Skip to main content

Model Gamis Terbaru untuk Anak

Tiap lebaran Idul Fitri, buat saya, jadi ajang yang asyik buat cuci mata. Iya, soalnya segala model terbaru dari baju terbaru berseliweran di depan mata.

Dan yang paling menarik perhatian saya adalah model gamis terbaru yang dipakai anak-anak. Soalnya kalau anak pakai baju baru memang sudah biasa. Tapi kalau dia pakainya gamis, kayaknya istimewa.

Eh tapi mungkin masih ada yang bingung. Memangnya gamis sama potongan baju lain apa bedanya sih? Kalau dari pengertian yang saya dapat dari internet, gamis itu adalah baju panjang yang menyatu dari leher sampai mata kaki.

Biasanya gamis memang identik dengan wanita. Meski ada juga kok gamis yang dipakai untuk pria. Tentunya, dengan potongan, bentuk, dan model yang lebih simpel serta sederhana dari pada gamis yang dipakai wanita.

Nah, karena pengertiannya seperti itu yang membuat saya terpikir gamis kalau dipakai anak-anak itu jadi istimewa. Karakter anak-anak yang kebanyakan aktif bergerak tentunya jadi tantangan para pembuat gamis anak.

Sementara itu, kalau gamis dipakai anak-anak, menurut saya sebetulnya bisa jadi ajang pembiasaan bagi anak terutama anak perempuan dalam bersikap. Sejak dini, anak diberi pengertian dan kebiasaan untuk mengerti aurat. Selain itu bentuk gamis yang panjang juga membuat anak perempuan jadi lebih menjaga sikapnya untuk lebih anggun dalam bergerak.

Untuk para orangtua yang ingin memilih gamis anak, ada beberapa tipsnya nih.

1. Tentunya bahan jadi pertimbangan utama ya terutama dalam memilih baju untuk anak. Pilihlah bahan yang nyaman dan menyerap keringat dengan baik. Misalnya katun atau bahan kaus.



2. Urusan kenyamanan dalam memilih model gamis untuk anak juga yang terpenting adalah bentuknya. Meski gamis adalah baju panjang, pilihlah yang bentuknya longgar sehingga tetap bisa membuat anak leluasa bergerak.


3. Kalau saya sendiri saat memilih baju terutama untuk anak, yang saya perhatikan juga adalah bagian jahitan dalam. Karena biasanya ada lho baju anak yang kelihatannya bagus tapi jahitan dalamnya kasar.

Apalagi anak-anak kan kadang sensitif kulitnya. Kalau pas anak banyak berkeringat, jahitan dalam bagian bajunya kasar dan bergesekan dengan kulit anak, kan jadinya kasihan.

4. Baju anak termasuk gamis biasanya tak luput juga dari yang namanya hiasan. Bisa bentuknya corak, gambar, pola jahitan, dan yang lainnya. Tetap ya, pilih hiasan yang bisa membuat anak nyaman.


Urusan hiasan ini terkadang ada juga hubungannya dengan jahitan. Jadi, saya sering tuh menemukan baju anak yang ada hiasan besar, ternyata pas saya lihat bagian dalamya ada jahitan pola yang kasar dan kaku. Nah, ini perlu juga jadi pertimbangan. Jangan sampai kita lihat bagusnya saja tapi ternyata tidak nyaman saat dipakai anak.

5. Kalau memilih baju terutama gamis untuk anak, urusan ukuran juga perlu diperhatikan nih. Karena biasanya, anak-anak memiliki pertumbuhan yang cepat. Jangankan hitungan bulan, hitungan minggu saja urusan tinggi badan anak bisa cepat berubah.

Setidaknya itu sih kalau pengalaman saya terutama saat melihat Kayyisah yang usianya masih balita. Jadi jika memilih baju atau gamis untuk anak, pilihlah yang ukurannya beberapa sentimeter lebih panjang dari pergelangan tangan dan mata kaki.

6. Pertimbangkan juga urusan tujuan pemakaian gamisnya nanti untuk kapan dan di mana. Jangan sampai beli gamis dengan model tertentu tapi saat dipakai anak seharian sangat membuatnya tidak nyaman.

Karena kalau saya perhatikan, memang ada beberapa model gamis terbaru untuk anak yang lebi cocok dipakai untuk situasi dan kondisi beberapa jam saja, dan ada yang bisa nyaman dipakai untuk seharian.

7. Satu lagi nih, pertimbangkan juga karakter anak. Meski sama-sama anak perempuan, kan ada tuh yang karakternya kinestetik banget yang aktif, ada juga yang tipe anaknya memang lebih tenang.

Kalau yang tipe anaknya kinestetik, pilihlah gamis yang lebih simpel dengan model yang lebih longgar sehingga tetap bisa membuatnya bergerak aktif. Kalau yang anaknya lebih tenang, bisa lah dipilihkan gamis dengan potongan yang lebih bervariatif.


Saat saya browsing di internet, memang yang namanya gamis anak ini sangat beragam ya modelnya. Tapi, saya jatuh hati nih sama beberapa model gamis di blibli dot com. Ni tulisannya murni pendapat saya ya bukan iklan. Kalau nggak percaya, coba bandingin saja deh model gamis anak di blibli dengan beberapa toko online lain.

Ini dia beberapa model gamis terbaru untuk anak yang menurut saya unik dan nggak kebanyakan.












Kalau yang berikut ini, beberapa model gamis yang kayaknya bisa bikin anak nyaman memakainya meski seharian.








Tuh kan, cakep-cakep ya? Ini hasil buruan saya setelah browsing model gamis terbaru untuk anak di tahun 2018 ini. Mungkin bisa jadi referensi untuk memilih gamis yang cocok untuk anak-anak ya…



Catatan: seluruh foto yang ada di tulisan ini milik blibli.com

Comments

Popular posts from this blog

TB Membuat Kayyisah Menjadi Anak tak Biasa

Hingga sekitar umur delapan bulan, Kayyisah menjadi anak yang menggemaskan. Grafik berat badan yang biasanya selalu di warna hijau muda bahkan kuning, di usia tujuh hingga delapan bulan, grafik berat badan Kayyisah bisa ada di warna hijau tua.
Kalau melihat fotonya saja tampak menggemaskan. Makannya sedang lahap-lahapnya.
Tapi beberapa minggu kemudian, semuanya berubah. Makin hari nafsu makannya makin susah. Sampai-sampai pernah lho selama berminggu-minggu, Kayyisah hanya mengandalkan ASI dan air kacang hijau. Makannya hanya satu atau dua sendok makan alpukat.
Pola makan seperti itu di usianya yang sekitar sembilan bulan hingga setahun, lho! Bayangkan saja, anak umur segitu makannya kayak begitu.
Beberapa keanehan lain yang saya temukan saat itu, dalam sehari Kayyisah kurang kuantitas buang air kecilnya. Kalau dipakaikan diaper setelah mandi pagi, saat dicopot sebelum mandi sore lho diapernya masih kering! Parah kan?
Waktu saya cerita ke abinya dan juga ibu, mereka pada bilang kalau bisa…

Mengganti Token Bank Mandiri yang Habis Baterai

Setelah sekitar delapan tahun, akhirnya token Bank Mandiri saya mati. Baterainya habis. Dan uniknya, saya nggak pernah terpikir kalau urusannya sampai harus ke bank segala.
Jadi waktu kenal yang namaya token, saya pikir kalau alat tersebut baterainya habis, ya tinggal ganti saja baterainya di tukang servis jam tangan. Eh ternyata setelah browsing, saya baru tahu jika kita nggak bisa asal ganti baterai token tersebut.
Awal tanda-tanda baterai token habis itu mulai terlihat saat ada seperti noda di bagian tepi bawah layar. Semula saya pikir, apa mungkin ada kotoran masuk kali ya? Tak berapa lama kemudian, ada lagi seperti titik noda yang muncul di bagian tepi atas layar.
Hingga suatu ketika saat saya ingin transfer dana ke rekening tabungan ibu, token itu mati. Meski saya tekan tombol secara asal, tetap saja token tersebut tidak bisa aktif. Dah lah fixed, saya yakin token ini sudah habis baterainya.
Kemudian saya browsing di internet berniat ingin mencari tahu, kalau baterai token ini habi…

Pakai Serum Pemutih Badan yang Bikin Cepat Putih, Aman Nggak Ya?

Putih itu cantik. Ingat slogan yang ngehits itu kan? Makanya, banyak wanita mencari produk kecantikan yang bisa memutihkan kulit. Termasuk serum pemutih badan. Eh tapi kalau efeknya bikin cepat putih, sebetulnya aman nggak ya?
Yups, pertanyaan itu sepertinya jadi bahan pertimbangan lain deh selain apakah produk pemutih kulit itu ampuh atau tidak hasilnya.
Malah kadang jadinya kayak buah simalakama. Badan bisa cepat putih tapi efek sampingnya ada rasa panas terbakar dulu, kulit kemerahan, atau endingnya malah kulit jadi gosong.
Habis itu nangis deh karena nggak jadi putih…
Atau, iya sih, serum pemutih badan yang kita pakai itu aman. Tapi setelah sekian purnama dipakai, kok kulit nggak kunjung putih seperti model iklan yang kita lihat.
Dan akhirnya jadi terpikir, katanya labelnya pemutih badan ampuh. Tapi kok kulitku nggak kunjung putih kayak mbak yang itu?
Jadilah kitanya bingung. Sebetulnya perlu nggak sih pakai serum pemutih kulit? Lantas apa bedanya dengan jenis produk kecantikan lainny…

Kesempatan Mengejar Pendidikan hingga ke Amerika, Kontribusi Freeport untuk Pendidikan Papua

Kepercayaan diri Meliana Mitapo jadi meningkat sepulangnya dari Amerika. Puteri asli daerah Papua yang bekerja sebagai Corporate Communications PT Freeport Indonesia (PTFI) ini awalnya mengaku kurang percaya diri. Tapi semuanya berubah sejak ia mendapat kesempatan beasiswa Aminef di Universitas Virginia.

