Fitur di Sebuah Aplikasi Belajar yang Bakal Bikin Kemampuan Otak Meningkat

 

zencore bikin otak jadi cerdas

Beberapa teman saya mengeluh tentang anaknya yang jadi kecanduan hp selama masa pandemi. Sampai-sampai ada salah satu teman yang mengaku awalnya memang punya kebijakan no hp ke anaknya. Tapi karena pandemi, karena semua urusan sekolah selalu berkaitan dengan hp, karena anak-anak banyak diminta di rumah dan diminimalkan keluar rumah, ya hp lagi lah jadinya.

Sebetulnya yang banyak ditakutkan dari para orang tua tentang anak yang selalu pegang hp itu adalah game. Banyak orang tua sudah tahu apa saja sisi buruk dari anak yang kecanduan permainan. Tapi dengan alasan kondisi pandemi tadi, akhirnya orang tua pun mengalah dan membiarkan anaknya main hp.

Baca juga yuk dilema PJJ atau PTM di tulisan ini dan bagaimana menyiasatinya: Kembali ke Sekolah dengan PJJ dan PTM? Siap Dong!

Dan memang, sebetulnya kalau kita mau lebih cari tahu, banyak lho aplikasi bagus yang tak kalah dari game untuk urusan hiburan. Bahkan aplikasi belajar sekalipun, sekarang banyak yang keren-keren. Salah satunya aplikasi Zenius yang di situ kita bisa menggunakan fitur ZenCore.

download aplikasi zenius untuk anak belajar


Sebelum saya kasih tahu asyiknya pakai ZenCore, mungkin banyak orang sudah tahu bagusnya Zenius. Yup, platform belajar online yang satu ini sebetulnya sudah banyak dikenal orang kualitasnya. Nggak sering ramai-ramai sih urusan promosinya. Tapi dari mulut ke mulut, banyak orang sudah pada tahu kalau Zenius itu banyak banget membantu anak-anak dalam proses belajar secara online.

Nah, setelah ini saya kupas ya, apa itu fitur ZenCore dari Zenius.

 

Anak Butuh Pintar dan Terhibur

Ceritanya karena Kayyisah sudah masuk kelas 1 SD, akhirnya untuk membantu dia belajar di rumah, saya download aplikasi Zenius di hp. Setelah download aplikasi ini, saya memilih pilihan sebagai orang tua. Kemudian untuk kelasnya, saya pilih kelas 1.

Lalu saya pun tertarik dengan slide yang menampilkan tentang ZenCore. Tulisannya, ‘asah pengetahuan dasar anak melalui ZenCore dengan metode adaptive learning #mulaidarimanaaja ‘ . Karena penasaran, saya klik deh.

zencore bisa dipakai #mulaidarimanaaja oleh siapa saja


Setelah itu, ada tulisan yang menjelaskan apa itu ZenCore. Jadi, ini adalah fitur terbarunya Zenius. Harapannya, fitur ini bisa membantu mencerdaskan siswa Indonesia seumur hidupnya. Wait, sampai di sini saya merasa excited!

Selain itu, ZenCore juga diharapkan mampu membuat anak berwawasan luas, serta memahami keberagaman pemikiran serta nilai kehidupan manusia. Endingnya, anak diharapkan bisa jadi cerdas, cerah, dan asik.

Fitur ini nggak ada hubungannya dengan level atau jenjang pendidikan. Jadi mau level kognitifnya tingkat berapa, jenjang pendidikannya kelas berapa, sekolahnya tingkat berapa, semua bisa pakai ZenCore. Pantas saja tagarnya #mulaidarimanaaja . Mau sekolah kelas berapa, atau sudah dewasa dan nggak anak sekolah pun bisa pakai ZenCore.

Penasaran nggak? Penasaran dong. Ya sudah, saya klik deh tombol ungu yang paling bawah. Ada tiga CorePractice yang jadi tantangan buat kita mainkan. Ada Matematika, Verbal Logic, dan Bahasa Inggris.

