Menyiapkan Seragam Pramuka SMA untuk Anak dalam Rangka Menghadapi Tahun Ajaran Baru

11 comments

 

Persiapan seragam pramuka sma untuk anak

Sumber foto: Pixabay

Tahun ajaran baru adalah waktu yang penuh semangat dan harapan bagi siswa-siswi sekolah menengah atas atau SMA. 

Salah satu persiapan penting yang perlu dilakukan oleh orang tua adalah menyiapkan seragam Pramuka SMA untuk anak. 

Seragam Pramuka bukan hanya sekadar pakaian, melainkan simbol kedisiplinan, kebersamaan, dan semangat berpetualang. 

Untuk itu, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk memastikan anak siap dengan seragam Pramuka mereka.


Yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Seragam Pramuka SMA 

Pramuka merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang populer di kalangan pelajar Indonesia. 

Kegiatan ini tidak hanya menanamkan nilai-nilai kepramukaan seperti kepemimpinan, kerjasama, dan kemandirian, tetapi juga memiliki ciri khas dalam hal penampilan. 

Salah satu elemen penting yang menandai keikutsertaan dalam kegiatan pramuka adalah seragamnya. 

Pada tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA), seragam pramuka memiliki keunikan tersendiri, mulai dari baju hingga topi pramuka.

Meski kini kegiatan pramuka tidak lagi menjadi ekstrakurikuler wajib berdasarkan ketetapan Menteri Pendidikan Nasional, namun penggunaan seragam pramuka masih menjadi seragam wajib yang ada di tingkat SMA.

Sebagai salah satu seragam wajib yang harus digunakan para siswa SMA, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan.

1. Seragam Pramuka SMA sesuai aturan yang ada

Seragam pramuka SMA umumnya disesuaikan dengan tingkatannya yaitu untuk tingkat SMA adalah penegak. Selebihnya seperti layaknya seragam Pramuka pada umumnya, warna seragam pramuka SMA memiliki ciri khas berwarna coklat.

2. Mencari baju Pramuka SMA yang nyaman dan praktis

Baju pramuka SMA dirancang agar nyaman dikenakan dalam berbagai aktivitas, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan. 

Seragam pramuka penegak untuk sma

Sumber foto: Tokopedia

Untuk kemeja dilengkapi dengan saku yang bisa praktis untuk digunakan menyimpan perlengkapan kecil, seperti kartu anggota pramuka atau alat tulis. 

Selain itu, baju ini biasanya terbuat dari bahan yang mudah menyerap keringat sehingga tetap nyaman dipakai dalam berbagai kondisi cuaca.

3. Atribut tambahan yang berupa sabuk dan dasi

Tidak lengkap rasanya membahas seragam pramuka tanpa menyebutkan sabuk dan dasi. 

Sabuk pramuka berwarna coklat tua dengan lambang tunas kelapa di bagian gespernya menambah kesan formal dan rapi pada penampilan. 

Sedangkan untuk dasi berwarna merah-putih yang disematkan dengan ring dasi berbentuk tunas kelapa sebagai tambahan identitas kepramukaan pada seragam.

4. Topi Pramuka SMA sebagai penutup kepala yang multifungsi

Topi pramuka SMA adalah salah satu komponen penting yang melengkapi seragam pramuka. Topi ini biasanya berbentuk topi boni atau topi baret dengan warna coklat tua. 

Topi baret yang digunakan untuk melengkapi pramuka sma

Sumber foto: Tokopedia

Fungsi utama topi ini adalah melindungi kepala dari terik matahari saat kegiatan di luar ruangan. Selain itu, topi pramuka juga menjadi simbol kehormatan dan kedisiplinan bagi para anggotanya.

5. Simbol-Simbol dan tanda penghargaan

Seragam pramuka SMA juga dihiasi dengan berbagai tanda dan simbol yang menunjukkan pencapaian dan tingkatan seorang pramuka. 

Atribut untuk melengkapi baju seragam pramuka sma

Sumber foto: Tokopedia

Lencana, badge, dan tanda kecakapan umum serta khusus biasanya dipasang di lengan baju atau di bagian dada, menunjukkan kemampuan dan pengalaman yang telah dicapai oleh seorang pramuka.


