Agar Gigi Berlubang Bau tak Jadi Pengganggu

Post a Comment

 

Gigi berlubang bau

Buat saya, gigi berlubang bau itu masalahnya ada tiga. Gigi berlubang bisa menyebabkan sakit gigi. Gigi berlubang bisa membuat sisa makanan masuk ke dalamnya. Dan, gigi berlubang yang terisi kotoran akhirnya bisa membuat mulut kita menjadi bau.

Sungguh bertumpuk masalahnya! Dan juga, kesemua masalah tersebut bisa saling berhubungan.

Tentunya siapapun pasti tahu, mengapa gigi sampai bisa rusak berlubang. Penyebabnya apalagi kalau bukan cara merawat gigi yang tidak tepat. Bisa dari kurang rajin membersihkan gigi, cara embersihkan gigi yang kurang tepat, atau tidak rutin cek ke dokter gigi.

Selain itu, makanan dan minuman yang dikonsumsi juga bisa menjadi penyebabnya. Misalnya makanan yang banyak mengandung kadar gula, atau minum minuman bersoda.

Akibatnya gigi pun berlubang. Jika kebiasaan buruk tadi masih terus dipelihara, akibatnya gigi berlubang pun makin parah. Apalagi jika kerusakannya mulai menyerang akar gigi. Gigi pun jadi sakit.

Gigi yang berlubang juga memunculkan masalah ketidaknyamanan saat kita mengonsumsi makanan. Tak jarang, sisa makanan terselip atau tertinggal di celah gigi yang berlubang. Dan jika hal ini kerap dibiarkan, inilah yang membuat gigi jadi makin bermasalah.

Rentetan masalah lainnya adalah mulut yang jadi bau. Hal ini disebabkan bisa dari sisa makanan yang tertinggal di celah gigi, membusuk dan tidak maksimal dibersihkan. Atau, gigi yang rusak berlubang juga bisa menimbulkan bau tak sedap akhirnya keluar dari mulut kita.

Lantas, bagaimana solusi agar gigi berlubang bau ini tidak makin menjadi masalah? Nah, ini dia beberapa cara yang harus dilakukan.

1. Segera ke dokter gigi

Ya, gigi bermasalah ini memang harus segera ditangani. Biasanya dokter akan mengecek kondisi kerusakan gigi, apakah bisa segera harus ditambal, dirawat akar giginya terlebih dahulu, atau dicabut jika kondisinya malah sudah cukup mengganggu.

2. Menjaga kebersihan gigi

Walau bagaimanapun dokter membantu kita, tetap saja, kunci dari masalah gigi berlubang bau ini ada pada kita sendiri. Jadi, kita harus menjaga kebersihan gigi kita masing-masing.

Caranya dengan rajin membersihkan gigi, terutama pagi dan malam sebelum tidur. Beberapa dokter gigi lainnya juga menyarankan untuk segera membersihkan gigi dengan menyikat gigi terutama setelah kita mengkonsumsi makan dan minuman yang berkadar gula tinggi.

Lalu agar gigi berlubang tidak memunculkan bau tak sedap dari mulut kita, kita bisa menggunakan pasta gigi yang memiliki sensasi menyegarkan dan menyamarkan atau bahkan menghilangkan bau mulut.

3. Menghidari makan dan minum yang manis

Seperti yang tadi sudah kita bahas kalau hal ini malah membuat gigi kita jadi mudah dan cepat rusak. Karena itu, hindarilah makan dan minuman yang manis. Namun jika hal ini sulit dihindari, maka cara mengatasinya adalah dengan rajin membersihkan atau menyikat gigi.

4. Rajin berkumur dengan mouthwash

Cara ini juga sering dilakukan banyak orang. Berkumur dengan mouthwash memang akan membuat mulut kita terasa segar. Selain itu, bau gigi kita pun jadi tersamarkan.

Nah, itu tadi beberapa cara untuk mengatasi masalah gigi berlubang bau. Intinya, masalah ini memang tidak akan muncul jika andai saja kita merawat gigi dengan baik.

Untuk itu buat yang giginya saat ini cukup sehat, tetap jagalah kesehatan gigi agar tidak sampai rusak. Karena jika sudah rusak, masalah inilah yang akan muncul. Gigi berlubang, terkadang bisa memunculkan sakit, atau munculnya bau mulut.

 

 

 

 

Related Posts

Post a Comment

Popular