Pas saya main, eh, kok jadi ketagihan. Gawat! Hahaha…

Jadi, dasarnya saya ini memang orang yang suka main tebak-tebakan apalagi pelajaran. Dari dulu kalau ada kuis atau acara seperti Are You Smarter that 5th Grader, Ranking 1, Olimpiade Indonesia Cerdas, whuah, hobi nonton dan ikutan jawab. Hitung-hitung sambil mengasah ingatan waktu jadi siswa zaman baheula.

tiga kelompok tema soal di zencore


Nah, seperti itu juga euforia saya saat main ZenCore. Saya dihadapkan pada soal-soal yang aslinya sih mudah banget. Level anak kelas SD kelas atas sih. Tapi kita butuh ketelitian dan kecepatan saat menjawabnya.

Jadi memang sesuai sih tagar #mulaidarimanaaja . Nggak peduli mau umur berapa, kelas berapa, ZenCore ini ditujukan untuk siapa saja yang mau main sambil mengasah otak.

Ah, coba kenal begini pas hamil Emir dulu. Pasti tiap hari saya bakal main ini terus biar Emirnya ikutan pintar. Hihihi…

Baca juga yuk tulisan saya tentang memanfaatkan momen belajar di rumah masa pandemi: Masa Belajar di Rumah, Waktunya Menumbuhkan Karakter Positif Pada Anak

 

Alasan Kenapa Anak Harus Pakai ZenCore

Saat tahu ada kelompok pertanyaan Matematika, Verbal Logic, dan Bahasa Inggris, saya langsung paham. Begitu juga sewaktu saya mengamati pertanyaan demi pertanyaan yang ada di ZenCore. Terkesan mudah. Tapi ada kemampuan otak yang dituntut saat menjawab pertanyaan demi pertanyaan.

Nah, ini dia menurut saya hal-hal yang bagus dari fitur ZenCore yang bikin kita jadi terpikir untuk download aplikasi Zenius.

1. Mengasah ketelitian, kejelian, atau kecermatan

Sebetulnya pertanyaan-pertanyaan di ZenCore itu gampang-gampang banget lho. Tapi kalau kita nggak teliti, nggak hati-hati, ya bisa salah.

soal gampang di zencore yang butuh ketelitian
Soalnya gampang kan?


Ini kalau dihubungkan di kehidupan nyata, saya jadi ingat seorang mantan murid saya yang cerdas banget, tapi nilainya sering kalah sama temannya yang kurang seberapa kecerdasannya. Alasannya, karena murid yang cerdas tadi suka kurang teliti kalau mengerjakan banyak hal.

Jadi, punya kemampuan teliti, nggak gampang menganggap remeh apapun itu penting. Dan itu bisa diasah lewat fitur ZenCore di tiga bagian CorePractice yang ada.

Pada bagian Matematika dan Bahasa Inggris, soal yang diberikan begitu mudah aslinya. Tapi kalau kita buru-buru karena mengejar waktu atau menganggap remeh, ya akhirnya bisa salah.

Baca juga yuk tulisan saya tentang anak dan belajar bahasa asing di sini: Anak Belajar Bahasa Asing, Penting Nggak Sih?

Sedangkan di Verbal Logic, dengan menghadapi pertanyaan-pertanyaan yang sebelumnya diberikan pengantar cukup panjang, kita akhirnya harus teliti untuk memilah mana aslinya jawaban yang benar.

2. Mengasah logika dan berpikir kritis

Kalau ada yang bilang pelajaran bahasa nggak melatih logika, jawabannya salah. Justru orang yang kuat kemampuan literasinya adalah mereka yang kuat mengolah data yang mereka baca atau dengar lalu diterima dengan logika.

perlu kecermatan untuk menjawab soal ini
Menurutmu mana jawaban yang seharusnya?


Soal-soal di fitur ZenCore ini menurut saya banyak juga yang mengasah logika. Apalagi di bagian verbal logic. Kalau di tataran guru, soal-soal di fitur ini tuh jenisnya HOTS atau Higher Order Tinking Skills.

