Skip to main content

Membentuk Karakter Baik pada Anak

membentuk-karakter-baik-pada-anak


Anak cowok tidak boleh menangis, inilah suatu bentuk streotype yang kerap dilakukan orang tua kepada anak demi membentuk karakter baik pada anak. Streotype sendiri berarti mengkotak-kotakkan ciri tertentu berdasarkan pandangan umum yang kadang belum terbukti kebenarannya.

Padahal, tak selamanya hal tersebut benar dan bisa jadi merupakan pendidikan yang keliru. Misalnya, anak cowok juga boleh menangis dalam arti batas-batas yang wajar. Begitu halnya dengan permainan yang diberikan dan diperbolehkan untuk anak cowok dan cewek.

Mainan anak juga tidak boleh streotype. Anak cowok boleh main boneka. Begitu juga anak cewek boleh mainan mobil-mobilan. Pekerjaan di rumah juga harus dibagi secara bijaksana. Anak laki-laki boleh juga diajarkan memasak. Sesekali anak cewek juga boleh melakukan pekerjaan cowok.

Pendidikan anak memang berawal dari keluarga. Ayah dan ibu adalah malaikat bagi anak termasuk mengarahkan aktivitas yang mempengaruhi pekerjaan dan sifat.

Sedangkan apabila ada seseorang yang memiliki kecenderungan menyimpang seperti anak cowok senderung bersikap cewek atau sebaliknya hal itu dikarenakan adanya pengaruh yang terjadi padanya sewaktu kecil.

Bisa jadi anak cowok yang pada masa kecilnya kehilangan figur bapak sehingga ia lebih dekat dengan ibunya. Selain itu lingkungan juga berpengaruh untuk ikut membentuk tetapi tidak bisa jadi tolak ukur.

Orang Tua Harus Tahu Karakter Dasar Anak


Orang tua juga harus mengetahui watak dasar anak. Ini menjadi penentu bagaimana seharusnya orang tua memperlakukan seorang anak baik itu cowok maupun cewek.

Ada empat watak dasar orang yaitu melankolik, kolerik, flegmatik, dan sanguin. Orang melankolik cirinya penuh perasaan, mudah menangis, dan analitis. Kolerik cirinya tidak sabar, sering mengucapkan kata-kata to the poin, yang kadang menyakiti, dan berambisi. Flegmatik cirinya tenang, tidak begitu berambisi untuk menang, tetapi biasanya malah berhasil. Sedangkan orang sanguin selalu ceria dan pelupa.

Dengan ciri-ciri tersebut, orang tua hendaknya dapat mengetahui bagaimana watak dasar anaknya. Apabila seorang anak cowok memiliki watak dasar melankolik, ia juga boleh menangis. Misalnya, jangan karena anak cowok, ia selalu dididik kolerik.

Anak kecil umumnya memiliki watak sanguin. Namun seiring waktu dan lingkungan yang berubah-ubah, watak anak akan berubah. Namun itu hanya watak kecenderungannya saja. Watak dasar tidak akan berubah. Misalnya seorang anak yang memiliki watak melankolik yang memiliki kecenderungan flegmatik mungkin suatu saat berubah kolerik.

Watak dasar juga sudah terbentuk semenjak di kandungan seorang ibu. Apa yang dialami ibu sewaktu mengandung akan mempengaruhi watak anak nantinya. Misalnya seorang ibu mengandung yang selalu disakiti oleh suaminya akan cenderung memiliki anak yang melankolik watak dasarnya nanti.

Yuk Kenali Karakter Anak


Meski buah hati kita adalah anak kandung kita sendiri, terkadang kita sulit untuk menebak apa yang mereka inginkan saat berkomunikasi dengan kita. Terutama ketika mereka masih berusia balita.

Sebelum mereka makin beranjak besar, ada baiknya mulai sekarang yuk kita belajar untuk memahami watak si kecil hingga akhirnya mereka bisa tumbuh dengan lebih terarah. Cara-cara mendidik anak dan membentuk karakternya ini terlebih dahulu harus dilakukan dengan memahami tipe apa yang ia miliki.

Jadi agar kita bisa berkomunikasi dengan baik dengan anak, ada baiknya kita mengenali dahulu tipe kepribadian yang mereka miliki. Caranya, coba perhatikan seperti apa tingkah laku si kecil dalam aktivitas sehari-harinya.

