Sudah merencanakan akan pergi berjalan jalan di akhir bulan ini tetapi belum juga mendapatkan tiket pesawat karena mahal harganya?

Memang sih, harga tiket pesawat dengan tujuan ke manapun bisa dibilang mahal. 

Tapi supaya liburan kita tidak hanya sekedar wacana, maka untuk bisa mendapatkan harga tiket yang lebih murah, kita bisa berburu tiket saat adanya masa promo.

Cuma bagaimana ya kalau pas sedang tidak ada promo, apa masih bisa mendapatkan tiket pesawat Jakarta Surabaya murah? 

Ternyata ada triknya lho! Kita nggak perlu khawatir lagi karena dengan mengikuti beberapa cara jitu berikut ini, kita bisa kok mendapatkan tiket pesawat murah meski tidak ada promo. Nah, begini caranya...

1. Menentukan Periode Perjalanan 

Pastinya menjelang peak season seperti musim libur sekolah, harga tiket pesawat akan melonjak begitu tingginya. Oleh karena itu sebaiknya kita menggeser waktu liburan ke periode off – season, atau tidak lama setelah berakhirnya masa libur panjang.

Selain itu melakukan penerbangan saat weekday akan jauh lebih murah daripada melakukan penerbangan saat weekend. Harga tiket pesawat juga bisa jauh lebih murah saat melakukan keberangkatan di pagi hari atau tengah malam. 

2. Fleksibel Soal Destinasi

Jika kita tidak bisa fleksibel dengan periode liburan, maka cobalah untuk lebih fleksibel di dalam menentukan destinasi liburan. Sekarang ini sudah ada banyak lho layanan yang dapat membantu kita untuk mencari destinasi wisata dengan harga tiket pesawat yang jauh lebih murah. Misalnya saja dengan Google Flights. 

3. Terbang Dengan Low Cost Carrier 

Jika kita ada rencana akan berlibur ke luar negeri, cobalah riset tentang low cost carrier (LCC) yang terbang ke negara tersebut. Sekarang ini sudah ada banyak LCC yang menawarkan penerbangan jarak jauh, dan salah satunya adalah AirAsia.

Memang harga tiket yang ditawarkannya bisa dibilang lebih murah. Tetapi kita mesti waspada juga dengan biaya tambahan yang dibebankannya. Biasanya LCC ini akan membebankan biaya untuk bagasi, mencetak boarding pass, ataupun pembayaran menggunakan kartu kredit. 

4. Menggunakan Poin Dan Miles  

Jika kita adalah pengguna setia sebuah maskapai penerbangan, maka jangan lupa untuk mendaftarkan diri menjadi anggota frequent Flyer. Dengan keanggotan ini, kita bisa mendapatkan poin dan miles yang nantinya jika jumlahnya sudah banyak bisa ditukarkan dengan tiket gratis.

Btw, cara ini pernah nih diterapkan oleh teman saya yang kerja di luar Jawa. Jadi biaya perjalanan dia memang ditanggung sama perusahaan. Tapi keluarganya kan enggak. Nah setelah beberapa kali penerbangan, akhirnya dia bisa dapat deh tiket gratis yang bisa dipakai untuk anak atau suaminya.

5. Mencari Tiket Untuk Satu Orang  

Saat kita akan mencari tiket untuk rombongan, maka sebaiknya tidak membeli banyak tiket sekaligus dalam satu transaksi. Karena biasanya, maskapai akan memperlihatkan harga paling tinggi dalam tiket rombongan.


Sebaiknya kita mencari tiket untuk satu orang. Setelah selesainya proses checkout, pilihlah kursi kalian supaya bisa duduk bersama dengan teman teman lainnya. 

6. Mengaktifkan Price Alerts 

Adanya fitur “Price Alerts” ini bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan notifikasi tentang harga dan waktu perjalanan yang paling cocok dengan budget yang sudah kita siapkan. Fitur ini sudah dimiliki oleh beberapa layanan online seperti Traveloka dan Skyscanner. 

7. Jangan Menunggu Terlalu Lama

Jika kita sudah tahu akan pergi ke mana dan kapan akan berangkat, sebaiknya kita langsung membeli tiket pesawatnya. Karena harga tiket tidak akan menjadi lebih murah saat semakin mendekatnya waktu keberangkatan.


Nah, itu dia tujuh cara jitu mendapatkan tiket pesawat murah meski tanpa promo. Dengan melakukan salah satu cara tersebut, dijamin, kita bisa mendapatkan harga tiket pesawat yang paling murah meski tidak ada promo dari maskapai.  

0 Comments