan dan menjelaskan berbagai hal baru.


4. Anak cerdas itu sehat

Anak yang sehat punya tumbuh kembang sesuai jenis usianya bahkan menonjol dibandingkan anak umumnya. Karena kesehatan membuat anak bisa menguasai kemampuan seperti gerak atau psikomotorik, daya pikir atau kognitif, serta emosi atau afektif.

Karena itu untuk mendukung kecerdasan anak, saya dan suami berusaha memberikan asupan bergizi terbaik untuknya. Termasuk memberikan multivitamin Cerebrovort.


Selain itu sebagai orang tua, kami pun berusaha mengontrol apa saja yang masuk melalui mulut si kecil. Misalnya jajanan yang dikonsumsi si kecil kala senggang.

Kayyisah itu suka dengan Cerebrofort Marine Gummy yang menurut saya bisa jadi jajanan sekaligus vitamin. Saat saya baca di kemasannya, Cerebrofort Marine Gummy mengandung minyak ikan tuna yang bagus buat tumbuh kembang dan kecerdasan anak.


Biasanya kan kalau kebanyakan anak nggak suka minum vitamin yang ada minyak ikannya. Tapi kalau dimakan dalam bentuk jelly yang kenyal sekaligus rasanya enak seperti buah-buahan, tentu banyak anak suka.

Kalau ke supermarket, Kayyisah minta dinblikan Cerebrofort Marine Gummy. Soalnya buat dia, teksturnya kenyal dan kayak rasa permen.

Jadi memang ya, anak cerdas itu butuh dukungan. Apalagi hal ini penting dilakukan orang tua. Saya dan suami pun selalu berharap semoga menjadi orang tua yang bisa mendampingi anak untuk mendukung selalu kecerdasannya.


Comments

  1. wah enam tips ini patut dicoba.. apalagi yg nomor 2 sering diajak aktivitas bersama ...terutama di luar ruang ya kak

    ReplyDelete
  2. si adik pinter bangeeet. bermanfaat banget buat saya yang mau belajar buat parenting buat di masa depan nanti ketika saya udah berkeluarga hehe

    ReplyDelete
  3. itu anaknya diajarin cuci piring ya Bun?
    Jadi inget anakku, waktu itu aku belum mengajarinya melakukan pekerjaan rumah, tapi Alhamdulillah tanpa disuruh dia langsung melakukannya, seperti mencuci piring bekas makannya sendiri. Hhhmmm ada rasa haru dan bangga rasanya, luar biasa pintarnya ya anak-anak jaman sekarang. Semoga selalu sehat dan tambah pintar untuk anaknya ya bun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu nyuci mainan masak-masakannya sendiri Mbak. 😀

      Delete
  4. Bener banget mba...masa emas itu yg hrs kita berikan.. Sebisa mungkin stimulasi di masa itu

    ReplyDelete
  5. Anak cerdas harus diarahkan oleh orang tuanya , diberi asupan makanan bergizi dan yang paling penting diberi penghargaan saat dia sukses melaksanakan hal bagus

    ReplyDelete
  6. Tipsnya perlu dicoba nih. Yang ke empat nih jg sangat penting mengenai penghargaan kepada anak, ya Bun.

    ReplyDelete
  7. Dibalik anak yang cerdas, pasti ada orangtua yang tangkas.
    Semoga kelak orangtua terus mendukung apapun hal terbaik yang dilakukan oleh anak..

    Dulu waktu #BloggerEksis kecil juga sering diberi vitamin Cerebrofot.
    Konon kandungan minyak ikan didalamnya itu mampu menstimulus anak untuk tumbuh menjadi lebih sehat*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tos sama... kecilku dulu juga pake Cerebrofot 😁

      Delete
  8. saya pun begitu punya anak tiga, beda semua tingkat kecerdsaannya, namun bisa distimulan kok, supaya berkembang yaa

    ReplyDelete
  9. Anak cerdas itu kreatif, peduli, dan sehat. Saya menghapalkan ini buat training ke keponakan. Biar nanti dimasa depan nggak kagok, hehehe.

    ReplyDelete
  10. Anak sehat itu berawal dari lingkungan yang sehat juga.. ayah dan ibu yang sehat tentunya akan memberikan stimulasi serta sandang, pangan dan papan yang baik untuk anak-anak agar tumbuh menjadi anak yang sehat. Sehat selalu ya anak cantik!

    ReplyDelete
  11. suka deh kalau ngeliat orang tua bener2 mendidik anaknya dengan baik dan benar. jadi motivasi diri. walaupun belum punya anak. hehe. insyaallah dedeknya jadi anak cerdas kebanggaan ortu ya mba. aamiin.

    ReplyDelete
  12. Waini... anak jadi gampang konsumsi minyak ikan ya...padahal biasanya kan susah hihihi

    ReplyDelete
  13. setuju banget, tugas kitalah sebagai orangtua untuk mengenali dan mendukung kecerdasan anak anak kita yaaaa. Dan kita harus percaya bahwa semua anak itu cerdas dan memiliki keunikannya masing masing yaaaa

    ReplyDelete
  14. Sebgai orangtua kadang sering merasa khawatir kurang memberi dukungan pada anak terutama pasa masa tumbuh kembangnya

    ReplyDelete
  15. betul butuh dukungan.. kita harus mendukun anak2 kita.. sekarang saatnya saya mencari ibu yang mau bersama2 membangun keluarga

    ReplyDelete
  16. Setuju. Anak cerdas harus didukung terutama oleh orang tuanya

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkenan membaca.

Popular posts from this blog

Menambah Wawasan Parenting dari Buku Dilan

Membimbing Anak Belajar

Lopang, Surganya Buah Jamblang

Tujuh Hal yang Perlu Dipertimbangkan dalam Membuka Usaha Toko Sembako

Kebun Binatang Surabaya, Tempat yang Instagramable untuk Foto Keluarga