Skip to main content

Memilih Layanan Pengiriman Barang Berdasarkan Jenis Bisnisnya

Ingin sukses berbisnis di masa pandemi? Jika jawabannya iya, maka salah satu jurus jitunya adalah pastikan pilih layanan logistik terpercaya. Termasuk memilih jasa pengiriman kargo. Tidak dapat dipungkiri, di musim pandemi, kebutuhan pengiriman barang grafiknya makin meningkat.

Pilih jasa pengiriman barang berdasarkan jenis usahanya
Sumber: pixabay dot com


Ya, banyak orang berharap di Januari 2021 ini, pandemi di Indonesia dapat mereda. Namun nyatanya yang ada malah sebaliknya. Beberapa hari terakhir, angka Covid-19 justru makin meningkat.

Sementara itu, berbagai aktivitas masyarakat sejak Maret 2020 lalu hingga Januari 2021 ini dilaksanakan dari rumah. Banyak hal begitu bergantung dengan keberadaan internet. Mulai dari urusan kerja, pendidikan, sampai urusan belanja.

Tak heran keberadaan transaksi online di e-commerce jadi makin meningkat. Jika kita ke luar rumah, resikonya memang cukup tinggi di musim pandemi seperti sekarang ini.

Hal ini membuat banyak pengusaha mengalihkan cara untuk menyentuh konsumen lewat internet. Mulai dari pemasaran atau penjualan, hingga momen saat barang yang dijualnya harus sampai ke tangan konsumen.

Nah, buat yang menekuni bisnis dan begitu terikat dengan layanan logistik, yuk sadari dulu, apa sifat, jenis, atau karakter bisnis yang sedang digeluti. Karena, hal ini erat kaitannya dengan layanan logistik yang akan kita harapkan nantinya.

1. Layanan contract logistics untuk bisnis ekspor impor kendaraan roda berat

Keberadaan contract logistics ini dibutuhkan manakala kita ingin tetap fokus pada kompetensi inti dan ingin terus meningkatkan keuntungan bisnis. Dengan contract logistics kegiatan perencenaan, implementasi, hingga monitoring dapat terjamin pelaksanaannya.

2. Adanya layanan shipping services untuk yang berbisnis industri otomotif atau alat berat

Indonesia sebagai negara kepulauan membuat pelayanan logistik bisa ditempuh dengan jalur laut. Pengiriman otomotif terutama alat berat yang itu berlangsung antarpulau membutuhkan shipping services ini sebagai satu-satunya cara yang memungkinkan.

3. Punya bisnis dengan cakupan kawasan Asia

Untuk menjangkau pengiriman antarnegara Asia, kita bisa memilih jasa pengiriman logistik yang berhubungan dengan jaringan pengiriman internasional.

4. Berbisnis alat berat dan harus on time pengirimannya

Pernahkah terbayang jika sebuah proyek pembangunan fasilitas umum misalnya, yang membutuhkan alat-alat berat, lalu prosesnya harus berantakan karena adanya jadwal pengiriman yang tidak tepat waktu?

Untuk itu sebagai pelaku bisnis yang bergerak di bidang pengadaan alat-alat berat, pilihlah jasa pengiriman yang mampu menjamin keamanan dan ketepatan waktu.

5. Memantau proses pengiriman dengan pelacakan

Hal yang paling dikahawatir dalam proses pengiriman barang adalah sampai tidaknya barang tersebut nantinya ke alamat yang dituju. Untuk itu baik pengirim maupun penerima sangat berharap adanya fasilitas pelacakan mulai dari penerimaan, penjemputan, pengiriman, penahanan barang, barang rusak, serta pesanan yang telah selesai.

6. Keberadaan courier services sesuai sifat barang

Jika kita memiliki bisnis dengan produk yang sangat bisa dikirim oleh courier services, pastikan keberadaan courier services ini bisa mengirim dengan armada yang disesuaikan dengan sifat barang yang dikirimnya.

Kira-kira poin mana nih yang paling mengena?

Kalau dari sekian poin tersebut ada satu atau bahkan beberapa yang memang sesuai dengan karakter bisnis kita, itu artinya bisnis tersebut sangat membutuhkan keberadaan SELOG Express.

SELOG ini adalah bagian dari lini bisnis PT Serasi Autoraya atau SERA. SELOG dapat memenuhi kebutuhan jasa logistik para pelaku usaha bisnis end to end, serta memiliki layan ayang berbeda-beda.

Beberapa layanan SELOG antara lain adalah sebagai berikut:

1. Contract logistics

Layanan ini dibutuhkan bagi pelaku bisnis seperti yang bergerak di bidang ekspor impor kendaraan roda empat, alat berat termasuk komponen-komponennya.

