Biar Nggak Kena Momnesia, Main Game Yuk!

Main solitaire.org untuk mencerdaskan otak dan mrngatasi pelupa


“Pantesan lola. Soalnya habis melahirkan sih!”

Pernah mendengar komentar seperti itu nggak? Kalau saya sih iya. Dan setelah dua kali melahirkan, pernah juga merasa ada di titik itu.

Bermacam istilah yang digunakan untuk sebuah kondisi di mana ibu yang usai melahirkan bisa menjadi mudah pelupa. Ada yang menyebutnya mommy brain, mum brain, baby brain, sampai momnesia.

Baiklah, untuk tulisan kali ini, saya pakai istilah momnesia ya.

Jadi dari yang pernah saya baca, saat seorang wanita usai melahirkan, ada perubahan struktur otak yang dipengaruhi oleh hormon. Kabarnya, momnesia ini bisa berlangsung dua tahun lho!

Untungnya saya sendiri merasa nggak sampai separah itu sih. Maksudnya, iya sih otak rasanya jadi agak lemot setelah melahirkan. Memori juga mudah lupa. Tapi dari pengalaman yang ada, saat melahirkan anak pertama lah yang paling parah buat saya kondisi momnesia-nya.

Yang membuat beda adalah setelah melahirkan anak ke dua, selang beberapa hari saya langsung mengajar lewat online. Saya memang tidak mengambil cuti karena toh dari pengalaman sebelumnya, guru yang cuti juga tetap harus mengurusi urusan sekolah. Jadi percuma!

Anak bayi menunggui ibunya yang sedang mengajar online di rumah

Namun ternyata kondisi tersebut ada untungnya buat otak saya. Yang saya rasakan, otak jadi nggak lemot alias lemah otak atau lola alias loading lambat. Kondisi yang menuntut saya untuk terus bekerja terutama menggunakan kemampuan otak ini terus berlangsung hingga sekarang.

Saat saya menulis tulisan ini, anak saya sudah berumur 16 bulan. Dan setiap hari otak saya dituntut terus aktif untuk urusan kerjaan ngeblog.

Sekarang saat hampir setahun saya kembali fokus ngeblog, banyak menghabiskan waktu di rumah, dan tidak lagi mengajar, ternyata kok ya rasanya otak capek juga. Saya jadi terpikir untuk mencari aktivitas yang bisa untuk hiburan di rumah, tapi tetap mengasah otak.

 

Menghibur Diri Lewat Hp

“Bisa nggak sih sehari saja nggak pegang hp?”

“Sungguh aku tak bisa. Sampai kapan pun tak bisa…” (Mode on: lagunya Geisha Cinta dan Benci)

Eh, ada yang pernah tahu cuplikan percakapan itu di TikTok atau Instagram Reels nggak? Efek suara tersebut banyak dipakai sebagai percakapan antara seseorang yang mengingatkan orang yang kecanduan hp.

Kalau dibilang kok pegang hp terus dan apakah saya kecanduan hp, sebetulnya ya nggak juga. Memang untuk urusan kerjaan, banyak kegiatan yang harus saya lakukan di hp.

Bahkan saat bersama anak pun, saya harus pegang hp. Terutama saat sedang menyusui. Karena kalau tidak, dijamin saya bakal ketiduran. Seperti itulah pengaruh dari hormon saat seorang ibu sedang menyusui.

Biasanya sambil menyusui, saya bisa melakukan banyak aktivitas kerja yang berurusan dengan hp. Bikin draft postblog, job tweet, webinar online dengan mode kamera off, atau blogwalking atau BW.

Pas BW inilah saya membaca artikel teman tentang game online. Asyiknya, gamenya nggak pakai aplikasi yang mesti didownload, bisa dimainkan lewat browser biasa. Nama situsnya, solitaire.org.

Permainan solitaire di website solitaire.org

Waktu saya coba buka, wah, saya ketemu banyak game yang bisa banget dipakai buat mengasah otak. Dijamin, setiap hari kalau main ini, saya nggak bakal kena momnesia! Hahaha…

 

Mengasah Otak Lewat Solitaire.org

Kalau kita membuka situs www.solitaire.org, kita akan langsung menjumpai permainan kartu solitaire. Permainan ini sendiri bisa dibilang legend ya kayaknya. Di awal tahun 2000-an, hampir semua komputer selalu memiliki permainan ini.

Bentuk permainannya, ada tumpukan kartu di sebelah kanan dan tujuh tumpukan kartu di bawahnya dengan jumlah meninggkat, dari satu sampai tujuh tumpukan kartu. Tugas pemain, harus mengurutkan kartu yang acak di seluruh tumpukan tersebut berdasarkan jenisnya dan ditumpuk di sebelah kiri sebanyak empat jenis kartu.

Tapi, di solitaire.org sebetulnya masih banyak permainan lain yang bisa kita mainkan. Ke tujuh kategorinya antara lain sebagai berikut:

1. solitaire.org/logic-puzzle-games/

2. solitaire.org/word-games/

3. solitaire.org/mahjong-games/

4. solitaire.org/hidden-object-games/

5. solitaire.org/card-games/

6. solitaire.org/match-3-games/

7. solitaire.org/free-online-games/

Kalau ada yang tahu permainan sudoku, catur, scramble, teka-teki sllang, domino, minesweeper, nah semua itu ada di sana berikut model turunan permainannya.

 

Permainan yang Paling Saya Suka di Solitaire.org

Sebetulnya banyak permainan bagus-bagus di Solitaire.org. Namun apa daya, saya ini kok ya nggak kunjung ngerti cara mainnya. Apalagi sudoku. Dari dulu penasaran banget ingin bisa main permainan tersebut.

Dari sekian permainan yang ada di sana, inilah beberapa favorit saya.

1. Solitaire

Menurut saya ada beberapa kelebihan dari permainan ini yang membuat saya jadi paling suka memainkannya.

Permainan ini bisa dimainkan di hp dengan satu tangan. Enaknya game ini bisa saya mainkan hanya dengan satu tangan memegang hp posisi vertikal. Biasanya jari jempol yang saya gunakan untuk menggeser atau tap kartu di layar hp.

Pokoknya game ini andalan banget buat mengusir ngantuk waktu saya sambil menyusui si kecil. Soalnya, saya harus teliti dan jeli untuk melihat kartu mana yang bisa ditumpuk atau diurutkan. Andalan saya kalau agak mengantuk sih tinggal main tap. Kalau kartunya memang betul, dia akan lari sendiri ke tempat yang seharusnya untuk ditumpuk.

Biarpun cuma main kartu yang ditumpuk, ada strateginya juga lho. Misalnya ada satu tempat yang kosong. Tempat ini biasanya akan saya pakai untuk menurunkan atau memindahkan King yang warnanya berbeda dari yang sudah ada di deretan bawah. Kalau deretan bawah memiliki banyak angka yang seragam warnanya, hal ini malah akan membuat kita sulit untuk memainkan permainan.

2. Daily Letter Logic

Kebanyakan permainan yang saya suka di Solitaire.org adalah di kategori Word Games. Salah satunya adalah Daily Letter Logic.

Permainan Daily letter logic di solitaire.org

Intinya, permainan ini sama dengan teka-teki silang. Cuma model permainannya, kita tinggal meletakkan pilihan kata yang sudah ada ke dalam kotak-kotak teka-teki silang.

Bisa dibilang permainan ini cukup mudah. Di setiap kata pilihannya pun tertulis jumlah huruf yang memudahkan kita saat bermain.

Trik saya, biasanya saya mainkan dari deretan yang sudah ada clue satu huruf. Sudah deh, tinggal mengalir saja. Lalu, saya menghindari kata yang memiliki deretan huruf pendek. Soalnya, biasanya kata ini susah ditebak dan sering ada kemiripan di pilihan kata yang ada.

3. Daily Word Search

Game ini berupa sebuah kotak yang di dalamnya terdiri dari banyak huruf yang terlihat acak. Tugas kita adalah menemukan huruf-huruf yang pilihannya ada sebelah kiri tampilan permainan. Setiap kata yang ditemukan membuat pilihan hurufnya jadi berkurang.

Permainan Daily word search di website solitaire.org

Kata yang tersebar di kotak tersebut bisa berupa vertikal, horisontal, atau menyilang. Tantangannya, bisa jadi kata tersebut terbaca terbalik. Apalagi kalau ternyata posisinya menyilang, terkadang cukup bikin siwer mata yang nyari ke mana-mana! Hahaha…

4. Letter Scramble

Permainan scrabble ini membuat kita harus menyusun kata dari huruf yang tersedia. Game ini akan mengeluarkan huruf demi huruf. Kita akan mendapatkan poin jika berhasil membuat kata yang terdiri dari minimal tiga huruf.

Permainan Letter scramble adalah permainan scrable yang ada di website solitaire.org

Selain Solitaire, permainan ini juga jadi favorit saya. Soalnya permainan ini membutuhkan konsentrasi tinggi dan kecepatan untuk membentuk kata dari huruf demi huruf yang makin menumpuk. Sayangnya karena harus dimainkan kedua tangan dan posisi hp harus horisontal, membuat saya jadi jarang memainkan permainan ini.

 

Jadi siapa nih teman-teman yang sudah hobi main game di Solitare.org? permainan apa yang paling disuka? Cerita di kolom komentar ya. Buat yang belum, yuk main ke sana dan cerita juga dong ke saya, pada suka main game yang mana?

Dari gambaran beberapa game yang saya sebutkan tadi, tentunya bisa ditebak kan betapa gamenya itu memang bisa membuat otak jadi terasah. Buat ibu-ibu seperti saya, pastinya bisa membuat otak terhindar dari momnesia.

 

Comments

  1. saya pikir hoax lho soal momnesia ini ternyata gak ya, ada penelitiannya juga. jadi pengen tahu lebih lanjut soal ini. soalnya sekarang setelah punya 2 anak saya emang mudah lupa mba, di kepala tau apa tapi pas neyubtin gak tau. mudah lupa aja deh pokoknya. saya juga suka main games untuk mengasah daya ingat dan kemampuan berfikir biar gal lola lola amat, hehehe. tapi gak suka solitaire, maaf ya. scramble nih aku suka, hehehe. aku berkunjung kesana nanti ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Momnesia itu ada. Penyebabnya karena kurang tidur, yang umum terjadi pada ibu-ibu yang baru saja melahirkan anak. Untuk mengatasinya, ibu perlu pengaturan jam tidur kembali dan menata konsentrasi dengan membuat skala prioritas.

      Delete
  2. Hoh, permainan games belum pernah saya lakukan. Semoga suatu hari tergerak untuk mampir di solitaire games. Iya salah satunya adalah untuk mengasah otak. Tapi juga tidak boleh kecanduan.

    ReplyDelete
  3. wahh , momnesia itu emang ada ya mbak
    wah jangan sampai kena deh, makanya perlu ya main game solitaire ini

    ReplyDelete
  4. Nah iya, saya suka banget sama jenis game kayak kuis atau teka-teki silang. Jadi sekaligus main sekaligus ngasah otak juga. Cocok buat menghindari momnesia.

    ReplyDelete
  5. baru tau tentang momnesia

    saya pikir suka lupa karena dengan lahirnya anak otomatis jadi banyak urusan

    asalnya cuma 5, sesudah punya anak bisa jadi 50 urusan :D :D

    ReplyDelete
  6. Solitare nih games kesayangan saya dari kecil..gampang mainnya dan ga butuh mikir heheheh tapi jadi suka lupa waktu kalau sdh main games saking asiknya..untung sekarang udah online ya jadi lebih praktis

    ReplyDelete
  7. Sering denger istilah momnesia ini, tapi belom pernah mengena diri sendiri jadinya langsung skip dan ternyata memang banyak ya pasca melahirkan jadi pelupa, mungkin karena sibuk dengan aktivitas dan prioritas pada bayinya kali yaa.
    Nah kalo soal games aku nyerah, hahhaa ga terlalu tertarik ngegames, tapi suka lihat rekan kerja yg asik main solitaire ini, bikin fokus dan ngasah otak nih.

    ReplyDelete
  8. hihi.. game yang ak ngebosenin ya solitare tuh dari dulu :) rasanya sederhana, ngegame tapi ternyata bisa juga melatih otak dan tentunya bikin lebih sedikit rileks hehe

    ReplyDelete
  9. Langsung cus maen game di solitare aj. Banyak yg kusuka nih

    ReplyDelete
  10. Asik dong pastinya main Solitare pakai satu tangan ya mba. Aku suka juga permainan itu tapi kayaknya belum terlalu mahir. Heheh. Kayaknya mau main juga deh

    ReplyDelete
  11. Udah lama nih ga main games, terakhir yg sering dimainin Candy Crush hehe. Mau cek ah Solitare ini. sepertinya seru ya.

    ReplyDelete
  12. Bener mbak, bikin seger pikiran sih, karena main Solitaire games itu perlu banget biar hati dan jiwa tetap bahagia

    ReplyDelete
  13. Aku juga sering main Solitaire di Solitaire.org mba, bisa jadi media me time singkatku di tengah kesibukan pekerjaan domestik yang nggak ada habisnya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkenan membaca.

Popular posts from this blog

TB Membuat Kayyisah Menjadi Anak tak Biasa

Mengganti Token Bank Mandiri yang Habis Baterai

Anak Lemas Setelah Sembuh dari Sakit, Ini Dia Cara Memulihkannya