Cara Membersihkan Mesin Cuci dengan Mudah

 

Tips membersihkan mesin cuci

Mesin cuci rusak gara-gara nggak pernah dibersihkan? Duh, jangan sampai deh ya. Padahal di internet banyak banget lho berbagai tips membersihkan mesin cuci. Jadi dari pada rusak duluan, yuk deh kita cari tahu serba-serbi tentang cara membersihkan mesin cuci dengan mudah.

Fyi, sebetulnya jika pertanyaannya berapa lama mesin cuci harus dibersihkan, jawabannya ternyata nggak harus menunggu berbulan-bulan lho. Karena ternyata, mesin cuci itu harus dibersihkan paling tidak sebulan sekali. Atau, tergantung juga jenis pembersih mesin cucinya.

Jika tidak, akibatnya pakaian jadi bisa bau tidak sedap. Padahal baru kita cuci lho di mesin cuci. Ini dikarenakan adanya kotoran mesin cuci yang kotor dan menumpuk. Coba deh, niatnya mencuci baju biar bersih, eh, malah kena tambahan bakteri dari sisa-sisa kotoran proses pencucian sebelumnya.

Kotoran mesin cuci ini bisa berupa kerak, sisa sabun cuci, pelembut , atau pewangi pakaian, serta kotoran pada baju kotor. Efeknya pada mesin cuci sendiri, mesin cuci jadi mudah rusak.

Untuk urusan membersihkan mesin cuci, kalau mau simpel, sebetulnya bisa kok kita memanggil jasa membersihkan mesin cuci. Tapi kalau membersihkannya harus sebulan sekali, uhuk, ya lumayan juga ya!

Nah, dari pada sebentar-sebentar panggil jasa untuk membersihkan mesin cuci, kenapa kita tidak membersihkan sendiri saja. Karena ternyata di internet banyak kok aneka tips membersihkan mesin cuci. Tutorialnya mulai dari bentuk tulisan atau video.

Kalau mesin cuci kita punya pulsator dan kita bingung cara membuka mesin cuci untuk dibersihkan, nggak usah bingung. Kita bisa melihat caranya lewat berbagai video di Youtube.

Baca juga yuk: Tips Merawat Mukena

 

Perhatikan Pembersih Mesin Cuci yang Dipakai

Sebelum kita mencari tahu tips membersihkan mesin cuci, sebaiknya kita cari tahu dulu yuk berbagai tipe yang dipakai untuk membersihkan mesin cuci. Karena ternyata, ada bedanya, lho.

Di pasaran, kita bisa menjumpai aneka pembersih mesin cuci. Ada yang berbahan dasar oksigen, atau berbahan dasar klorin. Ada pembersih mesin cuci yang berbentuk tablet. Selain itu, ada juga yang membersihkan mesin cuci dengan menggunakan baking soda, cuka putih, atau menggunakan citric acid.

Kalau mesin cuci kita jarang dipakai, jarang untuk mencuci pakaian yang kotor banget, kita bisa membersihkan mesin cuci menggunakan pembersih berbahan dasar oksigen. Pembersih ini juga cocok untuk kita yang memiliki anak kecil atau bayi, atau mereka yang memiliki kulit sensitif. Karena sifat pembersih ini lembut untuk pakaian dan kulit.

Pembersih mesin cuci berbahan dasar oksigen ini bisa digunakan untuk membersihkan mesin cuci enam bulan sekali. Sayangnya, pembersih mesin cuci ini tidak bisa digunakan untuk membersihkan mesin cuci tipe front loading.

Sedangkan pembersih mesin cuci berbahan dasar klorin bisa digunakan untuk membersihkan mesin cuci tiap dua bulan sekali. Pembersih ini bisa membersihkan kotoran mesin cuci yang lengket. Untuk membersihkan dengan pembersih berbahan dasar klorin, kita bisa menggunakan air dingin untuk membersihkan kotoran mesin cuci.

Baca juga yuk: Andai Dulu Tahu 11 Cara Menghilangkan Noda Tinta Ini, Baju Suami pun Bisa Terpakai Lagi

 

Tips Membersihkan Mesin Cuci

Sebetulnya ada beragam tips yang beredar di internet tentang cara membersihkan mesin cuci. Dan biasanya, kebanyakan orang akan mencari tahu bagaimana cara membersihkan mesin cuci tipe bukaan atas, mesin cuci satu tabung, mesin cuci dua tabung, mesin cuci automatic, mesin cuci front loading atau bukaan depan. Ada juga yang mencari di internet dengan kata kunci mesin cuci yang tersumbat.

Nah, berikut ini ada berbagai tips cara membersihkan mesin cuci yang bisa dipilih. Sesuaikan saja dengan kondisi mesin cuci yang ada berikut kondisi dan masalahnya. Selain itu jika menggunakan cara perendaman, gunakan waktu satu jam, atau sesuaikan dengan petunjuk pemakaian pada wadah pembersih mesin cuci yang ada.

Baca juga yuk: Cara Membuat Pakaian Keluarga Tetap Terjaga dari Citra Kirana

 

Tips Cara Membersihkan Mesin Cuci Front Loading atau Bukaan Depan

1. Lakukan program pencucian di mesin cuci dengan menggunakan air panas untuk membersihkan sisa deteren yang menumpuk.

2. Tuangkan pembersih mesin cuci ke dalam laci detergen untuk menghilangkan bau.

3. Gunakan suhu 40 derajat saat menjalankan program pencucian

4. Kalau mesin cucinya punya laci detergen, lepas dan rendam di wadah tersendiri. Kalau terlalu kotor, rendam dalam air panas yang sudah dicampur pembersih mesin cuci. Gosok dengan sikat gigi bekas.

5. Untuk membersihkan bagian pintu mesin cuci, gunakan lap yang sudah dibasahi air panas. Bersihkan juga lapisan kotoran yang ada di pinggiran karet penyegel pintu dengan hati-hati.

6. Lap juga bagian saluran yang menghubungkan laci deteren dengan tabung.

 

Tips Cara Membersihkan Mesin Cuci Bukaan Atas Satu Tabung

1. Lakukan program pencucian di mesin cuci dengan menggunakan air panas untuk membersihkan sisa deteren yang menumpuk.

2. Ulangi cara pertama dengan menggunakan pembersih mesin cuci hingga selesai.

3. Jika sudah selesai, lap seluruh bagian dalam mesin cuci dengan lap yang sudah dibasahi air panas.

 

Tips Cara Membersihkan Mesin Cuci Dua Tabung

Untuk tabung pencucian, caranya sama seperti pada mesin cuci bukaan atas satu tabung ya. Sedangkan cara untuk membersihkan mesin cuci bagian pengeringnya, yang perlu dilakukan adalah cek lubang ventilasi pada tabung pengering apakah ada serat kain yang menyumbat.

Selain itu jika usai menggunakan bagian pengering, lap hingga kering bagian ini. Hal ini juga perlu dilakukan pada bagian tabung pencucian.

 

Jadi, jangan tunggu mesin cuci bau atau sampai rusak ya baru kita membersihkan mesin cuci. Yuk rajin bersihkan mesin cuci dengan cara yang benar. Biar pakaian yang habis dicuci jadi maksimal bersihnya, mesin cucinya bersih dan juga awet.

 

Comments

Popular posts from this blog

TB Membuat Kayyisah Menjadi Anak tak Biasa

Mengganti Token Bank Mandiri yang Habis Baterai

Pakai Serum Pemutih Badan yang Bikin Cepat Putih, Aman Nggak Ya?