2. Shipping services

Ini merupakan jasa pengiriman kargo di dalam negeri yang menggunakan moda transportasi laut. Sangat pas untuk pengiriman yang terkait dengan industri otomotif atau alat berat.

3. Shipping agency

SELOG membuka jasa agen pengiriman yang berkolaborasi dengan Jardine Shipping Services atau JSS. Patut diketahui bahwasanya JSS ini adalah agen pengirian terbesar di Asia.

4. Freight Forwarding

Fasilitas ini digunakan untuk pengiriman alat berat atau kargo berisi berbagai jenis moda pengangkutan. Cakupannya wilayahnya adalah dalam negeri. SELOG memberikan jaminan keamanan, ketepatan waktu, dan zero defect.

5. Warehouse and yard management

Layanan ini ditujukan bagi pelaku bisnis yang memerlukan kebutuhan supply chain. SELOG akan mengelola dan menyimpan barang kebutuhan supply chain usaha kita. Selain itu keberadaan warehouse and yard management memungkinkan pelacakan secara kontinyu proses pengiriman barang. Termasuk, kondisi adanya kemungkinan penahanan atau kerusakan barang. Untuk itu, SELOG menyediakan layanan tambahan berupa inbound dan outbond transportation untuk menjamin barang kiriman kita tetap aman dari kerusakan.

6. Courier services

SELOG memiliki courier services dengan kendaraan untuk pengiriman yang disesuaikan dengan sifat barangnya. Selain itu layanan ini juga terbagi dalam dua macam yaitu layanan standar dan solusi.

Melihat begitu banyak layanan dalam jasa pengiriman barang, karena itulah para pelaku bisnis hendaknya memerhatikan tipe atau fasilitas dari layanannya. Sekali lagi, pastikan untuk memilih layanan logistik yang terpercaya. Termasuk memilih jasa pengiriman kargo.

Comments

Postingan Populer

TB Membuat Kayyisah Menjadi Anak tak Biasa

Hingga sekitar umur delapan bulan, Kayyisah menjadi anak yang menggemaskan. Grafik berat badan yang biasanya selalu di warna hijau muda bahkan kuning, di usia tujuh hingga delapan bulan, grafik berat badan Kayyisah bisa ada di warna hijau tua. Kalau melihat fotonya saja tampak menggemaskan. Makannya sedang lahap-lahapnya. Tapi beberapa minggu kemudian, semuanya berubah. Makin hari nafsu makannya makin susah. Sampai-sampai pernah lho selama berminggu-minggu, Kayyisah hanya mengandalkan ASI dan air kacang hijau. Makannya hanya satu atau dua sendok makan alpukat. Pola makan seperti itu di usianya yang sekitar sembilan bulan hingga setahun, lho! Bayangkan saja, anak umur segitu makannya kayak begitu. Beberapa keanehan lain yang saya temukan saat itu, dalam sehari Kayyisah kurang kuantitas buang air kecilnya. Kalau dipakaikan diaper setelah mandi pagi, saat dicopot sebelum mandi sore lho diapernya masih kering! Parah kan? Waktu saya cerita ke abinya dan juga ibu, me

Pakai Serum Pemutih Badan yang Bikin Cepat Putih, Aman Nggak Ya?

Putih itu cantik. Ingat slogan yang ngehits itu kan? Makanya, banyak wanita mencari produk kecantikan yang bisa memutihkan kulit. Termasuk serum pemutih badan. Eh tapi kalau efeknya bikin cepat putih, sebetulnya aman nggak ya? Yups, pertanyaan itu sepertinya jadi bahan pertimbangan lain deh selain apakah produk pemutih kulit itu ampuh atau tidak hasilnya. Malah kadang jadinya kayak buah simalakama. Badan bisa cepat putih tapi efek sampingnya ada rasa panas terbakar dulu, kulit kemerahan, atau endingnya malah kulit jadi gosong. Habis itu nangis deh karena nggak jadi putih… Atau, iya sih, serum pemutih badan yang kita pakai itu aman. Tapi setelah sekian purnama dipakai, kok kulit nggak kunjung putih seperti model iklan yang kita lihat. Dan akhirnya jadi terpikir, katanya labelnya pemutih badan ampuh. Tapi kok kulitku nggak kunjung putih kayak mbak yang itu? Jadilah kitanya bingung. Sebetulnya perlu nggak sih pakai serum pemutih kulit? Lantas apa bedanya den

Mengganti Token Bank Mandiri yang Habis Baterai

Setelah sekitar delapan tahun, akhirnya token Bank Mandiri saya mati. Baterainya habis. Dan uniknya, saya nggak pernah terpikir kalau urusannya sampai harus ke bank segala. Jadi waktu kenal yang namaya token, saya pikir kalau alat tersebut baterainya habis, ya tinggal ganti saja baterainya di tukang servis jam tangan. Eh ternyata setelah browsing, saya baru tahu jika kita nggak bisa asal ganti baterai token tersebut. Awal tanda-tanda baterai token habis itu mulai terlihat saat ada seperti noda di bagian tepi bawah layar. Semula saya pikir, apa mungkin ada kotoran masuk kali ya? Tak berapa lama kemudian, ada lagi seperti titik noda yang muncul di bagian tepi atas layar. Hingga suatu ketika saat saya ingin transfer dana ke rekening tabungan ibu, token itu mati. Meski saya tekan tombol secara asal, tetap saja token tersebut tidak bisa aktif. Dah lah fixed, saya yakin token ini sudah habis baterainya. Kemudian saya browsing di internet berniat ingin mencari tahu, kal

Menambah Wawasan Parenting dari Buku Dilan

Ceritanya karena lagi heboh-hebohnya Film Dilan nih. Saya yang sudah dari lama ngincer buku itu, lalu pengen beli tapi kok ya kapasitas dana nggak kayak dulu lagi, akhirnya cuma bisa ngowoh. Eh ndilalah, entah dari mana ceritanya, kok jadi tahu aplikasi perpustakaan nasional bernama iPusnas. Dan di sana koleksi Dilannya lengkap! Tiga buku ada semua. Cuma… antriannya sampai ratusan, Jeng! Demi rasa penasaran, ikutan ngantri deh. Lucunya, awal ngecek koleksi buku Dilan di iPusnas, saya langsung bisa pinjam buku yang ke tiga, Milea Suara dari Dilan. Pas kosong, padahal yang sudah antri banyak. Tapi kemudian saya anggurin. Dan akhirnya nggak kebaca deh. Aplikasi jagoan yang sudah bikin saya rajin baca buku lagi Beberapa hari kemudian, saat launching film Dilan beneran keluar, cek antrian lagi deh. Makin sering lagi ngeceknya di notifikasi. Endingnya, dalam seminggu, saya bisa lho mengalahkan para pesaing antrian buku ini, baca tiga-tiganya dalam waktu nonstop seki

Tujuh Hal yang Perlu Dipertimbangkan dalam Membuka Usaha Toko Sembako

Pada tahu kan toko sembako? Itu lho, toko yang isinya menjual sembilan bahan pokok. Yang masuk kategori sembako itu antara lain: 1.       Beras, sagu, dan jagung 2.       Gula pasir 3.       Sayur-sayuran dan buah-buahan 4.       Daging sapi, ayam, dan ikan 5.       Minyak goreng dan margarine 6.       Susu 7.       Telur 8.       Gas ELPIJI (kalau dulu sih minyak tanah) 9.       Garam berIodium dan berNatrium Semua bahan itu jadi kebutuhan pokok sehari-hari manusia. Nah, peluang usaha membuka toko sembako ini bisa menjadi bisnis rumahan ibu rumah tangga yang menguntungkan. Bagaimana tidak. Tiap hari bisa selalu saja ada orang yang datang membeli. Tapi yang namanya bisnis menguntungkan, biasanya ya memang banyak pesaingnya. Menurut beberapa info yang saya baca, kita perlu survey dulu. Barangkali, eh, ternyata ada toko sembako juga di dekat tempat yang mau kita dirikan usaha. Kalau sampai ada, perlu dipantau juga. Jangan sampai harga tok

Lopang, Surganya Buah Jamblang

Tahu buah jamblang, atau juwet, atau dhuwet, atau dhuwek? Di beberapa daerah, buah ini memang punya julukan yang berbeda-beda. Saya sendiri malah menyebutnya dengan plum Jawa! Hahaha… Nah, di daerah Lopang, Kecamatan Kembangbahu, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, kita bisa menjumpai buah jamblang dengan aneka jenis. Mulai dari jamblang yang ukurannya kecil tanpa biji, sampai yang berukuran sebesar bakso telur puyuh dengan daging buah yang tebal. Atau, dari yang rasanya masam, hingga jamblang yang manis tanpa menyisakan rasa sepet di lidah. Jamblang yang warnanya hitam pekat hingga berwarna ungu kemerahan pun ada di Lopang. Di Lopang, kita bahkan bisa menjumpai jamblang mini berukuran seruas kepala jari kelingking, lho. Di masa-masa akhir musim kemarau menjelang musim hujan, biasanya buah ini bermunculan. Untuk tahun 2017 ini, sepertinya musim jamblang di Lopang jatuh di sekitar bulan Oktober hingga November. Karena di bulan September ini, pohon-poh

