Skip to main content

Model Gamis Terbaru untuk Anak

Tiap lebaran Idul Fitri, buat saya, jadi ajang yang asyik buat cuci mata. Iya, soalnya segala model terbaru dari baju terbaru berseliweran di depan mata.

Dan yang paling menarik perhatian saya adalah model gamis terbaru yang dipakai anak-anak. Soalnya kalau anak pakai baju baru memang sudah biasa. Tapi kalau dia pakainya gamis, kayaknya istimewa.

Eh tapi mungkin masih ada yang bingung. Memangnya gamis sama potongan baju lain apa bedanya sih? Kalau dari pengertian yang saya dapat dari internet, gamis itu adalah baju panjang yang menyatu dari leher sampai mata kaki.

Biasanya gamis memang identik dengan wanita. Meski ada juga kok gamis yang dipakai untuk pria. Tentunya, dengan potongan, bentuk, dan model yang lebih simpel serta sederhana dari pada gamis yang dipakai wanita.

Nah, karena pengertiannya seperti itu yang membuat saya terpikir gamis kalau dipakai anak-anak itu jadi istimewa. Karakter anak-anak yang kebanyakan aktif bergerak tentunya jadi tantangan para pembuat gamis anak.

Sementara itu, kalau gamis dipakai anak-anak, menurut saya sebetulnya bisa jadi ajang pembiasaan bagi anak terutama anak perempuan dalam bersikap. Sejak dini, anak diberi pengertian dan kebiasaan untuk mengerti aurat. Selain itu bentuk gamis yang panjang juga membuat anak perempuan jadi lebih menjaga sikapnya untuk lebih anggun dalam bergerak.

Untuk para orangtua yang ingin memilih gamis anak, ada beberapa tipsnya nih.

1. Tentunya bahan jadi pertimbangan utama ya terutama dalam memilih baju untuk anak. Pilihlah bahan yang nyaman dan menyerap keringat dengan baik. Misalnya katun atau bahan kaus.



2. Urusan kenyamanan dalam memilih model gamis untuk anak juga yang terpenting adalah bentuknya. Meski gamis adalah baju panjang, pilihlah yang bentuknya longgar sehingga tetap bisa membuat anak leluasa bergerak.


3. Kalau saya sendiri saat memilih baju terutama untuk anak, yang saya perhatikan juga adalah bagian jahitan dalam. Karena biasanya ada lho baju anak yang kelihatannya bagus tapi jahitan dalamnya kasar.

Apalagi anak-anak kan kadang sensitif kulitnya. Kalau pas anak banyak berkeringat, jahitan dalam bagian bajunya kasar dan bergesekan dengan kulit anak, kan jadinya kasihan.

4. Baju anak termasuk gamis biasanya tak luput juga dari yang namanya hiasan. Bisa bentuknya corak, gambar, pola jahitan, dan yang lainnya. Tetap ya, pilih hiasan yang bisa membuat anak nyaman.


Urusan hiasan ini terkadang ada juga hubungannya dengan jahitan. Jadi, saya sering tuh menemukan baju anak yang ada hiasan besar, ternyata pas saya lihat bagian dalamya ada jahitan pola yang kasar dan kaku. Nah, ini perlu juga jadi pertimbangan. Jangan sampai kita lihat bagusnya saja tapi ternyata tidak nyaman saat dipakai anak.

5. Kalau memilih baju terutama gamis untuk anak, urusan ukuran juga perlu diperhatikan nih. Karena biasanya, anak-anak memiliki pertumbuhan yang cepat. Jangankan hitungan bulan, hitungan minggu saja urusan tinggi badan anak bisa cepat berubah.

Setidaknya itu sih kalau pengalaman saya terutama saat melihat Kayyisah yang usianya masih balita. Jadi jika memilih baju atau gamis untuk anak, pilihlah yang ukurannya beberapa sentimeter lebih panjang dari pergelangan tangan dan mata kaki.

6. Pertimbangkan juga urusan tujuan pemakaian gamisnya nanti untuk kapan dan di mana. Jangan sampai beli gamis dengan model tertentu tapi saat dipakai anak seharian sangat membuatnya tidak nyaman.

Karena kalau saya perhatikan, memang ada beberapa model gamis terbaru untuk anak yang lebi cocok dipakai untuk situasi dan kondisi beberapa jam saja, dan ada yang bisa nyaman dipakai untuk seharian.

7. Satu lagi nih, pertimbangkan juga karakter anak. Meski sama-sama anak perempuan, kan ada tuh yang karakternya kinestetik banget yang aktif, ada juga yang tipe anaknya memang lebih tenang.

Kalau yang tipe anaknya kinestetik, pilihlah gamis yang lebih simpel dengan model yang lebih longgar sehingga tetap bisa membuatnya bergerak aktif. Kalau yang anaknya lebih tenang, bisa lah dipilihkan gamis dengan potongan yang lebih bervariatif.


Saat saya browsing di internet, memang yang namanya gamis anak ini sangat beragam ya modelnya. Tapi, saya jatuh hati nih sama beberapa model gamis di blibli dot com. Ni tulisannya murni pendapat saya ya bukan iklan. Kalau nggak percaya, coba bandingin saja deh model gamis anak di blibli dengan beberapa toko online lain.

Ini dia beberapa model gamis terbaru untuk anak yang menurut saya unik dan nggak kebanyakan.












Kalau yang berikut ini, beberapa model gamis yang kayaknya bisa bikin anak nyaman memakainya meski seharian.








Tuh kan, cakep-cakep ya? Ini hasil buruan saya setelah browsing model gamis terbaru untuk anak di tahun 2018 ini. Mungkin bisa jadi referensi untuk memilih gamis yang cocok untuk anak-anak ya…



Catatan: seluruh foto yang ada di tulisan ini milik blibli.com

Comments

Popular posts from this blog

Menambah Wawasan Parenting dari Buku Dilan

Membimbing Anak Belajar

Lopang, Surganya Buah Jamblang

Tujuh Hal yang Perlu Dipertimbangkan dalam Membuka Usaha Toko Sembako

Kebun Binatang Surabaya, Tempat yang Instagramable untuk Foto Keluarga