Ini Dia Deretan Nama Boneka Arwah yang Paling Populer di Dunia

Post a Comment

Spirit doll


Sebelum viral di Indonesia, ternyata mengadopsi spirit doll alias boneka arwah sempat menjadi tren di negara Thailand pada tahun lalu. Ya, mereka mayakini bahwa boneka yang dimilikinya itu sudah dihuni oleh roh sehingga dapat memberikan keburuntungan bagi hidupnya.

Bahkan, tak jarang para pemiliknya memperlakukan boneka arwah ini seperti merawat anak manusia. Boneka arwah tersebut kerap diajak bicara, diberi makan, diajak main, dan lain sebagainya. 

Pada mulanya, boneka sering digunakan untuk ritual-ritual keagamaan serta mengusir roh jahat. Namun, kini boneka arwah beralih fungsi untuk dijadikan metode peyembuhan batin seseorang. 

Ada beberapa nama boneka arwah yang paling populer di dunia lho. Berikut ulasannya di bawah ini. 

1. Annabelle

Nama boneka Annabelle semakin terkenal setelah kisahnya dibuatkan film dengan judul yang sama. Ternyata nama asli boneka Annabelle ini adalah Raggedy Ann. Faktanya, penampilan aslinya sebetulnya tidak seseram seperti di film boneka Annabelle, lho. Nama Annabelle sendiri sempat populer di kawasan Eropa pada tahun 1970-an. 

2. Okiku

Boneka Okiku ini dibeli di kota Hokaido, Jepang oleh seorang remaja 17 tahun bernama Ekichi Suzuki. Ia membeli boneka tersebut untuk dihadiahkan kepada adiknya yang berusia 3 tahun bernama Kikuko. Ekichi lalu memberi nama boneka milik adiknya dengan sebutan Okiku. 

Boneka Okiku tampil dengan gaya rambut tradisional wanita Jepang yang panjangnya mencapai dagu dan berponi. Menurut cerita masyarakat Jepang di tahun 1918, rambut yang dimiliki oleh boneka Okiku ini adalah rambut asli dari anak manusia.  

Sehingga tak heran jika semakin hari rambutnya akan semakin panjang. Itu sebabnya, konon, boneka Okiku berbicara dan meminta kepada pemiliknya agar dilakukan pemangkasan rambut secara rutin. 

3. Lilly

Boneka Lilly pertama kali ditemukan oleh seorang pedagang barang antik di daerah Oregon, Amerika Serikat dalam sebuah peti unik. Uniknya, ternyata boneka Lilly ini berasal dari Negara Jerman. Nama boneka Lilly mulai populer di tahun 1800-an karena diklaim memiliki rambut manusia asli. 

Akhirnya pedagang tersebut memutuskan untuk membawa pulang boneka Lilly ke rumahnya. Semenjak membawa boneka Lilly, pria pedagang ini sering bermimpi buruk mengenai seorang gadis kecil yang mengalami kecelakaan tragis. 

Menyadari akan hal itu, lantas ia pun menyimpan boneka Lilly di tokonya. Suatu hari, tokonya dikunjungi oleh seorang ibu yang membawa gadis kecil. Si gadis kecil ini pun melihat boneka Lilly dan langsung menghampirinya. 

Ketika sang ibu sibuk mencari barang-barang yang hendak dibelinya, gadis kecil tersebut tampak sedang berbicara dengan boneka Lilly. Bahkan, perbincangan antara gadis kecil dengan boneka Lilly itu sampai berlangsung selama 3 jam. Sontak saja semua pengunjung toko sangat terkejut saat menyaksikan kejadian ini, termasuk sang ibu. 

4. Robert

Boneka arwah berikutnya yang paling populer di dunia adalah sebuah boneka bernama Robert. Pada tahun 1900-an, seorang anak bernama Robert Eugene Otto yang tinggal di Florida, Amerika Serikat tengah bahagia karena mendapatkan hadiah berupa boneka. 

Ketika Robert meninggal dunia, boneka tersebut diserahkan kepada pihak pengelola Museum Martello Timur. Konon, para pengunjung yang memotret boneka Robert tanpa seizinnya selalu mengalami nasib sial. Bahkan tak jarang pula dari mereka yang mengalami nasib naas akibat mengambil foto boneka Robert. 

Itu tadi beberapa cerita tentang keberadaan boneka arwah yang terkenal di dunia. 


Related Posts

Post a Comment

Popular