Anak Belajar Keuangan Lewat Game Online

13 comments

Bisa karena terbiasa. Begitu juga jika kita bicara tentang anak yang bisa mengelola keuangan. Anak yang sejak dini punya kecerdasan finansial, tentunya telah melewati proses pendidikan dan pembiasaan sebelumnya.

Bicara tentang finansial, saya sendiri termasuk orang tua yang kurang memiliki kecerdasan tersebut. Sejak bisa mencari uang sendiri, manajemen keuangan saya tidak bagus. Setiap mendapat pendapatan, saya tidak terpikir untuk mempunyai simpanan, bahkan menginvstasikannya.

Tentunya saya tak ingin anak-anak saya kelak mengalami masalah yang sama. Sejak dini, sedikit demi sedikit saya ajak mereka mengenal uang dan cara mengelolanya.


Anak Mengenal Uang dan Cara Mengelolanya Lewat Permainan

Sebetulnya pelajaran tentang uang sendiri saat ini sudah diajarkan di bangku sekolah. Bahkan sejak jenjang SD kelas 2. Ini yang saya ketahui dari anak saya Kayyisah.

Di jenjang ini, Ais dan anak-anak kelas 2 SD lainnya diajari mengenal nilai uang, berikut operasi penjumlahan, pembagian, perkalian, dan pembagian.

Sementara itu, anak-anak sejak zaman dulu sebetulnya juga sudah mencoba mengenal uang berikut cara mengelolanya lewat permainan. Misalnya permainan jual beli. Dulu, meski uangnya berupa daun atau kerikil, tapi anak-anak sudah belajar dan mengenal cara menggunakan uang untuk jual beli.

Sedangkan anak-anak era 80 atau 90-an, juga bisa mengenal uang lewat permainan monopoli. Tentunya permainan ini lebih kompleks dari sekedar permainan jual beli atau pasaran a la anak-anak tempo dulu.

Di permainan monopoli, anak benar-benar belajar cara mengelola uang. Mulai dari jual beli, bahkan sampai transaksi yang bersifat investasi. Bentuk uangnya juga menyerupai pecahan uang sungguhan. 

Hayo, buibu pakbapak pembaca blog ini siapa yang jago main monopoli? Kalau saya, selama ini masih untung-untungan. Kadang sudah hati-hati banget saat mengelola uang, eh, tahu-tahu hampir pailit gara-gara kena totalan pajak. 

Lepas dari menang atau kalah, kalau buat saya pribadi, permainan monopoli ini sungguh menyenangkan. Karena kita bisa kalah atau memang tanpa kita duga, membuat permainan ini tidak membosankan.

Sayangnya, kedua anak saya masih kecil. Masih belum bisa diajak memainkan monopoli. Andai sudah agak besar, pastinya saya akan ajak mereka main ini. Karena permainan monopoli bisa jadi hiburan, sekaligus bisa jadi ajang pendidikan keuangan ke anak.

Nah selain itu semua, sebetulnya masih banyak lagi permainan yang bisa mengasah kecerdasan keuangan anak. Salah satunya permainan uang yang ada di web Mortgage Calculator. 


Kenalan dengan Mortgage Calculator Money Games

Di website Mortgage Calculator Money Games, anak-anak bisa bermain tentang enterprener, manajemen keuangan dan bisnis dalam bentuk video games secara online. Permainannya banyak dan gratis semuanya, lho!

Di website ini, ada beberapa kategori yang bisa dipilih. Berikut beberapa kategori yang ada:

1. Real Estate Games

Tema kelompok permainan ini memiliki objek properti. Jadi kita bisa membuat kota LEGO, mengembangkannya, serta membereskan kekacauan yang ada. Dalam semua proses tersebut, ada kegiatan jual beli properti yang bisa anak-anak lakukan sembari memainkan permainan ini.

2. Money Games

Kalau permainan yang satu ini rasanya pas untuk anak saya yang sedang belajar mengenal uang di tingkat sekolah dasar. 

Karena di kategori Money Games, anak-anak diajak untuk menghitung uang dan berikut kembaliannya. 

Tentunya dalam proses permainan, anak-anak akan dilatih tentang penjumlahan, pengurangan, dan perkalian sambil belajar tentang uang dengan cara yang menyenangkan.

