Skip to main content

Mencegah dan Mengatasi Demam Berdarah



Sekarang-sekarang ini kan kayaknya sering cuacanya nggak menentu ya. Kadang hujan, kadang panas.

Biasanya, berbagai jenis penyakit bisa silih berganti datang pas cuaca seperti ini. Tak tanggung-tanggung, penyakit yang berjangkit itupun dapat mengancam nyawa penderitanya.

Satu di antara penyakit tersebut adalah penyakit demam berdarah yang media penularannya adalah nyamuk.

Penderita yang mengalami penyakit ini sendiri biasanya ditandai dengan beberapa gejala. Antara lain, demam tinggi selama dua sampai tujuh hari, fenomena perdarahan, sampai pembesaran hati dan kegagalan sirkulasi atau syok.

Ada pula gejala penyertanya berupa nyeri kepala, nyeri otot, timbul ruam atau kemerahan di kulit, nyeri tulang, mual, atau sampai nyeri ulu hati.

Sementara itu, fenomena pendarahan yang sering terjadi adalah timbul bercak-bercak merah di muka dan lengan tungkai serta langit-langit mulut. Mimisan dan perdarahan gusi juga dapat terjadi. Keadaan yang lebih berat dapat menyebabkan perdarahan organ dalam tubuh.

Sedangkan bagi mereka yang telah menginjak fase kritis, biasanya dialami saat suhu turun, yaitu antara hari ketiga dan kelima. Resiko terjadinya syok meningkat berupa keringat banyak dan gelisah, ujung kaki dan tangan dingin, serta kemudian bisa menjadi fatal.

Jika keluhan hanya demam yang disertai beberapa gejala seperti nyeri kepala, otot, dan tulang, penderita bisa melakukan rawat jalan dan dianjurkan untuk istirahat selama masih demam.

Penderita yang mengalami gejala tersebut juga bisa mengkonsumsi obat penurun panas, pemberian cairan dan elektrolit peroral, jus buah, sirop, serta susu di samping air putih.

Tapi jika sudah terjadi perdarahan kulit baik yang timbul secara langsung atau melalui tes tourniquet harus dirawat dan diobservasi di rumah sakit.

“Apalagi kalau di sebuah daerah sedang terjangkit wabah, waspada kecurigaannya perlu lebih tinggi. Jika merasakan demam, kenapa nggak langsung dibawa ke rumah sakit. Kan sekarang pemeriksaan laboratorium juga lebih canggih jadi lebih cepat diketahui,” ungkap dr Kusdiharto, dari Batam.

Dengan pemeriksaan ke dokter atau rumah sakit, penderita bisa lebih bisa diketahui pasti penyakitnya apa. Apalagi jika itu menyangkut penderita demam berdarah, penanganan untuk penyakitpun lebih bisa dapat ditangani lebih pasti.


Bedakan Demam yang Tidak Biasa

Biasanya, demam diikuti banyak gejala lain yang menyertainya. Pada hari-hari pertama demam, hampir semua penyakit belum kelihatan arahnya kemana. Oleh karenanya, orang tua hanya perlu mengawasi kondisi fisik anak dan gejala-gejala lain yang menyertai demam.

Jika anak demam tapi tenang-tenang saja, masih bisa jalan, makan dan minum, bahkan bermain, maka orang tua tak perlu khawatir. Cukup diberi air minum yang banyak. Obat penurun panas baru perlu diberikan jika anak merasa gelisah dan tidak nyaman dengan kondisi panasnya.

Tapi jika muncul gejala lain, anak harus dibawa ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Orang tua perlu khawatir jika anak yang demam tampak sakit. Misalnya, cenderung lemas, muntah-muntah, dehidrasi, tidak mau makan, dan sangat rewel.

Orang tua sebaiknya lebih waspada lagi jika anak mengalami gejala-gejala tertentu yang mencurigakan dan mengeluhkan sakit pada bagian tertentu tubuhnya. Misalnya, anak mengeluh sakit di bagian perut, telinga, sakit saat buang air kecil, atau gejala lain seperti sesak nafas, ada bintik merah di permukaan kulit, dan sebagainya.

Selain dilihat dari gejala lain yang menyertai demam, si kecil perlu dibawa ke dokter jika ia berusia di bawah 6 bulan. Karena di usia ini, bayi biasanya masih memiliki daya tahan tubuh yang tinggi. Biasanya, anak di bawah 6 bulan, lebih serius penyakitnya. Jadi, jika di usia ini anak demam, maka kemungkinan ada penyakit yang lebih serius.


