Skip to main content

Model Gamis Terbaru untuk Anak

Tiap lebaran Idul Fitri, buat saya, jadi ajang yang asyik buat cuci mata. Iya, soalnya segala model terbaru dari baju terbaru berseliweran di depan mata.

Dan yang paling menarik perhatian saya adalah model gamis terbaru yang dipakai anak-anak. Soalnya kalau anak pakai baju baru memang sudah biasa. Tapi kalau dia pakainya gamis, kayaknya istimewa.

Eh tapi mungkin masih ada yang bingung. Memangnya gamis sama potongan baju lain apa bedanya sih? Kalau dari pengertian yang saya dapat dari internet, gamis itu adalah baju panjang yang menyatu dari leher sampai mata kaki.

Biasanya gamis memang identik dengan wanita. Meski ada juga kok gamis yang dipakai untuk pria. Tentunya, dengan potongan, bentuk, dan model yang lebih simpel serta sederhana dari pada gamis yang dipakai wanita.

Nah, karena pengertiannya seperti itu yang membuat saya terpikir gamis kalau dipakai anak-anak itu jadi istimewa. Karakter anak-anak yang kebanyakan aktif bergerak tentunya jadi tantangan para pembuat gamis anak.

Sementara itu, kalau gamis dipakai anak-anak, menurut saya sebetulnya bisa jadi ajang pembiasaan bagi anak terutama anak perempuan dalam bersikap. Sejak dini, anak diberi pengertian dan kebiasaan untuk mengerti aurat. Selain itu bentuk gamis yang panjang juga membuat anak perempuan jadi lebih menjaga sikapnya untuk lebih anggun dalam bergerak.

Untuk para orangtua yang ingin memilih gamis anak, ada beberapa tipsnya nih.

1. Tentunya bahan jadi pertimbangan utama ya terutama dalam memilih baju untuk anak. Pilihlah bahan yang nyaman dan menyerap keringat dengan baik. Misalnya katun atau bahan kaus.



2. Urusan kenyamanan dalam memilih model gamis untuk anak juga yang terpenting adalah bentuknya. Meski gamis adalah baju panjang, pilihlah yang bentuknya longgar sehingga tetap bisa membuat anak leluasa bergerak.


3. Kalau saya sendiri saat memilih baju terutama untuk anak, yang saya perhatikan juga adalah bagian jahitan dalam. Karena biasanya ada lho baju anak yang kelihatannya bagus tapi jahitan dalamnya kasar.

Apalagi anak-anak kan kadang sensitif kulitnya. Kalau pas anak banyak berkeringat, jahitan dalam bagian bajunya kasar dan bergesekan dengan kulit anak, kan jadinya kasihan.

4. Baju anak termasuk gamis biasanya tak luput juga dari yang namanya hiasan. Bisa bentuknya corak, gambar, pola jahitan, dan yang lainnya. Tetap ya, pilih hiasan yang bisa membuat anak nyaman.


Urusan hiasan ini terkadang ada juga hubungannya dengan jahitan. Jadi, saya sering tuh menemukan baju anak yang ada hiasan besar, ternyata pas saya lihat bagian dalamya ada jahitan pola yang kasar dan kaku. Nah, ini perlu juga jadi pertimbangan. Jangan sampai kita lihat bagusnya saja tapi ternyata tidak nyaman saat dipakai anak.

5. Kalau memilih baju terutama gamis untuk anak, urusan ukuran juga perlu diperhatikan nih. Karena biasanya, anak-anak memiliki pertumbuhan yang cepat. Jangankan hitungan bulan, hitungan minggu saja urusan tinggi badan anak bisa cepat berubah.

Setidaknya itu sih kalau pengalaman saya terutama saat melihat Kayyisah yang usianya masih balita. Jadi jika memilih baju atau gamis untuk anak, pilihlah yang ukurannya beberapa sentimeter lebih panjang dari pergelangan tangan dan mata kaki.

6. Pertimbangkan juga urusan tujuan pemakaian gamisnya nanti untuk kapan dan di mana. Jangan sampai beli gamis dengan model tertentu tapi saat dipakai anak seharian sangat membuatnya tidak nyaman.

Karena kalau saya perhatikan, memang ada beberapa model gamis terbaru untuk anak yang lebi cocok dipakai untuk situasi dan kondisi beberapa jam saja, dan ada yang bisa nyaman dipakai untuk seharian.

7. Satu lagi nih, pertimbangkan juga karakter anak. Meski sama-sama anak perempuan, kan ada tuh yang karakternya kinestetik banget yang aktif, ada juga yang tipe anaknya memang lebih tenang.

Kalau yang tipe anaknya kinestetik, pilihlah gamis yang lebih simpel dengan model yang lebih longgar sehingga tetap bisa membuatnya bergerak aktif. Kalau yang anaknya lebih tenang, bisa lah dipilihkan gamis dengan potongan yang lebih bervariatif.


Saat saya browsing di internet, memang yang namanya gamis anak ini sangat beragam ya modelnya. Tapi, saya jatuh hati nih sama beberapa model gamis di blibli dot com. Ni tulisannya murni pendapat saya ya bukan iklan. Kalau nggak percaya, coba bandingin saja deh model gamis anak di blibli dengan beberapa toko online lain.

Ini dia beberapa model gamis terbaru untuk anak yang menurut saya unik dan nggak kebanyakan.












Kalau yang berikut ini, beberapa model gamis yang kayaknya bisa bikin anak nyaman memakainya meski seharian.








Tuh kan, cakep-cakep ya? Ini hasil buruan saya setelah browsing model gamis terbaru untuk anak di tahun 2018 ini. Mungkin bisa jadi referensi untuk memilih gamis yang cocok untuk anak-anak ya…



Catatan: seluruh foto yang ada di tulisan ini milik blibli.com

Comments

Popular posts from this blog

TB Membuat Kayyisah Menjadi Anak tak Biasa

Hingga sekitar umur delapan bulan, Kayyisah menjadi anak yang menggemaskan. Grafik berat badan yang biasanya selalu di warna hijau muda bahkan kuning, di usia tujuh hingga delapan bulan, grafik berat badan Kayyisah bisa ada di warna hijau tua.
Kalau melihat fotonya saja tampak menggemaskan. Makannya sedang lahap-lahapnya.
Tapi beberapa minggu kemudian, semuanya berubah. Makin hari nafsu makannya makin susah. Sampai-sampai pernah lho selama berminggu-minggu, Kayyisah hanya mengandalkan ASI dan air kacang hijau. Makannya hanya satu atau dua sendok makan alpukat.
Pola makan seperti itu di usianya yang sekitar sembilan bulan hingga setahun, lho! Bayangkan saja, anak umur segitu makannya kayak begitu.
Beberapa keanehan lain yang saya temukan saat itu, dalam sehari Kayyisah kurang kuantitas buang air kecilnya. Kalau dipakaikan diaper setelah mandi pagi, saat dicopot sebelum mandi sore lho diapernya masih kering! Parah kan?
Waktu saya cerita ke abinya dan juga ibu, mereka pada bilang kalau bisa…

Pakai Serum Pemutih Badan yang Bikin Cepat Putih, Aman Nggak Ya?

Putih itu cantik. Ingat slogan yang ngehits itu kan? Makanya, banyak wanita mencari produk kecantikan yang bisa memutihkan kulit. Termasuk serum pemutih badan. Eh tapi kalau efeknya bikin cepat putih, sebetulnya aman nggak ya?
Yups, pertanyaan itu sepertinya jadi bahan pertimbangan lain deh selain apakah produk pemutih kulit itu ampuh atau tidak hasilnya.
Malah kadang jadinya kayak buah simalakama. Badan bisa cepat putih tapi efek sampingnya ada rasa panas terbakar dulu, kulit kemerahan, atau endingnya malah kulit jadi gosong.
Habis itu nangis deh karena nggak jadi putih…
Atau, iya sih, serum pemutih badan yang kita pakai itu aman. Tapi setelah sekian purnama dipakai, kok kulit nggak kunjung putih seperti model iklan yang kita lihat.
Dan akhirnya jadi terpikir, katanya labelnya pemutih badan ampuh. Tapi kok kulitku nggak kunjung putih kayak mbak yang itu?
Jadilah kitanya bingung. Sebetulnya perlu nggak sih pakai serum pemutih kulit? Lantas apa bedanya dengan jenis produk kecantikan lainny…

Mengganti Token Bank Mandiri yang Habis Baterai

Setelah sekitar delapan tahun, akhirnya token Bank Mandiri saya mati. Baterainya habis. Dan uniknya, saya nggak pernah terpikir kalau urusannya sampai harus ke bank segala.
Jadi waktu kenal yang namaya token, saya pikir kalau alat tersebut baterainya habis, ya tinggal ganti saja baterainya di tukang servis jam tangan. Eh ternyata setelah browsing, saya baru tahu jika kita nggak bisa asal ganti baterai token tersebut.
Awal tanda-tanda baterai token habis itu mulai terlihat saat ada seperti noda di bagian tepi bawah layar. Semula saya pikir, apa mungkin ada kotoran masuk kali ya? Tak berapa lama kemudian, ada lagi seperti titik noda yang muncul di bagian tepi atas layar.
Hingga suatu ketika saat saya ingin transfer dana ke rekening tabungan ibu, token itu mati. Meski saya tekan tombol secara asal, tetap saja token tersebut tidak bisa aktif. Dah lah fixed, saya yakin token ini sudah habis baterainya.
Kemudian saya browsing di internet berniat ingin mencari tahu, kalau baterai token ini habi…

Lopang, Surganya Buah Jamblang

Tahu buah jamblang, atau juwet, atau dhuwet, atau dhuwek?
Di beberapa daerah, buah ini memang punya julukan yang berbeda-beda. Saya sendiri malah menyebutnya dengan plum Jawa! Hahaha…
Nah, di daerah Lopang, Kecamatan Kembangbahu, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, kita bisa menjumpai buah jamblang dengan aneka jenis.
Mulai dari jamblang yang ukurannya kecil tanpa biji, sampai yang berukuran sebesar bakso telur puyuh dengan daging buah yang tebal.
Atau, dari yang rasanya masam, hingga jamblang yang manis tanpa menyisakan rasa sepet di lidah.
Jamblang yang warnanya hitam pekat hingga berwarna ungu kemerahan pun ada di Lopang.



Di masa-masa akhir musim kemarau menjelang musim hujan, biasanya buah ini bermunculan.
Untuk tahun 2017 ini, sepertinya musim jamblang di Lopang jatuh di sekitar bulan Oktober hingga November. Karena di bulan September ini, pohon-pohon jamblang di Lopang mulai bermunculan bunganya.
Karena begitu kayanya jenis jamblang di Lopang, saya menyebut tempat satu ini sebagai surg…

Tujuh Hal yang Perlu Dipertimbangkan dalam Membuka Usaha Toko Sembako

Pada tahu kan toko sembako? Itu lho, toko yang isinya menjual sembilan bahan pokok.
Yang masuk kategori sembako itu antara lain: 1.Beras, sagu, dan jagung 2.Gula pasir 3.Sayur-sayuran dan buah-buahan 4.Daging sapi, ayam, dan ikan 5.Minyak goreng dan margarine 6.Susu 7.Telur 8.Gas ELPIJI (kalau dulu sih minyak tanah) 9.Garam berIodium dan berNatrium
Semua bahan itu jadi kebutuhan pokok sehari-hari manusia.
Nah, peluang usaha membuka toko sembako ini bisa menjadi bisnis rumahan ibu rumah tangga yang menguntungkan. Bagaimana tidak. Tiap hari bisa selalu saja ada orang yang datang membeli.
Tapi yang namanya bisnis menguntungkan, biasanya ya memang banyak pesaingnya.
Menurut beberapa info yang saya baca, kita perlu survey dulu. Barangkali, eh, ternyata ada toko sembako juga di dekat tempat yang mau kita dirikan usaha.
Kalau sampai ada, perlu dipantau juga. Jangan sampai harga toko tersebut lebih murah dari barang-barang yang dijual di toko kita nantinya.
Tapi kalau sampai belum ada pesaingnya, namanya …

Resep Buka Puasa dengan Sambal Boran Khas Lamongan

Ada satu makanan khas dari daerah Lamongan yang jarang diketahui oleh kebanyakan orang luar Lamongan. Ya, jika kebanyakan orang tahunya kuliner Lamongan itu identik dengan Soto Ayam Lamongan, tapi sebenarnya, di Lamongan sendiri ada sebuah kuliner yang menjadi makanan keseharian masyarakat Lamongan.
Namanya Nasi Boran. Disebut boran karena biasanya penjualnya menggunakan bakul besar yang bernama boran saat berjualan.
Panganan yang satu ini kerap ditawarkan para penjualnya saat pagi hari sebagai sarapan, atau sore hingga malam hari. Biasanya penjual akan membungkus nasi boran dengan menggunakan daun pisang yang dilapisi kertas koran pada bagian luarnya.
Sedangkan di bulan Ramadan, Nasi Boran tetap diminati banyak masyarakat Lamongan untuk sajian berbuka puasa, atau sahur. Jadi meski dini hari, ada juga kok penjual Nasi Boran yang berjualan. Malah biasanya laris diburu mereka yang ingin menikmatinya untuk menu sahur.
Untuk satu kali sajian, Nasi Boran ini bisa terdiri satu porsi nasi, berik…

Ini Dia Cara Mudah Mengamankan Kenangan

Ada suatu bagian cerita dalam Harry Potter yang begitu saya inginkan. Tentang pensieve Albus Dumbledore.
Jadi, Dumbledore yang merupakan kepala sekolah di Hogwarts tempat Harry Potter sekolah itu punya alat bernama pensieve yang bentuknya seperti baskom. Dengan pensieve, kita bisa memasukkan kenangan masa lalu siapapun untuk dilihat lagi.
Keberadaan pensieve ini tentunya banyak keuntungannya. Kita bisa melihat lagi kenangan masa lalu dari pikiran seseorang. Bagusnya lagi, dari pada menuh-menuhin memori kepala, terus terlupakan, ya mending mumpung ingat kenapa nggak disimpan saja ingatannya dalam wadah tertentu dan bisa dilihat lagi di pensieve.

