Andai Dulu Tahu 11 Cara Menghilangkan Noda Tinta Ini, Baju Suami pun Bisa Terpakai Lagi

 Tips dan cara menghilangkan noda tinta

Baik saya maupun suami, saat itu tidak tahu cara menghilangkan noda tinta. Alhasil, hingga sekarang baju milik suami yang dibelinya kembaran dengan baju saya pun jadi nganggur tak terpakai.

Awalnya saya sudah sempat protes. Kenapa juga beli baju kembaran kok ya warna putih. Pasalnya, baju putih sering susah dibersihkan kalau kotor.

Apalagi mobilitas kami sehari-hari harus mengenakan sepeda motor. Kalau pas musim hujan, kan resiko banget tuh kalau sampai terciprat kotoran di jalan.

Saya sendiri kurang nyaman dengan baju putih karena sering terlihat transparan. Walhasil, saya harus mengenakan baju dalaman ekstra agar tidak terlihat terawang.

Lalu karena baju saya bentuknya gamis panjang, tentunya saya harus berhati-hati kalau duduk. Nggak bisa asal di sembarang tempat.

Intinya, baju putih itu bagi saya malah suka bikin ribet!

Dan akhirnya benar saja, apa yang saya khawatirkan terkait baju putih kembaran itu pun akhirnya terjadi juga.

Kejadiannya terjadi di baju milik suami. Suatu ketika dia mengantongi pulpen dan tidak tahu kalau tintanya bocor. Walhasil saku yang ada di bagian dada itu pun jadi terkena noda.

Saat suami mencuci bajunya tersebut, dia tidak berhasil membuat noda itu hilang. Jadilah kini baju itu nganggur, terlipat di tumpukan baju dalam lemari bagian bawah.


Menghilangkan Noda Tinta Sebetulnya tidak Sulit

Beberapa waktu kemudian, saya jadi penasaran ingin mencari tahu, apa iya sebetulnya memang tidak bisa menghilangkan noda tinta. Rasanya, kok sayang melihat baju milik suami yang akhirnya jadi tak terpakai. Padahal kan masih bagus.

Nah, kalau ada yang bilang cara menghilangkannya adalah dengan merendam dengan pemutih baju, pengalaman saya sih, selalu gagal total!

Kalau pakai pemutih baju, yang ada baju jadi berwarna kusam. Kadang malah jadi kuning.

Apalagi kalau kain bajunya nggakseratus persen putih. Warna yang nggak putih, setelah kena pemutih baju, warnanya jadi nggak karuan.

Intinya menggunakan pemutih baju untuk menghilangkan noda tinta itu justru malah tidak menyelesaikan masalah.

Setelah browsing, saya pun dapat beberapa solusi tentang cara menghilangkan noda tinta. Dan ternyata caranya mudah, bahan-bahan yang bisa digunakan pun gampang didapatnya.

Nah, ini dia cara yang bisa dilakukan dan bahan yang bisa digunakan:

1. Detergen penghilang noda

Sebetulnya sudah banyak sih detergen penghilang noda yang bisa ampuh menghilangkan noda seperti noda tinta. Hanya saja kalau pun pas dicoba kok gagal, bisa jadi pemakaiannya yang kurang benar. Dari beberapa detergen penghilang noda yang saya tahu, detergen ini bisa menghilangkan noda tinta jika dioleskan atau dibubuhkan dalam kondisi basah langsung ke bagian noda. Biarkan beberapa saat, gosok hati-hati atau gucek sampai nodanya hilang, lalu cuci seperti biasanya.

2. Pembersih cat kuku atau aseton atau nail polish remover

Cairan pembersih cat kuku rupanya juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda tinta. Teteskan cairan tersebut di atas kain baju yang terkena noda. Kemudian tepuk-tepuk dengan kain yang bersih atau kapas. Setelah itu rendamlah di air hangat yang sudah diberi detergen bubuk selama 30 menit.

3. Cuka

Teteskan cairan cuka pada noda yang terkena baju. Biarkan dulu selama sekitar 10 menit. Setelah itu tuang dua tetes sabun cuci cair atau taburkan serbuk detergen di atas noda. Gosok perlahan kain baju yang terkena noda hingga nodanya menghilang.

4. Pasta gigi

Basahi baju yang terkena noda tinta. Oleskan pasta gigi putih yang bentuknya bukan gel. Gosok dengan lembut  hingga nodanya menghilang.

5. Alkohol

Sebelum menggunaan alkohol, coba teteskan dulu ke bagian kecil kain baju yang agak tersembunyi. Coba perhatikan apakah tetesan alkoholnya merusak kain. Jika tidak masalah, baru teteskan alkohol ke atas noda baju yang terkena tinta. Setelah itu celupkan pakaian ke dalam air dingin yang bercampur garam. Biarkan beberapa jam.

6. Garam

Basahi baju yang terkena noda tinta. Beri sedikit garam pada bagian baju yang terkena noda. Gosok dengan tisu yang sudah dibasahi dengan air. Seteleha itu bilaslah sampai nodanya hilang.

7. Tepung maizena

Campurkan tepung maizena dengan sedikit susu hingga bentuka menjadi seperti pasta. Lalu oleskan pada noda tinta di baju. Jika sudah mengering, hilangkan maizena tersebut kemudian cuci baju dengan cara biasa.

8. Susu

Ternyata, susu putih juga bisa membersihkan noda tinta pada baju. Caranya, rendam kain yang terkena noda tinta pada susu putih selama semalam. Keesokan harinya baru cuci baju seperti biasa.

9. Hairspray

Semprotkan hair spray ke bagian noda tinta pada baju. Konon katanya sih, cara ini sangat ampuh banget! Tapi dengan catatan, lakukan ini ketika noda tinta masih baru pada baju.

10. Mentega

Oleskan mentega pada bagian baju yang terkena noda tinta. Kemudian, jemur baju tersebut di bawah sinar matahari. Baru setelah itu bersihkan dengan sabun dan bilas dengan air bersih.

11. Sikat gigi

Celupkan sikat gigi bekas ke dalam air. Sikatlah pelan-pelan ke atas noda tinta pada baju. Hati-hati agar kain baju tidak rusak. 

12. Tisu dapur

Kalau cara ini bisa dilakukan jika baju baru saja terkena cairan tinta. Caranya, basahkan tisu lalu tempelkan ke bagian baju yang terkena tinta. Tekan dan biarkan sementara waktu sehingga noda tinta bisa teresap pada tisu yang basah. Lakukan cara tersebut beberapa kali hingga noda tinta memudar.

Wohoho, ternyata banyak juga ya caranya! Karena baju suami sudah lamakena nodanya, jadilah saya mau pakai cara yang bisa menghilangkan noda tinta yang sudah lama membekas di baju. Moga sukses, dan bajunya bisa dipakai lagi.


Comments

Popular posts from this blog

TB Membuat Kayyisah Menjadi Anak tak Biasa

Mengganti Token Bank Mandiri yang Habis Baterai

Anak Lemas Setelah Sembuh dari Sakit, Ini Dia Cara Memulihkannya