Tema Blog yang Asyik untuk Ditulis



Zaman sekarang, banyak orang yang asyik memilih menulis blog dengan tematik atau tema tertentu. Jadi nggak gado-gado gitu.

Apalagi kalau orientasinya untuk mendulang rupiah atau dolar. Karena katanya sih, pihak yang ngajak kerja sama sukanya dengan blog tematik atau niche tertentu.

Begitu pula jika blognya untuk dimonetasi lewat jalur Google Adsense. Dari sebuah grup yang isinya ngebahas tentang monetasi dan yang saya pernah saya baca, Google suka dengan blog yang seperti ini.

Saya sendiri nggak main Google Adsense untuk monetasi. Selama ini lebih seringnya kerja sama dalam bentuk content placement atau sponsorship.

Nah, kalau dari pengalaman saya sampai sekarang, ada beberapa tema yang disukai sama brand untuk jadi bahan kerja sama.

1. Keuangan

Kalau menurut saya, tema ini yang paling sering disodorin ke saya untuk tawaran kerja sama. Mulai dari ngebahas fintech atau teknologi finansial, asuransi, atau produk perbankan lainnya.

2. Teknologi

Bisa ditebak lah ya teknologi yang dimaksud ini apa. Paling sering sih kalau nggak ngebahas hp ya laptop. Kadang ada juga yang terkait dengan aplikasi terutama yang digunakan pada hp.

3. Traveling

Coba hitung saja sendiri, ada berapa aplikasi perjalanan yang sekarang suka wira-wiri iklannya di tv? Nah, kebanyakan nama-nama itu juga yang ngajak kerja sama blogger.

Nggak mesti harus hobi jalan-jalan untuk nulis ini. Karena bisa juga, kita dikasih brief key words, terus tinggal kitanya yang browsing bahan di internet.

4. Kecantikan

Kalau ini sejujurnya saya hampir nggak pernah dapat tawaran kerja sama di tema ini sih. Kecuali terkait seputar tips. Lha orang sayanya juga nggak minat dan nggak pernah nulis review produk di blog.

Jadi ya mesti lah pada paham untuk nggak ngajak orang yang bukan beauty bogger kayak saya untuk diajak kerja sama ngebahas produk kecantikan. Gimana mau ngajak, orang sayanya juarang pakai make up! Hahaha…

5. Kesehatan

Kalau tema ini biasanya yang disodorin ke saya adalah seputar tips kesehatan. Karena kayaknya kebanyakan akan mengajak kerja sama para blogger tapi versinya peliputan langsung. Dan buat saya yang blogger daerah, amat jarang terjamah tawaran peliputan.

6. Otomotif

Aslinya saya nggak pernah sekalipun menulis tentang otomotif di blog. Kayaknya kok jauh banget dihubungin ke tema blog saya yang kebanyakan ngebahas tentang pengasuhan anak.

Eh ndilalah, beberapa hari yang lalu ada nawarin content placement. Ya saya ambil deh. Hitung-hitung mobilnya buat bahasan mobil keluarga.

7. Parenting

Tema yang satu ini jadi tema utama blog saya tapi jarang dijadikan acuan orang untuk mengajak saya kerja sama. Paling-paling sih content placement yang berisi link mengarah ke blog tertentu.

Yah, meski ada iming-iming materi ini itu, tetap saja, kalau maunya ngeblog yang mengasyikkan, ya enaknya kan yang sesuai dengan minat kita lah ya. Juga kemampuan kita bisanya nulis dengan kategori apa.

Kalau versi saya sendiri sih, ini dia beberapa tema yang lebih saya sukai untuk ditulis di blogimsusanti dot com.

1. Pengalaman personal

Ini tema yang nyerempet ke tema blog gado-gado dan paling enak banget ditulis. Coba aja deh tanya ke beberapa blogger. Pasti kebanyakan bisa lancar jaya nulis panjang kalau yang diminta pengalaman personal.

2. Traveling

Dari sisa-sisa pengalaman saat lajang, akhirnya saya punya stok lumayan untuk urusan tulisan bertema traveling. Nulis tema ini bisa dibilang yang asyik ya mules. Asyiknya karena menulis pengalaman sendiri. Mulesnya karena harus mengingat-ingat pengalaman yang sudah lewat, dan menyesali kenapa ada poin yang ingin ditulis tapi kok waktu itu nggak tereksplorasi saat jalan-jalan! Hahaha…

3. Parenting

Pengalaman pernah jadi kepala sekolah taman penitipan anak dan menekuni dunia pendidikan, bikin saya punya stok lumayan untuk tema ini.

Sekali lagi, bukan karena saya sudah menerapkannya pada si kecil lho ya. Justru dengan menulis tema ini, saya malah jadi mengingat dan belajar untuk jadi orang tua yang baik bagi si kecil.

4. Cerita anak

Sebagai orang yang dulunya hobi menulis cerita dan terkadang masih dilakukan sampai sekarang, saya pun hobi menulis tema ini di blog. Jadi di blog saya ini, ada puluhan cerita anak yang sudah saya tulis ulang dari cerita-cerita yang pernah dimuat di media ataupun yang tidak terbit.

Itu dia sih tema blog yang sering saya tulis karena seringnya dapat tawaran kerja sama dan tema yang lebih saya sukai untuk ditulis di blog. Kalau teman-teman, sukanya baca dan menulis tema apa di blog?


Comments

  1. Wah kok aampe mules gitu mba...hahaha...kalau saya kadang pernah jd nyesel jg kelewat ini itu tp ga sampe mules lah...:)

    ReplyDelete
  2. Hallo Mba Ika, kalo aku suka baca blog tentang parenting, secara sudah beranak dua hehe.. untuk menulis aku lebih banyak lifestyle, karena bagi aku lebih luas jangkauannya.. parenting menurut aku masuk dalam kategory lifestyle juga.. tetap semangat ngeblog ya mba Ika.

    ReplyDelete
  3. Aku lifestyle pokoknya jadi tetap dapat kesehatan juga parenting di tambah pundi pundi dari yang lain. Eeeeaaa hahaha

    ReplyDelete
  4. Kalo saya lebih suka menulis tema Traveling atau wisata.. Itu karena saya suka jalan2.. Kisah perjalanan yg saya tulis kebanyakan dari hasil pengalaman pribadi.. Rasanya senang banget bisa berbagi cerita ttg wisata di tempat tertentu..

    ReplyDelete
  5. Emg lebih enak nulis yg sesuai sm passion kita ya mba. Walaupun sebenarnya kita juga bisa menuls yg lain. Tp seru lho kalo nulis ada apresiasinya dr org lain. Berasa dihargai aja. Semoga aku jg bisa kaya mba.. semangat terus ya mba. Dan semoga suksea...

    ReplyDelete
  6. Travelling, kesehatan, dan parenting...kita samaan mbak. Kalau kesehatan saya fokus di diet mbak bakalan saya pantengin tuh blognya kalau ngomongin diet..hahaha

    ReplyDelete
  7. Banyak ya tema yang bisa ditulis di blog, yang penting kita memahami apa yang kita tulis, jadi pembaca nyaman ya

    ReplyDelete
  8. Halo Mba, senang ya bisa menulis dengan berbagai tema, apalagi yang kita sukai. Saya sendiri suka menulis tema parenting dan dunia kepenulisan

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkenan membaca.

Postingan Populer

TB Membuat Kayyisah Menjadi Anak tak Biasa

Mengganti Token Bank Mandiri yang Habis Baterai

Pakai Serum Pemutih Badan yang Bikin Cepat Putih, Aman Nggak Ya?

Anak Lemas Setelah Sembuh dari Sakit, Ini Dia Cara Memulihkannya

Menambah Wawasan Parenting dari Buku Dilan

Review Jujur Setelah Pakai Rangkaian Scarlett Whitening, Hasilnya Ternyata…

Bikin Asyik Liburan Sambil Kerja dengan ASUS ZenBook UX391UA

Tujuh Hal yang Perlu Dipertimbangkan dalam Membuka Usaha Toko Sembako

Lopang, Surganya Buah Jamblang

Melawan Neuropati untuk Segudang Aktivitas yang Terus Menanti