Liburan ke Planet Mochi Bareng Paddle Pop Meski Sedang Isoman di Rumah

 

Liburan ke Planet Mochi Bareng Paddle Pop

Nggak pernah terbayang, akhirnya saya dan anak-anak dapat giliran sakit juga di masa pandemi ini. Sebetulnya saya nggak yakin pasti apakah memang benar saya dan anak-anak kena Corona atau tidak. Pasalnya mau tes antingen, tapi nggak cukup punya uang. Duh!

Jadi sejak dini hari Minggu tanggal 11 Juli, badan saya demam. Tak berapa lama, perut terasa mual hingga membuat saya muntah-muntah. Di luar dugaan, sulung saya Kayyisah pun terbangun. Dia merasa badannya kedinginan. Selang beberapa jam, ia pun sama seperti saya, merasa mual dan lalu muntah beberapa kali.

Saat ke dokter, kami diberi obat paracetamol serta antimual dan sebah. Tidak ada vonis dokter kalau kami terkena Corona. Selang satu hari, giliran bungsu saya Emir mengalami hal yang sama. Suhu badannya naik. Beberapa kali saat minum ASI, ia menunjukkan ingin muntah.

Reda demam dan mual, ganti saya dan Kayyisah merasa saluran pernapasan terganggung. Kalau Kayyisah hanya sesekali merasa hidungnya berair dan batuk-batuk, saya malah sampai kambuh sinusnya.

Saat flu dan batuk mereda, lha kok gantian, saya dan Kayyisah anosmia. Beberapa teman sudah mengingatkan barangkali itu gejala Corona. Karena memang, penyakit yang satu ini susah ditebak.

Akhirnya ya sudah, saya menerapkan isolasi mandiri di rumah dengan anak-anak. Beberapa kali urusan beli ini itu, suami atau ayah ibu yang membantu keluar rumah.

Batin saya, duh, Kayyisah alamat bosan banget deh. Jangankan main sama teman, keluar rumah pun tidak boleh sama sekali.

Nggak kehabisan akal, akhirnya saya cari beberapa kegiatan untuk mengisi kegiatan Kayyisah di rumah. Salah satu kegiatan yang saya temukan adalah Liburan ke Planet Mochi yang diadakan oleh Paddle Pop.

Baca juga yuk: Mozaik, Aktivitas Menyenangkan yang Punya Banyak Manfaat Bagi Anak

 

Bisa Jelajah Luar Angkasa Meski di Rumah Saja

Liburan ke Planet Mochi adalah program liburan anak yang dikemas menyenangkan dan bermanfaat oleh Paddle Pop. Dalam kegiatan ini, anak-anak diajak menjelajahi keajaiban dunia luar angkasa secara gratis. Saya hanya cukup menyediakan kuota internet, laptop atau ponsel, serta beberapa bahan percobaan.

Ada empat program bermain yang ditawarkan Paddle Pop dengan waktu dan tema yang berbeda-beda.

Empat paket kegiatan Liburan ke Planet Mochi bersama Paddle Pop

1. Pada hari Jumat tanggal 25 Juni 2021 pukul 13.00-15.00 WIB, ada paket Liburan ke Planet Mochi bareng Mona Ratuliu X Wonder Fest.

2. Pada hari Sabtu tanggal 3 Juli 2021 pukul 10.00-11.00 WIB, ada paket Liburan ke Planet Saturnus bareng Enno Lerian X Rumah Dandelion

3. Pada hari Sabtu tanggal 10 Juli 2021 pukul 10.00-11.00 WIB, ada paket Liburan ke Planet Uranus bareng Nana Mirdad X Mungilmu

4. Pada hari Sabtu tanggal 17 Juli 2021 pukul 10.00-11.00 WIB, ada paket Liburan ke Planet Jupiter bareng Melki Bajaj X Buumi Playscape

Nah, saya dan Kayyisah waktu itu ambil paket yang ke empat. Untuk pendaftaran, dilakukan lewat Whatsapp. Dari sekian chat, kemudian saya mendapat link instruksi permainan yang saat dibuat, bentuknya berupa file pdf.