Gara-gara tahu ‘teknologi’ pensieve di cerita Harry Potter, saya jadi kepikir, andai ya ada teknologi seperti itu yang bisa saya pakai untuk mengamankan memori dalam kepala. Dari pada kita simpan sendiri terus pas waktunya harus diingat, eh kok malah lupa!
Hilangnya Kenangan Saat Hamil
Khayalan andai saya bisa punya pensieve seperti Dumbledore pun …

Asyiknya Mengenal Huruf Lewat Nama Makanan

Anak balita nggak boleh calistung? Boleh… Asal caranya yang asyik, dan anak nggak dipaksa untuk serius belajar.
Di luar negeri sana, kegiatan mengenal huruf, angka, sampai konsep baca tulis dan hitung untuk anak usia balita, caranya banyak yang menarik lho. Rata-rata, dilakukan dalam kondisi anak sedang bermain.
Nggak hanya lewat permainan, dengan menggunakan buku pun bisa. Apalagi buku anak zaman sekarang kan keren-keren tuh. Anak bisa menambah pengetahuan, dan aktivitas yang dilakukan dengan buku tersebut.
Misalnya buku karya Mbak Winarti terbitan Bhuana Ilmu Populer atau BIP ini. Bukunya berjudul ‘Mengenal Huruf Melalui Makanan A-Z’. Anak-anak bisa mengenal huruf A sampai Z lewat nama-nama makanan.

Yang asyik dari buku ini, anak-anak bisa mengenal huruf dari huruf depan tiap makanan. Di buku ini juga bikin saya jadi tahu lho makanan-makanan khas dari beberapa daerah.
Selain mengenal huruf, ada permainan juga nih yang bisa dilakukan anak-anak baik sendiri maupun dengan pendampingan orang…

Bercerita Asyik dengan So Good CERDIK

Sepertinya, hampir semua anak kecil suka menyimak dongeng, ya. Apalagi bila caranya asyik dan menarik.
Misalnya, dongeng yang disampaikan dalam buku yang gambarnya berwarna-warni, dongeng yang isi ceritanya lucu serta terus memancing rasa penasaran anak, atau dongeng yang diceritakan dengan gaya bicara serta suara dan gerak yang bervariatif sehingga bisa membuat anak terpesona.
Tentunya, dongeng akan makin meninggalkan kesan baik bagi anak jika ada nilai positif serta pengetahuan di dalamnya.

Saya sendiri termasuk orang yang merasakan manfaat dari kebiasaan orangtua yang suka mendongeng sewaktu saya kecil. Selain itu, keberadaan berbagai buku cerita dan majalah anak yang saya baca juga terasa hingga sekarang manfaatnya.
Salah satu dongeng atau cerita yang membekas di benak saya adalah tentang cerita bergambar dari sebuah majalah anak, seorang remaja yang terus berusaha untuk menjadi penari balet. Meskipun, ia harus hidup sendiri karena kedua orangtuanya sudah meninggal, serta bibinya yang…

Membersihkan Luka Si Kecil Nggak Pakai Perih dengan Hansaplast Spray Antiseptik

Gimana caranya membersihkan luka si kecil nggak pakai perih? Ni kayaknya jadi pertanyaan banyak para ibu lah ya. Terutama yang punya anak dengan karakter aktif, suka banyak gerak.
Saya sendiri merasakannya. Kayyisah anak saya itu, masuk kategori anak yang jarang mau diam. Jadi biar katanya anak aktif itu tanda pintar, ya sudah lah ya, memang harus dibiarin sambil dipantau keaktifannya.
Cuma uniknya, Kayyisah ini kalau terluka, jarang banget mau langsung ngomong. Kecuali kalau sayanya sebagai ibunya langsung tahu. Akibatnya, lukanya yang telat ketahuan itu malah bikin proses penyembuhan nggak bisa cepat.
Belum lagi kalau sudah luka, masalah lainnya ya rasa sakit yang muncul. Iya sih, Kayyisah memang tipe anak yang kuat menahan sakit. Tapi tetap saja, kalau pas mandi, dianya baru mulai keluar reaksi kesakitannya. Akhirnya saat dirawat lukanya, jadi ada tantangan tersendiri deh!
Apalagi kalau kena obat yang malah bikin dia kesakitan. Mau nggak diobatin kok ya entar gimana sembuhnya. Diobat…