Skip to main content

Tips Berbelanja dengan Cara Pintar



Tulisan tentang bagaimana belanja dengan cara pintar ini dulu saya buat dari hasil wawancara saat menjadi reporter di Batam. Narasumbernya adalah Ibu Lusiana Yuniastanti yang merupakan dosen di beberapa universitas di Batam.

Tips pertama yang saya dapat dari beliau adalah jangan membuang struk belanja setiap bulannya. Alasannya, karena kertas kecil ini sebetulnya bisa membantu untuk membudget pengeluaran pada bulan-bulan berikut.

“Saya sering menyimpan struk belanja setiap bulan untuk membandingkan harga beberapa barang di beberapa supermarket. Memang ada barang yang harganya bisa sama di beberapa tempat. Namun ada juga barang yang bisa selisih harganya antara tempat satu dengan tempat lain,” ujarnya.

Jika harga di suatu tempat lebih murah dari tempat lain, ia akan membelinya di tempat tersebut untuk bulan-bulan berikutnya. “Jangan terpaku pada satu tempat saja. Kita juga harus sering-sering mengecek harga tersebut di tempat lain,” pesannya.

Jika berbelanja pun, Lusi akan membawa uang yang sesuai dengan budget belanja kebutuhan yang sudah ia catat. Wanita yang mengaku bila berbelanja membawa contekan kecil daftar belanjanya ini akan membawa uang secukupnya saat berjalan-jalan.

“Kalau sedang window shopping atau jalan-jalan di mall, saya hanya bawa uang secukupnya saja. Saya nggak mau iseng simpan uang banyak di dalam dompet sehari-hari,” ujar Lusi membagi pengalamannya.

Selain uang cash yang digunakan untuk belanja bulanan, Lusi juga terbiasa untuk membawa debit card daripada kredit card. Menurut Lusi, debit card menolongnya dalam berbelanja untuk nominal harga yang ganjil.

Lusi juga mengingatkan tentang konsep troli yang ada di pusat perbelanjaan. Menurut Lusi, troli memang bisa digunakan untuk membawa barang-barang belanjaan dalam jumlah besar. Namun, troli juga dapat membuat seseorang mudah tertarik untuk berbelanja.

“Kadang ada orang yang malu pakai troli besar tapi belanjaannya sedikit. Lebih baik kalau belanjaan sedikit pakai keranjang saja. Orang yang belanja dengan menggunakan keranjang akan enggan berbelanja barang dalam jumlah banyak sehingga berat saat membawanya. Untuk itu ada troli,” jelas Lusi.

Selain itu, ia pun mengaku tidak akan membawa anak-anak ketika ia hanya memiliki dana pas-pasan untuk berbelanja. Apalagi menurutnya jika belanja yang dibutuhkannya sedikit dan uang yang dimilikinya pas.


Rubah Kebiasaan dengan Skala Prioritas

Lantas bagaimana dengan tipikal seseorang yang sudah memiliki kebiasaan belanja di luar kontrol? Di sini, Lusi memberikan tips untuk membuat skala prioritas pada semau kebutuan yang dirasa penting.

“Konsumtif itu nggak salah, tapi kita harus ada pengendalian uang saja. Caranya, buat prioritas dari daftar yang semuanya kita anggap penting. Kita juga harus memilah, mana yang benar-benar penting dan mana yang memang kebiasaan,” ungkapnya.

Ia misalkan seseorang yang terbiasa mengkonsumsi beras Thailand karena harganya yang murah. Setelah harganya naik, bisa memilih beras dengan kualitas yang sama namun dengan harga yang lebih murah. “Bila ada kualitas yang sama kenapa harus cari merek yang mahal,” imbuhnya.

Lusi pun mengaku sering mencoba-coba merek lain dan tidak terpaku pada satu merek. Ia misalkan tentang detergen, ia tidak terpaku pada satu merek melainkan sesekali mengecek mutu merek lain yang harganya lebih murah. “Siapa tahu dapat harga murah tapi mutu sama.”

Mengejar promosi dan diskon juga kerap dilakukannya untuk mencari selisih harga yang lebih murah. “Tapi juga perlu diingat, kalau sedang tidak butuh tidak usah beli. Kita juga perlu mencermati masalah diskon karena kebanyakan beberapa supermarket memberikan diskon tapi dengan harga yang sudah dinaikkan terlebih dahulu,” imbuhnya.

