Yuk Kenali Gejala dan Penyebab Penyakit Kanker Payudara pada Wanita

Post a Comment


Tak bisa dipungkiri, penyakit kanker payudara merupakan salah satu momok yang menakutkan bagi kaum wanita. Tentu saja, sebab presentase kematian wanita oleh penyakit kanker payudara ini terbilang cukup tinggi. 

Di negara Indonesia saja, sebanyak 3 wanita telah meninggal dunia pada setiap harinya akibat serangan penyakit kanker payudara. 

Lantas, apakah penyakit kanker payudara bisa disembuhkan? Tentu saja bisa, yakni dengan mendapatkan penanganan dari dokter spesialis kanker payudara. 

Adapun beberapa cara pencegahannya adalah sebagai berikut: 

- batasi makanan-makanan cepat saji,

- berolahraga secara rutin dan teratur, 

- hindari konsumsi minuman beralkohol, 

- hindari kebiasaan merokok, 

- hindari ngemil di malam hari. 

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi tentang  gejala kanker payudara dan penyebabnya, yuk simak saja ulasannya di bawah ini.

Ciri-ciri Penyakit Kanker Payudara yang Harus Kita Ketahui: 

1. Ada Benjolan di Bagian Payudara

Ciri-ciri pertama dari penyakit kanker payudara yang harus kita ketahui,l adalah terlihatnya benjolan di bagian payudara. Pada umumnya, benjolan tersebut tidak akan menimbulkan rasa sakit. Namun, ada juga sebagian dari penderitanya yang merasakan sakit yang ada pada benjolan tersebut.

2. Ada Benjolan di Bagian Ketiak

Tak hanya benjolan pada payudara, penyakit kanker payudara juga akan ditandai dengan adanya benjolan pada bagian ketiak lho. Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena, jaringan payudara itu ada hingga ke bagian bawah lengan sehingga sel-sel kankernya dapat merambat melalui kelenjar getah bening di bagian bawah lengan.

3. Perubahan pada Kulit Payudara

Tanda-tanda berikutnya yang akan terjadi pada penderita penyakit payudara, yakni adanya perubahan pada kulit payudara. Perubahan kulit pada payudara ini diiringi dengan permasalahan lainnya seperti terjadi iritasi, penebalan kulit, lekukan pada jaringan, tekstur kulit seperti buah jeruk, dan ada warna kemerah-merahan.

4. Terjadi Perubahan pada Bagian Puting

Gejala atau ciri-ciri selanjutnya yang harus kamu ketahui dari penyakit kanker payudara, yakni terlihat dengan adanya perubahan pada bagian puting. Selain itu, perubahan puting tersebut juga akan disertai dengan rasa nyeri serta keluarnya cairan abnormal.

Pemicu Penyakit Kanker Payudara yang Harus Diketahui:

1. Konsumsi Makanan-makanan Cepat Saji Secara Berlebihan

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan di atas tadi, bahwa salah satu faktor yang dapat memicu penyakit kanker payudara itu adalah konsumsi makanan-makanan cepat saji secara berlebihan. 

Dan yang lebih gawatnya lagi, kebiasaan ini juga dapat mengundang berbagai jenis penyakit lainnya seperti hipertensi (darah tinggi), jantung, obesitas, dan lain sebagainya. 

Dalam hal ini bukan berarti bahwa kita tidak boleh mengonsumsi makanan-makanan cepat saji, melainkan harus mengurangi porsinya.

2. Konsumsi Minuman Beralkohol

Kebanyakan orang menyangka bahwa minuman beralkohol ini hanya akan merusak organ ginjal, lambung, dan jantung saja. Padahal, kebiasaan meminum minuman beralkohol juga dapat memicu terjadinya kanker payudara lho!

3. Konsumsi Asap Rokok

Penyebab berikutnya yang bisa memicu penyakit kanker payudara, yaitu karena kebiasaan merokok. Selain itu, kebiasaan buruk yang satu ini juga tentunya akan merusak organ paru-paru, jantung, hingga tejadinya impotensi alias mandul.

Nah, itulah beberapa gejala dan penyebab dari terjadinya penyakit kanker payudara pada wanita. Jika kita cermati ulasan di atas tadi, pada intinya kita harus menerapkan pola hidup yang sehat agar terhindar dari penyakit tersebut.

Related Posts

Post a Comment

Popular