Soal-soal jenis HOTS memang bisa membuat seorang anak kalau pas baca soal, nggak bisa langsung menjawab. Harus dipikir dulu, pengantar atau fakta yang diberikan di soal apa, lalu yang ditanyakan apa. Biasanya ada beberapa fakta sebagai pengantar soal yang sifatnya tidak sejurus sama.

Kemampuan logika dan berpikir kritis ini sendiri saat ini makin banyak dibutuhkan. Misalnya saat menghadapi berita HOAX. Biasanya, berita HOAX itu cenderung tidak logis kalau saja siapapun mau mengkritisinya.

Sementara kemampuan kritis itu sendiri biasanya banyak banget dibutuhkan agar seseorang bisa bertanya-tanya kenapa, terdorong untuk mencari tahu, bahkan menemukan sebuah hal yang baru.

Baca juga yuk tulisan saya tentang cerita seoranga nak ber-IQ tinggi tapi hampir tidak naik kelas di sini: Cerita tentang Gilang, Anak yang Ber-IQ Paling Tinggi Namun Hampir Tidak Naik Kelas

3. Memacu otak untuk berpikir cepat

Tiga CorePractice yang ada di ZenCore ini dibagi dalam beberapa level. Setiap levelnya ada beberapa pertanyaan yang harus dijawab dengan waktu tersendiri.

Dengan adanya timer waktu, anak jadi terpacu untuk berpikir cepat dalam menjawab setiap pertanyaan yang ada. Kebiasaan ini sendiri jika dilatih, dapat membuat anak juga terbiasa berpikir dan bergerak cepat dalam menghadapi tantangan apapun.

4. Melatih untuk fokus

Gandengannya tuntutan untuk berpikir cepat adalah fokus. Saat kita kecepatan kita dipacu oleh waktu, mau tak mau akhirnya otak jadi dituntut untuk fokus. Saat mengerjakan soal-soal dari fitur ZenCore, kita pun jadi dituntut untuk fokus.

Dalam keseharian, kemampuan untuk fokus sangat berguna bagi kualitas dan kuantitas hasil pekerjaan yang dikerjakan. Misalnya pada saat proses pengerjaan soal-soal di fitur ZenCore, kalau kita nggak fokus, ya bisa jadi selesai cepat. Tapi itu nggak menjamin seberapa banyak pertanyaan benar yang ada nantinya dan tentu berimbas pada skor level.

Konon katanya nih, otak itu akan membentuk sebuah pola kemampuan yang tertanam kuat apabila terus menerus melakukan suatu hal selama 21 hari. Nah, bayangkan saja kalau anak kita didrill pakai fitur ZenCore setiap harinya. Apalagi dengan empat kemampuan yang seperti saya paparkan tadi. Bakal cerdas, cerah, dan asik beneran kayak kata pendahuluannya fitur ZenCore kali ya…

Serba-serbi membimbing anak belajar bisa dibaca di sini ya: Membimbing Anak Belajar

 

Yang Bakal Anak Suka dari ZenCore

Setelah melihat soal-soalnya, saya merasa ZenCore ini pas banget kalau dipakai oleh anak yang memang sudah mampu membaca, tahu banget bahasa Inggris secara dasar, atau bahkan tahu urutan hari.

Sementara, Kayyisah anak saya masih kelas satu SD dengan kemampuan baca yang belum lancar. Begitu juga dengan kemampuan lainnya jika dihubungkan dengan pertanyaan-pertanyaan di ZenCore.

zencore bisa dipakai #mulaidarimanaaja nggak tergantung tingkat pendidikan


Tapi karena taglinenya #mulaidarimanaaja, saya coba deh ZenCore ke Kayyisah. Tentunya karena kemampuannya yang masih seperti itu, saya tidak memerhitungkan kecepatan waktu untuk Kayyisah.

Overall dari hasil pengalaman saya dan Kayyisah, fitur ZenCore ini memang menarik buat anak-anak.

1. Ada kata-kata motivasi singkat

Setiap menjawab benar, kita dapat kata-kata motivasi singkat yang memacu banget. Begitu juga saat menjawab benar.