Kurma Pulihkan Kadar Trombosit

Selain pengobatan melalui cara medis, kini tidak sedikit orang yang mencoba jalur alternatif atau membuat ramuan obat sendiri untuk menyembuhkan demam berdarah. Misalnya dengan mengkonsumsi jus kurma.

Untuk mengembalikan kadar trombosit penderita demam berdarah, jus kurma dipercaya mampu memulihkan kadar trombosit si penderita.

Caranya, ambil 500 gram kurma, buang bijinya, dan blender dengan lima gelas air sampai lembut. Minumkan kepada penderita sebanyak satu gelas sampai habis.

Kurma dipercaya dapat mengembalikan trombosit karena memiliki kadar zat-zat tertentu. Dalam 100 gram korma, mengandung mineral kalsium 52mg, zat besi 1,2 mg, magnisium 50 mg, fosfor 60 mg, patassium 667 mg, sodium 13 mg, choride 271 mg, sulfur 14,7 mg, manganese 4,9 mg, copper 2,4 mg, zinc 1,2mg, cobalt 1,9 mg, vitamin A 90 IU, Tharmin B1 93 mg, Ripovlavine B2 144 mg, Biotin 4,4 microgram, Folio Acid 5,4 microgram, Niacin 2,0 mg, Ascorbic Acid 6,1 mg, Glucose 38,5 gms, Fructose 35,5 gms, Other Sugars 3,4 gms, Protein 2,35 gms, Fat 0,43 gms, dan energi 323 cal.

Atau, ada juga ramuan yang memadukan daun pepaya tua sebanyak 2 lembar, kunyit sebanyak 3 sampai 4 buah, temu ireng sebanyak 2 sampai 3 buah, daun meniran sebanyak 3 sampai 4 pohon, serta garam secukupnya.

Cuci bersih bahan-bahan tersebut, blender, berikan air segelas, peras dan diminum setiap 4 jam sampai pulih.  Ramuan ini tidak memiliki efek samping. Sementara itu fungsi dari ramuan-ramuan itu sendiri antara lain sebagai berikut.

Daun pepaya memiliki khasiat dapat membunuh virus, kunyit sebagai antibiotik, temu ireng menyembuhkan luka lambung, sekaligus menaikkan nafsu makan, daun meniran untuk menaikkan trombosit, sedangkan garam untuk menaikkan tekanan darah.

Namun saran dr Kusdiharto, alangkah baiknya jika penderita demam berdarah langsung dibawa berobat ke dokter. “Bukan karena masalah jumlah trombositnya, akan tetapi yang berbahaya jika ia mengalami dengue shock syndrome atau plasmanya bocor.” Maka sebelum hal itu terjadi, lebih baik penderita langsung dibawa ke dokter untuk mengalami perawatan lebih lanjut.


Langkah yang dilakukan untuk mencegah penyakit demam berdarah:

- Waspada jika ada tetangga radius 100 meter yang terserang demam berdarah. Karena nyamuk Aedes Aegypti radius terbangnya 100 meter.

- Untuk mencegah kekurangan cairan dalam tubuh, minum yang banyak.

- Bila ada gejala seperti ciri-ciri demam berdarah, segera lakukan pengobatan

- Segera lapor ke instansi terkait jika ada anggota keluarga yang menderita demam berdarah, agar segera dilakukan pengasapan atau fogging untuk membunuh nyamuk dewasa.

- Bubuhkan bubuk abate pada tempat air yang tidak tertutup, misalnya vas bunga dan penampungan air.

- Kubur atau buang kaleng bekas, botol dan benda-benda lain yang dapat menampung air, agar tidak digunakan untuk tempat berkembang biaknya nyamuk.

- Hindari menggantung pakaian di dalam rumah.

- Jika di daerah Anda sedang dilanda wabah demam berdarah, ada baiknya tidur menggunakan kelambu. Gunakan juga pakaian yang menutup seluruh tubuh.


- Lakukan penyemprotan rumah dengan obat nyamuk atau menggunakan krim anti nyamuk. 

Comments

Popular posts from this blog

TB Membuat Kayyisah Menjadi Anak tak Biasa

Hingga sekitar umur delapan bulan, Kayyisah menjadi anak yang menggemaskan. Grafik berat badan yang biasanya selalu di warna hijau muda bahkan kuning, di usia tujuh hingga delapan bulan, grafik berat badan Kayyisah bisa ada di warna hijau tua.
Kalau melihat fotonya saja tampak menggemaskan. Makannya sedang lahap-lahapnya.
Tapi beberapa minggu kemudian, semuanya berubah. Makin hari nafsu makannya makin susah. Sampai-sampai pernah lho selama berminggu-minggu, Kayyisah hanya mengandalkan ASI dan air kacang hijau. Makannya hanya satu atau dua sendok makan alpukat.
Pola makan seperti itu di usianya yang sekitar sembilan bulan hingga setahun, lho! Bayangkan saja, anak umur segitu makannya kayak begitu.
Beberapa keanehan lain yang saya temukan saat itu, dalam sehari Kayyisah kurang kuantitas buang air kecilnya. Kalau dipakaikan diaper setelah mandi pagi, saat dicopot sebelum mandi sore lho diapernya masih kering! Parah kan?
Waktu saya cerita ke abinya dan juga ibu, mereka pada bilang kalau bisa…

Pakai Serum Pemutih Badan yang Bikin Cepat Putih, Aman Nggak Ya?

Putih itu cantik. Ingat slogan yang ngehits itu kan? Makanya, banyak wanita mencari produk kecantikan yang bisa memutihkan kulit. Termasuk serum pemutih badan. Eh tapi kalau efeknya bikin cepat putih, sebetulnya aman nggak ya?
Yups, pertanyaan itu sepertinya jadi bahan pertimbangan lain deh selain apakah produk pemutih kulit itu ampuh atau tidak hasilnya.
Malah kadang jadinya kayak buah simalakama. Badan bisa cepat putih tapi efek sampingnya ada rasa panas terbakar dulu, kulit kemerahan, atau endingnya malah kulit jadi gosong.
Habis itu nangis deh karena nggak jadi putih…
Atau, iya sih, serum pemutih badan yang kita pakai itu aman. Tapi setelah sekian purnama dipakai, kok kulit nggak kunjung putih seperti model iklan yang kita lihat.
Dan akhirnya jadi terpikir, katanya labelnya pemutih badan ampuh. Tapi kok kulitku nggak kunjung putih kayak mbak yang itu?
Jadilah kitanya bingung. Sebetulnya perlu nggak sih pakai serum pemutih kulit? Lantas apa bedanya dengan jenis produk kecantikan lainny…

Mengganti Token Bank Mandiri yang Habis Baterai

Setelah sekitar delapan tahun, akhirnya token Bank Mandiri saya mati. Baterainya habis. Dan uniknya, saya nggak pernah terpikir kalau urusannya sampai harus ke bank segala.
Jadi waktu kenal yang namaya token, saya pikir kalau alat tersebut baterainya habis, ya tinggal ganti saja baterainya di tukang servis jam tangan. Eh ternyata setelah browsing, saya baru tahu jika kita nggak bisa asal ganti baterai token tersebut.
Awal tanda-tanda baterai token habis itu mulai terlihat saat ada seperti noda di bagian tepi bawah layar. Semula saya pikir, apa mungkin ada kotoran masuk kali ya? Tak berapa lama kemudian, ada lagi seperti titik noda yang muncul di bagian tepi atas layar.
Hingga suatu ketika saat saya ingin transfer dana ke rekening tabungan ibu, token itu mati. Meski saya tekan tombol secara asal, tetap saja token tersebut tidak bisa aktif. Dah lah fixed, saya yakin token ini sudah habis baterainya.
Kemudian saya browsing di internet berniat ingin mencari tahu, kalau baterai token ini habi…

Ini Dia Cara Mudah Mengamankan Kenangan

Ada suatu bagian cerita dalam Harry Potter yang begitu saya inginkan. Tentang pensieve Albus Dumbledore.
Jadi, Dumbledore yang merupakan kepala sekolah di Hogwarts tempat Harry Potter sekolah itu punya alat bernama pensieve yang bentuknya seperti baskom. Dengan pensieve, kita bisa memasukkan kenangan masa lalu siapapun untuk dilihat lagi.
Keberadaan pensieve ini tentunya banyak keuntungannya. Kita bisa melihat lagi kenangan masa lalu dari pikiran seseorang. Bagusnya lagi, dari pada menuh-menuhin memori kepala, terus terlupakan, ya mending mumpung ingat kenapa nggak disimpan saja ingatannya dalam wadah tertentu dan bisa dilihat lagi di pensieve.