Membeli Baju Pramuka SMA yang Tepat

Saat mencari seragam Pramuka SMA untuk anak, pilihlah seragam dengan bahan yang nyaman dan sesuai ukuran anak. 

Pastikan seragam tidak terlalu ketat atau terlalu longgar agar anak merasa nyaman saat memakainya.

Saya sendiri cenderung mencari referensi untuk mencari baju pramuka SMA di Tokopedia. Ada beberapa alasannya. Misalnya mulai dari tidak usah takut salah ukuran meski kita beli lewat online, pilihannya beragam, bisa memilih area terdekat, atau saya pun bisa menyesuaikan sistem pembayaran. 

Mencari baju seragam sma untuk anak di tokopedia

Sumber foto: Tokopedia


Menyiapkan seragam Pramuka untuk anak dalam rangka menghadapi tahun ajaran baru memerlukan perhatian dan persiapan yang matang. 

Sebagai orang tua, kita dapat membantu anak memulai tahun ajaran baru dengan semangat dan kepercayaan diri. Seragam Pramuka yang rapi dan lengkap akan menjadi bekal penting bagi anak untuk menjalani kegiatan Pramuka atau hari-harinya di SMA dengan penuh semangat.





Newest Older

Related Posts

11 comments

  1. Aku terakhir pakai seragam pramuka waktu SD dan itu menjadi seragam favoritku karena seru banyak atributnya. Sayangnya setelah SD gk pernah lagi pakai seragam pramuka. hiks...

    ReplyDelete
  2. Nah seragam pramuka ini ada bermacam macam juga ya terkadang bingung memilihnya. Topi dan atribut nya pun ada bermacam macam.

    ReplyDelete
  3. Aku dulu suka banget sama seragam pramuka. Pakenya cuma Jumat ama Sabtu. Bener simbol kedisiplinan dan semangat berpetualang hehe. Apalagi ada baret, hasduk, dan berbagai badge sesuai tingkatan. Bisa nih nyari seragam pramuka di Tokopedia.

    ReplyDelete
  4. baru tahu mbak kalau pramuka sekarang sudah bukan ekskul wajib lagi. Padahal dulu kalau ga pramuka tuh suka kena hukuman hehe.

    ReplyDelete
  5. Mantap nih zaman now beli seragam Pramuka sudah bisa online ya. Ternyata Tokopedia pun menyediakan berbagai seragam anak lengkap dengan perintilannya. Mana harganya terjangkau kan asyik ya, di rumah aja belanja nyaman ga kepanasan hehehe.

    ReplyDelete
  6. Seragam pramuka bagian ngisoranne kudune dari bahan jeans kok hahahaha ...kan klo pas di alam gitu kuat gak gampak robek.

    ReplyDelete
  7. Anak-anak saya suka dengan kegiatan pramuka. Tapi, terkadang saya suka malas jahid badgenya hahaha. Mudah ya sekarang cari seragam pramuka. Bisa beli online lewat Tokopedia

    ReplyDelete
  8. Eh pas banget nyari Baju Pramuka juga
    Ternyata beda-beda ya sesuai level
    Pengalaman saya baru membelikan baju pramuka anak SD
    Soon akan menjalaninya

    ReplyDelete
  9. SMA anakku sih sdh ga ada pramuka lg nih,jd ga perlu cari seragam pramuka. Tapi lumayan menyayangkan keputusan mendikbud nih klo pramuka cuma jd ekskul doang skrg, aplagi usia sekolah itu penting bgt diajarin survival.

    ReplyDelete
  10. Pengalaman dulu sih, di antara semua seragam anak-anak, paling repot nyari seragam pramuka. Mesti nanya detail ke sekolah karena ternyata di toko model seragamnya ada macam-macam.

    ReplyDelete
  11. ga berasa ya sudah mau masuk ajaran baru lagi banyak sodara juga yang sudah SMA dan pastinya banyak yang harus dipersiapkan termasuk baju pramukanya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular