Mengenali Jenis MPASI pada Bayi Usia Tertentu (Menu MPASI 6 Bulan)

35 comments


Orang tua yang baik adalah yang memberikan ASI eksklusif kepada buah hatinya selama 6 bulan pertama. Orang tua yang baik tentu juga memahami bahwa buah hatinya memerlukan MPASI atau makanan pendamping ASI pada waktu yang tepat. 

Waktu yang dianjurkan dalam pemberian makanan pendamping ini adalah saat buah hati sudah berusia 6 bulan. Sehingga saat 6 bulan pertama, si buah hati hanya menerima asupan nutrisi dari ASI dan pada bulan ke-6 itulah makanan pendamping diberikan sebagai asupan nutrisi tambahan diluar ASI. 

Namun tentu ada banyak pertanyaan makanan seperti apa yang bisa digunakan dalam mendampingi ASI. 

Misalnya pertanyaan apakah setelah 6 bulan pemberian ASI, si buah hati langsung diberi makanan jenis apa saja. Atau, adakah anjuran pada usia-usia tertentu dalam memberikan makanan tersebut.

Buat orang tua yang masih memiliki kebingungan tentang hal ini, yuk simak sedikit ulasan mengenai menu MPASI 6 bulan.

Bayi Usia Tertentu, MPASI-nya Juga Tertentu

Pada bayi yang baru berusia 6 bulan ternyata MPASI yang paling dianjurkan adalah makanan dengan tekstur yang dihaluskan. Namun secara spesifik jenis makanan yang disarankan adalah berupa sayur dan buah seperti kentang, apel, pisang, alpukat, atau melon. 

Sebenarnya kita juga bisa memberikan makanan berupa bubur atau nasi yang dihaluskan. 

Ketika si buah hati sudah terbiasa dengan buah dan sayur, kita dapat memberikan jenis makanan lain berupa daging, roti, atau telur. Namun harus diingat, bahwa pada usia ini makanan yang diberikan haruslah dihaluskan. 

Pada usia menginjak 8 – 9 bulan, bayi sudah makan 3 kali sehari. Selain makanan yang dihaluskan, pada usia ini kita bisa mulai memperkenalkan makanan padat yang dipotong-potong memanjang seukuran dengan jari deawa (finger foods). 

Sayuran yang biasa digunakan sebagai finger foods antara lain adalah wortel, buncis, dan kentang yang telah dimasak sampai lunak. 

Pastikan buah hati mengonsumsi berbagai jenis kelompok makanan, mulai dari sayur, daging, buah, nasi, hingga makanan berprotein tinggi semacam telur dan kacang. 

Tentu saja selama pemberian makanan pendamping ini, ASI juga tetap harus diberikan kepada si buah hati. 

Pada usia mencapai 12 bulan kegiatan makan makanan pendamping ini sudah bisa dilakukan secara rutin per hari. 

Kita bisa mengaplikasikan kombinasi 3 – 4 porsi nasi, kentang, dan roti. Bisa juga dengan menggunakan kombinasi berupa 3 – 4 porsi sayur dan buah potong. 

Terakhir kombinasi yang bisa digunakan dalam memberikan MPASI pada bayi usia ini adalah 2 porsi ikan, telur, atau daging. 

Pastikan untuk tetap menjaga keberagaman makanan pendamping ASI yang diberikan kepada buah hati anda. 

Hindari makanan yang berupa satu jenis saja, karena dengan seperti itu nutrisi yang diterima buah hati tidak akan bervariasi.

Jangan Memaksa Bayi Menghabiskan MPASI

Sebagai orang tua yang baik, tentu kita memperhatikan usia dan jenis MPASI yang diberikan kepada buah hati. 

Hal penting dalam pemberian MPASI adalah menghindari memaksakan bayi untuk menghabiskan makanannya. 

Selama perkembangannya baik, kita tidak perlu khawatir dengan ketercukupan nutrisi yang diterima buah hati anda. 

Pada usia ini, bayi akan makan saat dia merasa lapar dan bukan karena faktor kesenangan. Biarkan buah hati kita makan sendiri kapan dia ingin makan.