Gara-gara tahu ‘teknologi’ pensieve di cerita Harry Potter, saya jadi kepikir, andai ya ada teknologi seperti itu yang bisa saya pakai untuk mengamankan memori dalam kepala. Dari pada kita simpan sendiri terus pas waktunya harus diingat, eh kok malah lupa!
Hilangnya Kenangan Saat Hamil
Khayalan andai saya bisa punya pensieve seperti Dumbledore pun …

Lopang, Surganya Buah Jamblang

Tahu buah jamblang, atau juwet, atau dhuwet, atau dhuwek?
Di beberapa daerah, buah ini memang punya julukan yang berbeda-beda. Saya sendiri malah menyebutnya dengan plum Jawa! Hahaha…
Nah, di daerah Lopang, Kecamatan Kembangbahu, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, kita bisa menjumpai buah jamblang dengan aneka jenis.
Mulai dari jamblang yang ukurannya kecil tanpa biji, sampai yang berukuran sebesar bakso telur puyuh dengan daging buah yang tebal.
Atau, dari yang rasanya masam, hingga jamblang yang manis tanpa menyisakan rasa sepet di lidah.
Jamblang yang warnanya hitam pekat hingga berwarna ungu kemerahan pun ada di Lopang.



Di masa-masa akhir musim kemarau menjelang musim hujan, biasanya buah ini bermunculan.
Untuk tahun 2017 ini, sepertinya musim jamblang di Lopang jatuh di sekitar bulan Oktober hingga November. Karena di bulan September ini, pohon-pohon jamblang di Lopang mulai bermunculan bunganya.
Karena begitu kayanya jenis jamblang di Lopang, saya menyebut tempat satu ini sebagai surg…

Berpetualang di Jakarta, Emang Kagak Ade Matinye!

Sebagai orang yang lahir di Jakarta lalu sempat melalui masa kecil di Bekasi, kota yang terbilang dekat banget dengan Jakarta, membuat saya agak familiar dengan beberapa tempat rekreasi yang ada di sana.
Saat kecil, ayah kerap mengajak keluarganya untuk jalan-jalan ke beberapa tempat di Jakarta baik itu mall atau beberapa tempat rekreasi yang ada.
Lantas beberapa tahun yang lalu, saya sempat mendapat kesempatan untuk berwisata di beberapa tempat di Jakarta. Tentu, rasanya seperti obat rindu! Tak jarang saya menahan haru saat melewati beberapa tempat karena teringat masa kecil dulu.
Sekarang kalau sedang melihat televisi, sering bibir saya terucap pernah ke sana sambil menceritakan berbagai pengalaman yang pernah saya lalui ke si kecil. Tentunya semua cerita saya itu membuat rasa penasaran gadis cilik saya yang kini berusia lima tahun.
“Itu di mana Umi? Jauh dari sini? Aku juga mau ke sana,” itu celoteh si kecil yang ujung-ujungnya akhirnya kerap merengek meminta diajak jalan-jalan ke Jaka…

Resep Buka Puasa dengan Sambal Boran Khas Lamongan

Ada satu makanan khas dari daerah Lamongan yang jarang diketahui oleh kebanyakan orang luar Lamongan. Ya, jika kebanyakan orang tahunya kuliner Lamongan itu identik dengan Soto Ayam Lamongan, tapi sebenarnya, di Lamongan sendiri ada sebuah kuliner yang menjadi makanan keseharian masyarakat Lamongan.
Namanya Nasi Boran. Disebut boran karena biasanya penjualnya menggunakan bakul besar yang bernama boran saat berjualan.
Panganan yang satu ini kerap ditawarkan para penjualnya saat pagi hari sebagai sarapan, atau sore hingga malam hari. Biasanya penjual akan membungkus nasi boran dengan menggunakan daun pisang yang dilapisi kertas koran pada bagian luarnya.
Sedangkan di bulan Ramadan, Nasi Boran tetap diminati banyak masyarakat Lamongan untuk sajian berbuka puasa, atau sahur. Jadi meski dini hari, ada juga kok penjual Nasi Boran yang berjualan. Malah biasanya laris diburu mereka yang ingin menikmatinya untuk menu sahur.
Untuk satu kali sajian, Nasi Boran ini bisa terdiri satu porsi nasi, berik…

Tujuh Hal yang Perlu Dipertimbangkan dalam Membuka Usaha Toko Sembako

Pada tahu kan toko sembako? Itu lho, toko yang isinya menjual sembilan bahan pokok.
Yang masuk kategori sembako itu antara lain: 1.Beras, sagu, dan jagung 2.Gula pasir 3.Sayur-sayuran dan buah-buahan 4.Daging sapi, ayam, dan ikan 5.Minyak goreng dan margarine 6.Susu 7.Telur 8.Gas ELPIJI (kalau dulu sih minyak tanah) 9.Garam berIodium dan berNatrium
Semua bahan itu jadi kebutuhan pokok sehari-hari manusia.
Nah, peluang usaha membuka toko sembako ini bisa menjadi bisnis rumahan ibu rumah tangga yang menguntungkan. Bagaimana tidak. Tiap hari bisa selalu saja ada orang yang datang membeli.
Tapi yang namanya bisnis menguntungkan, biasanya ya memang banyak pesaingnya.
Menurut beberapa info yang saya baca, kita perlu survey dulu. Barangkali, eh, ternyata ada toko sembako juga di dekat tempat yang mau kita dirikan usaha.
Kalau sampai ada, perlu dipantau juga. Jangan sampai harga toko tersebut lebih murah dari barang-barang yang dijual di toko kita nantinya.
Tapi kalau sampai belum ada pesaingnya, namanya …

Asyiknya Mengenal Huruf Lewat Nama Makanan

Anak balita nggak boleh calistung? Boleh… Asal caranya yang asyik, dan anak nggak dipaksa untuk serius belajar.
Di luar negeri sana, kegiatan mengenal huruf, angka, sampai konsep baca tulis dan hitung untuk anak usia balita, caranya banyak yang menarik lho. Rata-rata, dilakukan dalam kondisi anak sedang bermain.
Nggak hanya lewat permainan, dengan menggunakan buku pun bisa. Apalagi buku anak zaman sekarang kan keren-keren tuh. Anak bisa menambah pengetahuan, dan aktivitas yang dilakukan dengan buku tersebut.
Misalnya buku karya Mbak Winarti terbitan Bhuana Ilmu Populer atau BIP ini. Bukunya berjudul ‘Mengenal Huruf Melalui Makanan A-Z’. Anak-anak bisa mengenal huruf A sampai Z lewat nama-nama makanan.

Yang asyik dari buku ini, anak-anak bisa mengenal huruf dari huruf depan tiap makanan. Di buku ini juga bikin saya jadi tahu lho makanan-makanan khas dari beberapa daerah.
Selain mengenal huruf, ada permainan juga nih yang bisa dilakukan anak-anak baik sendiri maupun dengan pendampingan orang…

Dialah Anakku, Anak Indonesia Sehat yang Pernah Terancam Mengalami Stunting

“Berapa tingginya tadi?” tanya Bu Bidan Posyandu ke Bu RW yang sudah mengukur dan mencatat tinggi Kayyisah sebelumnya.
Angka 103 lalu keluar dari jawaban Bu RW. “Tinggi ya anaknya,” komentar Bu Bidan Posyandu.
Aku tersenyum kecil mendengarnya. Ada perasaan lega mendengar kata-kata itu. Karena di balik tinggi badan Kayyisah yang sekarang berusia dua tahun sembilan bulan, ada sebuah masa saat anakku itu pernah dikomentari hampir gagal tumbuh kembang oleh seorang dokter anak.
Dulu sewaktu Kayyisah usia dua tahun dua bulan, saat ia baru ketahuan menderita TB dua bulan sebelumnya, aku dan suami pergi mengantar Kayyisah untuk mengambil obat TB di dokter anak langganan.
Ternyata dokter yang sedang bertugas saat itu bukan dokter yang biasanya. Saat melihat Kayyisah dan setelah tahu berapa usia anakku, ia mengerutkan alis dari balik kaca matanya dan menatap Kayyisah seakan tidak percaya.
“Kecil banget anaknya! Ayo coba, tidurin lagi di atas kasur. Saya mau ukur lagi semuanya,” seru dokter tersebut …