wisata alam


Kalau mendengar kata Surabaya, kebanyakan orang akan berpikir sebuah kota yang sibuk seperti Jakarta. Padahal di balik riuhnya Kota Surabaya, ada beberapa wisata alam yang cukup asri dan cantik lho untuk dikunjungi. Kita pun bisa mengajak si kecil untuk berwisata ke beberapa tempat tersebut.

Ya, beberapa tahun terakhir ini, Kota Surabaya memang banyak berbenah. Banyak area hijau yang lalu dimunculkan dan membuat Surabaya menjadi lebih teduh. Beberapa taman yang menonjolkan keasrian tanaman juga dihadirkan menjadi area terbuka untuk warga Kota Pahlawan, julukan dari Kota Surabaya.

Tak heran, di tahun 2018 kemarin, Surabaya banyak menuai penghargaan. Salah satu penghargaan yang berkaitan dengan wisata adalah Asean Clean Tourist City Standard Award.

Nah, ini dia beberapa wisata berkaitan dengan alam yang ada di Kota Surabaya. Tentunya, wisata alam ini sangat pas kan kalau sambil mengajak si kecil untuk mengenalnya.

1. Kesempatan memberi makan satwa di KBS


Akhir-akhir ini, Kebun Binatang Surabaya atau KBS memang terus berbenah sehingga makin asyik untuk jadi tempat wisata keluarga. Yang paling saya suka dari KBS ini adalah kegiatan memberi makan satwa.

Jadi, pihak KBS menyediakan makanan untuk beberapa satwa dan para pengunjung bisa ikut memberi makan satwa tersebut. Tentunya terutama bagi anak-anak, kegiatan ini bisa membuat mereka lebih mengenal satwa yang ada.

kebun binatang surabaya
Keponakan yang sedang mencoba mengenal burung elang dari dekat. Sumber foto: pribadi

Biasanya kegiatan memberi makan satwa ini lebih sering diadakan terutama pada saat akhir minggu. Jadi, pengunjung tidak hanya sekedar mengamati. Tapi juga bisa mengenal lebih dekat satwa yang ada.

2. Kenal ekosistem mangrove Wonorejo dan Gunung Anyar


Tempat yang satu awalnya dibuat sebagai kawasan konservasi alam untuk mencegah abrasi di daerah Surabaya Timur. Setelah dikelola pemerintah Kota Surabaya, akhirnya tempat ini pun dibuka untuk umum.

Ada beberapa aktivitas yang bisa dilakukan anak-anak di tempat ini. Mulai dari berkeliling dengan menggunakan perahu, jalan-jalan hingga di atas jembatan kayu, mengenal berbagai jenis tanaman bakau bahkan kita pun bisa ikut melakukan kegiatan menanam pohon bakau, hingga mengamati aktivitas kera ekor panjang.

hutan mangrove wonorejo
Muri-murid dari suami saya yang sedang menanam mangrove. Sumber foto: pribadi

Tak heran, tempat ini pun sering dikunjungi pihak sekolah yang mengajak murid-muridnya untuk mengenal ekosistem hutan bakau. Seperti yang pernah dilakukan sekolah tempat suami saya mengajar, yang terkadang mengajak anak muridnya untuk mengunjungi tempat ini.

Tak hanya di Wonorejo, kita juga bisa mengenal ekosistem mangrove di Gunung Anyar yang juga masih di kawasan Surabaya Timur. Kalau di tempat ini, ada menara pandang untuk mengamati kawasan mangrove Gunung Anyar dengan lebih jelas.

3. Menikmati panorama Pantai Kenjeran


“Yok, mlaku-mlaku nak Kenjeren…”

Lagu berbahasa Jawa ini begitu populer sejak dulu. Pun, begitu halnya Pantai Kenjeran yang memang sudah terkenal menjadi tempat wisata sejak lama.

pantai kenjeran
Sumber foto: IG @bobinbob_

Di Pantai Kenjeran, kita bisa mengajak anak-anak menikmati panorama pantai, sambil memancing dengan naik perahu atau mengajak mereka membeli ikan hasil tangkapan para nelayan.

Saya sendiri sudah sejak lama nih ingin mengajak si kecil ke sini. Karena katanya, kita bisa berkuda di sekitaran Pantai Kenjeran. Pasalnya, anak saya suka sekali dengan yang namanya hewan kuda.

4. Menikmati segarnya udara di tengah kota di Kebun Bibit


Menikmati segarnya udara di tengah kota, bisa saja kok dilakukan di Surabaya. Salah satu tempatnya adalah Kebun Bibit Wonorejo.

kebun bibit surabaya
Sumber foto: IG @viviramadhani57

Di tempat ini kita bisa mengajak si kecil untuk menikmati hijaunya pepohonan, membeli berbagai jenis tanaman, mengamati tingkah polah rusa, atau lari-lari di atas jogging track.

5. Kenalan dengan suasana lain Kota Surabaya di Hutan Bambu Keputih


Tempat yang satu ini bisa dibilang fenomenal banget untuk jadi sasaran mereka yang suka fotografi. Dengan ciri khas pepohonan bambu, Hutan Bambu Keputih ini kerap membuat pengunjung tidak merasa sedang ada di Surabaya.

hutan bambu keputih

Sumber foto: IG @imamnurchoiri

Uniknya, dulunya tempat ini adalah Tempat Pembuangan Sampah atau TPS lho! Tidak menyangka kan jika sekarang bisa jadi taman yang asri.

Nah, itu tadi beberapa tempat wisata yang bisa kita kenalkan pada anak-anak dengan menonjolkan ciri khas alamnya masing-masing. Tentunya untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut, tidak cukup satu hari.

Tips Gampang Cari Hotel Murah di Surabaya


Biar nggak sayang karena liburan ke Surabaya dengan waktu yang hanya singkat, makanya, nginep di hotel dong. Dan biar kita nggak bingung memilih hotel di Surabaya yang pas harganya apalagi yang ramah anak, cari saja infonya di Pegipegi untuk mendapatkan hotel murah di Surabaya.

pegipegi
Cari hotel murah di Surabaya dengan Pegipegi.com

Di Pegipegi, kita bisa mencari hotel murah di Surabaya yang tentunya ramah di kantong. Maklum lah, yang namanya liburannya saja nggak hanya di satu destinasi saja, tentu urusan budget untuk hotel pun kalau bisa harus yang cermat.

Jadi di Pegipegi, kita bisa mematok berapa nominal yang bisa kita keluarkan untuk biaya menginap di hotel. Selain itu, kita juga bisa memilih peringkat hotel tersebut memiliki berapa bintang.

Selain itu, di Pegipegi kita juga bisa memilih fasilitas apa yang kita harapkan ada di hotel. Misalnya nih karena kita bawa anak, tentu mereka akan senang sekali jika di hotel ada fasilitas kolam renang. Atau biar kita bisa internetan terus, klik dan cari saja yang ada fasilitas koneksi internet di kamar.

cara cari hotel murah di surabaya
Cara mencari hotel murah di Surabaya sesuai budget yang kita miliki.

Jadi gimana, liburan sekolah nanti sudah siap kan mau ajak si kecil ke mana? Yuk buat yang di sekitaran Surabaya, agendakan untuk mengajak anak berwisata yang identik dengan alam di Surabaya.


0 Comments