Related Posts

35 comments

  1. Nutrisi penting yang diberikan ke bayi perlu diperhatikan ya mba. Apalagi mpasi 6+ kan mpasi pertama.bayi

    ReplyDelete
  2. Aku biasanya memilih MPASI dari makanan lokal dulu. Kayak umbi2-an, buah lokal dan ikan lokal. Itupun sebenarnya ga habis2 variannya. Indonesia kaya akan bahan makanan yg enak

    ReplyDelete
  3. pas banget nih bulan depan Qonita mulai MPASI, aku udah mulai deg degan dong menyusun jadwal makan qonita nanti

    ReplyDelete
  4. Iya, mengajari anak MPASI emang kudu sabar ya, enggak bisa sekali langsung habis. Kudu pelan2 dan menyesuaikan dengan mood anak kita.

    ReplyDelete
  5. Sejak awal MPASI aku kasih anak2 makanan yg dihaluskan tapi terpisah, misal karbo dihaluskan sendiri, lauk dihaluskan sendiri, sayur sendiri, jadi mirip orang dewasa makan dg aneka lauk tapi versi halusnya :)

    ReplyDelete
  6. Duh jadi teringat waktu anak-anak masih bayi dulu hehehe. MPASI sekarang saat bayi umur 6 bulan ya. Kalo anak-anakku dulu 4 bulan, makan bubur halus, 8 bulan baru bubur agak kasar.

    ReplyDelete
  7. Saya juga lebih suka memberikan makanan anak secara bervariasi dalam satu porsi. Biar makin komplit juga gizinya

    ReplyDelete
  8. Aku jadi kangen pingin punya baby lagi. Eh tapi dah ketuaan banget. Dah jelang lima puluh tahun..hehehe

    ReplyDelete
  9. Yap bner mba.. dulu baby usia 6 bln saya buah dulu baru seminggu kmudian ksih mpasi bubur buat sndiri

    ReplyDelete
  10. Saat ini usia 6 bulan disarankan WHO juga untuk MPASI yang non sayur dan buah demi memenuhi kebutuhan zat besi bayi. Jadi kudu protein hewani juga :) CMIIW ya....

    ReplyDelete
  11. Ketelatenan ibu dilatih sejak anak masih dalam kandungan lalu saat bayi ya. In syaa Allah si ibu berlatih sabar juga dan teliti, karena sudah terbiasa mencari bahan makanan yang cocok untuk MPASI bayi usia-usia tertentu, jangan disamakan terus. :)

    ReplyDelete
  12. Baca ini jadi ingat temanku, karena dia trauma dengan beberapa makanan tertentu. Jadi ceritanya dulu waktu kecil dikasih pepaya, terus gak cocok dan muntah. Eh sampai sekarang jadi phobia, tiap kali ada pepaya didekatnya langsung lari.

    Lucu tapi sedih kalau tau ceritanya. Jadi memang harus diperhatikan betul ya soal hal-hal seperti ini mba,.

    ReplyDelete
  13. Aku dulu menikmati saat saat menyiapkan MPASI buat anak-anak.. dan seru memang ya mba walaupun capeek

    ReplyDelete
  14. Aku dulu pas anak pertama kurang ilmu. MPASI-nya beli yg instan2, terus aku seduh, aku suapin tapi anakku ga mau :( Akunya malah maksa. Yah keluar lah semuanya :((( Nah pas anak kedua dan ketiga, aku bikin sendiri. Alhamdulillah sih makannya jadi lebih gampang :)

    ReplyDelete
  15. Penting sekali mengetahui kebutuhan nutrisi anak sesuai umurnya ya mba..agar tak terjadi mal nutrisi di usia emas ini.. TFS mba..

    ReplyDelete
  16. Kapan yaaa terakhir ngasih MPASI, 4 tahun lalu ternyata. Pas anak pertama lumayan susah makannya, GTM mulu. Sedangkan yang kedua kebalikannya, sampe sekarang makanan apa aja maklep nggak pake drama, hihi.

    ReplyDelete
  17. kalau aku yang menganut menu 4* mba hehe... jadi tiap hari mpasinya pasti komplt ada karbi, protein nabati, hewani dan sayurannya hehe...

    ReplyDelete
  18. Alhamdulillah bermanfaat sekali artikelnya mba, bagi saya calon ibu, bisa tahu bagaimana mempersiapkan MPASI sejak dini 😊

    ReplyDelete
  19. Wah jadi ingat jaman bikin MPASI anak-anak dulu. Aku sih pakai bahan beragam. Karena pengen anak-anak tuh doyan segala jenis makanan tanpa pilih2

    ReplyDelete
  20. Biasanya aku kalo awal-awalkasih pisang dan pure buah, kita juga nggak boleh memaksakan pd anak kalo tidak suka

    ReplyDelete
  21. Eh baru tau kalo ternyata gak boleh memaksa bayi ngehabisin MPASI nya. Btw dulu sih aku ngasihnya dikit-dikit, tapi sering hehehe

    ReplyDelete
  22. Jadi ternyata selama ini aku salah ya. Dari dulu sampai sekarang aku sering memaksa keponakan untuk menghabiskan MPASI. Duh jadi bersalah banget aku kan kalau kayak begini.

    ReplyDelete
  23. Bayi-bayiku dulu susah dipaksa menghabiskan MPASI. Jadlilah makannya juga sedikit banget. Banyakan ASI nya.

    ReplyDelete
  24. Duuuh, kujadi inget masa2 anak2 masih balita. Ngerasain banget gimana riweuhnya bikin MPASI. Tapinya seru. Seneng saat si anak lahap, dan bingung saat mogok makan. :)))

    ReplyDelete
  25. Iyaa...
    Ini penting banget untuk tidak memaksakan makanan saat anak baru belajar makan.
    Takutnya jadi trauma yaa...

    ReplyDelete
  26. Oke lah catet yoo buat nanti kalau punya anak lagi #ehh hehehe. Btw kalau memaksakan anak menghabiskan makanannya emah sebisa mungkin di hindari deh soale bisa bikin mereka trauma juga.

    ReplyDelete
  27. Namanya baru belajar dan sifatnya sebagai pendamping ya jadi yg penting adalah rajin mengenalkan saja

    ReplyDelete
  28. Akhir-akhir ini aku sering liat di Instagram Story teman aku yang baru mulai MPASI. Lucu deh lihat ekspresi anaknya waktu dimasukin sesuatu ke mulut :D

    ReplyDelete
  29. Kalau zaman skrng dokter anak mengalakkan menu 4 bintang jd gak perlu menu2 tunggal, bisa langsung dikombinasi. Sebagai bagian dr pencegahan stunting katanya.
    Setuju sih namanya juga masih mpasi, artinya bayinya msh belajar makan jd jgn dipaksa makan sampai abis.

    ReplyDelete
  30. Pemberian makanan pendamping ASI memang harus benar-benar diperhatikan ya..demi menunjang tumbuh kembang anak yang lebih optimal

    ReplyDelete
  31. Terkadang kalau ingat masa MPASI dulu suka gregetan. Soalnya sendok suka lama diemot sama si Salfa haha.

    ReplyDelete
  32. MPAS skr harus memenuhi gizi seimbang juga ya gak harus buah atau sayur karena banyak anak yang kekurangan zat besi

    ReplyDelete
  33. Jaman anak-anak MPASI aku asyik coba aneka ingredients.. dan makanan anak-anak itu enaaak lho :)

    ReplyDelete
  34. Ketika 5 x kehamilan dan memiliki 4 anak hanya memberikan ASI sd sd usia 5 bulan dibabtu dengan makanan bernutrisi. Alhamdulillah tumbuh kembang mereka memuaskan. Aamiin

    ReplyDelete
  35. Di kampung ibu ku masih banyak ibu-ibu yang nggak paham MPASI, malahbayi usia 3 bulan udah di kasi makan nasi lembek kadang .

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular