Memilih Layanan Pengiriman Barang Berdasarkan Jenis Bisnisnya

Ingin sukses berbisnis di masa pandemi? Jika jawabannya iya, maka salah satu jurus jitunya adalah pastikan pilih layanan logistik terpercaya. Termasuk memilih jasa pengiriman kargo. Tidak dapat dipungkiri, di musim pandemi, kebutuhan pengiriman barang grafiknya makin meningkat.

Pilih jasa pengiriman barang berdasarkan jenis usahanya
Sumber: pixabay dot com


Ya, banyak orang berharap di Januari 2021 ini, pandemi di Indonesia dapat mereda. Namun nyatanya yang ada malah sebaliknya. Beberapa hari terakhir, angka Covid-19 justru makin meningkat.

Sementara itu, berbagai aktivitas masyarakat sejak Maret 2020 lalu hingga Januari 2021 ini dilaksanakan dari rumah. Banyak hal begitu bergantung dengan keberadaan internet. Mulai dari urusan kerja, pendidikan, sampai urusan belanja.

Tak heran keberadaan transaksi online di e-commerce jadi makin meningkat. Jika kita ke luar rumah, resikonya memang cukup tinggi di musim pandemi seperti sekarang ini.

Hal ini membuat banyak pengusaha mengalihkan cara untuk menyentuh konsumen lewat internet. Mulai dari pemasaran atau penjualan, hingga momen saat barang yang dijualnya harus sampai ke tangan konsumen.

Nah, buat yang menekuni bisnis dan begitu terikat dengan layanan logistik, yuk sadari dulu, apa sifat, jenis, atau karakter bisnis yang sedang digeluti. Karena, hal ini erat kaitannya dengan layanan logistik yang akan kita harapkan nantinya.

1. Layanan contract logistics untuk bisnis ekspor impor kendaraan roda berat

Keberadaan contract logistics ini dibutuhkan manakala kita ingin tetap fokus pada kompetensi inti dan ingin terus meningkatkan keuntungan bisnis. Dengan contract logistics kegiatan perencenaan, implementasi, hingga monitoring dapat terjamin pelaksanaannya.

2. Adanya layanan shipping services untuk yang berbisnis industri otomotif atau alat berat

Indonesia sebagai negara kepulauan membuat pelayanan logistik bisa ditempuh dengan jalur laut. Pengiriman otomotif terutama alat berat yang itu berlangsung antarpulau membutuhkan shipping services ini sebagai satu-satunya cara yang memungkinkan.

3. Punya bisnis dengan cakupan kawasan Asia

Untuk menjangkau pengiriman antarnegara Asia, kita bisa memilih jasa pengiriman logistik yang berhubungan dengan jaringan pengiriman internasional.

4. Berbisnis alat berat dan harus on time pengirimannya

Pernahkah terbayang jika sebuah proyek pembangunan fasilitas umum misalnya, yang membutuhkan alat-alat berat, lalu prosesnya harus berantakan karena adanya jadwal pengiriman yang tidak tepat waktu?

Untuk itu sebagai pelaku bisnis yang bergerak di bidang pengadaan alat-alat berat, pilihlah jasa pengiriman yang mampu menjamin keamanan dan ketepatan waktu.

5. Memantau proses pengiriman dengan pelacakan

Hal yang paling dikahawatir dalam proses pengiriman barang adalah sampai tidaknya barang tersebut nantinya ke alamat yang dituju. Untuk itu baik pengirim maupun penerima sangat berharap adanya fasilitas pelacakan mulai dari penerimaan, penjemputan, pengiriman, penahanan barang, barang rusak, serta pesanan yang telah selesai.

6. Keberadaan courier services sesuai sifat barang

Jika kita memiliki bisnis dengan produk yang sangat bisa dikirim oleh courier services, pastikan keberadaan courier services ini bisa mengirim dengan armada yang disesuaikan dengan sifat barang yang dikirimnya.

Kira-kira poin mana nih yang paling mengena?

Kalau dari sekian poin tersebut ada satu atau bahkan beberapa yang memang sesuai dengan karakter bisnis kita, itu artinya bisnis tersebut sangat membutuhkan keberadaan SELOG Express.

SELOG ini adalah bagian dari lini bisnis PT Serasi Autoraya atau SERA. SELOG dapat memenuhi kebutuhan jasa logistik para pelaku usaha bisnis end to end, serta memiliki layan ayang berbeda-beda.

Beberapa layanan SELOG antara lain adalah sebagai berikut:

1. Contract logistics

Layanan ini dibutuhkan bagi pelaku bisnis seperti yang bergerak di bidang ekspor impor kendaraan roda empat, alat berat termasuk komponen-komponennya.

2. Shipping services

Ini merupakan jasa pengiriman kargo di dalam negeri yang menggunakan moda transportasi laut. Sangat pas untuk pengiriman yang terkait dengan industri otomotif atau alat berat.

3. Shipping agency

SELOG membuka jasa agen pengiriman yang berkolaborasi dengan Jardine Shipping Services atau JSS. Patut diketahui bahwasanya JSS ini adalah agen pengirian terbesar di Asia.

4. Freight Forwarding

Fasilitas ini digunakan untuk pengiriman alat berat atau kargo berisi berbagai jenis moda pengangkutan. Cakupannya wilayahnya adalah dalam negeri. SELOG memberikan jaminan keamanan, ketepatan waktu, dan zero defect.

5. Warehouse and yard management

Layanan ini ditujukan bagi pelaku bisnis yang memerlukan kebutuhan supply chain. SELOG akan mengelola dan menyimpan barang kebutuhan supply chain usaha kita. Selain itu keberadaan warehouse and yard management memungkinkan pelacakan secara kontinyu proses pengiriman barang. Termasuk, kondisi adanya kemungkinan penahanan atau kerusakan barang. Untuk itu, SELOG menyediakan layanan tambahan berupa inbound dan outbond transportation untuk menjamin barang kiriman kita tetap aman dari kerusakan.

6. Courier services

SELOG memiliki courier services dengan kendaraan untuk pengiriman yang disesuaikan dengan sifat barangnya. Selain itu layanan ini juga terbagi dalam dua macam yaitu layanan standar dan solusi.

Melihat begitu banyak layanan dalam jasa pengiriman barang, karena itulah para pelaku bisnis hendaknya memerhatikan tipe atau fasilitas dari layanannya. Sekali lagi, pastikan untuk memilih layanan logistik yang terpercaya. Termasuk memilih jasa pengiriman kargo.

Comments

Popular posts from this blog

TB Membuat Kayyisah Menjadi Anak tak Biasa

Mengganti Token Bank Mandiri yang Habis Baterai

Anak Lemas Setelah Sembuh dari Sakit, Ini Dia Cara Memulihkannya