Penuhi Hak Anak Kenal Bahasa Ibu Lewat Let’s Read

Kenal bahasa ibu lewat lets read


Ini cerita tentang seorang anak yang tidak tahu soto itu apa. Suatu ketika saat main di rumah neneknya, terhidang semangkok soto. Ia menolak.

Lalu terdengar bisikan halus mamanya. “This is yellow chicken soup.”

Dan anak itu langsung lahap memakannya.

Jika menebak anak ini berasal dari luar negeri, jawabannya salah. Dia anak Indonesia, lahir dan dibesarkan orang tua berkebangsaan Indonesia. Sukunya Jawa. Tinggal di Jawa.

Ibunya bisa berbahasa Inggris. Sejak lahir, bahasa Inggris digunakannya sebagai bahasa ibu.

Si anak sempat mengalami keterlambatan bicara. Ibunya baru sadar, rupanya anaknya bingung bahasa, apakah menggunakan Indonesia atau Inggris.

 

Bahasa Ibu Adalah Hak Anak

Bahasa ibu adalah bahasa pertama yang dikuasai manusia sejak lahir, melalui interaksi dengan sesama anggota masyarakat bahasanya, seperti keluarga dan masyarakat lingkungannya. Pengertian tersebut saya salin langsung dari Wikipedia.

Dari situ, saya teringat bagaimana berkomunikasi dengan anak-anak sejak mereka lahir. Saya berbahasa Indonesia, juga Jawa. Itu yang saya gunakan juga berkomunikasi dengan orang di sekitar.

Sekarang saya tinggal di Jawa, di lingkungan berbahasa Jawa dan Indonesia. Saya lahir dan kecil di Jakarta. Terbiasa berbahasa Indonesia. Dan itu terus terbawa hingga sekarang tinggal di Lamongan.

Karena itu, meski anak-anak saya terbiasa berbahasa Indonesia dan Jawa di rumah, mereka tidak bingung. Orang di sekitar kami juga berbahasa demikian.

Rupanya, bagaimana orang tua, terutama ibu berkomunikasi dengan anak, menggunakan bahasa apa, dapat memengaruhi perkembangan kemampuan anak.

Yang pernah saya baca dari sebuah berita, anak yang diajarkan bahasa ibu, akan lebih cepat paham konsep. Dengan belajar beberapa bahasa, anak cenderung melambat kemampuan berbicaranya. Sebab saat berbicara, dia harus tahu hubungan konsep dengan kata tersebut.

Karena itu, bisa dibilang, bahasa ibu adalah hak anak. Anak berhak untuk tumbuh dan berkembang dengan sebaik-baiknya. Salah satunya, ia berhak untuk belajar berkomunikasi dengan bahasa ibu, bahasa yang memag digunakan ibu, juga orang-orang di sekitar anak tersebut.

 

Mengenal Bahasa Ibu dengan Membaca Nyaring

Salah satu cara mengenalkan bahasa ibu pada anak, adalah dengan membaca nyaring. Apalagi jika kegiatan ini dilakukan sejak dini, sejak dalam kandungan, ketika anak masih bayi, atau saat ia mulai belajar membaca.

Dalam kegiatan membaca nyaring, kita bisa membacakan bacaan dengan intonasi yang jelas, suara yang cukup terdengar.

Misalnya saat bersama Kayyisah yang saat ini sedang proses belajar membaca, dan adiknya Emir yang saat ini masih bayi. Kegiatan membaca nyaring ini saya lakukan saat waktu senggang, atau sebelum tidur.

Dalam kegiatan membaca nyaring, gerakan bibir saya membuat Kayyisah jadi paham bagaimana huruf vokal yang terdapat dalam kata harus diucapkan. Juga membedakan beberapa huruf konsonan dalam kata yang hampir mirip.

Misalnya, pada kata merah dan marah. Saya akan berucap tidak tergesa agar bentuk bibir saya bisa melafal kata dengan pas, dan Kayyisah jadi tahu bedanya. Atau saat mengucap sarah dan marah. Kayyisah harus tahu, beda dua kata itu ada di mana.

Sedangkan untuk Emir, membaca nyaring akan menambah kamus kosa katanya sebagai bayi. Ia pun kelak akan terbiasa mengucap dengan jelas.

 

Membaca Nyaring Bersama Let’s Read

Pernahkah terbayang membaca sebuah cerita dalam berbagai bahasa internasional, juga daerah? Saya pernah, saat tahu ada buku cerita yang berisi bahasa Indonesia dan Inggris saja.

Waktu itu batin saya berkata, andai ada buku cerita yang juga berbahasa Indonesia dan Jawa, pasti saya akan senang dan bersyukur. Agar bahasa leluhur saya, bahasa Jawa tidak punah pada anak-anak saya. Ini memang keterbatasan saya yang tidak mampu dengan baik berbahasa Jawa.

Dan harapan saya bertemu jawabannya pada aplikasi Let’s Read. Di aplikasi ini, saya temukan berbagai cerita bergambar dari berbagai belahan dunia.



Saya juga bisa memilih bahasa yang digunakan. Let’s Read menyediakan berbagai macam bahasa internasional, juga beragam bahasa daerah di Indonesia.

Untuk mendonwload aplikasi ini, silakan klik saja link berikut ini: https://bit.ly/downloadLR3.

Let’s Read jadi cara memenuhi hak anak saya untuk mengenal bahasa ibunya yang kurang tuntas, yaitu bahasa Jawa.

Comments

  1. Let's Read ini membantu kita banget ya ngga kebingungan lagi cari buku bacaan untuk anak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak. Yang aku suka pilihan bahasanya banyak di sini. Aku jadi bisa ngebacain cerita pakai bahasa Jawa.

      Delete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkenan membaca.

Postingan Populer

TB Membuat Kayyisah Menjadi Anak tak Biasa

Mengganti Token Bank Mandiri yang Habis Baterai

Pakai Serum Pemutih Badan yang Bikin Cepat Putih, Aman Nggak Ya?

Anak Lemas Setelah Sembuh dari Sakit, Ini Dia Cara Memulihkannya

Menambah Wawasan Parenting dari Buku Dilan

Review Jujur Setelah Pakai Rangkaian Scarlett Whitening, Hasilnya Ternyata…

Bikin Asyik Liburan Sambil Kerja dengan ASUS ZenBook UX391UA

Tujuh Hal yang Perlu Dipertimbangkan dalam Membuka Usaha Toko Sembako

Lopang, Surganya Buah Jamblang

Melawan Neuropati untuk Segudang Aktivitas yang Terus Menanti