Tipe Malaikat Kecil


Untuk tipe Malaikat Kecil, mungkin bagi kebanyakan orang tua, tipe yang satu ini begitu didambakan ada dalam diri anaknya. Dengan tipe ini, si kecil begitu mudah menerima lingkungan baru dan mudah merasa nyaman. Jika bertemu dengan orang baru yang belum dikenal sebelumnya, ia tidak rewel dan mudah beradaptasi. Ciri lainnya adalah ia begitu mudah belajar bahasa jika dibandingkan balita lainnya.

Tipe Textbook


Tipe selanjutnya adalah Textbook. Tumbuh kembang balita tipe ini begitu sama dengan teori dalam buku tumbuh kembang balita. Misalnya waktu bisa berjalan, bicara, sampai tumbuhnya gigi. Balita ini juga begitu mudah untuk beradaptasi dengan orang baru.

Ia akan lebih nyaman jika berada di lingkungan yang dikenalnya jika sebelumnya semuanya sudah diatur dan disiapkan. Terutama untuk mentalnya. Jadi ketika Anda mulai akan memasukkannya ke dunia playgroup misalnya, coba ceritakan terlebih dahulu kondisi lingkungan barunya nanti. Intinya, balita tipe ini begitu menyukai rutinitas dan lebih menyukai jika semuanya terasa teratur.

Tipe Sensitif


Ada lagi tipe bayi yang masuk dalam kategori Sensitif. Ia terlihat pemalu, lambat beradaptasi dengan situasi baru, dan lebih menyukai lingkungan yang telah dikenalnya lama. Dan ketika ia sedang asyik pada suatu hal kemudian merasa terganggu, ia akan marah atau menangis.

Sebetulnya, tipe bayi Sensitif begitu menyukai melakukan segalanya sendiri. Jadi, berikan kepercayaan kepadanya untuk belajar mandiri. Karena bayi tipe ini sensitif dan peka, maka kelak ia memiliki bakat dalam bidang seni.

Tipe Semangat


Sedangkan untuk balita yang memiliki ciri aktif bergerak secara fisik serta memiliki temperamen yang sulit dikendalikan, ia masuk dalam ciri si Semangat. Balita ini begitu suka melakukan hal-hal baru dan tidak suka dilarang-larang. Dan satu lagi, ia begitu bangga jika berhasil melakukan apa yang dikerjakannya.

Namun sebagai orang tua, kita mesti perlu juga untuk memberikan peraturan yang jelas untuk diketahui. Biasakan untuk menanamkan bahwasanya segala sesuatu memiliki ‘aturan’ yang harus ia taati dan tidak bisa sembarangan.

Sebagai orang tua yang memiliki balita dengan tipe ini, kita harus kreatif mengikuti kemauan anak. Misalnya dengan menciptakan permainan-permainan yang bisa sebagai wadah untuk menyalurkan bakat si kecil. Biasanya, balita dengan tipe ini kelak memiliki bakat kepemimpinan dan keinginan yang kuat kala ingin mencapai sesuatu.

Tipe Pemarah


Nah, yang kadang agak membingungkan adalah menghadapi si kecil yang memiliki watak Pemarah. Ia kerap memaksakan keinginannya dan jika tidak, ia akan menolak serta meledaklah marahnya. Ia pun kerap begitu ingin melakukan sesuatu yang terkadang kurang diketahuinya dan bahkan membahayakan. Sulitnya, ia begitu susah untuk diarahkan.      

Kemarahan yang muncul dari si kecil ini sebagai wujud ekspresi emosinya yang agak susah diungkapkan. Ia pun kadang kerap melakukan sesuatu sesuai dengan moodnya. Semakin dipaksa, ia makin memaksakan kehendaknya.

Namun demikian, bayi dengan tipe ini sebetulnya memiliki bakat untuk kreatif, banyak akal, dan bijaksana. Dikarenakan, ia merasa seolah-olah sudah mengetahui dan pernah mengalaminya.


Nah, itu dia serba serbi tentang karakter anak. Jadi yuk sebagai orang tua yang ingin membentuk karakter baik pada anak, perhatikan dulu ya boleh atau tidaknya saat menghadapi buah hati kita.

Comments

  1. Setuju banget mba, karakter anak sebenarnya bisa dibentuk, sama dengan membentuk habbit.
    asalkan sejak dini, insha Allah bisa dibentuk jadi lebih baik

    Orang tua memang memegang peranan penting, mencontohkan yang baik, karena anak itu beneran jago dalam hal copy paste apa yang dilakukan ortunya :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkenan membaca. Mohon maaf, komentar yang mengandung link hidup akan saya hapus ya...

Popular posts from this blog

TB Membuat Kayyisah Menjadi Anak tak Biasa

Hingga sekitar umur delapan bulan, Kayyisah menjadi anak yang menggemaskan. Grafik berat badan yang biasanya selalu di warna hijau muda bahkan kuning, di usia tujuh hingga delapan bulan, grafik berat badan Kayyisah bisa ada di warna hijau tua.
Kalau melihat fotonya saja tampak menggemaskan. Makannya sedang lahap-lahapnya.
Tapi beberapa minggu kemudian, semuanya berubah. Makin hari nafsu makannya makin susah. Sampai-sampai pernah lho selama berminggu-minggu, Kayyisah hanya mengandalkan ASI dan air kacang hijau. Makannya hanya satu atau dua sendok makan alpukat.
Pola makan seperti itu di usianya yang sekitar sembilan bulan hingga setahun, lho! Bayangkan saja, anak umur segitu makannya kayak begitu.
Beberapa keanehan lain yang saya temukan saat itu, dalam sehari Kayyisah kurang kuantitas buang air kecilnya. Kalau dipakaikan diaper setelah mandi pagi, saat dicopot sebelum mandi sore lho diapernya masih kering! Parah kan?
Waktu saya cerita ke abinya dan juga ibu, mereka pada bilang kalau bisa…

Pakai Serum Pemutih Badan yang Bikin Cepat Putih, Aman Nggak Ya?

Putih itu cantik. Ingat slogan yang ngehits itu kan? Makanya, banyak wanita mencari produk kecantikan yang bisa memutihkan kulit. Termasuk serum pemutih badan. Eh tapi kalau efeknya bikin cepat putih, sebetulnya aman nggak ya?
Yups, pertanyaan itu sepertinya jadi bahan pertimbangan lain deh selain apakah produk pemutih kulit itu ampuh atau tidak hasilnya.
Malah kadang jadinya kayak buah simalakama. Badan bisa cepat putih tapi efek sampingnya ada rasa panas terbakar dulu, kulit kemerahan, atau endingnya malah kulit jadi gosong.
Habis itu nangis deh karena nggak jadi putih…
Atau, iya sih, serum pemutih badan yang kita pakai itu aman. Tapi setelah sekian purnama dipakai, kok kulit nggak kunjung putih seperti model iklan yang kita lihat.
Dan akhirnya jadi terpikir, katanya labelnya pemutih badan ampuh. Tapi kok kulitku nggak kunjung putih kayak mbak yang itu?
Jadilah kitanya bingung. Sebetulnya perlu nggak sih pakai serum pemutih kulit? Lantas apa bedanya dengan jenis produk kecantikan lainny…

Mengganti Token Bank Mandiri yang Habis Baterai

Setelah sekitar delapan tahun, akhirnya token Bank Mandiri saya mati. Baterainya habis. Dan uniknya, saya nggak pernah terpikir kalau urusannya sampai harus ke bank segala.
Jadi waktu kenal yang namaya token, saya pikir kalau alat tersebut baterainya habis, ya tinggal ganti saja baterainya di tukang servis jam tangan. Eh ternyata setelah browsing, saya baru tahu jika kita nggak bisa asal ganti baterai token tersebut.
Awal tanda-tanda baterai token habis itu mulai terlihat saat ada seperti noda di bagian tepi bawah layar. Semula saya pikir, apa mungkin ada kotoran masuk kali ya? Tak berapa lama kemudian, ada lagi seperti titik noda yang muncul di bagian tepi atas layar.
Hingga suatu ketika saat saya ingin transfer dana ke rekening tabungan ibu, token itu mati. Meski saya tekan tombol secara asal, tetap saja token tersebut tidak bisa aktif. Dah lah fixed, saya yakin token ini sudah habis baterainya.
Kemudian saya browsing di internet berniat ingin mencari tahu, kalau baterai token ini habi…