3. Cryptocurrency Games

Yang seru dari website ini, anak-anak juga bisa belajar mengenal mata uang Cryptocurrency, lho. 

Jadi di kategori ini, anak-anak dikenalkan dan diajak mengerti tentang apa dan bagaimana spekulasi serta pemborosan keuangan. 

Karena permainan ini bertema Cryptocurrency, anak-anak pun bisa diajak mengenal Bitcoin atau bentuk NFTs.

4. Farming Simulation games

Yang menurut saya keren dari website ini, anak-anak juga bisa belajar keuangan dengan objek bisnis di bidang peternakan. 

Jika peternakan selama ini identik dengan pedesaan dan tidak moderen, nyatanya di game ini, anak diajak untuk memikirkan masa depan dan urusan finansial lewat bisnis peternakan.

5. Grocery Store Games

Kategori ini asyik juga untuk dimainkan anak-anak. Jadi tugas mereka di permainan ini adalah menjaga keberadaan stok barang di toko mereka. 

Dan yang namanya toko gorsiran, tentu jualnya skala besar ya. Game yang bagus nih untuk melatih anak menjadi pedagang skala besar.

6. Restaurant Simulation Games

Kalau kategori yang ini, anak diajak mengenal keuangan lewat usaha makanan. Misalnya coffee shop, toko burger, atau pizza. 

7. Business Simulation Games

Untuk kategori yang satu ini, anak dilatih jadi pengusaha dengan bisnis di beberapa bidang seperti pertambangan, perhiasan, penjual tanaman hias, sampai CEO sebuah perusahaan.  

8. Software Development Games

Mau mengarahkan anak-anak menjadi pengusaha start up atau anak-anak punya ketertarikan di bidang pengembangan teknologi, mungkin mereka akan suka dengan kategori permainan ini. 

Jadi dengan STEM games, anak-anak belajar tentang logika coding, pembuatan software, game, serta usaha lain untuk membangun sebuah bisnis startup.

9. Office Politics Games

Belajar uang ternyata bisa juga lho pakai game bertema politik. Kategori permainan yang satu ini memang unik. Anak-anak akan belajar persaingan internal, resolusi konflik, hingga membangun sebuah tim.

10. Environmental Games

Permainan yang satu ini cukup bagus untuk mendekatkan anak-anak agar peduli lingkungan. Misalnya dengan kegiatan daur ulang, energi terbarukan, sampai manejemen sumber daya.

11. Beberapa permainan di luar 10 kategori tadi

Selain beberapa kategori game tadi, kategori yang satu ini juga perlu diulik. Jadi untuk beberapa game online yang tidak bisa masuk 10 kategori, masuk ke dalam kategori ini.

Menurut saya, aneka game online di Mortgage Calculator ini tak hanya mengenalkan anak-anak tentang uang berikut cara menggunakannya. Akan tetapi yang saya suka, anak-anak diajak dalam aktivitas-aktivitas spesifik yang bisa disesuaikan dengan minat anak-anak.


Games di Mortgage Calculator yang Pas untuk Anak Mengenal Uang

Bisa dibilang meski sudah belajar tentang uang di sekolah, Kayyisah anak saya ini hingga sekarang masih suka bingung jika ditanya tentang uang. Misalnya kalau dia mau beli barang harganya Rp2.000 sedangkan uang dia Rp5.000, ia masih bingung berapa kembaliannya. Atau jika ia bawa uang 500-an sebanyak 10 koin sedangkan barang yang mau dibeli Rp2.000, ia masih bingung, berapa koin 500-an yang harus dia bayar.

Saya pun sudah memberinya pelajaran tambahan. Mulai dari mengajaknya belajar uang lewat uang-uangan, sampai menerangkan materi yang terkait dengan materi uang dari buku pelajarannya.

Sebetulnya jika terkait dengan belajar tentang uang, saya berharap Kayyisah tidak hanya paham cara menghitung matematika uang. Akan tetapi saya berharap ia paham arti uang berikut konsekuensi dari setiap transaksi yang dilakukannya.

Kok ya untungnya menemukan beberapa games tentang uang di Mortgage Calculator. Beberapa games yang akhirnya pas untuk dimainkan Kayyisah sambil belajar tentang uang adalah sebagai berikut.

Beberapa permainan tentang uang yang menurut saya mudah dimainkan dan sangat cocok untuk dimainkan anak saya Kayyisah sesuai kebutuhan pemahamannya tentang uang adalah sebagai berikut.