Namun Lusi juga sering melakukan belanja yang tidak untuk kebutuhan sekarang untuk menghindari harga tinggi saat waktunya tiba. “Misalnya baju lebaran, harganya kan kebanyakan naik pas dekat waktu lebaran. Saya biasanya beli jauh-jauh hari sewaktu harganya masih biasa. Cara ini juga membuat saya tidak perlu susah-susah meluangkan waktu belanja berdesak-desakkan dengan orang lain sebelum lebaran,” tutur Lusi.


Toko Warna Cerah Picu Minat Beli

Meski pernah berkuliah di luar negeri dan kini menjadi dosen ekonomi di berbagai universitas, Lusi mengaku ia juga seorang yang konsumtif. “Saya banyak belajar dari baca buku dan pengalaman terutama setelah berkeluarga,” aku ibu satu orang putra dan satu putri ini,

Lusiana Yuniastanti, demikian nama lengkap wanita ini, memang memiliki disiplin ilmu ekonomi terutama manajemen, keuangan, dan ekonomi makro. Selain dari memperoleh dari ilmu pendidikannya, Lusi juga mengaku belajar mengatur keuangan dari hasil membaca majalah.

“Saya sering baca-baca majalah dan dari sana kadang saya dapat belajar. Misalnya saya pernah baca kalau pencahayaan toko, tata letak, dan warna dinding toko bisa mempengaruhi orang untuk membeli. Mungkin awalnya hanya tertarik untuk mengunjungi namun bisa berimbas sampai ke membeli,” ujar Lusi.

Menurut wanita yang pernah kurang lebih lima tahun berada di Kuala Lumpur, Malaysia ini, faktor tersebut bisa mempengaruhi seseorang secara psikologis untuk membeli.

“Warna cerah seperti pink bisa mempengaruhi anak-anak atau remaja untuk mengunjungi toko tersebut. Lain dengan warna putih dominan yang justru terkesan biasa dan tidak menarik,” lanjutnya.

Demikian halnya dengan tata letak barang dalam toko. Barang yang bagus akan diletakkan di bagian depan dan bisa langsung di lihat oleh mata.

“Coba saja ketika kita lewat depan toko. Kita pasti akan lihat apa yang dipajang di bagian depan, bukan yang berada di bagian samping. Itu memang strategi marketing,” imbuhnya.

Kemasan barang yang menarik juga menjadi pemicu seseorang untuk membeli barang yang justru kurang bermanfaat. Lusi memisalkan dengan jajan anak yang sebetulnya memiliki rasa biasa namun karena kemasannya yang dibuat menarik, harganya menjadi mahal.

“Kita kadang juga tertarik dengan barang yang kemasannya menarik. Padahal kalau sudah beli dan sampai rumah kita lantas berpikir buat apa kita beli barang itu. Nyesel kan,” ucapnya.


Tips Berbelanja Hemat dengan Cara Cerdas

- Buat daftar belanja dengan skala prioritas sebelum belanja

- Biasakan bawa uang secukupnya di dompet sehari-hari

- Jangan bawa anak kalau dana belanja terbatas

- Jika emosi sedang tidak stabil jangan pergi berbelanja untuk pelampiasan

- Pakai keranjang belanja jika belum tahu ingin belanja apa dan jangan pakai troli

- Hati-hati dengan tawaran diskon, hadiah, undian, dan semacamnya pada barang yang tidak perlu

- Pilih produk karena kualitas bukan merek

- Beli barang dalam jumlah besar untuk barang yang kerap dipakai


(sumber dari Lusiana Yuniastanti)

Comments

Post a Comment

Terima kasih sudah berkenan membaca. Mohon maaf, komentar yang mengandung link hidup akan saya hapus ya...

