Pentingnya Kontrak Perjanjian Ponsel dengan Anak

Post a Comment


Zaman sekarang mau melarang anak tidak bersentuhan dengan ponsel itu... rasanya kok susah ya? Pasalnya, kita sebagai orang tua pun punya beberapa alasan yang membuat anak pada akhirnya memang perlu pegang ponsel.

Orangtua membutuhkan ponsel untuk mengecek keberadaan anaknya. Bagi orangtua yang bekerja di luar rumah, atau yang anaknya sudah bersekolah, ponsel jadi alat penghubung komunikasi yang efektif dengan anak. Misalnya, saat orangtua sedang bekerja lalu ingin mengecek apakah anaknya sudah makan atau sudah mengerjakan tugas sekolahnya, akhirnya ponsel yang menjadi media komunikasi.

Sedangkan jika anak sekolah, untuk mengecek apakah ia sudah pulang atau belum, bisa juga orangtua menghubungi lewat ponsel. Jadi orangtua bisa tenang saat anaknya sedang tidak berada di rumah.

Pelajaran sekolah zaman sekarang kerap membuat anak harus bersentuhan dengan internet. Karena ponsel zaman sekarang kebanyakan sudah terintegrasi dengan internet, jadilah si ponsel juga bisa jadi media untuk belajar.

Selain itu, anak-anak lahir saat teknologi sudah seperti sekarang ini. Apalagi teknologi ponsel yang akhir-akhir ini cepat sekali perkembangannya.

Karena itu, produsen ponsel pun sampai menciptakan produk yang asyik kalau dipakai sama anak-anak. dengan ponsel berteknologi khusus tersebut, anak-anak bisa belajar sambil bermain, main sambil belajar, dan tambah pengetahuan.

Coba deh cek ke beberapa anak kecil. Kalau mereka mau pegang ponsel, paling-paling kebanyakan tujuannya ya buat nge-game.

Tapi yang namanya anak-anak, kadang kalau sudah terlalu senang saat sedang pegang ponsel, jadinya suka kebablasan. Terus kalau full dilarang biar kita sebagai orangtua bisa tenang, eh, anaknya yang nggak senang.

Karena itu, orangtua perlu mengatur penggunaan ponsel pada anak. Di luar negeri, para orangtua sudah biasa tuh membuat kontrak perjanjian dengan anak-anaknya tentang penggunaan ponsel. Jadi anak tidak bisa semaunya sendiri.

Biasanya, kontrak perjanjiannya isinya berupa hal-hal seperti ini:

1. Ponsel tetap milik orangtua dan anak hanya meminjam dari orangtua. Jadi jika ingin menggunakan ponsel, anak harus izin dulu ke orangtua.

2. Sepakati, kapan anak bisa atau tidak menggunakan ponsel untuk telepon atau sms ke orang lain, atau menggunakan berbagai aplikasi lain di ponsel.

3. Etika dalam menggunakan ponsel juga perlu disepakati lho. Anak harus tahu, kapan dan di mana saja ia boleh menggunakan ponsel. Misalnya, anak tidak boleh memainkan ponsel sambil makan, saat sedang bertemu dan bicara dengan orang lain, atau saat di tempat ibadah. Etika ini juga termasuk, bagaimana seharusnya nada suara anak saat menelepon agar tidak mengganggu orang lain, mengirim pesan dengan tulisan yang baik dan sopan, dan yang lainnya.

4. Masih terkait aplikasi di ponsel, sepakati juga lho tentang etika penggunaan kamera. Anak harus tahu apa yang boleh difoto atau tidak, baik tentang dirinya sendiri maupun orang lain, juga di mana kamera itu boleh atau tidak digunakan.

5. Ada waktunya ponsel harus diletakkan kembali di tempat tertentu di rumah. Jadi nggak ada yang namanya ponsel bisa dibawa ke tempat tidur. Hal ini juga bertujuan untuk mengurangi radiasi buruk ponsel ke tubuh saat sedang beristirahat.

6. Untuk anak yang sudah besar dan lebih dipercaya untuk sering memegang ponsel, ia juga harus mematuhi aturan sekolah tentang penggunaan ponsel.

Lalu, kenapa sih perlu ada kontrak perjanjian segala dengan anak-anak untuk urusan penggunaan ponsel?

1. Anak harus belajar untuk menghomati kepemilikan. Ponsel yang dimiliki orangtua bukan berarti bisa dipakai anak begitu saja. Belajar dari menghargai barang milik orangtua, anak juga akan belajar menghargai benda milik orang lain.

2. Dengan terbiasa tahu kapan saja anak bisa menggunakan ponsel, ia akan belajar tahu waktu. Jangan sampai deh anak terlalu kecanduan ponsel hingga lupa untuk melakukan hal lain yang harus ia lakukan.

3. Jengah kan melihat fenomena orang-orang yang melulu bersentuhan dengan ponsel hingga membuat orang lain terganggu? Nah, anak juga perlu tahu bahwa ada saat tertentu ia harus melihat situasi dan kondisi yang ada di sekitarnya serta sejenak menyimpan ponselnya.

4. Fenomena yang akhir-akhir meresahkan terkait teknologi ponsel adalah tentang penggunaan kamera. Selfie tidak tahu tempat atau merugikan orang lain, mengabadikan area pribadi diri sendiri atau orang lain dan kemudian membaginya di media sosial, adalah hal-hal yang perlu kita waspadai untuk tidak dilakukan pada anak-anak kita. Karena itu, anak juga harus tahu bagaimana penggunaan kamera ponsel yang seharusnya.

Yang namanya perjanjian, tentunya ada konsekuensi jika apa yang sudah disepakati itu dilanggar. Orangtua bisa langsung membuat kesepakatan konsekuensi pelanggaran tersebut di awal perjanjian. Bentuknya, bisa berupa jatah penggunaan ponsel yang berkurang atau hilang, bersih-bersih rumah di luar kewajiban dan kebiasaan anak, atau yang lainnya.

Tentunya, perjanjian ini juga harus ditaati oleh orangtua. Nggak ada tuh ceritanya kalau anak melanggar lalu dibiarkan. Atau, ternyata orangtua sendiri yang melanggar. Misalnya, anak nggak boleh main ponsel sambil makan. Eh, orangtuanya yang malah melakukan itu sendiri! 

Cuma zaman sekarang ini, kayaknya ngeri juga kalau terlalu percaya meminjamkan ponsel pada anak. Misalnya di Youtube atau Google, ketika anak niatnya mau mencari bahan belajar, eh jadinya malah kecantol ke tampilan yang nggak benar.

Begitu juga untuk urusan permainan. Sering tuh ada permainan di internet yang labelnya untuk dimainkan anak-anak, tapi nyatanya di dalamnya ada unsur pornografi atau kekerasan yang sangat tidak bagus untuk dilihat anak-anak.

Nah lho, bingung dan jadi nggak tenang lagi kan? Jadi enaknya bagaimana ya untuk menyiasati urusan ponsel untuk anak-anak ini? Sebetulnya orangtua memang harus mendampingi anak-anak saat menggunakan ponsel. Tapi ya gitu deh, memang orangtua tidak bisa melulu mengawasi anaknya saat menggunakan ponsel.



Related Posts

Post a Comment

Popular