Empat Masalah yang Sering Dialami Pompa Air dan Cara Mengatasinya

Post a Comment


Pompa merupakan mesin yang digunakan untuk menggerakan fluida. Pompa ini akan menggerakan fluida yang berasal dari tempat bertekanan rendah untuk menuju ke tempat bertekanan tinggi. Adanya perbedaan tekanan tersebut maka diperlukannya energi untuk mengatasinya.

Pompa untuk udara biasa disebut dengan kompresor terkecuali pada beberapa aplikasi dengan tekanan rendah seperti pada bagian ventilasi, pemanas, dan juga pendingin ruangan yang biasnya disebut dengan menjadi kipas atau penghembus atau blower. 

Pompa ini pada prinsipnya akan mengubah energi mekanik motor menjadi energi aliran fluida. Energi yang telah diterima fluida ini nantinya akan digunakan untuk menaikkan tekanan dan juga untuk mengatasi tahanan tahanan yang ada pada saluran yang dilaluinya. 

Pompa air adalah peralatan penting di dalam rumah tangga tetapi meski begitu jangkauan layanan air bersih yang dimiliki oleh pemerintah hingga saat ini telah menjangkau pemukiman terkecil. Dan di dalam hal pemeliharaannya diperlukannya penggunaan jasa service pompa air yang dapat dipercaya sehingga tidak akan terganggunya kebutuhan dasar akan air. 

Terjadinya kerusakan dan masalah pada pompa air tidak hanya terjadi pada pompa yang telah terpakai lama saja. Karena pompa air yang baru dipasang juga kemungkinannya akan mengalami kendala secara teknis jika tidak terlalu memahami cara pemasangan dan perawatan dengan benar.

Berikut beberapa masalah yang sering dialami pompa air dan cara mengatasinya, di antaranya yaitu:

1. Mesin Menyala Tetapi Tidak Keluar Airnya 

Terjadinya kesalahan secara teknis yang disebabkan oleh beberapa hal akan menyebabkan pompa air menyala tetapi airnya tidak mengalir. Untuk mengatasi masalah ini perlunya dilakukan pemerikasaan tahap demi tahap dengan urutan yang benar sehingga tidak akan terjadinya penangan yang salah.

2. Mesin Menyala dengan Normal Tetapi Air yang Keluar Kecil

Terjadinya masalah teknis seperti mesin menyala dengan normal tetapi air yang keluar kecil tidak bisa dianggap sepele atau ringan.

Ada banyak faktor yang menyebabkan air mengalir kecil meski mesin berjalan dengan normal, dan salah satu penyebabnya adalah dikarenakan mesin pompa air.

3. Mesin Menyala dengan Sangat Lambat dan Tersendat Sendat

Mesin pompa juga sering mengalami kondisi menyala tetapi dengan putaran yang tidak normal atau agak tersendat sendat. Untuk mengatasinya cobalah melakukan pemeriksaan yang dimulai dengan melihat putaran kipas motor sehingga nantinya akan dapat diketahui jika adanya yang tersangkut di sana.

4. Mesin Sama Sekali Tidak Menyala

Jika mesin pompa tidak menyala meski sumber listrik sudah dihubungkan dengan benar maka ini berarti telah terjadinya kesalahan teknis. Untuk mengatasinya cobalah untuk melakukan pemeriksaan mulai dari mencoba memutar motor pompanya yaitu melalui bagian kipas. Dan jika memang benar benar dibutuhkan segera hubungi jasa perbaikan pompa air.

Itulah empat masalah yang sering dialami pompa air dan cara mengatasinya. Untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga cobalah untuk memilih pompa air dengan model yang paling banyak digunakan, yaitu sesuai dengan kapasitas debit air yang kecil dan juga dapat menghemat energi listrik. 

Dengan menggunakan pompa air yang tepat sesuai dengan teknisnya maka akan menyebabkan efektifitas yang maksimal dan pastinya tidak akan menjadi sesuatu yang sia sia. Jika pompa air mengalami kerusakan maka cari jasa tempat terbaik yang menyediakan jasa perbaikan pompa air. Sehingga pada saat sedang asyik mandi air mati tidak perlu merasa khawatir.

Related Posts

Post a Comment

Popular