Meluaskan Manfaat Bersama LMI Agar Ramadan Lebih Istimewa

Post a Comment
Berbagai kegiatan yang bisa dilakukan agar ramadan jadi lebih istimewa

Setiap mendekati bulan Ramadan, saya sering terpikir, bagaimana agar bulan Ramadan di tahun ini bisa dilalui dengan lebih istimewa dari sebelum-sebelumnya. 

Salah satu yang saya lakukan agar Ramadan tahun ini jadi lebih baik adalah dengan menetapkan target ibadah. Target yang standar misalnya adalah bisa khatam Quran, salat selalu tepat waktu, selalu bisa melakukan salat qiyamul lail, dan sebagainya.

Ya, memerbanyak ibadah dibanding hari-hari biasanya kerap menjadi resolusi yang ingin dilakukan umat muslim di bulan Ramadan. Hal ini dikarenakan betapa istimewanya bulan Ramadan.

Di bulan suci tersebut, seluruh umat muslim tak hanya melaksanakan ibadah wajib yaitu puasa Ramadan. Akan tetapi, bulan yang penuh berkah dan ampunan ini juga menjadi momen yang tepat untuk memperbanyak ibadah dan kebaikan.

Allah sendiri berjanji bahwa siapapun yang memerbanyak ibadah di bulan Ramadan, maka Allah akan melipatgandakan pahala bagi umat-Nya. Untuk itu, jangan sampai deh kita merugi karena melewatkan bulan Ramadan begitu saja tanpa amalan atau ibadah yang istimewa.


Makin Produktif Bersama Laznas LMI

Ada banyak cara untuk memperbanyak ibadah di bulan Ramadan dan menjadikannya sebagai bulan istimewa. Salah satu di antaranya adalah dengan belajar dan memperdalam wawasan serta pengetahuan tentang keislaman. 

Melihat kebutuhan akan hal ini, rupanya Lembaga Manajemen Infaq atau LMI memiliki beberapa program yang bisa kita semua ikuti di bulan Ramadan tahun ini. Dengan tema Meluaskan Manfaat di Bulan Ramadan 2023 ini, Lembaga yang berdiri sejak 2015 di Surabaya ini berupaya ingin memberikan makna yang lebih banyak kepada masyarakat.

Sumber: Instagram LMI


Beberapa kegiatan Meluaskan Manfaat bersama LMI yang bisa kita ikuti antara lain sebagai berikut.

1. Dialog sahur

Biar makan sahurnya istimewa, sahur saja sambil mendengarkan Radio Suara Surabaya FM 100. Pasalnya, ada program Dialog Sahur yang diadakan bekerja sama dengan LMI. Untuk yang di luar Surabaya, kita bisa mengikuti siaran Radio Suara Surabaya FM melalui live streaming di hp.

Dalam program ini, kita bisa menikmati makan sahur sambil menyimak berbagai kajian singkat seputar keislaman. Bayangkan saja kalau selama sebulan kita melakukan ini, berapa banyak pengetahuan keislaman kita yang makin bertambah di akhir Ramadan nantinya.

2. Seminar zakat

Dalam Seminar Zakat Nasional yang akan diadakan hari Sabtu tanggal 18 Maret 2023 nantinya, LMI mengangkat tema Meningkatkan Nilai Perusahaan melalui Keuangan Sosial Islam.

Sumber: Instagram LMI

Seminar ini akan menghadirkan beberapa narasumber yang kompeten di bidangnya. Untuk yang di sekitaran Surabaya, bisa mengikuti seminar yang diadakan di Aula FEB Universitas Airlangga pada hari Sabtu, 18 Maret 2023. 

3. Safari dongeng dan kisah

Salah satu kegiatan yang sering dilakukan LMI bahkan di luar bulan Ramadan adalah safari dongeng dan kisah. Misalnya pada Februari lalu, LMI pernah mengadakan Safari Dongeng di SD Laboratorium UM yang ada di Kota Blitar.

Sumber: beritajatim.com


Sedangkan pada bulan Ramadan nanti, LMI juga akan melakukan kegiatan ini untuk menemani adik-adik TK dan SD belajar tentang sirah. Tentunya safari dongeng dan kisah ini akan dilakukan dengan metode yang ceria dan menyenangkan untuk anak-anak.

4. Ramadan Around The World

Salah satu hal yang selalu menarik perhatian saat adalah saat bisa mengetahui bagaimana orang-orang di luar negeri melaksanakan bulan Ramadan. 

Asyiknya, di Ramadan kali ini nantinya, LMI juga punya program yang terkait hal tersebut. Nama programnya adalah Ramadan Around The World.

Tak hanya berbagai cerita tentang suasana Ramadan di luar negeri, program ini juga akan membagi berbagai tips seputar cara mendapatkan beasiswa studi di luar negeri. Kita bisa mengikutinya secara Live melalui Instagram dari lima benua. 

5. Safari dakwah

Seperti safari dakwah pada umumnya, program LMI yang satu ini juga akan diadakan dari masjid ke masjid. Tujuannya, agar kita bisa menambah khazanah Islam dan menjadi pribadi yang lebih baik di bulan Ramadan kali ini.


Meluaskan Manfaat dalam Aktivitas Pengalaman Sosial 

Bagi yang ingin menambah pengalaman sosial di bulan Ramadan kali ini, LMI juga punya program The Next Level: Meluaskan Manfaat Pengalaman Sosial di bulan Ramadan.

Sumber: Instagram LMI


Dalam kegiatan tersebut, berbagai kesempatan yang bisa didapatkan antara lain sebagai berikut.

1. Pengalaman sosial saat Ramadan

2. Pelatihan fundraising 

3. Pelatihan leadership

4. Pelatihan komunikasi efektif

5. Pelatihan manajemen program

Tak hanya itu, kita juga bisa menyalurkan donasi melalui rekening BSI 7082604191 atas nama Lembaga Manajemen Infaq. 


Buat yang ingin Ramadannya kali ini berjalan dengan istimewa dan lebih baik dari sebelum-sebelumnya, tentunya akan sayang jika melewatkan berbagai program yang diadakan oleh LMI. 

Dengan mengikuti beberapa kegiatan yang meluaskan manfaat bersama LMI tersebut, kita bisa turut merasakan dan berbagi manfaat yang lebih bermakna bagi orang lain.


Related Posts

Post a Comment

Popular