Popular posts from this blog

TB Membuat Kayyisah Menjadi Anak tak Biasa

Hingga sekitar umur delapan bulan, Kayyisah menjadi anak yang menggemaskan. Grafik berat badan yang biasanya selalu di warna hijau muda bahkan kuning, di usia tujuh hingga delapan bulan, grafik berat badan Kayyisah bisa ada di warna hijau tua.
Kalau melihat fotonya saja tampak menggemaskan. Makannya sedang lahap-lahapnya.
Tapi beberapa minggu kemudian, semuanya berubah. Makin hari nafsu makannya makin susah. Sampai-sampai pernah lho selama berminggu-minggu, Kayyisah hanya mengandalkan ASI dan air kacang hijau. Makannya hanya satu atau dua sendok makan alpukat.
Pola makan seperti itu di usianya yang sekitar sembilan bulan hingga setahun, lho! Bayangkan saja, anak umur segitu makannya kayak begitu.
Beberapa keanehan lain yang saya temukan saat itu, dalam sehari Kayyisah kurang kuantitas buang air kecilnya. Kalau dipakaikan diaper setelah mandi pagi, saat dicopot sebelum mandi sore lho diapernya masih kering! Parah kan?
Waktu saya cerita ke abinya dan juga ibu, mereka pada bilang kalau bisa…

Pakai Serum Pemutih Badan yang Bikin Cepat Putih, Aman Nggak Ya?

Putih itu cantik. Ingat slogan yang ngehits itu kan? Makanya, banyak wanita mencari produk kecantikan yang bisa memutihkan kulit. Termasuk serum pemutih badan. Eh tapi kalau efeknya bikin cepat putih, sebetulnya aman nggak ya?
Yups, pertanyaan itu sepertinya jadi bahan pertimbangan lain deh selain apakah produk pemutih kulit itu ampuh atau tidak hasilnya.
Malah kadang jadinya kayak buah simalakama. Badan bisa cepat putih tapi efek sampingnya ada rasa panas terbakar dulu, kulit kemerahan, atau endingnya malah kulit jadi gosong.
Habis itu nangis deh karena nggak jadi putih…
Atau, iya sih, serum pemutih badan yang kita pakai itu aman. Tapi setelah sekian purnama dipakai, kok kulit nggak kunjung putih seperti model iklan yang kita lihat.
Dan akhirnya jadi terpikir, katanya labelnya pemutih badan ampuh. Tapi kok kulitku nggak kunjung putih kayak mbak yang itu?
Jadilah kitanya bingung. Sebetulnya perlu nggak sih pakai serum pemutih kulit? Lantas apa bedanya dengan jenis produk kecantikan lainny…

Mengganti Token Bank Mandiri yang Habis Baterai

Setelah sekitar delapan tahun, akhirnya token Bank Mandiri saya mati. Baterainya habis. Dan uniknya, saya nggak pernah terpikir kalau urusannya sampai harus ke bank segala.
Jadi waktu kenal yang namaya token, saya pikir kalau alat tersebut baterainya habis, ya tinggal ganti saja baterainya di tukang servis jam tangan. Eh ternyata setelah browsing, saya baru tahu jika kita nggak bisa asal ganti baterai token tersebut.
Awal tanda-tanda baterai token habis itu mulai terlihat saat ada seperti noda di bagian tepi bawah layar. Semula saya pikir, apa mungkin ada kotoran masuk kali ya? Tak berapa lama kemudian, ada lagi seperti titik noda yang muncul di bagian tepi atas layar.
Hingga suatu ketika saat saya ingin transfer dana ke rekening tabungan ibu, token itu mati. Meski saya tekan tombol secara asal, tetap saja token tersebut tidak bisa aktif. Dah lah fixed, saya yakin token ini sudah habis baterainya.
Kemudian saya browsing di internet berniat ingin mencari tahu, kalau baterai token ini habi…

Tujuh Hal yang Perlu Dipertimbangkan dalam Membuka Usaha Toko Sembako

Pada tahu kan toko sembako? Itu lho, toko yang isinya menjual sembilan bahan pokok.
Yang masuk kategori sembako itu antara lain: 1.Beras, sagu, dan jagung 2.Gula pasir 3.Sayur-sayuran dan buah-buahan 4.Daging sapi, ayam, dan ikan 5.Minyak goreng dan margarine 6.Susu 7.Telur 8.Gas ELPIJI (kalau dulu sih minyak tanah) 9.Garam berIodium dan berNatrium
Semua bahan itu jadi kebutuhan pokok sehari-hari manusia.
Nah, peluang usaha membuka toko sembako ini bisa menjadi bisnis rumahan ibu rumah tangga yang menguntungkan. Bagaimana tidak. Tiap hari bisa selalu saja ada orang yang datang membeli.
Tapi yang namanya bisnis menguntungkan, biasanya ya memang banyak pesaingnya.
Menurut beberapa info yang saya baca, kita perlu survey dulu. Barangkali, eh, ternyata ada toko sembako juga di dekat tempat yang mau kita dirikan usaha.
Kalau sampai ada, perlu dipantau juga. Jangan sampai harga toko tersebut lebih murah dari barang-barang yang dijual di toko kita nantinya.
Tapi kalau sampai belum ada pesaingnya, namanya …

Melawan Neuropati untuk Segudang Aktivitas yang Terus Menanti

Dulu sewaktu sekolah, terkadang saya punya kebiasaan unik, meminta teman sebangku untuk memukuli telapak tangan saya.
Asli, kira-kira sejak SD kelas enam saya sudah punya kebiasaan seperti itu.
Jadi zaman tahun 80 sampai 90-an, yang namanya sekolah kan muridnya kebanyakan disuruh membaca atau menulis. Bahkan kalau sudah punya buku pun tetap disuruh mencatat ulang.
Sewaktu harus sering menulis itulah, kadang tangan saya terasa lemas. Rasanya seperti tidak ada energi untuk bisa menggerakkan tangan.
Selain telapak tangan yang terasa lemas, bagian lengan di dekat siku saya juga sering terasa seperti tertusuk-tusuk jarum. Kalau bahasa saya, rasanya cengkring-cengkring!
Itu masih urusan tangan. Lha kaki saya waktu itu juga sering terasa kram. Biasanya di daerah telapak tangan bagian samping atau di jari tengah dan jari manis kaki.
Waktu itu saya tidak pernah sampai mengira-ngira, saya itu sebetulnya kena apa, apa penyebabnya, dan harus melakukan apa agar keluhan-keluhan di tangan dan kaki saya s…

Nilai KKM, karena Tiap Anak Punya Kecerdasan yang Berbeda

Buat para orangtua, adakah yang sering kepikiran bagaimana caranya agar anaknya harus dapat nilai bagus? Adakah yang sampai pusing waktu tahu anaknya kok dapat nilai jelek?
Kalau ada yang punya pikiran kayak gitu, yuk, saya kenalin sama yang namanya nilai KKM.
Buat yang belum kenal sih. Tapi kalau sudah kenal juga nggak apa-apa kok kalau kenalan lagi *maksa
KKM apaan sih?
KKM itu singkatan dari Kriteria Ketuntasan Minimal. Nah, udah ada gambaran kan arah pembicaraan saya akan ke mana?
Tapi, sebelumnya saya ceritain pengalaman saya dulu ya waktu ngajar. Jadi kalau urusan nilai anak jelek, sebetulnya yang lieur juga gurunya lho. Malah seringnya, anaknya nyantai kayak di pantai, gurunya yang ngos-ngosan kayak naik gunung menanjak dan berjurang.
Pasalnya, tiap guru sudah membuat standar nilai KKM sejak awal semester. Terus dituntut untuk melaporkan hasil akademik anak didiknya yang standar terendahnya adalah nilai KKM. Dengan waktu yang seringnya pendek, nilai anak didiknya harus berstandar KK…

Cara Menghilangkan Bulu Secara Sempurna Tanpa Harus ke Salon

Bagi kebanyakan orang, khususnya kaum perempuan, keberadaan bulu di tubuh kerap mengganggu penampilan. Untuk menghilangkannya, saat ini sudah cukup banyak ditawarkan berbagai metode tertentu. Salah satunya adalah metode waxing.
Tapi, metode tersebut terkadang tidak cocok untuk tipe kulit tertentu. Salah satunya untuk tipe kulit sensitif seperti kulit saya. Apalagi waxing tuh kan prosesnya sakit banget!
Karena itu untuk urusan menghilangkan bulu di tubuh, saya lalu lebih memilih Veet sebagai solusinya. Fyi buat yang belum tahu nih, Veet adalah krim penghilang bulu dengan inovasi terbaru. Dan kalau kita pakai produk ini, urusan menghilangkan bulu mah jadi lebih mudah.

Veet, Dibuat dengan Kandungan Terbaik
Salah satu kelebihan yang saya suka dari Veet adalah kandungannya. Buat yang kulitnya sensitif, tersedia varian yang mengandung aloe vera serta vitamin E.
Kedua kandungan bahan itu sendiri konon dipercaya bermanfaat banget untuk kulit. Selain mencegah iritasi, aloe vera dan vitamin E bisa…

Lopang, Surganya Buah Jamblang

Tahu buah jamblang, atau juwet, atau dhuwet, atau dhuwek?
Di beberapa daerah, buah ini memang punya julukan yang berbeda-beda. Saya sendiri malah menyebutnya dengan plum Jawa! Hahaha…
Nah, di daerah Lopang, Kecamatan Kembangbahu, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, kita bisa menjumpai buah jamblang dengan aneka jenis.
Mulai dari jamblang yang ukurannya kecil tanpa biji, sampai yang berukuran sebesar bakso telur puyuh dengan daging buah yang tebal.
Atau, dari yang rasanya masam, hingga jamblang yang manis tanpa menyisakan rasa sepet di lidah.
Jamblang yang warnanya hitam pekat hingga berwarna ungu kemerahan pun ada di Lopang.



Di masa-masa akhir musim kemarau menjelang musim hujan, biasanya buah ini bermunculan.
Untuk tahun 2017 ini, sepertinya musim jamblang di Lopang jatuh di sekitar bulan Oktober hingga November. Karena di bulan September ini, pohon-pohon jamblang di Lopang mulai bermunculan bunganya.
Karena begitu kayanya jenis jamblang di Lopang, saya menyebut tempat satu ini sebagai surg…

Asyiknya Mengenal Huruf Lewat Nama Makanan

Anak balita nggak boleh calistung? Boleh… Asal caranya yang asyik, dan anak nggak dipaksa untuk serius belajar.
Di luar negeri sana, kegiatan mengenal huruf, angka, sampai konsep baca tulis dan hitung untuk anak usia balita, caranya banyak yang menarik lho. Rata-rata, dilakukan dalam kondisi anak sedang bermain.
Nggak hanya lewat permainan, dengan menggunakan buku pun bisa. Apalagi buku anak zaman sekarang kan keren-keren tuh. Anak bisa menambah pengetahuan, dan aktivitas yang dilakukan dengan buku tersebut.
Misalnya buku karya Mbak Winarti terbitan Bhuana Ilmu Populer atau BIP ini. Bukunya berjudul ‘Mengenal Huruf Melalui Makanan A-Z’. Anak-anak bisa mengenal huruf A sampai Z lewat nama-nama makanan.

Yang asyik dari buku ini, anak-anak bisa mengenal huruf dari huruf depan tiap makanan. Di buku ini juga bikin saya jadi tahu lho makanan-makanan khas dari beberapa daerah.
Selain mengenal huruf, ada permainan juga nih yang bisa dilakukan anak-anak baik sendiri maupun dengan pendampingan orang…

Penyebab Malnutrisi Hingga Telat Tumbuh Kembang Itu Bernama TB

Di tulisan ini saya ingin cerita tentang masa-masa di saat Kayyisah belum ketahuan penyakit TBnya, juga saat beberapa bulan ia sudah diketahui terkena TB.
Sebetulnya sudah sejak sekitar umur 14 bulan, Kayyisah disarankan untuk menjalani terapi di rehab medis. Saat itu karena perkembangan motorik kasar Kayyisah terlihat lambat.
Di umur setahun, Kayyisah sulit tengkurap, tidak bisa duduk sendiri, apalagi untuk bisa berjalan. Tempurung lutut kakinya saja di usia itu masih belum keras.

Setelah mendapat surat rekomendasi ke rehab medis dari dokter anak, dokter fisioterapi yang saya temui sempat bingung. Pasalnya, suhu tubuh Kayyisah sumeng. Di masa-masa itu, suhu tubuh Kayyisah seringkali berada di angka 38 derajat celcius.
Hingga pada akhirnya, di usia 16 bulan, saya dan suami membulatkan tekad untuk benar-benar serius membawa Kayyisah rutin terapi di rehab medis. Kami memilih RS Muhammadiyah Lamongan sebagai tempat terapi.
Awalnya, Kayyisah dicek sejauh mana kemampuan motorik kasarnya. Saat …