Inilah 10 Cara Bersenang-senang dengan Si Kecil di Rumah

14 comments

 

Aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan anak di rumah

Buat yang punya anak di usia sekolah, gimana nih kabarnya? Masih ikutan PJJ, atau malah sudah PTM?

Kalau anak saya Kayyisah, sekarang ini sudah PTM. Alhamdulillah, Lamongan sudah di level 1. Duluan di zona hijau lho untuk wilayah Jawa Timur.

Tapi meskipun sudah PTM, tentu tetap saja, anak-anak bersekolah dengan kondisi yang mengikuti prosedur kesehatan. Dalam satu kelas, anak-anak dibagi dalam dua ruangan. Lalu setiap harinya masuk hanya sekitar dua jam.

Jadi tetap lah ya, hidupnya anak masih banyak porsinya di rumah. Kalau ditanya apa anak dan ibu bosan, uhm, ya tentu ada rasa itu juga.

Apalagi buat saya yang tidak bekerja di luar rumah. Wew, kadang bisa perang juga sama anak. Kadang suka ada misskomunikasi di antara saya dan Kayyisah. Kejadiannya biasanya sering terjadi saat saya sedang menemani Kayyisah belajar, atau pas saya sedang bingung mengerjakan kerjaan yang makin mendekati deadline.

Akhirnya jika pas senggang, saya atau Kayyisah mencoba mengisi waktu dengan main bersama. Ada beberapa aktivitas yang biasanya kali lakukan.

Berikut ini beberapa aktivitas yang bisa kami lakukan antara saya dan si kecil selama di rumah.

1. Membaca buku bersama

Ada dua macam buku yang kadang saya bacakan untuk si kecil. Ada buku fisik dan online.

Karena posisinya untuk saat ini saya masih sering-sering pindah rumah kontrakan, jadilah saya meminimalisir membeli buku bentuk fisik lagi. Terutama untuk anak-anak.

Sebagai gantinya, saya lebih memilih membacakan buku oniline.

Baca juga: Penuhi Hak Anak Kenal Bahasa Ibu Lewat Let’s Read

2. Main sosio drama atau membuat cerita

Anak saya Kayyisah itu hobi banget main sosio drama. Bahkan dia bisa lho mengarang cerita antah berantah dalam posisi sedang dibonceng di sepeda motor atau sedang mau tidur. Benda apapun juga bisa dimainkan dan pura-puranya jadi tokoh rekaannya sendiri.

Jika sedang main sosio drama, Kayyisah ini bisa betah bahkan sampai satu jam lebih. Dulu zaman masih belum ada adiknya dan Kayyisah masih balita, saya pun sering menemaninya memainkan tokoh-tokoh tertentu yang ada dalam mainannya.

3. Camping atau piknik di rumah

Ingin piknik tapi kok masih parno pandemi atau belum ada waktu buat jalan-jalan, ya sudah, camping atau piknik saja di rumah. Ini juga yang pernah saya lakukan dengan Kayyisah.

Jadi waktu itu suami saya pinjam tenda ke saudaranya. Lalu tenda pun kami pasang deh di dalam rumah, di ruangan yang lumayan cukup untuk berdirinya sebuah tenda.

Kayyisah girang banget waktu tahu ini. Dia pun langsung mengusung beberapa mainannya ke tenda tersebut. Kadang dia main di sana. Kadang, dia juga pura-pura piknik dan tidur di tenda tersebut.

4. Main sambil mengenalkan permainan tradisional

Biar anak tetap mengenal budaya terutama budaya daerahnya, kadang saya dan suami juga mengajak Kayyisah untuk main permainan tradisional. Apalagi suami, dia paling paham banget permainan tradisional khas Jawa.

Saya dan suami mengenalkan Kayyisah permainan seperti congklak, mercon alami, sampai main petak umpet di daam rumah segala lho! Hahaha…

5. Lihat berbagai film dan lagu di hp

Kalau ini kayaknya jadi aktivitas yang paling banyak dilakukan dan disuka anak-anak ya. Apalagi kalau yang berhubungan dengan hp.

Dengan Kayyisah, kadang saya pun mengajak dia untuk screen time. Kadang lihat Youtube, Tiktok, atau Instagram. Apalagi saat ini kan buanyak banget konten untuk anak-anak di media-media sosial tersebut.

Baca juga: Channel Youtube Favorit Saya dan Si Kecil

6. Exercise dengan si kecil

Saya dan keluarga itu suka sekali gerak tubuh. Dengan abinya, Kayyisah dan adiknya terbiasa main petak umpet. Sedangkan dengan saya, biasanya saya Kayyisah untuk mengikuti konten gerak yang ada di hp.