Tujuh Hal yang Perlu Dipertimbangkan dalam Membuka Usaha Toko Sembako

Pada tahu kan toko sembako? Itu lho, toko yang isinya menjual sembilan bahan pokok.
Yang masuk kategori sembako itu antara lain: 1.Beras, sagu, dan jagung 2.Gula pasir 3.Sayur-sayuran dan buah-buahan 4.Daging sapi, ayam, dan ikan 5.Minyak goreng dan margarine 6.Susu 7.Telur 8.Gas ELPIJI (kalau dulu sih minyak tanah) 9.Garam berIodium dan berNatrium
Semua bahan itu jadi kebutuhan pokok sehari-hari manusia.
Nah, peluang usaha membuka toko sembako ini bisa menjadi bisnis rumahan ibu rumah tangga yang menguntungkan. Bagaimana tidak. Tiap hari bisa selalu saja ada orang yang datang membeli.
Tapi yang namanya bisnis menguntungkan, biasanya ya memang banyak pesaingnya.
Menurut beberapa info yang saya baca, kita perlu survey dulu. Barangkali, eh, ternyata ada toko sembako juga di dekat tempat yang mau kita dirikan usaha.
Kalau sampai ada, perlu dipantau juga. Jangan sampai harga toko tersebut lebih murah dari barang-barang yang dijual di toko kita nantinya.
Tapi kalau sampai belum ada pesaingnya, namanya …

Melawan Neuropati untuk Segudang Aktivitas yang Terus Menanti

Dulu sewaktu sekolah, terkadang saya punya kebiasaan unik, meminta teman sebangku untuk memukuli telapak tangan saya.
Asli, kira-kira sejak SD kelas enam saya sudah punya kebiasaan seperti itu.
Jadi zaman tahun 80 sampai 90-an, yang namanya sekolah kan muridnya kebanyakan disuruh membaca atau menulis. Bahkan kalau sudah punya buku pun tetap disuruh mencatat ulang.
Sewaktu harus sering menulis itulah, kadang tangan saya terasa lemas. Rasanya seperti tidak ada energi untuk bisa menggerakkan tangan.
Selain telapak tangan yang terasa lemas, bagian lengan di dekat siku saya juga sering terasa seperti tertusuk-tusuk jarum. Kalau bahasa saya, rasanya cengkring-cengkring!
Itu masih urusan tangan. Lha kaki saya waktu itu juga sering terasa kram. Biasanya di daerah telapak tangan bagian samping atau di jari tengah dan jari manis kaki.
Waktu itu saya tidak pernah sampai mengira-ngira, saya itu sebetulnya kena apa, apa penyebabnya, dan harus melakukan apa agar keluhan-keluhan di tangan dan kaki saya s…

Asyiknya Mengenal Huruf Lewat Nama Makanan

Anak balita nggak boleh calistung? Boleh… Asal caranya yang asyik, dan anak nggak dipaksa untuk serius belajar.
Di luar negeri sana, kegiatan mengenal huruf, angka, sampai konsep baca tulis dan hitung untuk anak usia balita, caranya banyak yang menarik lho. Rata-rata, dilakukan dalam kondisi anak sedang bermain.
Nggak hanya lewat permainan, dengan menggunakan buku pun bisa. Apalagi buku anak zaman sekarang kan keren-keren tuh. Anak bisa menambah pengetahuan, dan aktivitas yang dilakukan dengan buku tersebut.
Misalnya buku karya Mbak Winarti terbitan Bhuana Ilmu Populer atau BIP ini. Bukunya berjudul ‘Mengenal Huruf Melalui Makanan A-Z’. Anak-anak bisa mengenal huruf A sampai Z lewat nama-nama makanan.

Yang asyik dari buku ini, anak-anak bisa mengenal huruf dari huruf depan tiap makanan. Di buku ini juga bikin saya jadi tahu lho makanan-makanan khas dari beberapa daerah.
Selain mengenal huruf, ada permainan juga nih yang bisa dilakukan anak-anak baik sendiri maupun dengan pendampingan orang…

Tips Mendapatkan Dana Cepat yang Aman dan Terpercaya untuk Lebaran

Saat bulan ramadan tiba, biasanya selain urusan ibadah, ada juga yang jadi perhatian banyak orang. Apalagi kalau bukan urusan uang. Dan bagi yang keuangannya pas-pasan, tentunya begitu ingin tahu cara atau tips mendapatkan dana cepat yang aman dan terpercaya untuk lebaran.
Karena memang di saat ramadan dan juga momen lebaran, kebutuhan pengeluaran bisa jadi lebih meningkat. Terutama di saat lebaran, kebutuhan uang untuk pengeluaran akan sangat dibutuhkan terutama untuk urusan keluarga.
Agar bisa mendapatkan dana cepat yang aman dan terpercaya untuk persiapan lebaran, ini dia beberapa hal yang bisa kita lakukan:
- Berdagang
Bisa dibilang di saat bulan ramadan atau untuk persiapan lebaran, tingkat konsumsi tiap orang kebanyakan akan meningkat. Terutama untuk urusan makanan.
Karena itu, kita bisa melakukan usaha yang berhubungan dengan makanan atau minuman. Misalnya, menjual makanan atau minuman untuk takjil. Atau karena kebanyakan orang malas untuk keluar rumah di saat puasa, kita bisa menj…

