Tips Mengajukan Pinjaman Modal Usaha

tips-mengajukan-pinjaman-modal-usaha


Dalam sebuah usaha, keberadaan modal menjadi salah satu hal utama yang diperhitungkan. Namun apabila modal sendiri tidak memungkinkan, mengajukan pinjaman modal usaha bisa menjadi alternatif pilihan. Salah satunya dengan mengajukan pinjaman berjangka dengan dana yang cukup dan untuk modal usaha yang akan kita geluti.

Kebutuhan akan modal usaha biasanya muncul pada saat kita akan memulai sebuah usaha, atau di saat usaha sudah berjalan dan kita membutuhkan tambahan modal untuk lebih mengembangkan usaha yang sudah ada.

Saat ini, begitu banyak lembaga keuangan yang menawarkan pinjaman untuk modal usaha. Mulai dari bank, koperasi, atau ada juga lembaga keuangan online. Apalagi, banyak lembaga keuangan yang saat ini memprioritaskan pinjaman untuk usaha yang berskala kecil dan menengah.

Hal ini dikarenakan pemerintah sendiri juga mendukung keberadaan usaha kecil yang punya arti besar bagi perekonomian negara. Keberadaan usaha kecil dapat membantu pemerintah dalam menciptakan lapangan kerja baru hingga menyerap tenaga kerja di masyarakat.

Menurut Undang-undang Nomor 20 Tahun 2008, ada penjelasan perbedaan antara Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau yang biasa disingkat dengan UMKM. Perbedaan ini didasarkan pada besarnya kekayaan bersih.

Untuk usaha mikro, kekayaan bersihnya paling banyak adalah Rp50 juta. Untuk usaha kecil, kekayaan bersihnya antara Rp50 juta hingga Rp500 juta. Sedangkan bagi usaha menengah, kekayaan bersihnya antara Rp500 juta sampai Rp10 miliar.

 Syarat dan Dokumen untuk Pengajuan Pinjaman Modal Usaha


Beberapa syarat umum yang harus kita miliki agar berpeluang mendapatkan pinjaman untuk digunakan sebagai modal usaha adalah sebagai berikut:

- Merupakan warga negara Indonesia yang tinggal di Indonesia

- Sudah memiliki usaha minimal selama dua tahun di lokasi dengan bidang usaha yang sama

- Memiliki usia minimal 21 tahun atau sudah menikah. Sedangkan usia maksimalnya adalah 60 tahun di saat kredit lunas.

- Belum pernah mendapatkan fasilitas kredit, atau pernah dan sudah mendapatkan fasilitas kredit dengan kolektibilitas lancar. Singkat katanya, tidak pernah berada dalam kondisi kredit yang bermasalah.

Selain syarat-syarat umum tersebut, ada juga beberapa syarat yang diperlukan dan bentuknya berupa surat-surat atau dokumen yang harus dipenuhi. Dokumen-dokumen tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

- Memiliki bukti diri berupa Kartu Tanda Penduduk atau KTP, Kartu Keluarga atau KK, serta surat nikah bagi yang sudah menikah.

- Khusus bagi mereka yang mengajukan kredit di atas Rp50 juta, harus memiliki dokumen legalitas usaha seperti Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP serta Surat Izin Usaha perdagangan atau SIUP.

- Dokumen wajib lainnya yang perlu ada adalah Surat Keterangan Usaha dari Desa atau Kelurahan, dinas pasar atau otorita setempat di mana kita memiliki usaha di tempat tersebut.

- Memiliki Surat Izin Usaha

- Melengkapi dokumen juga dengan fotokopi rekening giro atau tabungan selama enam bulan terakhir.

Nah, itu tadi syarat dan dokumen yang perlu kita lengkapi. Sekali lagi, karena keberadaan usaha kecil dan menengah saat ini begitu mendapat dukungan oleh pemerintah, makan tentunya dokumen-dokumen yang diperlukan tersebut akan mudah didapat. Apalagi untuk beberapa daerah tertentu sudah makin membuat sederhana proses pengajuan berbagai surat izin usaha.

 Macam Pinjaman Modal Usaha


Berbagai macam lembaga keuangan yang menawarkan pinjaman modal untuk usaha biasanya memiliki beberapa produk pinjaman yang dibedakan berdasarkan jenis dan tujuannya.

Yuk, cermati dulu apa saja jenis-jenis pinjaman modal untuk usaha yang ada di berbagai lembaga keuangan.

- Kredit modal kerja

Pinjaman ini diperuntukkan untuk kebutuhan modal kerja yang bisa habis dalam satu siklus usaha dan atau kebutuhan modal kerja yang sifatnya khusus. Misalnya bisa berupa inventory, piutang, atau proyek.

- Kredit investasi

Kalau fasilitas pinjaman yang ini digunakan untuk mereka yang membutukan biaya kebutuhan barang modal karena alasan rehabilitasi, moderenisasi, perluasan dan atau kebutuhan khusus yang terkait dengan investasi.

- Kredit KopKar

Kalau pinjaman modal kerja yang ini diberikan pada koperasi karyawan agar disalurkan pada para anggotanya untuk berbagai macam keperluan.

- Kredit syariah

Untuk pembiayaan kredit modal kerja ini memang sifatnya adalah syariah modal kerja, investasi dan trade finance dengan skema yang digunakan adalah mudharabah. Sedangkan untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, skema yang digunakan adalah murabahah.

Kenalan dengan Produk PInjaman Berjangka dari BTPN

Btw, buat yang membutuhkan pinjaman berjangka dengan dana yang cukup dan untuk modal usaha, bisa kenalan nih dengan produk pinjaman berjangka dari BTPN. 

Produk pinjaman berjangkan ini ditujukan untuk nasabah yang membutuhkan modal kerja dengan sifat permanen, musiman, atau berdasarkan kontrak. Jangka waktunya maksimal 12 bulan dan bisa diperpanjang juga lho!

Sifatnya revolving dan nonrevolving. Jadi dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis yang akan atau sedang kita jalankan. 

Untuk urusan penarikan dananya dapat dilakukan secara sebagian atau secara keseluruhan. Pokoknya bisa disesuaikan deh dengan kebutuhan bisnis kita. Caranya,kita cukup melakukan pemberitahuan dulu saja ke pihak BTPN. 

Jadi buat yang sedang membutuhkan pinjaman berjangka dengan dana yang cukup dan untuk modal usaha, tawaran yang satu ini sepertinya bisa nih ya jadi bahan pertimbangan untuk mengembangkan bisnis yang sedang kita geluti sekarang.


Comments

  1. Dengan Cek Aja, kita jadi bisa nyari pinjaman yang sesuai kebutuhan ya. Bisa bandingin pula mana yang paling ringan cicilannya.

    ReplyDelete
  2. Punya usaha tapi kebenturmodalmemang menyakitkan bikin patah semangat. Ya sudah mendingan cari pinjaman modal usaha. Cekaja.com mitra para pengusaha

    ReplyDelete
  3. Dengan CekAja bisa membantu memudahkan, ya. Apalagi sekarang UMKM lagi gencar untuk ditingkatkan

    ReplyDelete
  4. Langsung iseng ke CekAja dong saya mbak.

    Solutif banget nih buat pengusaha.
    mau pinjam modal gak galau lagi, bisa cek yang terbaik di.cekAja :)

    ReplyDelete
  5. Wah keren nih, bagi pengusaha kecil atau pemula kadang terkendala di modal, mau pinjam ke bank kadang takut dengan bunga yang tinggi atau pengurusannya yang ribet, coba kepoin CekAja dhe

    ReplyDelete
  6. Wah, harus segera kepo-in nih CekAja kali-kali aja butuh pinjeman yang cicilan gak terlalu berat yah.

    ReplyDelete
  7. Wah dg cekaja pinjaman jd mudah ya, cari infonya jg gampang. Yg khawatir, ada pinjaman syariah jg

    ReplyDelete
  8. Usahanya kudu udah jalan 2 tahun dulu ya? Iya sih, biasanya kalau udah 2-3 tahun udah kebaca pola naik-turunnya

    ReplyDelete
  9. Kolektabilitas ini penting sekali ya, bagi yang pernah mengajukan kredit. Saya selalu diwanti wanti oleh suami untuk memperhatikan hal ini. Karena kedepannya akan repot, kalau kolektabiltasnya tidak lancar. Untuk mendapatkan ;pinjaman modal usaha juga diperlukan kolektabiltas yang lancar juga ya.

    ReplyDelete
  10. Thanks infonya Mbak, saya lagi merintis usaha juga ini, bisa berselancar kesana dulu untuk baca2

    ReplyDelete
  11. PInjaman modal secara online memudahkan pengusaha kecil untuk mendapatkan modal dan bisa mengembangkan usahanya ya. CekAja memberikan solusi yang praktis tinggal apply secara online aja ya gak perlu ke Bank segala

    ReplyDelete
  12. Modal usaha awal dari kegiatan entrepreneurship namun tidak mudah untuk mendapatkan modal usaha. Salah satunya adalah dengan berbagai persyaratan. Nah, CekAja aku baru tau mbak media lembaga keuangan yang satu ini. Nanti web nya aku check-lah.

    ReplyDelete
  13. Para pengusaha UMKM memang layak dibantu dengan berbagai fasilitas pendanaan. Melalui situs CekAja ini mereka bisa dengan mudah menemukan berbagai penyandang dana yang bisa memberikan pinjaman sesuai ketentuan yang berlaku.

    ReplyDelete
  14. Usaha tuh memnag butuh modal yak hehe...susah nyari usaha yg ga butuh modal. Etapi kadang modal bs berupa keperayaan ga melulu soal uang ya..

    ReplyDelete
  15. Wah noted kalau mau buka usaha misalnya bisa nih mempertimbangak buat ngajuin pinjaman ya mbak :D
    Tapi kyknya sebelum minjem tetep sebaiknya itung2 dulu, kira2 bisa balikinnya dalam target waktu tertentu atau gmn ya, jd minjem tapi tetep dengan perhitungan/ pertimbangan spy gak rugi di awal :D

    ReplyDelete
  16. Ketika usaha kepentok modal, bisa pilih pinjaman investasi nih. Ntar misal suami butuh tambahan modal, saya srankan cekaja

    ReplyDelete
  17. Persyaratannya banyak juga ya... Untung udah ada cekAja yg bisa membuat semua proses secara online

    ReplyDelete
  18. Nah ini, aku jadi belajar banyak hal ttg finansial di Cek Aja. Dan buat yang nyari modal, bisa baca-baca semua syaratnya di Cek Aja ya. Sekaligus bandingin dan cari Bank yang tepat.

    ReplyDelete
  19. kalau ini kan nunggu usaha jalan 2 tahun. Gimana dengan yang baru mulai usaha beberapa bulan dan butuh modal usaha? bisa pinjam kemana ya?

    ReplyDelete
  20. Nah ini, aku butuh info buat modal usahaku nih. Untungnya ada beberapa jenis kredit nya ya, jadi bisa milih mana yang lebih cocok buat kita

    ReplyDelete
  21. Membantu sekali yaa..bagi yang membutuhkan modal untuk mengembangkan usahanya.

    Karena beneran bingung kalau pas lagi butuh modal, tapi gak mudah mendapatkan.
    Jadinya usaha-usaha seperti ini mandeg.
    Sedihnya..

    ReplyDelete
  22. Huwaaa kebetulan lagi butuh modal nih, hehehe memang sih masih usaha kecil-kecilan
    tapi aku kudu kepo juga nih di cekaja lihat cicilan yang paling murah untuk membandingkan

    ReplyDelete
  23. Punya usaha tuh memang pengennya bisa berkembang dan saah satu caranya dengan mengajukan pinjaman usaha, sekarang makin mudah ya untuk mengembangkan usaha

    ReplyDelete
  24. Bisa dipelajari ini sebelum memulai usaha jadi tahu manajemen budget dan seberapa besar modal yang butuh dipinjam apalagi jika berhubungan sama cicilan.

    ReplyDelete
  25. Masalah pinjam modal ini memang susah ya kak, karena kadang pada gak mau minjemin kalau gak ada agunannya. Untunglah sekarang difasilitasi sama cekaja.

    ReplyDelete
  26. Solusi banget ya ini. Sayangnya kalo saya tu paling takut buat pinjam meminjam.

    ReplyDelete
  27. solusi bagus buat pelaku umkm yang modalnya terbatas yaa.. asal peminjam bisa bijaksana menggunakan modal yg dipinjam dengan benar :)

    ReplyDelete
  28. Wooow, bunganya 1,25% aja gitu? Lebih rendah dari bank doong yah? Hmm, langsung CekAja aahh :)
    Makasih infonya Mbak :)

    ReplyDelete
  29. Syaratnya bisa terbilang mudah ya Mba, semua administrasi yg diperlukan sangat sederhana. Semoga lebih banyak yg terbantu dengan program pinjaman seperti ini

    ReplyDelete
  30. Waoo Solusi banget buat ukm yang butuh dana langsung yan cekaja bisa memberikan bantuan pinjaman dengan syarat gak ribet

    ReplyDelete
  31. Cari pinjaman sekarang jadi makin mudah, tp kita juga harus semakin teliti ya buat memilih pinjaman online, Cek aja jadi membuat kita bisa memilih dengan pasti

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkenan membaca.

Postingan Populer

TB Membuat Kayyisah Menjadi Anak tak Biasa

Mengganti Token Bank Mandiri yang Habis Baterai

Pakai Serum Pemutih Badan yang Bikin Cepat Putih, Aman Nggak Ya?

Anak Lemas Setelah Sembuh dari Sakit, Ini Dia Cara Memulihkannya

Menambah Wawasan Parenting dari Buku Dilan

Review Jujur Setelah Pakai Rangkaian Scarlett Whitening, Hasilnya Ternyata…

Bikin Asyik Liburan Sambil Kerja dengan ASUS ZenBook UX391UA

Tujuh Hal yang Perlu Dipertimbangkan dalam Membuka Usaha Toko Sembako

Lopang, Surganya Buah Jamblang

Melawan Neuropati untuk Segudang Aktivitas yang Terus Menanti