1. Cashier Simulator

Di permainan ini, pemain menjadi kasir sebuah toko grosir. Jadi aktivitas di games tersebut memang seperti seorang kasir, mulai dari melayani konsumen, scan harga barang, menghitung total harga barang yang dibeli konsumen, melayani pembelian secara tunai atau kartu kredit, sampai menghitung kembalian jika pembelinya membayar tunai.


Permainan ini kelihatannya hanya berupa transaksi antara kasir dan pembeli. Tapi, di games ini bisa sampai 160 stages lho! Di setiap stage, kita bisa mengumpulkan 3 bintang sesuai dengan kualitas permainan kita.

Permainan ini paling disuka Kayyisah anak saya, karena dia bisa belajar memecah uang menjadi beberapa pecahan yang sesuai dengan jumlah yang diminta.

2. Cash Back

Permainan ini sepertinya yang paling pas buat Kayyisah yang suka bingung kalau harus bayar berapa, kembaliannya berapa. Jadi di game ini, pemain harus memberi ke konsumen kembalian yang benar, baik itu dalam struk tagihan atau koinnya.


Asyiknya untuk memudahkan, game ini ada tutorialnya yang bisa dipelajari dulu. Selanjutnya jika sudah siap, kita bisa main dengan memilih dulu level yang mau dipilih. Ada level paling mudah, sedang, hingga yang paling susah. Kita juga bisa mengatur bantuan dan jumlah kembalian yang bisa kita lihat.

Jadi permainan ini bisa melatih kemampuan anak untuk menghitung dengan operasional jumlah dan pengurangan dengan berbagai tantangan soal yang kombinatif.

3. Grocery Cashier

Permainan ini juga pas dimainan untuk anak yang baru mengenal uang. Anak bisa belajar tentang penjumlahan dan pembagian dalam posisinya sebagai kasir toko grosir.




Tingkat kesulitan dari game ini adalah adanya konsumen dengan transaksi yang makin sulit dari setiap konsumen satu ke konsumen lain di setelahnya.

4. Treze Coins

Kalau yang ini, permainan tentang uang lebih mudah lagi dibanding yang Grocery Cashier. Jadi di permainan ini, kita diminta memasukkan koin ke mesin bola permen karet.

Sebelum bermain, kita bisa menentukan dulu bahasa yang akan digunakan. Ada bahasa Inggris, Spanyol, Italia, Portugis, atau Prancis. Sayangnya bahasa Indonesia nggak ada ya di sini! Hehehe…



Lalu setelah itu, kita bisa pilih dulu pecahan yang mau digunakan. Sistemnya pakai denominasi. Ada pecahan 1, 1 dan 10, atau pakai pecahan 1, 5, dan 10.

Nantinya pemain akan ditunjukkan angka yang harus dibayar, dan kita harus menekan angka uang yang sesuai dengan nominal tersebut. Misal kalau main pecahan 1 5 dan 10, kita diminta membayar 18 dolar, maka kita bisa menekan 1 kali angka 10, 1 kali angka 5, dan 2 kali angka 1.

5. Idle Money Tree

Permainan ini rasanya pas melatih otak anak agar berpikir, bagaimana agar uangku terus bertambah. Jadi di permainan ini, ada sebuah pohon yang terdapat kantong-kantong uang di sana. Kita harus klik kantong uang tersebut untuk terus mengumpulkan uang agar makin banyak.


Agar pohonnya makin terus berkembang, kita bisa mengupgrade matahari, buah, atau penyiram tanaman. Untuk mengembangkan jumlah kantong uang yang kita dapat, kita juga bisa klik tombol beli 1x.

6. Idle Hypermarket Empire

Ini adalah permainan simulasi di mana pemainnya seakan-akan menjadi pemilik sebuah hipermarket. Awalnya, kita diminta dulu untuk memilih pekerja untuk bagian stok produk di toko. Selanjutnya, pekerjakan manajer. Lalu latih dan tingkatkan kemampuan pekerja agar mereka lebih produktif.

Gunakan pendapatan tunai untuk membuka kunci lantai toko tambahan dalam permainan. Jadi nantinya, toko kita dalam permainan ini ada sembilan lantai. Mulai dari lantai penjualan buah dan sayur, sampai lantai paling atas yaitu untuk penjualan kosmetik.

Kalau kita sampai berhasil mengembangkan bisnis hipermarket ini, kita bisa menawarkan saham ke investor, lalu hasilnya bisa dibuat untuk membuat hipermarket baru. Tentunya, prosesnya seperti dari awal permainan lagi.


Jujur, permainan ini keren banget. Kalau dimainkan anak-anak, mereka jadi bisa terlatih bagaimana caranya mengembangkan sebuah bisnis. Anak jadi terlatih untuk berpikir bagaimana caranya agar penghasilan saya terus bertambah tapi juga memperhitungkan uang yang keluar untuk pengembangan usaha.

7. Kingdom Wars

Yang suka monopoli, mungkin suka dengan permainan yang satu ini. Karena dasarnya permainan ini terinspirasi dari permainan monopoli.




Awal main, kita mendapat uang 500, dan akan terus mendapat 50 setiap melewati sebuah periode. Di permainan ini kita juga bisa membeli rumah atau tanah, atau menyewa properti tersebut jika ternyata ada pemiliknya.

Selebihnya, permainan ini memang seperti main monopoli banget peraturannya.

8. Real Estate Tycoon

Kalau permainan yang ini, memang membutuhkan ekstra mikir. Jadi sebagai pemain, akan dihadapkan pada harga properti yang bisa naik atau turun. Tujuan akhir dari permainan ini adalah mendapat keuntungan selisih dari pembelian properti dengan harga rendah dan penjualan dengan harga tinggi.

Meski sepertinya butuh ekstra mikir, tapi permainan ini tentunya tidak seperti orang jual beli properti di kehidupan nyata. Di permainan ini, tidak ada yang namanya kesempatan pinjam uang untuk tambah modal, kondisi permintaan dan penawaran yang ada di pasar yang biasanya memengaruhi kondisi jual beli properti, dan sebagainya.

Karena itu, permainan ini sederhana banget dan bisa dimainkan oleh anak-anak. Di permainan ini akan melatih anak-anak untuk berpikir mengincar jual beli properti yang berkualitas bagus dengan harga lebih tinggi dibandingkan properti berkualitas rendah dengan harga lebih murah.


Ada tiga mode dalam permainan ini:

a. Career Mode yang bermain dengan uang sedikit yang tujuannya terus mampu memainkan jual beli properti

b. Time Trial Mode: permainan di mode ini memiliki batasan waktu periode tertentu

c. Endless Mode: permainan jual beli properti dilakukan tanpa batasan waktu

Di permainan ini, mata dan jari kita harus lincah untuk melihat harga properti mana yang bagus dan masih murah serta harus segera di-tap, dan mana properti yang sudah kita beli dan tandanya panahnya sedang dalam kondisi menguntungkan untuk dijual.

5. Red Outpost

Sejujurnya kalau buat saya, permainan ini lucu. Jadi kita diminta untuk mengembangkan sebuah koloni di planet luar angkasa. Caranya adalah dengan terus menambah jumlah astronot.


Tiap astronot yang nantinya punya tugas mengembangkan koloni ini ada ‘harganya’ tergantung tugasnya. Permainan akan berakhir saat kita punya 50 astronot dan 10 tugas yang terselesaikan.

6. Bitcoin Tap Tap Mine

Permainan ini membutuhkan kelincahan jari untuk main tap secara cepat sambil mata terus melihat mana bitcoin yang bisa dibeli dan menambah aset kita.


7. Lit Ape NFT Generator

Kalau di game nomor 6 tadi tentang Bitcoin, di permainan yang ini adalah tentang NFT. Model permainannya pun jadinya mirip.


8. Web Tycoon Simulator

Ini termasuk salah satu permainan yang mengasah kemampuan mengembangkan bisnis pada anak-anak. Setting permainannya sendiri adalah bisnis marketing dengan menggunakan dunia internet.

Di permainan ini kita diasah untuk lincah main tap di gambar komputer sambil melihat mana item yang bisa kita beli untuk menambah aset sehingga memperbesar pendapatan.





Itulah beberapa permainan di Mortgage Calculator yang menurut saya keren dan bisa dimainkan anak-anak. Mereka jadi bisa mengenal tentang uang sekaligus mengasah kemampuan matematikanya, sampai permainan yang bisa digunakan untuk melatih kemampuan finansial dan jiwa bisnis pada anak-anak.

Jika ingin mencobanya, bisa klik di link ini: https://www.mortgagecalculator.org/money-games/#moneygames. Permainan di web ini menurut saya lebih pas jika dimainkan anak lewat hp, apalagi tablet.

Kalau lihat deskripsinya, terkesan ada permainan yang sulit ya? Apalagi di deskripsi yang saya buat untuk delapan permainan yang bisa dimainkan untuk tingkat lanjut. 

Tapi coba deh anak-anaknya diminta main, ternyata banyak permainan yang gampang banget dan hanya butuh sering-sering klik atau tap layar sesuai dengan angka yang terlihat.


Related Posts

13 comments

  1. Asyik ya ada game finansial begini. Bikin urusan njlimet bisa dipahami anak dengan lebih mudah

    ReplyDelete
  2. Daebaaaaaakkk. Aku beruntung sekali bisa sampai ke blog ini...

    Terimakasih tulisannya sangat keren, bisa bantu parents agar anak anaknya melek literasi keuangan sejak dini...
    Btw aku baru engeh setelah baca ini kalau monopoli itu game yg mengajarkan kita akan investasi...

    ReplyDelete
  3. Asyik nih mainnya lewat browse jadi tidak perlu instal apapun. Tampilan mainannya keren dan banyak ya pilihannya. Btw ini berbahasa inggriskah?

    Main monopoli, kayaknya sekarang sudah tidak dilirik sama anak-anak. Seingat saya malah dari dulu main tidak pernah tuntas sama teman-teman. Malah kebingungan sendiri mainnya kami 😂.

    ReplyDelete
  4. Wah ini pss banget yang dicari, beberapa hari lalu baru beli monopoli untuk main bareng sekaligus ngajarin soal uang dan transasksi. Beruntung main ke sini jadi tahu ada yang lebih up to date. Makasi kak 🫶

    ReplyDelete
  5. Nah ini ngegame nggak pake ribet ya, sejatinya emang teknologi nggak bisa kita bendung ya ,tapi banyak ya game online yang mendidik juga bisa jadi pilihan ortu buat anak anak

    ReplyDelete
  6. banyak sekali ini mba rekomendasi game dari Mortgage Calculator, jadi pingin coba nih sama anakku dirumah biar gak main game yang cuma seneng2 aja tapi bisa main game sambil belajar juga, salah satu hal yang membuat aku seneng dengan adanya game seperti ini karena bisa bermain sambil belajar juga, belajarnya dengan cara yang anak-anak emang suka lagi

    ReplyDelete
  7. Sekarang mainan anak-anak sudah canggih, ya. Dulu mah jaman aku mainnya pake monopoli sama uang daun 😂

    ReplyDelete
  8. Ternyata sekarang banyak game bermanfaat ya mbak. Kirain main game cuma buat hiburan doang. Ini yang kasir-kasiran cocok buat anak-anak. Nice info!

    ReplyDelete
  9. Seru ya..
    Mengajarkan financial literacy kepada anak melalui games di Mortgage Calculator Money Games. Karena sebelumnya masih pakai cara klasik, menggunakan uang monopoli.

    ReplyDelete
  10. asik banget ini ada games tentang kripto juga.
    jadinya lewat games bisa sekalian juga ya memahami tentang mata uang yang lagi ngetrend ini.

    ReplyDelete
  11. Jadi nostalgia pas bahas Monopoli. Permainan tersebut, kalaupun jago ngatur keuangan, kadang keberutungan kita tergantung dadu. Xixi. Senang jika bisa 'Parkir Bebas', tapi sedih kalau 'Masuk Penjara'.

    Sekarang dengan kemajuan teknologi, game bertema keuangan mudah diakses dan dimainkan oleh anak-anak. Looking forward untuk mencoba Mortgage Calculator.

    ReplyDelete
  12. Keren ya anak-anak sekarang udah bisa main games tentang keuangan. Apalagi sekarang mainnya bisa di pc atau hp ya. Boleh juga nih dicoba ke anak-anakku yang udah mulai suka main games hehe..

    ReplyDelete
  13. Nah bener kan tidak semuanya games merusak. Malah sekarang bisa belajar keuangan melalui games. Selagi masih dipantau pihak OJK mah sah-sah aja ya kaka

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular