Skip to main content

Hal-hal Apa Saja yang Perlu Diketahui tentang Penyebab Telat Haid dan Cara Mengatasinya



Penyebab Telat Haid 

Tak jarang para wanita memiliki masalah dalam siklus haid atau menstruasinya. Yang sering dialami adalah telat haid atau terlambat datang bulan. Penyebab telat haid berbeda-beda pada tiap wanita. 

Oleh sebab itu, para wanita perlu sekali untuk mengetahui berbagai unsur penyebab dirinya telat haid agar tidak salah kira. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai hal-hal apa saja yang perlu diketahui tentang penyebab terjadinya telat haid dan cara untuk mengatasinya. 


Berbagai Penyebab Telat Haid Yang Perlu Wanita Ketahui

Dalam keadaan normal, haid biasanya terjadi dalam kurun waktu satu bulan sekali. Haid terjadi karena dinding rahim tak dibuahi, sehingga akhirnya meluruh. Peluruhan tersebut berupa darah yang keluar dari alat kelamin wanita. 

Proses ini normal dan wajar terjadi pada wanita sebulan sekali dalam beberapa hari. Namun, bila jadwalnya mundur pada waktu yang seharusnya, atau istilahnya terlambat haid, maka pasti ada penyebabnya. 

Penyebab telat haid adalah sebagai berikut:

Hamil

Tidak haid merupakan salah satu tanda adanya kehamilan pada diri seorang wanita. Untuk mencari tahu keadaan yang sebenarnya bisa dilakukan test kehamilan.

Baru menstruasi

Para remaja yang baru mendapatkan haid, biasanya siklus haidnya masih belum lancar dan sering terlambat. Hal tersebut disebabkan oleh belum stabilnya keseimbangan hormon pada si anak perempuan yang mulai beranjak dewasa.

Adanya gangguan kelenjar tiroid
Kelenjar tiroid yang terganggu terbukti dapat menjadi penyebab telat haid. Hal ini karena sebenarnya kelenjar tiroid memiliki fungsi untuk mewujudkan hormon yang berkhasiat untuk membatasi fungsi tubuh dengan tepat, termasuk pula siklus haid. 

Sehingga, bila terkena gangguan akan mengakibatkan haid yang terlambat.

Stress dan depresi

Gangguan psikologis seperti stress dan depresi dapat memberikan pengaruh pada siklus haid wanita. 
Masalah berat badan
Bila badan mengalami kelebihan (obesitas) maupun kekurangan berat badan, ini juga bisa mempengaruhi terlambatnya siklus haid.

Mendekati masa menopause
Hal ini terjadi pada para wanita yang umurnya setengah baya atau mendekati umur 40 tahun lebih. 


Cara Mengatasi Penyebab Telat Haid Dengan Jeruk Nipis

Agar siklus haid bisa normal, selain penyebab telat haid karena hamil dan menopause, ada berbagai cara untuk mengatasi gangguan telat haid. 

Salah satunya adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Jeruk nipis merupakan salah satu buah yang memiliki banyak manfaat. Jeruk nipis kaya akan kandungan asam askrobat, kalsium, kalori, mineral, dan fosfor. 

Jeruk nipis dapat dijadikan obat untuk memperlancar haid. Caranya adalah dengan menyeduh perasan air jeruk nipis dan madu murni dengan secangkir air hangat. Minuman ini dapat diminum setiap hari.


Cara Mengatasi Telat Haid Dengan Menggunakan Daun Pepaya

Daun pepaya yang pahit ternyata juga bisa berkhasiat untuk mengatasi telat haid. Caranya adalah dengan merebus daun pepaya yang masih muda dengan 2 gelas air bersih yang dicampurkan dengan asam, garam, dan sedikit gula. Setelah diaduk rata dan rebusannya mendidih, diamkan beberapa menit sampai hangat. Minum ramuan tradisional tersebut 2 kali sehari hingga siklus haid kembali normal.


Cara Mengatasi Penyebab Telat Haid Dengan Rutin Berolahraga

Selain mengkonsumsi ramuan herbal seperti yang diuraikan di atas, salah satu cara lagi untuk mengatasi penyebab telat haid adalah dengan olahraga secara rutin. 

Olahraga secara teratur tiap-tiap minggunya dapat membuat hormon dan siklus haid lebih stabil. Selain itu, memiliki gaya hidup yang baik seperti istirahat yang cukup, tidak begadang juga akan dapat memperbaiki siklus haid.

Mengetahui penyebab telat haid dan bagaimana cara mengatasinya sangatlah penting untuk diketahui para wanita. Ini akan bermanfaat untuk dirinya sendiri.

Itulah sekiranya yang dapat disampaikan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Comments

  1. tipsnya ini sangat wajib dipahami oleh para wanita.. udah saatnya kita lebih care dengan kesehatan organ kewanitaan kita ya Mbak 😊

    ReplyDelete
  2. Aku baru tahu lho cara mengatasi telat haid dengan cara tradisional gitu. Bahan-bahan yang digunakan mudah dicari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bahan-bahan solusinya ternyata bisa kita temukan di sekeliling kita Mbak.

      Delete
  3. Khasiat daun pepaya bermanfaat banget yah. Daku nggak kepikiran sampai ke situ bahwa bisa untuk membantu melancarkan sirkulasi haid. Trims infonya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dengan catatan buat yang suka sama pahitnya daun pepaya :D

      Delete
  4. Mbak makasih udah share tentang telat haid beserta tipsnya juga, aku sempet beberapa kali mengalami telat haid sampe takut kenapa-kenapa. Sepertinya harus dicoba nih tips dari Mbak.

    ReplyDelete
  5. Wah ini pengobatan alami ya Bun. Saya jug suka telat haid kata dokter karena gangguan hormon mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga dengan cara alami ini bisa membantu ya :)

      Delete
  6. aku langsung parno kalau telat haid *efek gak kb hahaha.. :p

    makasii infonya ya mbak, baru tau deh, ternyata bisa dengan konsumsi ramuan herbal juga ya..

    ReplyDelete
  7. Selain buat memperlancar haid, jeruk nipis juga bagus buat imun ya kak. Aku jadi kepengen lebih giat rutin minum ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jeruk nipis emang banyak manfaatnya ya

      Delete
  8. Alhamdulillah selama ini siklus haidku normal. Hanya saja kadang rasanya pegal banget bagian panggul apalagi usai melahirkan. Ada yang begitu juga kah, Mom?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalau saya malah sebaliknya Mbak. Sebelum melahirkan mala sayanya mengalami itu. Sekarang alhamdulillah nggak seberapa dan hampir nggak sakit lagi daerah panggul.

      Delete
  9. Alhamdulillah ga pernah mngalami gangguan haid serius hanya haid ga maju mundur

    ReplyDelete
  10. Saya pernah telat haid, saya pikir hamil, tapi saat cek gak taunya gak hamil. Hiks. Padahal udah ngarep banget.
    Gangguan hormon kira2 bakalan membahayakan jangka panjang gak ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba konsul ke dokter kandungan saja Mbak. Barangkali ada solusinya kalau terkait hormon masalahnya.

      Delete
  11. makasi loh mba tipsnya ini pas banget yang aku alami saat ini. sejak pakai KB gak pernah teratur siklus haidnya, mungkin dengan coba tips diatas bisa membantu ya mba..

    ReplyDelete
  12. Temen ku sering telat haid.. Boleh aku share nih artikel nya ke temenku. Ths ya mbaa

    ReplyDelete
  13. Waaah bermanfaat sekali info nya. Aku mulai memasuki usia 40. Bisa saja kemungkinan terjadi menopouse kadang juga sering terlambat menstruasi nya. Bisa juga karena stress dan lelah. Ditambah jaitan caesar yang kadang suka ngilu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh... ikut kebayang deh rasanya. Moga tipsnya ini sangat bermanfaat ya Mbak...

      Delete
  14. yang jeruk nipis boleh di coba tuh mba. kalau daun paya ngeri pait. hehe. thx mba infonya. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mbak, emang tantangan banget mah kalau yag daun pepaya itu :D

      Delete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkenan membaca. Mohon maaf, komentar yang mengandung link hidup akan saya hapus ya...

Popular posts from this blog

Menambah Wawasan Parenting dari Buku Dilan

Ceritanya karena lagi heboh-hebohnya Film Dilan nih. Saya yang sudah dari lama ngincer buku itu, lalu pengen beli tapi kok ya kapasitas dana nggak kayak dulu lagi, akhirnya cuma bisa ngowoh.
Eh ndilalah, entah dari mana ceritanya, kok jadi tahu aplikasi perpustakaan nasional bernama iPusnas. Dan di sana koleksi Dilannya lengkap! Tiga buku ada semua. Cuma… antriannya sampai ratusan, Jeng!
Demi rasa penasaran, ikutan ngantri deh. Lucunya, awal ngecek koleksi buku Dilan di iPusnas, saya langsung bisa pinjam buku yang ke tiga, Milea Suara dari Dilan. Pas kosong, padahal yang sudah antri banyak. Tapi kemudian saya anggurin. Dan akhirnya nggak kebaca deh.

Beberapa hari kemudian, saat launching film Dilan beneran keluar, cek antrian lagi deh. Makin sering lagi ngeceknya di notifikasi. Endingnya, dalam seminggu, saya bisa lho mengalahkan para pesaing antrian buku ini, baca tiga-tiganya dalam waktu nonstop sekitar lima sampai enam jam langsung baca, lewat hp Samsung J1. Udah, bayangin aja tu laya…

Lopang, Surganya Buah Jamblang

Tahu buah jamblang, atau juwet, atau dhuwet, atau dhuwek?
Di beberapa daerah, buah ini memang punya julukan yang berbeda-beda. Saya sendiri malah menyebutnya dengan plum Jawa! Hahaha…
Nah, di daerah Lopang, Kecamatan Kembangbahu, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, kita bisa menjumpai buah jamblang dengan aneka jenis.
Mulai dari jamblang yang ukurannya kecil tanpa biji, sampai yang berukuran sebesar bakso telur puyuh dengan daging buah yang tebal.
Atau, dari yang rasanya masam, hingga jamblang yang manis tanpa menyisakan rasa sepet di lidah.
Jamblang yang warnanya hitam pekat hingga berwarna ungu kemerahan pun ada di Lopang.



Di masa-masa akhir musim kemarau menjelang musim hujan, biasanya buah ini bermunculan.
Untuk tahun 2017 ini, sepertinya musim jamblang di Lopang jatuh di sekitar bulan Oktober hingga November. Karena di bulan September ini, pohon-pohon jamblang di Lopang mulai bermunculan bunganya.
Karena begitu kayanya jenis jamblang di Lopang, saya menyebut tempat satu ini sebagai surg…

Membimbing Anak Belajar

Kali ini saya ingin membahas tentang apa dan bagaimana tentang membimbing anak belajar yang perlu dilakukan oleh orangtua. Tulisan ini berdasarkan hasil wawancara dengan Imelda Yetti yang beberapa tahun lalu sempat saya wawancarai sewaktu saya menjadi reporter di Batam. Saat itu, ia adalah pengajar di Sekolah Charitas Batam.
Sering orangtua mewajibkan anaknya untuk belajar tanpa ingin tahu mengapa ada anak yang sulit dalam proses belajarnya. Akibatnya meski anak dipaksa terus belajar, anak tak kunjung menjadi pintar dalam artian menyerap apa yang dipelajarinya sendiri.
Padahal menurut Imelda, ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi kemampuan anak dalam belajar. Faktor-faktor tersebut antara lain, waktu, dukungan, budaya, konteks, dan kebebasan memilih.
Dikatakannya lebih lanjut, tiap anak memiliki waktu yang berbeda-beda untuk dirinya sehingga ia bisa mudah menyerap apa yang dipelajarinya.
Anak pun membutuhkan dukungan dari lingkungan sekelilingnya dalam hal belajar. Bisa jadi dari or…

Tujuh Hal yang Perlu Dipertimbangkan dalam Membuka Usaha Toko Sembako

Pada tahu kan toko sembako? Itu lho, toko yang isinya menjual sembilan bahan pokok.
Yang masuk kategori sembako itu antara lain: 1.Beras, sagu, dan jagung 2.Gula pasir 3.Sayur-sayuran dan buah-buahan 4.Daging sapi, ayam, dan ikan 5.Minyak goreng dan margarine 6.Susu 7.Telur 8.Gas ELPIJI (kalau dulu sih minyak tanah) 9.Garam berIodium dan berNatrium
Semua bahan itu jadi kebutuhan pokok sehari-hari manusia.
Nah, peluang usaha membuka toko sembako ini bisa menjadi bisnis rumahan ibu rumah tangga yang menguntungkan. Bagaimana tidak. Tiap hari bisa selalu saja ada orang yang datang membeli.
Tapi yang namanya bisnis menguntungkan, biasanya ya memang banyak pesaingnya.
Menurut beberapa info yang saya baca, kita perlu survey dulu. Barangkali, eh, ternyata ada toko sembako juga di dekat tempat yang mau kita dirikan usaha.
Kalau sampai ada, perlu dipantau juga. Jangan sampai harga toko tersebut lebih murah dari barang-barang yang dijual di toko kita nantinya.
Tapi kalau sampai belum ada pesaingnya, namanya …

Kebun Binatang Surabaya, Tempat yang Instagramable untuk Foto Keluarga

Setelah sekian lama hanya bisa memandang dari kaca bus saat melewati Kebun Binatang Surabaya dari Terminal Bungurasih ke Terminal Osowilangun, pada akhirnya saya bisa menginjakkan kaki lagi ke kebun binatang kebanggaan arek Suroboyo yang biasa disingkat dengan KBS.
Sebetulnya kemarin itu kali ke dua saya mengunjungi KBS. Seingat saya, pertama kali main ke sana saat masih SD sekitar sebelum kelas 5. Waktu itu saya masih tinggal di Bekasi dan diajak main ke KBS saat sedang berlibur di Lamongan.
Nah, agenda ke KBS pada hari Selasa, 4 Juli 2017 lalu itu sebetulnya bisa dibilang mendadak. Rencananya awal, saya dan suami ingin mengajak Kayyisah naik kuda sebagai pemenuhan janji karena dia sudah bisa dan mau berjalan.
Sempat terpikir untuk mengajak Kayyisah ke Kenjeran. Tapi tidak jadi karena takut anaknya kepanasan.
Suami sendiri inginnya sih mengajak ke Pacet. Cuma dalam pikiran saya, kok sayang kalau agendanya naik kuda saja.
Setelah browsing, saya baca ternyata di KBS kok ada juga wahana nai…