Yuk Waspadai Beberapa Penyakit yang Menyerang Paru-paru

Yuk Waspadai Beberapa Penyakit yang Menyerang Paru-paru


Jika membahas seputar organ tubuh tentu semua organ tubuh memiliki fungsinya masing-masing. Misalnya paru-paru, yang berfungsi sebagai organ pernafasan. 

Tentu saja, paru-paru merupakan bagian organ tubuh penting yang harus kita jaga. Saat udara mencapai paru-paru maka akan terjadi proses pertukaran antara oksigen dari luar tubuh, dengan karbon dioksida dari dalam darah. 

Ketika paru-paru kita mengalami kerusakan atau terkena penyakit, maka proses pertukaran oksigen akan terganggu. Maka dari itu kita harus benar-benar menjaga kesehatan paru-paru.

Nah, berikut ini ada beberapa informasi nih seputar beberapa penyakit yang menyerang paru-paru. Penasaran seperti apa? Yuk simak ulasannya sebagai berikut. 

1. Asbestosis 

Di urutan pertama ada asbetosis. Ini merupakan penyakit paru yang terkait dengan paparan terhadap asbes dengan jangka waktu yang lama. Asbes yang dimaksud di sini yaitu salah satu material yang banyak digunakan oleh industri pabrik, pelapis lantai, dan atap. 

Sebetulnya ketika semua material mengandung asbes dengan keadaan yang baik maka serat asbes yang terkandung di dalamnya pun aslinya sih tidak akan mempengaruhi kesehatan paru-paru. Namun saat serat-serat pada asbes dihirup dan mengendap di paru-paru, maka hal tersebut dapat menyebabkan peradangan, bekas luka bahkan kerusakan jaringan paru-paru. 

Inilah yang kita sebut asbestosis. Asbestosis sendiri adalah salah satu faktor terjadinya keganasan seperti mesotelioma dan karsinoma bronkus. 

2. Pneumonia 

Selanjutnya ada pneumonia atau yang lebih familiar dengan sebutan paru-paru basah. Penyakit ini merupakan infeksi yang dapat menyebabkan kantung-kantung udara di dalam paru-paru meradang dan membengkak. 

Mengapa penyakit ini disebut paru-paru basah? Sebab penyakit ini mengalami kondisi di mana paru-paru dipenuhi oleh cairan nanah. 

Penyebab utama paru-paru basah sendiri karena pneumonia yaitu infeksi bakteri, virus, atau jamur. Penyakit ini dapat menular melalui udara yang sudah tercemar kuman yang bersumber dari pengidap bersin atau batuk. 

3. Turbekulosis atau TB 

Selanjutnya penyakit yang menyerang paru-paru adalah turbekulosis atau yang biasa disebut dengan TB.  TB merupakan penyakit yang dipicu oleh infeksi bakteri Mycobacterium turbeculosis. 

Bakteri tersebut bukan hanya menyerang bagian paru saja melainkan dapat menyebar ke seluruh anggota tubuh lainnya seperti kelejar getah bening, tulang, sistem saraf pusat, dan ginjal. 

Tentu penyakit ini adalah penyakit yang berbahaya. Cara penyebarannya adalah melalui percikan dahak atau bisa juga dari cairan yang berasal dari saluran pernapasan pengidap TB seperti dengan bersin atau batuk. 

Yuk baca juga beberapa cerita saya tentang bagaimana keluarga saya menghadapi TB:

TB, Penyakit yang Membuat Ayah Berhenti Merokok

TB Membuat Kayyisah Menjadi Anak tak Biasa

Penyebab Malnutrisi Hingga Telat Tumbuh Kembang Itu Bernama TB

4. Bronkitis 

Di posisi ke empat ada bronkitis. Penyakit ini terjadi karena peradangan di bagian bronkus. Bronkus sendiri merupakan percabangan saluran udara yang menuju ke paru-paru. 

Penyebab terjadinya bronkitis adalah infeksi virus. Virus tersebut ditularkan melalui percikan dahak dari pengidap bronkitis. Jika percikan tersebut terhirup dan tertelan oleh orang lain maka virus tersebut bisa menginfeksi bronkus orang tersebut. 

5. Penyakit Paru Obstruktif Kronis atau PPOK 

Di posisi terakhir penyakit yang menyerang paru-paru yang akan dibahas di sini adalah Penyakit Paru-paru Obstruktif Kronis atau PPOK. Penyakit ini merupakan peradangan paru kronis yang dapat memicu terjadinya gangguan aliran udara yang bisa saja menuju atau dari paru-paru. 

Pada umumnya terdapat dua jenis gangguan yang terjadi pada PPOK. Gangguan tersebut antara lain bronkitis kronis dan emfiesma. 

Untuk bronkitis kronis, peradangan tersebut terjadi pada bagian dinding bronkus. Sedangkan untuk emfiesma, peradangan terjadi pada alveoli atau kantung kecil pada paru-paru. 

Beberapa faktor penyebab PPOK antara lain paparan asap rokok dalam jangka waktu yang panjang, baik aktif maupun pasif. Selain itu penyebab PPOK bisa juga karena paparan debu dan bahan bakar. 


Nah itulah beberapa informasi seputar beberapa penyakit yang menyerang paru-paru. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua ya. 

Comments

Popular posts from this blog

TB Membuat Kayyisah Menjadi Anak tak Biasa

Mengganti Token Bank Mandiri yang Habis Baterai

Anak Lemas Setelah Sembuh dari Sakit, Ini Dia Cara Memulihkannya