Dalam file itu, ada link untuk zoom pas hari H. Selain itu, ada juga instruksi beberapa persiapan alat praktek yang bisa kita siapkan sebelum kegiatan.

Zoom liburan ke planet mochi paddle pop
Kayyisah tetap semangat ikutan zoom dan menjalankan misi

Sayangnya karena sedang isoman dan saya tidak bisa maksimal menyiapkan alat-alat praktek yang dibutuhkan. Untungnya, ada rekaman hasil zoom yang bisa disaksikan di kemudian hari. Lewat rekaman ini, saya dan Kayyisah pun bisa melakukan praktek meski kegiatan zoom sudah usai.

Pas anosmia saya dan Kayyisah sembuh, jadilah kami bisa membeli bahan-bahan praktek yang dibutuhkan, dan membuatnya di lain hari dengan panduan rekaman zoom yang ada di Youtube Channel Paddle Pop.

Kebetulan seminggu kemarin sekolah KKayyisa libur Idul Adha. Pas kondisi kesehatan kami sudah jauh membaik. Jadilah saya keluar rumah, membeli perlengkapan praktek, lalu mengulang misi Paddle Pop liburan ke Planet Mochi. Soalnya masih penasaran sih. Pas zoom kan kami ikutnya kurang maksimal.

Baca juga yuk: Permainan Buatan Sendiri yang Bisa Membuat Balita Senang, Aman, dan Nyaman Bermain Selama Mudik Perjalanan Jauh

 

Tips Mengisi Kegiatan Saat Harus di Rumah Saja ala Kak Melki Bajaj

Acara Liburan ke Planet Saturnus waktu itu dipandu oleh Kak Nurul, Kak Ninda, dan Kak Lintang dari Buumi Playscape. Sedangkan bintang tamunya ada Kak Melki Bajaj dan keluarganya.

Di awal acara, Kak Melki sempat bercerita bagaimana aktivitas yang ia lakukan bersama keluarganya selama masa pandemi. Menurutnya, selama ini ia dan keluarga memang terbiasa membuat konten keseharian di rumah.

Yang menurutnya jadi masalah adalah ketika masa liburan tiba. Jika biasanya ia bisa mengajak anak-anak liburan ke luar, tentunya hal itu tidak bisa lagi ia lakukan di masa pandemi seperti sekarang ini. Akhirnya, ia pun mencari-cari referensi kegiatan yang bisa dilakukan anak-anak di rumah.

Kata Kak Melki, kedua anaknya tersebut adalah tipe anak yang suka bermain dengan alam. Jadi ketika masa harus tetap di rumah, anak-anak mereka pun hobinya jadi suka bermain dengan hewan atau sampai mencabuti bunga di sekitaran rumah. Bahkan, kadal pun sampai kena sasaran dikejar-kejar kedua anaknya. Hahaha…

Keluarga Kak Melky Bajaj di Zoom Paddle Pop
Kak Nurul sewaktu mewawancarai Kak Melky Bajaj dan keluarganya

Saya tuh sampai ketawa banget lho waktu dengar cerita Kak Melki. Katanya, karena kadalnya susah didapat di rumah, eh, ia sampai beli kadal segala buat dikejar-kejar sama anak-anaknya. Lebih tepatnya, Kak Melki akhirnya sampai membeli iguana dan juga burung untuk dijadikan aktivitas anak-anaknya mengenal dan dekat dengan hewan.

Sedangkan saat ditanya bagaimana menyiasati kebosanan saat anak-anaknya harus sekolah online, istri Kak Melki menerangkan katanya dengan menyediakan banyak atribut atau alat tulis baru di meja belajarnya. Jadi, anak pun bisa tetap betah terus belajar di meja belajarnya.

Baca juga yuk: Karena Anak Cerdas Itu Butuh Dukungan

 

Menjalankan Tiga Misi di Planet Jupiter dengan Kegiatan Praktek

Usai Kak Nurul sedikit ngobrol dengan Kak Melki dan keluarganya, ia pun mengajak kami para peserta zoom untuk lanjut ke kegiatan lain. Bersama Kak Lintang, anak-anak di zoom diajak sedikit menggoyangkan tubuh dengan diiringi lagu dari Paddle Pop.

Siapa bilang, main tak belajar. Main teka-teki bikin aku jadi pintar.

Siapa bilang main tidak penting. Berlari dan berlari kami percaya diri.

Saya suka banget sama lagunya. Apalagi musiknya pun ceria. Kayyisah yang dasarnya suka mengikuti kegiatan tarian, jadi semangat berdiri dan ikut menggoyangkan tubuh juga.

menari dan menyanyi lagu paddle pop
Menari dan menyanyi lagu Paddle Pop bersama Kak Lintang

Setelah itu, ganti Kak Ninda yang mengajak anak-anak mengenal lebih dekat Planet Jupiter. Kak Ninda memaparkan beberapa fakta singkat tentang Planet Jupiter.

Usai tahu fakta tentang Planet Jupiter, Kayyisah dan anak-anak lain pun ganti diajak untuk mulai menjalankan tiga misi.

zoom bersama paddle pop bikin anak tambah wawasan
Anak-anak bisa menambah wawasan tentang Planet Jupiter selama zoom 


 

Misi Pertama, Moon Dough Pottery

Dalam misi ini, ada beberapa bahan yang dibutuhkan. Di antaranya adalah sebagai berikut:

- 15 sendok makan tepung terigu

- 1 sendok makan kopi bubuk

- 15 sendok makan air hangat

- Cetakan kue

- Rolling pin

- Wadah atau mangkuk

- Gelas bermulut bundar

Beberapa catatan saya waktu praktek Mochi Sugar Swirl ini adalah, untuk air, saya hanya gunakan air biasa saja. Dan waktu itu adonannya tetap bisa enak dibentuk.

Untuk cetakan kue, karena nggak punya, jadilah saya pakai penutup rautan punya Kayyisah yang kebetulan bentuknya macam-macam.

Sedangkan untuk rolling pin, karena lagi-lagi saya nggak punya, akhirnya saya gunakan botol beling yang ada di rumah. Untungnya waktu itu Kak Ninda memberi tahu bisa menggunakan botol kaca. Kebetulan di rumah ada, dan jadilah saya dan Kayyisah cukup menggunakan itu saja.

Cara membuatnya sebagai berikut.

Cara membuat Moon Dough Pottery


- Campur tepung terigu dengan air sedikit demi sedikit dalam sebuah wadah

- Setelah adonan berbentuk seperti mirip slime, campurkan bubuk kopi agar warna adonan jadi kecokelatan

- Pipihkan adonan dengan menggunakan rolling pin. Kalau saya, pakai botol

- Jika sudah pipih, cetak dengan cetakan. Untuk membuat bentuk bulan sabit, caranya ambil gelas, cetak bentuk bulatan. Lalu, geser gelas, tekan di adonan.

- Kalau sudah jadi, bisa dijemur lalu dihias. Kayyisah kemarin malah pas belum dijemur, dia sudah sempat menghias dengan glitter cair.

main moon dough pottery

Kegiatan ini punya beberapa manfaat untuk anak-anak, antara lain:

- Bisa melatih motorik halus anak. Karena dalam kegiatan ini, jari jemari anak-anak benar-benar diajak untuk aktif bergerak saat menguleni adonan.

- Melatih kemampuan anak dalam berhitung. Nah, saat memasukkan tepung terigu atau air, kita orang tua yag mendampingi anak dalam kegiatan ini bisa sekalian mengajak anak untuk berhitung berapa takaran sendok makan yang sudah dimasukkan.

- Meningkatkan kreativitas anak. Kalau yang ini sih memang terlihat banget saat Kayyisah akhirnya berimajinasi sesuka hatinya saat mencetak adonan. Di instruksinya Kak Ninda kan diminta untuk membuat bulan dan bintang. Karena kami nggak punya cetakan bentuk itu, jadilah kami bikin seadanya. Malah sama Kayyisah, adonannya dihiasi pakai glitter cair segala.

Kreatif main Moon Dough Pottery
Saking kreatifnya, begini deh jadinya. Itu moon dough pottery dicampur Kayyisah sama pewarna makanan. 😆  


- Mengajari anak agar nggak gampang jijik. Eh ini beneran lho. Hayo coba, siapa yang pernah nemu ada anak ogah banget main slime atau adonan yang pakai acara lenget di tangan? Itu Kayyisah banget. Pas diminta menguleni adonan ini saja, dia sudah ribut minta tangannya dibersihkan. Tapi saya minta dia untuk terus menguleni sambil memberi tepung terigu di jari-jarinya agar tidak lengket. Akhirnya, lama-lama dia jadi nyaman dan nggak panik lagi waktu tangannya lengket.

 

Misi Ke Dua, Alien Egg Game

Untuk misi yang ini, beberapa bahan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut.

- 10 balon warna-warni

- 10 gram glitter

- air secukupnya

- 1 buah ember besar

- kursi

Cara membuat atau cara mainnya adalah sebagai berikut.

- Isi satu persatu balon dengan menggunakan air

Belajar hati-hati mengisi balon dengan air
Belajar hati-hati mengisi balon dengan air.


- Letakkan balon ke dalam wadah ember besar yang kemudian diberi air dan glitter

- Cara mainnya, ajak anak mengambili satu persatu balon dari sebuah wadah, dan lalu dipindah ke wadah lainnya dengan menggunakan kaki.

Beberapa catatan untuk permainan ini, kalau saya, waktu itu menggunakan glitter cair yang memang pas adanya itu di rumah.

Lalu karena mainan ini memang lumayan bisa menimbulkan basah-basahan, jadi mainnya usahakan di tempat yang memang tidak beresiko mengenai perabot atau peralatan lain ya. Misal, mainkan permainan ini di atas lantai yang luas. Jadi jika sampai ada air yang berceceran, airnya yang mengenai benda lain, semisal karpet, sofa kursi tamu atau yang lainnya.

Kalau yang sempat saya lihat di layarnya Kak Melki, dia sudah menyiapkan alas seperti handuk di bawah wadah yang berisi air. Jadi pas anak-anak main, nggak takut lagi kalau sampai ada air yang berceceran di mana-mana

main alien egg game

Manfaat dari permainan ini adalah sebagai berikut:

- Bisa melatih motorik anak, terutama motorik kaki. Kalau memindahkan balon berisi air dengan tangan, kan mudah banget tuh. Nah kalau pakai kaki, pasti jadi tantangan tersendiri untuk anak-anak.

- Melatih kemampuan berhitung. Sambil memindahkan balon, anak-anak bisa diajak menghitung berapa balon yang sudah ia pindahkan dan atau belum ia pindahkan.

- Mengenal warna. Ini terutama untuk anak-anak usia balita yang masih perlu mengenal warna, penggunaan baln warna-warni ini bisa sekalian membuat anak mengenal beberapa warna yang ada.

Eh, ini kayaknya bisa jadi ide untuk lomba agustusan juga lho! Kalau anak-anak diajak lomba seperti ini, pasti seru kali ya. Moga ntar waktu Agustusan, pandeminya sudah mereda. Aamiin…

 

Misi ke Tiga, Mochi Sugar Swirl

Pada misi yag terakhir ini, beberapa bahan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut.

- Paddle Pop Mochi Chocolate Vanilla

- Gula halus

- 1 sampai 2 sendok makan susu bubuk. Kalau pakai susu kental manis, lebih bagus lagi Soalnya jadinya bisa melting bagus gitu waarna-warni.

- Pewarna makanan. Kalau maunya saya sih waktu itu, pakai tiga warna primer saja yaitu merah, kuning, dan biru. Tapi pas beli di toko, saya diketawain nggak ada pewarna makanan warna biru. Jadinya ya udah lah, beli warna hijau saja. Jadi pas tercampur antarwarna nantinya, kita bisa lihat warna sekunder seperti jingga atau ungu.

- Wadah atau mangkuk

- Pipping bag, kalau ada. Tapi nanti bisa juga kok langsung kita tuang sedikit demi sedikit pakai sendok kecil di atas es krimnya.

Cara membuatnya seperti ini:

Membuat mochi sugar swirl


- Bagi jadi tiga wadah campuran susu dan gula halus. Kalau saya sendiri hanya pakai susu cair saja.

- Campur dengan air hingga menjadi seperti bentuk pasta

- Campur dengan tiga pewarna makanan yang berbeda.

- Siapkan Paddle Pop Mochi Chocolate Vanilla di atas sebuah wadah

- Tuang bergantian pasta warna di atasnya dengan piping bag. Atau, bisa juga langsung dengan sendok kecil.

- Biar lebih seru penampilannya, kalau saya lihat di Zoom, Kak Ninda juga menaburkan meses warna-warni di atasnya.

main mochi sugar swirl

Kegiatan ini lagi-lagi ada manfaatnya lho buat anak-anak. Di antaranya sebagai berikut.

- Melatih motorik halus anak. Kegiatan ini memang membuat jari-jari anak-anak jadi terampil sejak awal kegiatan sampai akhir.

- Meningkatkan kreativitas, karena anak-anak bisa sesuka hati menghias Paddle Pop Mochi Chocolate Vanilla miliknya.

- Dan tentunya, kegiatan ini kalau menurut saya bisa melatih anak mengenal warna. Selain membuat pasta hiasan dengan tiga warna primer, kita bisa juga mengajak anak-anak untuk membuat pasta warna sekunder sesuka hati mereka. Cara mencampur warna inilah yang bisa membuat anak jadi lebih mengenal warna.

Kegiatan terakhir ini nih yang bikin Kayyisah nggak tenang. Soalnya dia sudah kepengen nyoba Paddle Pop Mochi Chocolate Vanilla-nya. Apalagi kan setelah dihias warna-warni, Kayyisah jadi makin tertarik untuk mencoba.

Es krimnya menurut kami enak. Kenyel-kenyel ala mochi. Nggak terlalu manis yang sampai eneg gitu waktu dinikmati di mulut. 

Selain itu pas saya lihat kandungan gizinya, lumayan bagus juga ternyata buat anak. Mengandung susu, lemak jenuh 1,5 gram, gula 6 gram, energi 90 KKal. 

Nggak mengandung pengawet lagi. Jadi merasa aman ngejadiin Paddle Pop Mochi ini sebagai camilan buat Kayyisah.

 

Percobaan pertama membuat mochi sugar swirl
Percobaan waktu belum sempat beli pewarna makanan. Akhirnya cuma dihias pakai meses cokelat.

Di sela-sela kegiatan melakukan misi, Kak Nurul dan Kak Ninda sempat mengajak anak-anak untuk menjawab kuis pertanyaan. Selain jawaban kuis, ada juga keterangan lain yang bisa menambah pengetahuan anak-anak tentang dunia luar angkasa.

Overall, ini kegiatan yang seru banget! Jadi ngerasa rugi sih, kenapa nggak ikut dari paket awal. Kalau saya lihat di rekaman dua paket sebelumnya, kegiatan-kegiatannya juga mengasyikkan gitu buat anak-anak.

serunya ikutan zoom bareng paddle pop
Manfaat ikut Liburan ke Planet Mochi bareng Paddle Pop

Tuh, siapa bilang di rumah saja bisa bikin anak bosan. Apalagi zaman sekarang, banyak banget ide kegiatan untuk anak di rumah yang bisa kita dapatkan dari internet.

Terima kasih banyak ya Paddle Pop dan khususnya Kak Melki sekeluarga serta tim Buumi Playscape. Meski saya dan Kayyisah sedang isoman kemarin, tapi kami tetap bisa melakukan kegiatan yang kaya pengetahuan dan juga mengasyikkan.

Nggak nyangka kan, kita di rumah saja, eh, tapi bisa jelajah luar angkasa dan melakukan beberapa misi keren!  Tema Liburan ke Planet Mochi bareng Paddle Pop jadi liburan mengesankan deh buat saya dan terutama Kayyisah.


Comments

  1. Oiya yaaa, klo isoman tuh yg paling susah memang membantu mengatasi rasa bosan anak. Kita sendiri yang dewasa acap kali keSusahan. Eeh, apalagi anak-anak. Alhamdulillah sdh sehat, Mbak

    ReplyDelete
  2. Seru ya bisa jelajah luar angkasa dari rumah tanpa harus keluar budget liburan :))

    ReplyDelete
  3. Ponakanku juga suka banget sih ama berbagai petualangan yang dihadirkan paddle pop. APalagi lengkap dengan peralatannya, bikin anak jadi kreatif sih ya

    ReplyDelete
  4. Programnya keren-keren ya..bikn anak betah belajar di rumah.ortu pasti jga terbantu sekali heheh

    ReplyDelete
  5. Anak2 jadi sukaaakk kalo ada program keren ala Paddle Pop ini ya Mbaaa
    Nambah wawasan dan menghibur pulak.
    Duh, semogaaa sehat2 selalu ya kita semuaa, jua anak2
    karena kalo masa pandemi gini, parno banget batuk pilek meriang gitu.

    ReplyDelete
  6. Wah ini yang jelajah planet Jupiter sama Kak Melky. Seru banget ya. Permainannya juga menarik. Anak-anak seneng pasti main ke Planet Mochi bareng Paddle Pop

    ReplyDelete
  7. Wah seru banget bisa menumbuhka kreativitas anak

    ReplyDelete
  8. Seru ya Bun bermain sambil belajar sama si buah hati. Jadinya, dia merasa nyaman ketika belajar dan nggak stres..

    ReplyDelete
  9. Di masa pagebluk ini, ortu kudu makin kreatif, mencarikan aktivitas yg menarik utk buah hati.
    Alhamdulillah, virtual trip kayak gini sangat berfaedah!

    ReplyDelete
  10. Seru yah ini liburan ke planet mochi bersama paddle pop, jadi ad kegiatan menarik bersama anak

    ReplyDelete
  11. Kreatif banget nih liburan bersama anak-anak selama pandemi. Tanpa harus keluar rumah mereka bisa mendapat ilmu dan kegembiraan berkat Paddle Pop. Sekalian minum es krim trus main lagi, bakalan asyik dan anak ga bosan. Bisa sekalian bangun antara anak dan ortu, menyelam perasaan masing-masing. Bikin iri :)

    ReplyDelete
  12. Paddle Pop kreatif banget ya/

    Agar anak-anak tetap ceria dan gak learning loss, anak-anak bisa liburan ke planet Mochi, bermain sambil belajar

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkenan membaca. Mohon maaf, komentar yang mengandung link hidup akan saya hapus ya...

Popular posts from this blog

TB Membuat Kayyisah Menjadi Anak tak Biasa

Mengganti Token Bank Mandiri yang Habis Baterai

Pakai Serum Pemutih Badan yang Bikin Cepat Putih, Aman Nggak Ya?