Ini Lho Fungsi Susu Sebelum Tidur yang Bisa Kita Rasakan Manfaatnya

 

Fungsi dan manfaat minum susu sebelum tidur

Siapa hayo yang suka rajin minum susu? Di keluarga saya sendiri terutama anak-anak, sampai sekarang masih saya biasakan minum susu. Terutama saat sebelum tidur. Karena ternyata, fungsi susu sebelum tidur itu ada manfaatnya.

Tak hanya bagi anak-anak, minum susu terutama sebelum tidur itu juga bagus untuk kesehatan orang dewasa. Ini tak lain karena segala kandungan gizi yang ada dalam segelas susu.

Berikut ini beberapa kandungan dalam susu yang bagus untuk kesehatan kita.

1. Protein

Susu merupakan bahan pangan yang mengandung protein hewani. Protein dalam susu terdiri dari kasein dan whey. Protein kasein ini bermanfaat untuk kestabilan tekanan darah. Sementara itu protein whey bagus untuk pertumbuhan dan kesehatan otot anak.

2. Vitamin B

Susu juga mengandung berbagai macam vitamin B, mulai dari B1, B2, B6, sampai B12. Vitamin ini berguna bagi kesehatan sistem syaraf dan otak serta menghasilkan sel darah merah. Vitamin B juga bagus untuk menunjang proses pembentukan energi atau metabolisme dalam tubuh.

3. Vitamin D

Vitamin ini bermanfaat untuk menguatkan tulang dan gigi serta menjaga kesehatan otot tubuh. Sebetulnya vitamin ini bisa diproduksi tubuh secara alami saat kulit kena sinar matahari langsung. Tapi kita juga bisa mendapatkannya dari kandungan susu.

4. Kalsium

Manfaat Kalsium sama seperti Vitamin D yang bagus untuk kesehatan tulang dan gigi. Kalsium juga berfungsi menjaga saraf otot dan jantung. Apalagi untuk anak-anak yang sedang masa pertumbuhan.

5. Fosfor

Selain Kalsium, Fosfor juga punya manfaat yang mirip dengan Vitamin D, yaitu menjaga kesehatan tulang, gigi, dan otot. Fosfor juga bagus untuk saraf anak agar berfungsi dengan baik serta membantu pembentukan DNA dan RNA di sel-sel tubuh. Selain itu, Fosfor juga bagus untuk meningkatkan proses metabolisme. Caranya, ia akan mengubah lemak, protein, dan karbohidrat menjadi energi.

6. Kalium

Pemenuhan kebutuhan kalium juga bisa didapatkan dari konsumsi susu. Kalium ini bagus untuk membantu saraf dan otot agar berfungsi dengan baik, detak jantung teratur, dan menyeimbangkan cairan tubuh.

 

Nah, dengan melihat begitu banyak dan pentingnya konsumsi susu, tak heran jika fungsi susu sebelum tidur sangatlah penting. Apalagi saat ini, banyak juga susu yang difortifikasi, artinya ditambahkan zat-zat penting lainnya yang bagus untuk tubuh. Mislanya beberapa vitamin lainnya.

Ketika kita minum susu sebelum tidur, lalu kita minim aktivitas, tentunya zat-zat bagus pada susu akan terserap bagus pada tubuh. Tak heran konsumsi susu sebelum tidur ini penting dilakukan bagi mereka yang masih berusia anak-anak, ibu hamil, atau lanjut usia.

Apalagi jika susu yang dikonsumsi ini memang khusus untuk usia-usia tersebut. Misalnya, susu untuk anak-anak dengan kandungan gizi yang bagus untuk tumbuh kembangnya, susu untuk ibu hamil yang fungsinya bagus untuk kesehatan dan pemenuhan kebutuhan gizi untuk ibu hamil dan janin, serta susu untuk mereka yang lanjut usia yang biasanya membutuhkan gizi yang kurang terpenuhi karena menurunnya kemampuan para lansia dalam mencerna makanan.

 

Selain untuk usia atau kelompok tertentu, susu juga memiliki fungsi lain yang bagus jika dikonsumsi sebelum tidur. Manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi susu sebelum tidur antara lain adalah sebagai berikut.

1. Tidur menjadi lebih nyenyak

Pastinya banyak orang yang sudah tahu jika mengonsumsi susu sebelum tidur bisa membuat tidur jadi lebih berkualitas. Sampai-sampai sering beredar nasihat yang menyarankan agar minum susu di malam hari bagi orang-orang yang kesulitan bisa tidur malam dengan nyenyak. Apalagi jika susu yang dikonsumsi tersebut dalam keadaan hangat.

Hal ini dikarenakan dalam segelas susu yang kita minum, terdapat kandungan melatonin. Melatonin ini adalah hormon yang mengatur siklus tidur manusia.

Susu juga mengandung asam amino triptofan yang membantu merangsang pelepasan hormon serotonin. Hormon ini bisa membuat tubuh jadi rileks, sehingga kita pun bisa segera terlelap tidur.

2. Badan jadi lebih segar saat bangun tidur

Karena banyaknya kandungan gizi dari susu yang diminum sebelum tidur, hal ini membuat tubuh kita tercukupi nutrisinya. Sehingga saat bangun tidur, tubuh pun jadi terasa segar dan berenergi.

3. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan antioksidan pada susu apalagi yang dikonsumsi sebelum tidur membuat kesehatan kulit jadi terjaga.

 

Tuh, ternyata memang penting ya konsumsi susu sebelum tidur. Karena fungsi susu sebelum tidur memang diperlukan bagi tubuh apalagi untuk pemenuhan nutrisi yang penting, dan itu bisa kita dapatkan dalam segelas susu.

 

Comments

Popular posts from this blog

TB Membuat Kayyisah Menjadi Anak tak Biasa

Mengganti Token Bank Mandiri yang Habis Baterai

Anak Lemas Setelah Sembuh dari Sakit, Ini Dia Cara Memulihkannya