Buat yang bingung tentang penjurusan anaknya di SMA, bisa baca tulisan ini: Panduan Bagi Orangtua dalam Membimbing Anak Memilih Jurusan di SMA

2. Tampilannya enak di mata

UI atau user interfacenya juga nyaman di mata. Bersih dan bikin kita fokus.

3. Bisa tahu data skor

Lalu di bagian akhir setelah mengerjakan delapan soal, kita akan diberi data berapa soal yang benar dan salah serta soal yang tak terjawab. Ada juga data berapa rata-rata waktu yang kita pakai untuk mengerjakan soal serta tingkat akurasi atau ketepatannya.

4. Pembahasannya lengkap banget!

Jika kita merasa soal-soal di fitur ZenCore ini gampang banget, tapi tidak bagi ZenCore. Soal semudah apapun dibahas lengkap lho. Bahkan sampai ada video pembahasannya. Jadi saat kita salah, kita bisa tahu jawabannya kenapa dan yang benar apa.

5. Bisa coba lagi tanpai naik level

Misalnya nih di level 2, kita kok skornya jelek banget. Nggak puas? Coba lagi saja. nanti kita akan diminta menjawab soal-soal yang sama levelnya tapi beda pertanyaannya.

Harapan saya sih, fitur ZenCore ini ada suaranya juga. Iya, jadi mirip game. Misal saat menjawab dan jawabannya salah, ada suara yang berbeda, begitu juga kalau jawaban benar.

Cuma memang tantangannya, tingkat kefokusan jadi harus makin tinggi lah ya. Apalagi buat yang tipe auditorik. Dengar suara, eh konsentrasi malah bubar. Hehehe…

 

Tuh, keren banget kan fitur ZenCore yang ada di Zenius. Makanya, yuk download aplikasi Zenius biar bisa seasyik kayak saya dan Kayyisah waktu coba fitur ZenCore.

Untuk bisa pakai fitur ZenCore tentunya mesti download aplikasi Zenius di playstore dan apple. Bisa download di sini ya: 

Aplikasi Zenius di playstore : https://play.google.com/store/apps/details?id=net.zenius.mobile

Aplikasi Zenius di apple : https://apps.apple.com/id/app/zenius-belajar-online-seru/id1502056247

Teman-teman yang sudah pada download aplikasi Zenius dan pakai fitur ZenCore, cerita ya di bagian komentar. Keseruan apa yang kalian dapatkan saat pakai fitur tersebut.

Kalau saya sama Kayyisah sempat mikir, ini aplikasi belajar, tapi kok bisa bikin kami ketagihan ya?

 

 


 

 

Comments

  1. Syukurlah ada fitur Zencore
    belajar jadi lebih seru ya mbak

    ReplyDelete
  2. Ini yg dibutuhkan anak2 dan ortu jaman now.
    karena aplikasi belajar memang sejatinya kudu berfungsi optimal utk menumbuhkan semangat belajar ye kan.

    aakk, kepo bgt nih dgn Zencore dari Zenius.
    Makasii mba

    ReplyDelete
  3. Aplikasi dengan fitur kayak gini nih yang perlu di berikan sama anak-anak. Kalau anak2 rewel minta gadget jangan kasih game asal-asalan. yang ada anak-anak malah kecantuan game dan malas buat belajar. Mantap mbk !

    ReplyDelete
  4. aplikasi yang bagus.... thanks ya, saya jadi kepikiran buat anak pertamaku juga, biar gak -terlalu main games terus...

    ReplyDelete
  5. Aku rasa aplikasi ini bukan untuk anak aja ya. Seumuran ku kadang juga ga teliti walaupun hal remeh temeh seperti penjumlahan. Tapi kalo ga diasah, ngga akan bisa teliti dan jeli sih. Bagus nih aplikasinya

    ReplyDelete
  6. Wah, fitur Zencore sangat membantu dan berfaedah ya. Sebenarnya sih ya, menurutku, gadget atau peranti IT apa pun pastilah tak bermaksud merusak. Akan tetapi, tanggung jawab sepenuhnya di tangan pemakai.

    ReplyDelete
  7. zencore memang menjadi alternatif pembelajaran di situasi seperti sekarang ini, anak-anak dilingkungan tempat tinggal saya juga banyak yg pake aplkasi ini

    ReplyDelete
  8. dari dulu pakai zenius, waktu itu zaman-zaman awal corona pakai untuk persiapan un, eh ternyata un dihapus, sekarang sudah lama ga update ternya ada zencore, ini sangat memudahkan sekali di kala pandemi, bisa saya rekomendasikan ke ibu saya dirumah hehe

    ReplyDelete
  9. Wah iya nih zencore bener2 bikin anak2 mahir dlm mtk ya. Bole bgt dicoba nih

    ReplyDelete
  10. Zencore adalah salah satu buktinya, kalau saat ini kitak bisa belajar apa saja dari aplikasi asal tau caranya dan tau manfaatnya...seseorang bisa menjadi luar biasa tanpa harus menempuh pendidikan formal yang lebih tinggi

    ReplyDelete
  11. Ih aku kaget tampilan zenius sekarang makin mantep dari yang sebelumnya, lebih berwarna dan menarik bangett.. Jadi makin sukaa dan cinta sama zenius

    ReplyDelete
  12. Ah iyaaa bener yaa, gak sekedar jadi pintar tapi juga menghibur. Sejatinya anak bukan dituntut untuk jadi pintar tapi juga bahagiaaa.

    ReplyDelete
  13. makin variatif dan oke aja nih zenius.. kebutuhannya anak2 muda sekarang memang lebih banyak ke brain game yaa.. dan terakomodir banget dengan zencore

    ReplyDelete
  14. Belum pernah cobain euy..Wajib dicoba nih..secara fitur-fiturnya lengkap ya dan banyak juga yang gratis..bisa untuk segala usia pula..

    ReplyDelete
  15. Menarik juga ya si aplikasi Zencore ini. Apalagi bisa digunakan ga hanya oleh anak-anak. Tapi orang dewasa juga bisa sekalian belajar ngasah otak. Yang tes logika itu seru tuh.

    ReplyDelete
  16. jadi pingin coba fiturnya

    saya punya keponakan yang harus menunggu ayahnya pulang untuk belajar

    padahal bisa banget belajar sendiri via Zencore ya?

    ReplyDelete
  17. Selama ini lagi nyari-nyari aplikasi belajar yang paling oke, udah nyoba beberapa tapi gak puas. Habis baca ini jadi pengen nyoba si Zencore. Semoga ntar cocok

    ReplyDelete
  18. Recommende banget ya kak. Apalagi buat belajar dirumah dan dimana saja. Cocok di saat seperti ini

    ReplyDelete
  19. wah kayaknya nggak cuma anak-anak tapi orang dewasa suka nih ngerjain soal-soal dari zencore ini. hihi. lumayan buat ngasah otak yang mungkin mulai tumpul. hehe

    ReplyDelete
  20. Penasaran sama Zencore untuk anak SD.
    Aku pikir karena belajarnya fundamental, jadi cocoknya untuk dewasa aja.
    Keren banget belajarnya anak-anak zaman sekarang.

    ReplyDelete
  21. memang sangat menyenangkan mencoba fitur ZenCore dari aplikasi Zenius ini mbak
    mengasah kemampuan otak

    ReplyDelete
  22. Install zenius ah langsung lannganan aja main zencore biar makin cerdas

    ReplyDelete
  23. Pas vanget untuk kondisi saat inj ya mb.

    ReplyDelete
  24. Berarti aplikasi ini bisa buat belajar dan bermain. Tapi bermain yang mengasah otak ya mbak. Seru juga, apalagi kalau ngerjain soalnya bisa bareng anak.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkenan membaca.

Popular posts from this blog

TB Membuat Kayyisah Menjadi Anak tak Biasa

Mengganti Token Bank Mandiri yang Habis Baterai

Anak Lemas Setelah Sembuh dari Sakit, Ini Dia Cara Memulihkannya