Rekomendasi Eyeshadow Palette Warna-Warni dan Glamour

Bosan dengan riasan mata yang berwarna netral dan ingin aman-aman saja? Yuk saatnya coba sesuatu yang bertolak belakang! Jadi, kenapa kita tidak bikin riasan mata dengan warna warna colorful atau vibran? Dengan riasan mata yang berwarna, penampilan kita bisa terlihat stunning dan mencuri atensi, lho!
Tapi untuk mewujudkan riasan mata seperti itu, kita perlu eyeshadow dengan kualitas baik dan warna yang pigmented biar bisa mendapatkan riasan mata yang colorful. Nah, biar aksi makeup kita jadi seru, berikut ini ada lima eyeshadow palette terbaik untuk menciptakan riasan mata yang berwarna warni. Harga alat make up ini pun cukup terjangkau kok.
1. Maybelline Lemonade Craze Eyeshadow Palette Makeup untuk Riasan a la Summer
Dengan 12 warna dari warna yang natural sampai warna yang vibran, tidak sedikit makeup look yang dapat diusahakan menggunakan palet ini. Memiliki bagian warna-warna citrus, palette ini dibuat untuk mendapatkan riasan khas musim panas yang segar.
Kita bisa memulai dengan sof…

Resep Buka Puasa dengan Sambal Boran Khas Lamongan

Ada satu makanan khas dari daerah Lamongan yang jarang diketahui oleh kebanyakan orang luar Lamongan. Ya, jika kebanyakan orang tahunya kuliner Lamongan itu identik dengan Soto Ayam Lamongan, tapi sebenarnya, di Lamongan sendiri ada sebuah kuliner yang menjadi makanan keseharian masyarakat Lamongan.
Namanya Nasi Boran. Disebut boran karena biasanya penjualnya menggunakan bakul besar yang bernama boran saat berjualan.
Panganan yang satu ini kerap ditawarkan para penjualnya saat pagi hari sebagai sarapan, atau sore hingga malam hari. Biasanya penjual akan membungkus nasi boran dengan menggunakan daun pisang yang dilapisi kertas koran pada bagian luarnya.
Sedangkan di bulan Ramadan, Nasi Boran tetap diminati banyak masyarakat Lamongan untuk sajian berbuka puasa, atau sahur. Jadi meski dini hari, ada juga kok penjual Nasi Boran yang berjualan. Malah biasanya laris diburu mereka yang ingin menikmatinya untuk menu sahur.
Untuk satu kali sajian, Nasi Boran ini bisa terdiri satu porsi nasi, berik…

Undian 100 Juta Tabungan Online SOBATKU di Surabaya, Meriahnya Festival Kuliner Sampai Kejutan Umrah

Hari Sabtu tanggal 4 Mei kemarin, saya berkesempatan datang dan main ke acara undian 100 juta tabungan online SOBATKU. Acara yang diadakan di Galaxy Mall 2 Surabaya ini buat saya meriah dan kerenmya parah! Saya dan pengunjung yang lain bisa pesta kulineran alias wiskul. Malah, beberapa teman bisa ikutan undian berhadiah umrah segala.
Sebetulnya saya sendiri sudah sejak 2017 kenal dengan tabungan SOBATKU. Lewat email berlangganan, tabungan online ini sering banget secara berkala mengadakan undian. Hadiahnya jutaan juga ada hadiah umrah.
Nah pas kemarin itu, saya sempat jadi saksi beserta masyarakat Jawa Timur lainnya di acara Undian 100 Juta. Walaupun nggak ikut menang, tapi rasanya ikut senang juga dengan kemeriahannya.
Apalagi ada festival kuliner yang bikin pengunjung bisa wisata kuliner alias wiskul aneka macam makanan dan minuman. Ditambah, ada lomba untuk anak-anak dan hiburan.

Jadi overall, acara Undian 100 Juta Tabungan Online SOBATKU kemarin itu kayak pestanya banyak orang deh, bu…