Cara Memotong Rambut Sendiri di Rumah, Ternyata Mudah Lho!

Post a Comment

Cara potong rambut sendiri

 

Pernah nggak kebayang harus berpikir cara memotong rambut sendiri di rumah?

Mungkin bagi banyak orang akan berpikir, “Kenapa repot banget sih? Kan tinggal pergi ke salon?”

Tapi itu dulu. Sekarang saat pandemi, saat keluar rumah rasanya banyak parnonya, lalu rambut kok rasanya menjerit minta dipotong, pasti kepikir deh untuk memotong rambut sendiri di rumah.

Kalau saya sih malah pernah berpikir dan melakukan potong rambut sendiri di rumah kejadiannya beberapa tahun yang lalu. Waktu itu punya anak balita, yang kalau dibawa ke salon, kayaknya mengkhawatirkan kalau saya minta duduk tenang untuk menunggu. Mau ditinggal untuk dititipkan ke orang lain atau keluarga juga nggak memungkinkan.

Pokoknya waktu itu benar-benar susah deh kalau harus pergi ke salon untuk potong rambut!

Walhasil, saya pun harus putar otak untuk mencari cara memotong rambut sendiri di rumah. Satu-satunya cara ya apalagi kalau bukan mencari di internet.

Waktu itu, saya ternyata menemukan kalau di internet, banyak juga tutorial cara memotong rambut sendiri. Modalnya hanya cermin, sisir, dan gunting tentunya.

Cara memotong rambut sendiri yang saya dapati di internet pun begitu banyak metodenya. Ada yang diikat kuda dulu, ada yang diikat dua. Ada yang diikat jadi satu tapi diikat dua ikatan, dan yang lainnya.

Hanya saja kalau cermin, harus menggunakan dua cermin agar kita bisa melihat beres tidaknya rambut bagian belakang. Atau bisa juga sih kita pakai smart phone atau laptop. Caranya, pasang mode kamera selfie, dan jadi lah cermin digital.

Alhamdulillah, tipe rambut saya itu lurus. Nggak bergelombang apalagi keriting. Sudah begitu, volume rambutnya nggak banyak lagi.

Sampai akhirnya, sering saat ke salon, saya dipuji karena rambut saya gampang untuk dipotong. Nah, jadi nggak masalah juga kan kalau saya potong rambut sendiri di rumah.

Pikir saya waktu itu, apalagi sayanya juga berjilbab. Seandainya ada bagian potongan yang nggak beres, saya pastinya nggak akan terlalu malu. Kan saat keluar rumah pun rambutnya tertutup jilbab.

Waktu itu kenapa saya kok kebelet potong rambut sendiri di rumah, karena sayanya memang nggak betah punya rambut panjang. Rambut panjang sebahu saja, saya sudah risih merasa nggak suka.

Belum lagi ada dua masalah yang sering saya rasakan jika rambut saya panjang sedikit saja melebihi bahu. Yang pertama, tipe kepala saya mudah berkeringat. Karena begitu seringnya berkeringat, rambut pun jadi sering lepek dan bau asam.

Selain itu, rambut saya pun sering kusut. Akibatnya jika disisir, sering rambut saya rontok karena patah.

Untuk memotong rambut sendiri yang saya lakukan waktu itu, cara inilah yang saya pakai.

- Pertama-tama, saya basahi sedikit dulu rambut saya. Ini biar memudahkan pas memotong rambut.

- Kemudian, saya ikat jadi satu rambut saya pakai gaya ekor kuda. Cuma, ikatannya ini diletakkan di bagian atas kepala. Biar gampang mengikatnya, waktu itu saya menundukkan kepala dengan posisi merundukkan tubuh. Panjang pendeknya rambut yang kita inginkan, tergantung kuat atau kendornya ikatan yang kita buat, ya.

- Rambut yang nggak terikat, dipotong deh. Pesan saya, pakai gunting yang benar-benar tajam ya. Jangan sampai ada bagian sisi gunting yang tumpul sedikit pun. Jadi, pastikan sebelum memotong rambut, tajam dulu kedua sisi gunting hingga ujung-ujung gunting. Kalau sampai ada gunting yang tumpul, akibatnya tentu rambut kita jadi susah digunting. Selain itu ujung rambut juga jadi rusak karena adanya gesekan berkali-kali dari gunting yang tumpul.

- Buka tali pengikat rambut, lalu cek dan pastikan kondisi hasil potongan dengan menggunakan cermin. Kalau ada rambut yang nggak rata atau masih berantakan, ya tinggal digunting rapikan saja.

Waktu itu setelah selesai menggunting rambut, saya nggak nyangka. Ternyata hasilnya model banget lho! Maksudnya, model hasil potongan rambutnya itu nggak standar.

Kebetulan untuk urusan belah rambut, saya juarang pakai. Jadi kalau pads diurai, ya rambut sering belah sendiri di bagian tengah. Nah setelah dipotong sendiri, rupanya bagian depan samping kanan dan kiri rambut saya membentuk layer. Demikian juga hingga bagian belakang.

Kalau tahu mode rambut a la kebanyakan model atau artis yang tergerai, agak acak-acakan berlayer tapi keren, nah, mirip lah dengan itu!

Ibu saya saja pas tahu kalau saya sudah potong rambut, beliau kira saya habis dari salon. Katanya kok potongan rambut saya bagus. Hihihi, padahal cara memotong rambut sendiri di rumah tuh, yang caranya pakai nyontek di internet!

 

Related Posts

Post a Comment

Popular