Berbeda dengan Harold Surawi yang bekerja di bagian Underground Department PTFI. Ia akhirnya mendalami ilmu di Amerika dengan tujuan ingin mencegah resiko di bawah tanah. Ilmu yang didapatnya sepulang dari Amerika membuatnya bisa berkontribusi bagi dunia pertambangan di Papua.
“Kita jadi bisa bekerja lebih produktif dan lebih aman,” ujarnya.
Tak hanya Meliana dan Harold, masih ada beberapa putera asli Papua yang akhirnya juga mendapat kesempatan beasiswa ke Amerika. Misalnya ada Novi Dimara, Lazarus Bugaleng, Arnold Sanadi yang juga pernah menempuh ilmu ke Amerika lewat beasiswa Aminef bekerja sama dengan Freeport Indonesia.
Mereka mendapat kesempatan mengejar pendidikan hingga ke Ameri…

Melawan Neuropati untuk Segudang Aktivitas yang Terus Menanti

Dulu sewaktu sekolah, terkadang saya punya kebiasaan unik, meminta teman sebangku untuk memukuli telapak tangan saya.
Asli, kira-kira sejak SD kelas enam saya sudah punya kebiasaan seperti itu.
Jadi zaman tahun 80 sampai 90-an, yang namanya sekolah kan muridnya kebanyakan disuruh membaca atau menulis. Bahkan kalau sudah punya buku pun tetap disuruh mencatat ulang.
Sewaktu harus sering menulis itulah, kadang tangan saya terasa lemas. Rasanya seperti tidak ada energi untuk bisa menggerakkan tangan.
Selain telapak tangan yang terasa lemas, bagian lengan di dekat siku saya juga sering terasa seperti tertusuk-tusuk jarum. Kalau bahasa saya, rasanya cengkring-cengkring!
Itu masih urusan tangan. Lha kaki saya waktu itu juga sering terasa kram. Biasanya di daerah telapak tangan bagian samping atau di jari tengah dan jari manis kaki.
Waktu itu saya tidak pernah sampai mengira-ngira, saya itu sebetulnya kena apa, apa penyebabnya, dan harus melakukan apa agar keluhan-keluhan di tangan dan kaki saya s…

Penyebab Malnutrisi Hingga Telat Tumbuh Kembang Itu Bernama TB

Di tulisan ini saya ingin cerita tentang masa-masa di saat Kayyisah belum ketahuan penyakit TBnya, juga saat beberapa bulan ia sudah diketahui terkena TB.
Sebetulnya sudah sejak sekitar umur 14 bulan, Kayyisah disarankan untuk menjalani terapi di rehab medis. Saat itu karena perkembangan motorik kasar Kayyisah terlihat lambat.
Di umur setahun, Kayyisah sulit tengkurap, tidak bisa duduk sendiri, apalagi untuk bisa berjalan. Tempurung lutut kakinya saja di usia itu masih belum keras.

Setelah mendapat surat rekomendasi ke rehab medis dari dokter anak, dokter fisioterapi yang saya temui sempat bingung. Pasalnya, suhu tubuh Kayyisah sumeng. Di masa-masa itu, suhu tubuh Kayyisah seringkali berada di angka 38 derajat celcius.
Hingga pada akhirnya, di usia 16 bulan, saya dan suami membulatkan tekad untuk benar-benar serius membawa Kayyisah rutin terapi di rehab medis. Kami memilih RS Muhammadiyah Lamongan sebagai tempat terapi.
Awalnya, Kayyisah dicek sejauh mana kemampuan motorik kasarnya. Saat …

Resep Buka Puasa dengan Sambal Boran Khas Lamongan

Ada satu makanan khas dari daerah Lamongan yang jarang diketahui oleh kebanyakan orang luar Lamongan. Ya, jika kebanyakan orang tahunya kuliner Lamongan itu identik dengan Soto Ayam Lamongan, tapi sebenarnya, di Lamongan sendiri ada sebuah kuliner yang menjadi makanan keseharian masyarakat Lamongan.
Namanya Nasi Boran. Disebut boran karena biasanya penjualnya menggunakan bakul besar yang bernama boran saat berjualan.
Panganan yang satu ini kerap ditawarkan para penjualnya saat pagi hari sebagai sarapan, atau sore hingga malam hari. Biasanya penjual akan membungkus nasi boran dengan menggunakan daun pisang yang dilapisi kertas koran pada bagian luarnya.
Sedangkan di bulan Ramadan, Nasi Boran tetap diminati banyak masyarakat Lamongan untuk sajian berbuka puasa, atau sahur. Jadi meski dini hari, ada juga kok penjual Nasi Boran yang berjualan. Malah biasanya laris diburu mereka yang ingin menikmatinya untuk menu sahur.
Untuk satu kali sajian, Nasi Boran ini bisa terdiri satu porsi nasi, berik…

Tips Merawat Mukena

Pernah nggak pas salat tarawih berjamaah ternyata bersebalahan dengan orang yang bau mukenanya kurang enak? Hihihi, dijamin, kalau pernah ketemu yang kasusnya seperti ini, pasti selama salat rasanya kurang khusyuk ya?
Eit, tapi bagaimana kalau ternyata setelah koreksi diri, kok malah kitanya yang jadi biang kerok ketidakkhusyukan orang lain pas salat? Nah lho, jangan sampai ya!
Di saat bulan Ramadan, mukena memang jadi alat salat bagi wanita yang paling sering dipakai. Kalau biasanya mungkin dipakai salat lima kali sehari, saat bulan puasa, mukena bisa jadi dipakai lebih dari lima kali.
Apalagi saat bulan Ramadan kali ini bertepatan dengan musim kemarau. Tak jarang, beberapa wanita mengenakan mukena dalam kondisi berkeringat. Bisa ditebak kan ya apa efeknya?
Biar salat kita nyaman dan juga tidak mengganggu orang lain saat saat berjamaah yang dikarenakan bau mukena kita, ada beberapa tips nih yang bisa dicoba untuk merawat mukena. Terutama, mukena yang sedang kita pakai sehari-hari.
1. Seri…

Seputar ASI yang Perlu Diketahui Para Busui

Setelah sebelumnya saya menulis tentang isi seminar #OramiParentingClub di Rumah Sakit Mitra Keluarga Surabaya hari Minggu lalu seputar baby blues, sekarang ganti seputar ASI nih yang akan saya bahas.
Yang tentang Baby Blues bisa dibaca di siniya… Sedangkan apa dan bagaimana keseruan kegiatan #OramiParentingClub bisa dibaca di sini.
Materi A-Z Tentang ASI ini disampaikan dr Stephani Dwiastuti, Sp.A, dokter anak yang praktek di RS Mitra Keluarga Surabaya. Awalnya, dr Stephani memberitahu, kenapa menyusui itu penting.
Bagi bayi, ASI adalah hal yang penting karena mengandung zat-zat gizi yang lengkap, steril, suhunya optimal dan pas buat bayi, mudah dicerna dan diserap oleh bayi, tidak memiliki resiko alergi, serta melindungi bayi terhadap infeksi.
Lantas bagaimana ASI bisa melindung bayi dari infeksi? Menurut dr Stephani, misalnya nih seorang ibu terinfeksi, maka sel darah putih ibu memproduksi antibodi. Sebagian sel darah putih itu akan ke payudara dan memproduksi antibodi. Lalu, antibodi …

Tujuh Hal yang Perlu Dipertimbangkan dalam Membuka Usaha Toko Sembako

Pada tahu kan toko sembako? Itu lho, toko yang isinya menjual sembilan bahan pokok.
Yang masuk kategori sembako itu antara lain: 1.Beras, sagu, dan jagung 2.Gula pasir 3.Sayur-sayuran dan buah-buahan 4.Daging sapi, ayam, dan ikan 5.Minyak goreng dan margarine 6.Susu 7.Telur 8.Gas ELPIJI (kalau dulu sih minyak tanah) 9.Garam berIodium dan berNatrium
Semua bahan itu jadi kebutuhan pokok sehari-hari manusia.
Nah, peluang usaha membuka toko sembako ini bisa menjadi bisnis rumahan ibu rumah tangga yang menguntungkan. Bagaimana tidak. Tiap hari bisa selalu saja ada orang yang datang membeli.
Tapi yang namanya bisnis menguntungkan, biasanya ya memang banyak pesaingnya.
Menurut beberapa info yang saya baca, kita perlu survey dulu. Barangkali, eh, ternyata ada toko sembako juga di dekat tempat yang mau kita dirikan usaha.
Kalau sampai ada, perlu dipantau juga. Jangan sampai harga toko tersebut lebih murah dari barang-barang yang dijual di toko kita nantinya.
Tapi kalau sampai belum ada pesaingnya, namanya …