Melawan Neuropati untuk Segudang Aktivitas yang Terus Menanti

Dulu sewaktu sekolah, terkadang saya punya kebiasaan unik, meminta teman sebangku untuk memukuli telapak tangan saya. Asli, kira-kira sejak SD kelas enam saya sudah punya kebiasaan seperti itu. Jadi zaman tahun 80 sampai 90-an, yang namanya sekolah kan muridnya kebanyakan disuruh membaca atau menulis. Bahkan kalau sudah punya buku pun tetap disuruh mencatat ulang. Sewaktu harus sering menulis itulah, kadang tangan saya terasa lemas. Rasanya seperti tidak ada energi untuk bisa menggerakkan tangan. Selain telapak tangan yang terasa lemas, bagian lengan di dekat siku saya juga sering terasa seperti tertusuk-tusuk jarum. Kalau bahasa saya, rasanya cengkring-cengkring! Itu masih urusan tangan. Lha kaki saya waktu itu juga sering terasa kram. Biasanya di daerah telapak tangan bagian samping atau di jari tengah dan jari manis kaki. Waktu itu saya tidak pernah sampai mengira-ngira, saya itu sebetulnya kena apa, apa penyebabnya, dan harus melakukan apa agar keluha

Membimbing Anak Belajar

Kali ini saya ingin membahas tentang apa dan bagaimana tentang membimbing anak belajar yang perlu dilakukan oleh orangtua. Tulisan ini berdasarkan hasil wawancara dengan Imelda Yetti yang beberapa tahun lalu sempat saya wawancarai sewaktu saya menjadi reporter di Batam. Saat itu, ia adalah pengajar di Sekolah Charitas Batam. Sering orangtua mewajibkan anaknya untuk belajar tanpa ingin tahu mengapa ada anak yang sulit dalam proses belajarnya. Akibatnya meski anak dipaksa terus belajar, anak tak kunjung menjadi pintar dalam artian menyerap apa yang dipelajarinya sendiri. Padahal menurut Imelda, ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi kemampuan anak dalam belajar. Faktor-faktor tersebut antara lain, waktu, dukungan, budaya, konteks, dan kebebasan memilih. Dikatakannya lebih lanjut, tiap anak memiliki waktu yang berbeda-beda untuk dirinya sehingga ia bisa mudah menyerap apa yang dipelajarinya. Anak pun membutuhkan dukungan dari lingkungan sekelilingnya dalam hal b

Resep Buka Puasa dengan Sambal Boran Khas Lamongan

Ada satu makanan khas dari daerah Lamongan yang jarang diketahui oleh kebanyakan orang luar Lamongan. Ya, jika kebanyakan orang tahunya kuliner Lamongan itu identik dengan Soto Ayam Lamongan, tapi sebenarnya, di Lamongan sendiri ada sebuah kuliner yang menjadi makanan keseharian masyarakat Lamongan. Namanya Nasi Boran. Disebut boran karena biasanya penjualnya menggunakan bakul besar yang bernama boran saat berjualan. Panganan yang satu ini kerap ditawarkan para penjualnya saat pagi hari sebagai sarapan, atau sore hingga malam hari. Biasanya penjual akan membungkus nasi boran dengan menggunakan daun pisang yang dilapisi kertas koran pada bagian luarnya. Sedangkan di bulan Ramadan, Nasi Boran tetap diminati banyak masyarakat Lamongan untuk sajian berbuka puasa, atau sahur. Jadi meski dini hari, ada juga kok penjual Nasi Boran yang berjualan. Malah biasanya laris diburu mereka yang ingin menikmatinya untuk menu sahur. Untuk satu kali sajian, Nasi Boran ini bisa terdir

Memilih Jajanan Sehat untuk Anak

Bagi kebanyakan orangtua, memilih jajanan untuk anak itu adalah hal yang penting. Sebisa mungkin tentunya harus sehat kan ya. Itulah yang kini jadi pegangan saya kalau urusan jajan buat Kayyisah. Padahal dulu sewaktu belum punya anak, saya suka komentar lho ke siapapun yang suka ngelarang-ngelarang anaknya buat jajan ini itu. “Ngapain sih banyak ngelarang ke anak makan ini itu. Entar anaknya jadi nggrangsang !” Nggrangsang itu istilah bahasa Jawa di tempat saya yang artinya rakus. Pas sudah punya anak, lha kok ternyata Kayyisah tipe anak yang mudah sensitif tenggorokannya. Plek ketiplek sama kayak abinya. Ke mana-mana, saya jadinya harus seperti satpam untuk urusan apapun yang akan masuk ke mulutnya. Sampai-sampai saya sering kasihan. Kadang, saya lihat dia begitu ingin makan ini itu, apalagi sewaktu kumpul dengan banyak orang. Tapi kondisinya mau tak mau membuat saya harus ketat untuk urusan yang satu ini. Sebetulnya pernah suami saya protes. Kenapa sih ngg