Beberapa konten gerak di internet yang biasanya kami lakukan antara lain mulai dari exercise Pingfong, ikutan challenge di TikTok, atau Kayyisah pernah juga ikut senam Yoga pas saya ada webinar dan terdapat sesi Yoga di dalamnya.

7. Membuat video bersama

Karena mainannya Kayyisah ini lumayan banyak, terkadang saya juga mengajaknya untuk membuat video. Konten yang kami buat isinya bisa berupa sosio drama dengan memainkan beberapa mainan miliknya, atau menyanyikan lagu dengan menggunakan mainan yang ada.

Baca juga: Membuat Video Bersama Anak, Bentuk Perhatian Ibu yang Banyak Manfaatnya

8. Memainkan mainan yang ada

Terkadang saya pikir, ada gunanya juga saya dan mbahnya sesekali membelikan mainan buat Kayyisah. Jika pas sedang bosan di rumah, andalan saya biasanya mengajak Kayyisah membongkar-bongkar lagi mainan yang ia punya.

Biasanya, saya mengelompokkan mainan miliknya dalam beberapa tas kain besar. Kategori pengelompokkannya ada sekantong besar mainan masak-masakan, mobil-mobilan, boneka kecil, atau ada juga kantong unidentified. Ini untuk mainan yang tidak bisa masuk di tiga kelompok tadi.

Nah kalau sedang diajak membongkar mainan, Kayyisah yang ada be-te bisa jadi semangat. Matanya bisa berbinar seperti menemukan harta karun. Padahal aslinya ya mainan dia sendiri yang kebetulan lama tidak ia pakai main.

9. Menggambar

Kayyisah itu hobi banget menggambar. Sepertinya mewarisi bakat abinya dan juga bakat saya yang sayangnya sudah hampir punah! Hehehe… Istilahnya begini karena memang waktu kecil saya hobi menggambar tapi makin besar malah memilih untuk lebih suka menulis dibanding menggambar.

Anak hobi menggambar

Jika sedang menggambar, bibirnya bisa terus berceloteh seperti sedang membuat cerita sendiri. Tugas saya dan suami tentunya menyiapkan alat menggambar untuknya agar bakat dan hobinya tersalurkan.

10. Main games online

Ini yang terakhir, main game online di hp. Dulu, Kayyisah sering saya unduhkan beberapa game seperti permainan Tom si kucing yang bisa bicara, permainan menggambar di hp, atau game merawat kuda.

Sayangnya, kapasitas hp saya makin lama makin sering penuh karena berisi beberapa aplikasi untuk penunjang kerja. Jadilah saya tidak membolehkan sama sekali Kayyisah untuk main games online di hp yang membutuhkan aplikasi khusus.

Kadang ya kasihan juga sih. Saat beberapa temannya yang lain bisa dengan senangnya memainkan games ini itu di hp, dia hanya menjadi penonton setia saja.

 

Main Games Online di Plays.org

Untungnya akhir-akhir ini saya menemukan games online yang tidak membutuhkan aplikasi khusus untuk diunduh. Nama situsnya adalah Plays.org.

Situs ini bisa dibilang gudangnya game online lho! Saya sendiri pas mencoba cari tahu game apa saja yang ada di sana, eh, malah menemukan banyak permainan kesukaan tempo dulu yang kadang saya mainkan sebelum hp ada seperti sekarang.

Waktu membuka Plays.org, kita akan disuguhkan beberapa games online baru di situs tersebut. Di Plays.org kita akan melihat beberapa judul games online, foto game yang bisa kita mainkan, juga deskripsi permainannya.

Sedangkan kalau kita mau cari jenis-jenis games online lainnya, cari saja di bagian paling bawah halaman. Di situ kita bisa memasukkan kata kunci dari games online yang ingin kita mainkan, atau kita juga bisa mencari di kategori-kategori yang ada.

Banyaknya pilihan games online di plays.org

Atau kalau bingung mau main apa tapi kitanya cuma niat sedang mau main games online, klik saja tiga garis di atas lalu klik Random Plays. Nanti kita akan diberikan saran sebuah game yang barangkali mau kita mainkan.

Untuk Kayyisah, dia memilih kategori game seperti animal, Frozen, Grizzy & Lemmings, SpongeBob SquarePants, atau Powerpuff Girls. Games online pilihannya biasanya berasal dari tampilan film kartun yang sering ia jumpai di TV.

Kalau saya sendiri sebagai generasi 90-an, tentunya kangen beberapa game tempo dulu. Misalnya, permainan ular tangga atau Snakes and Ladders, Tetris, atau Solitaire.

Beberapa games yang saya coba mainkan waktu itu adalah Snakes and Ladders. Waktu awal main yang pilihannya bermain dengan komputer, saya merasa, “Ih, ini mah bisa-bisa nggak bekal menang. Kayaknya dadu yang digelindingkan komputer dapat angka yang menguntungkan dia terus. Eh tapi saya salah, ternyata bisa menang juga lho!

Permainan ular tangga online

Sedangkan saat main SpongeBob Restaurant Burger Grill Simulator, yang ada justru Kayyisah yang mengajari saya cara mainnya. Pas saya tanya apa dia pernah main ini di rumah temannya, dia bilang enggak. Jawabannya ya karena memang biasa lihat di filmnya saja.

Saya dan Kayyisah juga pernah memainkan game Nick Sunny Day Super Search. Bisa dibilang game ini mudah cara mainnya. Kita membutuhkan ketelitian untuk mencari orang yang disembunyikan.

Serunya main games online Nick Sunny Day Super Search

Gara-gara Plays.org, saya dan Kayyisah jadi bisa ketemu win-win sollution. Hp saya aman nggak perlu lagi install games online, Kayyisah pun jadi senang karena akhirnya sesekali dia bisa main game di hp seperti teman-temannya.

Yang mau ikutan seru-seruan main game di Plays.org, bisa klik di sini ya: https://plays.org/

Related Posts

14 comments

  1. Yeayyy selalu ada cara utk bikin semua hepi ya Mba.

    Makin pintar dan kreatif nih anak² kalo mainnya kayak gini.

    Sehat² selalu yaaa

    ReplyDelete
  2. wah happy kalau win-win solution begini, ga perlu instal game yang beraaaat..download Plays org aja...Apalagi ada games era saya, kangen game jadoel, Snakes and Ladders, Tetris, atau Solitaire....wah, mau juga ibunya :)

    ReplyDelete
  3. Anak2 demen dibacain buku cerita, atau main rumah2an dan tamu2an biasanya ya. Anak2ku juga senang menggambar dan mewarnai. Abis itu suka juga main game. Nah, ada play(dot)org nih permainannya seru2 ya ada kartun2 favorit mereka. Ga bakalan bosan deh lama di rumah terus :) Kita dipermudah mencari games tinggal memasukkan kata kunci aja ya. Mantap.

    ReplyDelete
  4. Saya juga lebih suka yang gak harus install aplikasi begini. Trus gamenya yang ringan-ringan aja. Kalau sulit malah terkadang malah bikin gregetan hahaha. Ini gamenya bikin anak jadi betah di rumah, ya

    ReplyDelete
  5. Banyak ide ya buat fun sama si kecil di rumah. Okelah save dulu tipsnya

    ReplyDelete
  6. Waaa salah satu yang paling menyenangkan adalah baca buku. Aku bahkan suka banget sama buku anak-anak dengan ilustrasi warna-warni nan apik. Borongnya dari sekarang, buat disimpan nanti pas sudah punya anak. Hehehe

    ReplyDelete
  7. Seru banget. Game emang gak selalu buruk kok untuk anak-anak asal bisa management waktu. Justru aku main game dari jaman SD sampe sekarang ngebantu banget untuk perkerjaan dan jadi belajar bahasa asing + sejarahnya juga, seruuu. Coba game dari code.org juga mba, itu belajar konsep ngoding, problem solving yg fun untuk anak~

    ReplyDelete
  8. Walaupun jomblo dan belum menikah, terkadang hal kayak gini juga diperlukan kalau pas ketemu sama anak dari teman atau saudara hahaha. Yang paling sering sih ya ngajak main si kecil mainan bongkar pasang

    ReplyDelete
  9. Keren Mbak.. Kayyisa imajinasinya luas banget bisa bikin sosio drama juga.. Btw rekomendasi game online-nya menarik juga.. Mau cobain sama si kecil di rumah..

    ReplyDelete
  10. Serunya mba.. anak anakku dah mulai besar makin gemesinn. Hahhaha..jadi teman diskusi berat terus sama mamak kalau daring gini

    ReplyDelete
  11. Eh keren ya kak Ada permainan game s online di plays. Org gini jadi nggak perlu download ya kak

    ReplyDelete
  12. Aku sama anak-anakku juga giniūüėć biasanya ngabisin waktu buat baca buku, bermain mainan dan game.

    ReplyDelete
  13. camping dirumah seru bgt tuh, dulu pernah punya tetangga bikin gituan wkwk mereka manggang2 gtu dihalaman rumahnya. saya kecpiratan dapat ikan panggang deh jadinya hehe

    ReplyDelete
  14. Kegiatan yang sangat edukatif bagi anak thu moms, tips-tips seperti ini harus salah satu kita lakukan agar anak tepat lebih produktif hari-harinya ketika dirumah

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular