Yuk Ajari Anak Membuat Kerajinan Limbah Plastik

Suka buang limbah plastik begitu saja? Eit, nanti dulu. Karena sebetulnya si sampah ini bisa jadi bahan kegiatan membuat kerajinan limbah plastik lho bersama anak-anak.


Suka buang limbah plastik begitu saja? Eit, nanti dulu. Karena sebetulnya si sampah ini bisa jadi bahan kegiatan membuat kerajinan limbah plastik lho bersama anak-anak.

Akhir-akhir ini gaya hidup hijau memang sedang jadi tren di mana-mana. Banyak ajakan yang menyerukan agar kita memulai kebiasaan baik untuk peduli lingkungan. 

Salah satunya, peduli dengan limbah plastik yang dihasilkan di lingkungan terkecil kita sendiri. Yaitu, dari lingkungan rumah.

Untuk peduli terhadap limbah plastik ini ada banyak caranya kok. Mulai dari memilah-milah dulu sampah yang akan kita buang, atau memanfaatkannya untuk didaur ulang.

Buat yang suka utak-atik kreatif, pastinya punya banyak cara saat ditantang mendaur ulang sampah. Sekalian, kita pun bisa mengajak anak-anak untuk melakukan kegiatan membuat kerajinan limbah plastik ini.

Baca juga: Membuat Boneka dari Kaos Kaki Bekas dengan Mudah

Berikut ini, ada beberapa ide kegiatan memanfaatkan sampah plastik untuk dijadikan kerajinan yang mudah untuk dilakukan orang tua dan anak-anak.

1. Pot

Untuk membuat pot, bahan yang diperlukan bisa berupa wadah yang sudah tidak terpakai dan berbahan plastik. Kalau bisa, gunakan sampah plastik yang agak tebal ya bahannya. Jadi biar nanti potnya tidak mudah rusak.

Botol yang sudah tidak tepakai bisa dijadikan pot tanaman


Kita bisa menggunakan botol minum berukuran besar yang lalu kita potong bagian atasnya. Atau, bisa juga kita gunakan wadah sekali pakai yang biasanya digunakan untuk hantaran atau pembelian makanan.

Jika ingin bagus, hiasi wadah sebelum digunakan. Di sinilah kita bisa mengajak anak-anak untuk mengecat wadah sesuai dengan kreatifitas mereka.

Gunakan juga cat yang aman untuk anak-anak. Seingat saya ada produk pewarna yang memiliki koleksi cat dan itu aman untuk anak.

Atau jika anak-anak sudah berusia 9 tahun ke atas atau sudah mahir menggunakan cat, kita bisa menggunakan cat besi.

Karena ini untuk pot, jangan lupa buat bolongan di bagian bawahnya ya. Sedangkan jika potnya ingin dijadikan pot gantung, kita tinggal membuat bolongan gantungan dan menambahkan tali.

Baca juga: Inilah 10 Cara Bersenang-senang dengan Si Kecil di Rumah

2. Tempat pensil meja

Sebetulnya untuk membuat tempat pensil meja, kita bisa menggunakan cara seperti tadi saat membuat pot.

Botol plastik bekas bisa dijadikan tempat pensil meja

Bahan untuk kerajinan limbah plastik yang satu ini adalah botol besar plastik yang sudah tidak terpakai.

Kita bisa memotong bagian atas botol. Untuk tinggi wadah tempat pensil meja ini, bisa kita sesuaikan dengan tinggi spidol ya.

Agar tampilannya bagus, kita bisa ajak anak untuk mengecatnya. Caranya bisa seperti saat mengecat untuk pot plastik tadi ya.

Baca juga: Punya Anak Suka Menggambar, Ikutkan Saja Kelas Komik di Kreasa

3. Membuat mainan

Kerajinan limbah plastik lainnya yang bisa kita buat dengan mengajak anak-anak adalah membuat mainan. Untuk yang satu ini, orang tua dan anak sangat dituntut kreatifitasnya.

Plastik bekas bisa digunakan untuk membuat mainan


Cara membuat mainan dan sampah plastik ini adalah dengan mengumpulkan berbagai macam wadah tak terpakai. Kemudian pikirkan dulu, benda atau mainan apa yang mau dibuat.

Selanjutnya, mainkan saja kreatifitas yang kita miliki. Orang tua dan anak bisa menempel-nempel, atau memotong dan membuat pola terlebih dahulu sebelum direkatkan dan dibentuk menjadi sebuah bentuk mainan.

Itu tadi tiga kegiatan yang bisa orang tua lakukan bersama anak saat membuat kerajinan limbah plastik. 

Oh iya, jangan lupa, sebelum limbah plastik ini digunakan, bersihkan atau cuci bersih dulu ya. Kemudian keringkan. 

Dengan memanfaatkan limbah plastik untuk dibuat kerajinan, kita jadi mengajarkan pada anak tentang bagaimana cara untuk peduli lingkungan. 

Selain itu, anak-anak pun jadi belajar dan terbiasa untuk kreatif dalam menciota sesuatu yang berguna dari limbah plastik yang awalnya sudah menjadi sampah.


Comments

  1. Bisa juga buat kerajinan tangan, pernah liat orang bikin bunga dari sedotan, cantiiik banget...

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkenan membaca.

Postingan Populer

TB Membuat Kayyisah Menjadi Anak tak Biasa

Mengganti Token Bank Mandiri yang Habis Baterai

Pakai Serum Pemutih Badan yang Bikin Cepat Putih, Aman Nggak Ya?

Menambah Wawasan Parenting dari Buku Dilan

Anak Lemas Setelah Sembuh dari Sakit, Ini Dia Cara Memulihkannya

Review Jujur Setelah Pakai Rangkaian Scarlett Whitening, Hasilnya Ternyata…

Tujuh Hal yang Perlu Dipertimbangkan dalam Membuka Usaha Toko Sembako

Lopang, Surganya Buah Jamblang

Melawan Neuropati untuk Segudang Aktivitas yang Terus Menanti

Resep Buka Puasa dengan Sambal Boran Khas Lamongan