Skip to main content

Banyak Destinasi Baru Yang Seru, Ini Pilihan Liburan Ramah Anak di Batu dan Malang

Mencari ide liburan bersama keluarga yang ramah anak, daerah Batu dan Malang adalah dua tempat terbaik yang punya banyak pilihan destinasi wisata. Mau liburan dengan tema seru-seruan, atau ingin sekaligus belajar dan mendapatkan pengalaman baru, semuanya ada di kota dingin ini.

Beberapa tempat wisata seperti Jatim Park 1 dan 2, atau Wisata Petik Agrokusuma mungkin sudah nggak asing lagi di telinga. Namun, Batu dan Malang nggak hanya punya dua lokasi ternama itu lho buat liburan kita bersama keluarga. Ada beberapa tempat baru yang nggak kalah seru. Dan pastinya, ramah buat anak.


Eco Green Park

Sumber foto: winnetnews.com

Belajar sambil bermain dengan hewan-hewan cantik pastinya jadi kegiatan yang nyenengin buat anak-anak. Pengalaman ini bisa kita dapatkan dalam satu paket lengkap di Eco Green Park. Atau, biasa juga disebut sebagai Jawa Timur Park 2.

Selain punya koleksi hewan yang sudah diawetkan di museum raksasanya, kita juga bisa lho lihat hewan-hewan hidup di kandang mereka. Pemandangan yang identik dengan hijau akan jadi teman sepanjang perjalanan, yang bisa ditempuh dengan sepeda elektrik kecil. Seru banget, kan?


Hawaii Waterpark

Sumber foto: Ngalam.co

Mengajak keluarga buat main air dengan berbagai wahana seru bisa kita lakukan di Hawaii Waterpark. Permainan seperti papan seluncur warna-warni, gelombang tsunami, tong raksasa, sampai sungai kecil yang mengalir mengelilingi wahana wisata ada di sini.

Tidak hanya jadi tempat bermain air, hiburan seru lainnya juga bisa didapatkan di sini. Terus kalau waktunya malam, pemandangan di tempat ini langsung berubah. Hawaii Waterpark lansung menjelma jadi Malang Night Spectacular yang penuh dengan lampion-lampion cantik yang bisa kita nikmati bersama keluarga.



Peternakan Kuda Megastar

Sumber foto: Tempat Wisata di Pulau Jawa

Peternakan yang berada di jalur lingkar barat Kota Batu ini menjadi tempat terbaik untuk mengenal kuda dari dekat. Nggak hanya bisa menyentuh lho, anak-anak juga bisa belajar menunggangi kuda. Tentunya dengan pendampingan dari petugas setempat.

Di Peternakan Kuda Megastar ini juga terdapat taman bunga beraneka jenis yang menarik. Seperti bunga matahari yang menjulang, dan berbagai bunga warna-warni yang cantik buat jadi background foto.


Gunung Banyak

Sumber foto: IDNews.co.id

Dulu, aslinya tempat ini dikenal sebagai lokasi paralayang para atlet, dengan pemandangan yang indah Kota Batu yang bisa dilihat lebih dekat dibanding saat naik pesawat ke Malang. Namun beberapa waktu belakangan, bermunculan banyak spot wisata menarik bersama keluarga, seperti Goa Pinus yang cantik, Taman Kelinci yang pasti disukai anak-anak dengan koleksi hewan bertelinga panjang nan lucu menggemaskan. Selain itu juga ada Taman Hobbit yang seru buat foto-foto bareng keluarga dan Taman Langit Gunung Banyak tempat menikmati udara sejuk sambil mengelilini taman yang diisi dengan patung-patung unik.


Jawa Timur Park 3

Sumber foto: Jatim TIMES

Taman bermain terbaru ini punya wahana-wahana seru yang pastinya menyenangkan buat anak-anak. Salah satunya adalah wahana Dino Park yang membuat pengunjung merasa terlempar ke masa lampau, dengan gerbang megah dan kereta seru untuk mengelilingi kawasan ini.

Selain itu juga ada Museum Musik Dunia, Legend Star dan banyak wahana lain yang ada di Jatim Park 3. Semuanya menarik dan tak cukup untuk dikunjungi selama satu hari saja.

Berbagai tempat wisata seru inilah yang membuat tiket pesawat ke Malang selalu habis, terutama di akhir pekan atau libur panjang. Perlu trik khusus untuk berburu tiket, yaitu dengan memesan tiket pesawat ke Malang sejak jauh hari. Kita juga bisa memesan tiket masuk ke tempat-tempat wisata di atas secara online juga, sehingga nggak khawatir kehabisan.

Jadi, buruan cari tiket pesawatnya sekarang juga, dan selamat menikmati liburan di Batu dan Malang bersama keluarga tercinta yah.


Comments

  1. Kalau ngomongin kota Malang memang nggak ada matinya. Saya lagi pengen banget nih ke jatim Park 3. Nggak sabar pengen lihat telor dino di sana.. Sayangnya memang jalan menuju malang kadang bikin pusing dan mual..apalagi saya suka mabok darat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak. Jalan di daerah Batu emang naik turun berliku khas perbukitan 😀

      Delete
  2. Taman Hobbit nampaknya ada dimana-mana ya. Tempat wisata yang menyajikan spot foto ala ala di depan rumah Hobbit rasanya banyak sekali. Tapi, dari artikel ini, tempat wisata yang rasanya bikin saya penasaran itu, di Gunung Banyak. Semoga ada kesempatan untuk saya mencoba main main ke sana. Doakan ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... iya ni, gunung banyak emang instagramable. Selain adem juga tempatnya...

      Delete
  3. Serunya jalan-jalan dan saya takjub dengan nama "Gunung Banyak". Jadi pingin ngunjungin ke sana, menikmati pemandangan yang pastinya indah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena berbukit-bukit kali ya Mbak makanya namanya gunung banyak 😁

      Delete
  4. Aku Wisata ke batu selalu seneng dan pengen baik lagi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang nagihin ya. Hawanya adem sih jadi bikin nyaman.

      Delete
  5. Saya sudah lama ingin main ke Batu dan Malang tapi belum sempat-sempat, dan lihat tempat wisata-wisatanya yang keren-keren begini makin mupeng saya pengen ke sana hehehe

    ReplyDelete
  6. coba boon pring andeman mbak
    itu di daerah Turen
    asyik klo jalan2 sama keluarga
    murah lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku sampe ngekepoin tulisan di blogmu lho Mas, nyari-nyari tulisan tentang Boon Pring. Kalo lihat dari foto, cakep bener ya...

      Delete
  7. Aku pernah ke Malang , tapi sayang cuma satu malam dan gak sempat kemana-mana . Padahal udah niat banget nih pengen ke tempat wisatanya . Sayang banget waktunya gak cukup . Next aku harus nyobain nihh wisata malang yang keren keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ampun Mbak, sayang ya. Moga kapan-kapan bisa main ke Batu dan Malang lagi ya Mbak...

      Delete
  8. Ya Allah, Malang emang ga ada matinye yaa.. Sukak banget dengan berbagai destinasi di sana.
    Sayang baru berkesempatan sekali doang ke sana.
    Yah senggaknya kalau ke sana lagi saya udah punya bayangan mau berkunjung ke mana. Tfs ya mbaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin kalau di Jawa Barat, Batu dan Malang itu kayak Puncak dan Bandung Mbak. Bener, nggak ada matinya... 😁

      Delete
  9. Membaca tulisan ini jadi membuat saya ingin jalan-jalan ke Malang deh, Batu dan Malang memang menjadi destinasi wisata yang sedang ngehits ya Mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sejak zaman dulu kala Mbak dua daerah ini. Karena daerah pegunungan juga. Adem tempatnya.

      Delete
  10. Batu Malang? Wow makin keren aja nih Batu, Malang. Makin banyak destinasi wisatax. Insya Allah bisa berkunjung nanti ke batu. Sudahnplanning sih sama teman teman. Moga dilancarkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makin hari emang makin buanyak Mbak tempat wisata di dua daerah ini.

      Delete
  11. Terakhir ke Malang 2009nan, wah sekarang udah banyak banget ya nambah2 obyek wisata terutama wahana2 yg menyenangkan buat keluarga. Moga ada kesempatan ke Malang lagi segera aamiin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... Wah, hampir sepuluh tahun yang lalu ya? Udah buanyak banget Mbak yang berubah sekarang.

      Delete
  12. Belum kesampaian nih ngajakin anak lanang. Semoga bsk kalo anak lanang dah agak gedean bisa ngajakin ke Malang...

    ReplyDelete
  13. Malaaaangggg... huhuuu aku belum pernah kesitu, seru2 ya tempat wisatanya.. apa lagi jatim park tuh, anak2 diajak kesana pasti seneng

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mbak. Yang JP 3 kan ada dinonya tuh. Kesukaan anak-anak...

      Delete
  14. Ahhh jadi pengen ke malang . Aku ada rencana ke malang sama temen temen. Mampir ke lokasi ini ah nanti

    ReplyDelete
  15. Liburan ke Malang memang banyak pilihannya ya Mba... aktifitas berlibur jadi banyak pilihannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget Mbak, buanyak banget pilihannya di Malang dan juga Batu.

      Delete
  16. Saya pernah ke Malang, ke alun2. Bagus dan ademmm banget saat berada di Malang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, emang nyaman dan asyik buat ngumpul bersama teman atau keluarga.

      Delete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkenan membaca. Mohon maaf, komentar yang mengandung link hidup akan saya hapus ya...

Popular posts from this blog

TB Membuat Kayyisah Menjadi Anak tak Biasa

Hingga sekitar umur delapan bulan, Kayyisah menjadi anak yang menggemaskan. Grafik berat badan yang biasanya selalu di warna hijau muda bahkan kuning, di usia tujuh hingga delapan bulan, grafik berat badan Kayyisah bisa ada di warna hijau tua.
Kalau melihat fotonya saja tampak menggemaskan. Makannya sedang lahap-lahapnya.
Tapi beberapa minggu kemudian, semuanya berubah. Makin hari nafsu makannya makin susah. Sampai-sampai pernah lho selama berminggu-minggu, Kayyisah hanya mengandalkan ASI dan air kacang hijau. Makannya hanya satu atau dua sendok makan alpukat.
Pola makan seperti itu di usianya yang sekitar sembilan bulan hingga setahun, lho! Bayangkan saja, anak umur segitu makannya kayak begitu.
Beberapa keanehan lain yang saya temukan saat itu, dalam sehari Kayyisah kurang kuantitas buang air kecilnya. Kalau dipakaikan diaper setelah mandi pagi, saat dicopot sebelum mandi sore lho diapernya masih kering! Parah kan?
Waktu saya cerita ke abinya dan juga ibu, mereka pada bilang kalau bisa…

Pakai Serum Pemutih Badan yang Bikin Cepat Putih, Aman Nggak Ya?

Putih itu cantik. Ingat slogan yang ngehits itu kan? Makanya, banyak wanita mencari produk kecantikan yang bisa memutihkan kulit. Termasuk serum pemutih badan. Eh tapi kalau efeknya bikin cepat putih, sebetulnya aman nggak ya?
Yups, pertanyaan itu sepertinya jadi bahan pertimbangan lain deh selain apakah produk pemutih kulit itu ampuh atau tidak hasilnya.
Malah kadang jadinya kayak buah simalakama. Badan bisa cepat putih tapi efek sampingnya ada rasa panas terbakar dulu, kulit kemerahan, atau endingnya malah kulit jadi gosong.
Habis itu nangis deh karena nggak jadi putih…
Atau, iya sih, serum pemutih badan yang kita pakai itu aman. Tapi setelah sekian purnama dipakai, kok kulit nggak kunjung putih seperti model iklan yang kita lihat.
Dan akhirnya jadi terpikir, katanya labelnya pemutih badan ampuh. Tapi kok kulitku nggak kunjung putih kayak mbak yang itu?
Jadilah kitanya bingung. Sebetulnya perlu nggak sih pakai serum pemutih kulit? Lantas apa bedanya dengan jenis produk kecantikan lainny…

Mengganti Token Bank Mandiri yang Habis Baterai

Setelah sekitar delapan tahun, akhirnya token Bank Mandiri saya mati. Baterainya habis. Dan uniknya, saya nggak pernah terpikir kalau urusannya sampai harus ke bank segala.
Jadi waktu kenal yang namaya token, saya pikir kalau alat tersebut baterainya habis, ya tinggal ganti saja baterainya di tukang servis jam tangan. Eh ternyata setelah browsing, saya baru tahu jika kita nggak bisa asal ganti baterai token tersebut.
Awal tanda-tanda baterai token habis itu mulai terlihat saat ada seperti noda di bagian tepi bawah layar. Semula saya pikir, apa mungkin ada kotoran masuk kali ya? Tak berapa lama kemudian, ada lagi seperti titik noda yang muncul di bagian tepi atas layar.
Hingga suatu ketika saat saya ingin transfer dana ke rekening tabungan ibu, token itu mati. Meski saya tekan tombol secara asal, tetap saja token tersebut tidak bisa aktif. Dah lah fixed, saya yakin token ini sudah habis baterainya.
Kemudian saya browsing di internet berniat ingin mencari tahu, kalau baterai token ini habi…

Tujuh Hal yang Perlu Dipertimbangkan dalam Membuka Usaha Toko Sembako

Pada tahu kan toko sembako? Itu lho, toko yang isinya menjual sembilan bahan pokok.
Yang masuk kategori sembako itu antara lain: 1.Beras, sagu, dan jagung 2.Gula pasir 3.Sayur-sayuran dan buah-buahan 4.Daging sapi, ayam, dan ikan 5.Minyak goreng dan margarine 6.Susu 7.Telur 8.Gas ELPIJI (kalau dulu sih minyak tanah) 9.Garam berIodium dan berNatrium
Semua bahan itu jadi kebutuhan pokok sehari-hari manusia.
Nah, peluang usaha membuka toko sembako ini bisa menjadi bisnis rumahan ibu rumah tangga yang menguntungkan. Bagaimana tidak. Tiap hari bisa selalu saja ada orang yang datang membeli.
Tapi yang namanya bisnis menguntungkan, biasanya ya memang banyak pesaingnya.
Menurut beberapa info yang saya baca, kita perlu survey dulu. Barangkali, eh, ternyata ada toko sembako juga di dekat tempat yang mau kita dirikan usaha.
Kalau sampai ada, perlu dipantau juga. Jangan sampai harga toko tersebut lebih murah dari barang-barang yang dijual di toko kita nantinya.
Tapi kalau sampai belum ada pesaingnya, namanya …

Melawan Neuropati untuk Segudang Aktivitas yang Terus Menanti

Dulu sewaktu sekolah, terkadang saya punya kebiasaan unik, meminta teman sebangku untuk memukuli telapak tangan saya.
Asli, kira-kira sejak SD kelas enam saya sudah punya kebiasaan seperti itu.
Jadi zaman tahun 80 sampai 90-an, yang namanya sekolah kan muridnya kebanyakan disuruh membaca atau menulis. Bahkan kalau sudah punya buku pun tetap disuruh mencatat ulang.
Sewaktu harus sering menulis itulah, kadang tangan saya terasa lemas. Rasanya seperti tidak ada energi untuk bisa menggerakkan tangan.
Selain telapak tangan yang terasa lemas, bagian lengan di dekat siku saya juga sering terasa seperti tertusuk-tusuk jarum. Kalau bahasa saya, rasanya cengkring-cengkring!
Itu masih urusan tangan. Lha kaki saya waktu itu juga sering terasa kram. Biasanya di daerah telapak tangan bagian samping atau di jari tengah dan jari manis kaki.
Waktu itu saya tidak pernah sampai mengira-ngira, saya itu sebetulnya kena apa, apa penyebabnya, dan harus melakukan apa agar keluhan-keluhan di tangan dan kaki saya s…

Jilbab Instan untuk Pipi Tembem, Tren Hijab Syari Masa Kini

Kalau ngomongin jilbab, kebanyakan dari kita pasti pengennya nyari yang praktis dan bisa mengatasi pipi chubby. Hayo… pasti suka kepikir juga kan cari tahu tentang jilbab instan untuk pipi tembem yang jadi tren hijab syari masa kini? Kalau iya, sama deh kita!
Saya sendiri terlahir dengan area pipi yang lebar. Sejak dari kurus dan sekarang saat sudah punya anak punya berat badan yang bertambah, tetap saja pipi saya terlihat membulat. Kalau ngaca sambil berjilbab suka kepikir, mau jilbab instan untuk pipi tembem, tapi seperti apa ya yang pas dan syari?
Untungnya garis tulang hidung saya tinggi. Pun bentuk wajah yang cenderung oval. Jadi tampilan wajah saat berjilbab nggak kelihatan datar banget dan agak sedikit terlihat tirus.
Urusan ingin tampil dengan wajah tirus saat berjilbab, dulu pas kuliah, saya pernah lihat seorang cewek menggunakan pasmina lilit. Waktu saya perhatikan, mbaknya ini kok cakep banget.
Saat itu masih sekitaran awal tahun 2000-an, saat awal munculnya tren banyak wanita …

Lolos Tes Kesehatan Berkat Rajin Makan Oatmeal

Saya kenal oatmeal sejak menjadi reporter. Niat awalnya waktu itu saya ingin mencari sesuatu yang bisa dikonsumsi untuk sarapan secara cepat, yang sehat dan nggak melulu mi instan, dan nggak terlalu berat di perut sehingga malah bikin mengantuk.
Pun dengan alasan yang sama untuk mengganti mi instan, saya akhirnya kenalan dengan oatmeal untuk dijadikan camilan bentuk bubur oatmeal.
Yang saya tahu dari internet, oatmeal ini adalah jenis gandum dengan serat tinggi. Umumnya digunakan untuk mengurangi kolesterol dan dikonsumsi untuk mereka yang diet.
Pekara diet, untuk saya yang waktu itu punya bobot juara bertahan di angka 45 kg, tentunya tidak terpikir untuk itu. Tapi yang justru membuat saya makin tertarik untuk mengkonsumsi oatmeal adalah karena manfaatnya yang bisa menurunkan kolesterol.
Jadi di kantor saya waktu itu, memang ada tes kesehatan untuk menentukan apakah kemudian status kami  yang saat itu kontrak, bisa menjadi karyawan tetap.
Nah yang jadi momok itu adalah kalau hasilnya tern…

Asyiknya Mengenal Huruf Lewat Nama Makanan

Anak balita nggak boleh calistung? Boleh… Asal caranya yang asyik, dan anak nggak dipaksa untuk serius belajar.
Di luar negeri sana, kegiatan mengenal huruf, angka, sampai konsep baca tulis dan hitung untuk anak usia balita, caranya banyak yang menarik lho. Rata-rata, dilakukan dalam kondisi anak sedang bermain.
Nggak hanya lewat permainan, dengan menggunakan buku pun bisa. Apalagi buku anak zaman sekarang kan keren-keren tuh. Anak bisa menambah pengetahuan, dan aktivitas yang dilakukan dengan buku tersebut.
Misalnya buku karya Mbak Winarti terbitan Bhuana Ilmu Populer atau BIP ini. Bukunya berjudul ‘Mengenal Huruf Melalui Makanan A-Z’. Anak-anak bisa mengenal huruf A sampai Z lewat nama-nama makanan.

Yang asyik dari buku ini, anak-anak bisa mengenal huruf dari huruf depan tiap makanan. Di buku ini juga bikin saya jadi tahu lho makanan-makanan khas dari beberapa daerah.
Selain mengenal huruf, ada permainan juga nih yang bisa dilakukan anak-anak baik sendiri maupun dengan pendampingan orang…

Resep Buka Puasa dengan Sambal Boran Khas Lamongan

Ada satu makanan khas dari daerah Lamongan yang jarang diketahui oleh kebanyakan orang luar Lamongan. Ya, jika kebanyakan orang tahunya kuliner Lamongan itu identik dengan Soto Ayam Lamongan, tapi sebenarnya, di Lamongan sendiri ada sebuah kuliner yang menjadi makanan keseharian masyarakat Lamongan.
Namanya Nasi Boran. Disebut boran karena biasanya penjualnya menggunakan bakul besar yang bernama boran saat berjualan.
Panganan yang satu ini kerap ditawarkan para penjualnya saat pagi hari sebagai sarapan, atau sore hingga malam hari. Biasanya penjual akan membungkus nasi boran dengan menggunakan daun pisang yang dilapisi kertas koran pada bagian luarnya.
Sedangkan di bulan Ramadan, Nasi Boran tetap diminati banyak masyarakat Lamongan untuk sajian berbuka puasa, atau sahur. Jadi meski dini hari, ada juga kok penjual Nasi Boran yang berjualan. Malah biasanya laris diburu mereka yang ingin menikmatinya untuk menu sahur.
Untuk satu kali sajian, Nasi Boran ini bisa terdiri satu porsi nasi, berik…

Penyebab Malnutrisi Hingga Telat Tumbuh Kembang Itu Bernama TB

Di tulisan ini saya ingin cerita tentang masa-masa di saat Kayyisah belum ketahuan penyakit TBnya, juga saat beberapa bulan ia sudah diketahui terkena TB.
Sebetulnya sudah sejak sekitar umur 14 bulan, Kayyisah disarankan untuk menjalani terapi di rehab medis. Saat itu karena perkembangan motorik kasar Kayyisah terlihat lambat.
Di umur setahun, Kayyisah sulit tengkurap, tidak bisa duduk sendiri, apalagi untuk bisa berjalan. Tempurung lutut kakinya saja di usia itu masih belum keras.

Setelah mendapat surat rekomendasi ke rehab medis dari dokter anak, dokter fisioterapi yang saya temui sempat bingung. Pasalnya, suhu tubuh Kayyisah sumeng. Di masa-masa itu, suhu tubuh Kayyisah seringkali berada di angka 38 derajat celcius.
Hingga pada akhirnya, di usia 16 bulan, saya dan suami membulatkan tekad untuk benar-benar serius membawa Kayyisah rutin terapi di rehab medis. Kami memilih RS Muhammadiyah Lamongan sebagai tempat terapi.
Awalnya, Kayyisah dicek sejauh mana kemampuan motorik kasarnya. Saat …