Membuat Boneka dari Kaos Kaki Bekas dengan Mudah

Siapa hayo yang suka merasa susah kalau harus bikin prakarya? Misalnya kalau harus diminta membuat boneka dari kaos kaki bekas gitu?

Boneka dari kaos kaki bekas


Hihihi... saya pun kadang merasa begitu sih. Maunya mending beli mainan yang langsung jadi saja. Males ribet!

Eh tapi... justru di balik keribetan itu ada banyak manfaatnya lho. Jika orang tua suka membuat mainan atau sesuatu lainnya bersama anak-anak, ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan.

1. Membuat bonding atau ikatan antara orang tua dengan anak

Segala aktivitas bersama yang dilakukan antara orang tua dengan anak memang bisa memunculkan ikatan hubungan di antara keduanya. Termasuk juga lama aktivitas membuat boneka dari kaus kaki bekas. Saat melakukan bersama, orang tua bisa mengajak anak untuk bekerja sama dalam membuat boneka dari kaus kaki bekas. Bentuknya bisa orang tua yang membuat tapi pilihan model dan bentuk bonekanya tergantung anak. Atau jika usia anak sudah lebih besar, orang tua bisa mendampingi dengan anak lah yang membuat sendiri boneka tersebut.

2. Mengasah kemampuan kreativitas

Kreativitas adalah segala hal yang membuat seseorang bisa membuat sesuatu dengan cara uniknya sendiri. Misalnya dalam membuat boneka dari kaos kaki bekas, orang tua dan terutama anak bisa memunculkan ide-ide kreatif dalam membuat bentuk atau memanfaatkan segala hal yang ada.

3. Lebih irit atau hemat uang

Salah satu manfaat dari membuat mainan sendiri termasuk membuat boneka dari kaos kaki bekas adalah kita bisa lebih menghemat biaya pengeluaran. Jika membeli sebuah boneka tangan atau boneka kecil kita bisa mengeluarkan dana hingga puluhan ribu rupiah, tapi dengan membuat boneka sendiri kita bahkan bisa jadi tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun.

4. Belajar memanfaatkan apa yang ada di sekitar

Tak ada rotan, akar pun jadi. Pepatah yang satu ini paling pas untuk mengungkapkan bahwa memiliki sesuatu itu tidak perlu harus selalu beli. Dengan bahan-bahan yang sifatnya cenderung sudah tidak terpakai lagi, seperti kaos kaki bekas, kita bisa mengubah nilainya menjadi lebih berguna.

5. Belajar mencari celah peluang yang bersifat positif

Kemampuan untuk melihat sebuah peluang bisa muncul dari kebiasaan. Begitu pun halnya dengan membuat boneka dari kaos kaki bekas. Dengan melakukan kegiatan ini, kita juga sekaligus bisa melatih si kecil untuk terbiasa memanfaatkan apapun menjadi lebih positif.

Nah, untuk kali ini, saya ingin mengajak membuat boneka dari kaos kaki bekas nih. Beberapa hal yang diperlukan antara lain sebagai berikut.

1. Kaos kaki bekas

Bisa menggunakan kaos kaki bekas milik orang tua, atau kaos kaki bekas milik anak. Yang perlu diperhatikan, pastikan kaos kaki bekas yang akan digunakan sudah benar-benar bersih terlebih dahulu.

2. Alat perekat

Dalam membuat boneka dari kaos kaki bekas, kita perlu menempelkan beberapa bagian seperti untuk rambut, mata, atau hidung dan mulut. Untuk menempelkan bagian-bagian tersebut kita bisa menggunakan jarum dan benang. Tapi jika bahan yang akan direkatkan bukan berasal dari kain, misalnya manik-manik, kita bisa menggunakan lem tembak. Alat perekat ini juga lebih praktis. Dan jika aktivitas membuat boneka dari kaos kaki bekas ini menggunakan lem tembak, maka orang tua perlu mendampingi anak saat beraktivitas karena lem ini menggunakan listrik. Terutama jika usia anak masih sangat kecil. 

3. Untuk membuat rambut

Saat membuat rambut, kita bisa menggunakan benang wol, atau kain flanel yang dibentuk sedemikian rupa menjadi bentuk rambut. 

4. Untuk membuat bagian mata dan hidung

Untuk bagian wajah, biasanya kita bisa menggunakan kancing, manik-manik, atau kain flanel yang dibentuk menjadi bagian mata atau hidung. Kain flanel ini juga bisa dibentuk menjadi bagian pipi atau alis.

5. Boneka tangan atau boneka mini

Kaos kaki bekas yang dijadikan boneka ini bisa dua macam. Kita bisa membuat boneka yang diisi kain bekas dan dibentuk boneka. Atau, kita bisa membuatnya menjadi boneka tangan.

Cara membuatnya ya tinggal dirangkai saja. Misalkan nih untuk membuat rambut. Kalau pilihan kita menggunakan benang wol, ikat dulu jadi satu beberapa helai benang wol. Kemudian kita rekatkan pada kaos kaki bekas yang akan digunakan untuk membuat boneka.

Intinya, membuat boneka dari kaos kaki bekas ini bisa tergantung dari kreativitas kita terutama jika ingin menggunakan barang dan bahan yang seadanya di rumah.


Comments

  1. Mbaa, saya jadi ingat pernah bikin craft gini waktu acara parenting Clozette dulu, ada Mba Ika juga ya kayaknya waktu itu?

    Kita diajarin cara bikinnya, meski ya saya lupa lagi caranya hahaha.

    Mungkin karena anak saya cowok keduanya kali ya, jadinya jarang main bebikinan kayak gini :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkenan membaca.

Postingan Populer

TB Membuat Kayyisah Menjadi Anak tak Biasa

Mengganti Token Bank Mandiri yang Habis Baterai

Pakai Serum Pemutih Badan yang Bikin Cepat Putih, Aman Nggak Ya?

Anak Lemas Setelah Sembuh dari Sakit, Ini Dia Cara Memulihkannya

Menambah Wawasan Parenting dari Buku Dilan

Review Jujur Setelah Pakai Rangkaian Scarlett Whitening, Hasilnya Ternyata…

Bikin Asyik Liburan Sambil Kerja dengan ASUS ZenBook UX391UA

Tujuh Hal yang Perlu Dipertimbangkan dalam Membuka Usaha Toko Sembako

Lopang, Surganya Buah Jamblang

Melawan Neuropati untuk Segudang Aktivitas yang Terus Menanti