Andai Ibu Rumah Tangga Punya Libur, Inilah yang Akan Saya Lakukan

Post a Comment


Apa yang dilakukan di hari libur?

Libur? Whua… dengar kata itu kayaknya sudah lima tahun ini sudah nggak ada lagi dalam kamus kehidupan saya. Sejak jadi ibu rumah tangga, sejak di tahun 2014 nggak kerja lagi di luar rumah, jadilah nggak ada ketemu lagi yang namanya hari libur.

Akhirnya sehari-hari, aktivitas saya kebanyakan kalau nggak sama anak, beres-beres dan mengerjakan pekerjaan rumah tangga, atau ya kerja menulis di rumah.

Hanya kadang-kadang saja kehidupan saya bisa keluar dari rutinitas itu. Biasanya, saat sayanya sedang ada liputan ke luar kota.

Kadang kalau pas jenuh, sempat juga sih kepikir, andai bisa punya hari libur. Dan kalau sedang mengkhayal, biasanya hal-hal ini yang terlintas dalam pikiran saya tentang apa yang ingin saya lakukan di hari libur.

1. Tidur

Dulu waktu jadi reporter, saya itu suka rapelan tidur mulai dari pulang kantor yang biasanya dini hari, sampai sore! Beneran lho, saya bisa kuat tidur dan biasanya saya jeda buat shalat lalu lanjut tidur lagi.

Jangan tanya urusan makannya gimana. Biasanya saya rapel pas sore. Atau kalau nggak kuat, siang habis shalat dzuhur, saya turun dari ruang rusun tempat saya tinggal ke area foodcourt.

Begitu juga saat sekarang jadi ibu rumah tangga. Rasanya bisa tidur cukup itu mahal dan berharga. Siang sampai malam mengerjakan urusan rumah atau aktivitas dengan anak. Malamnya saat anak tidur, sering saya pakai buat ngeblog.

2. Beres-beres rumah

Libur kok beres-beres rumah? Mungkin begitu kali ya yang terpikir saat baca tulisan saya ini.

Tapi memang benar. Saat ada waktu sendirian di rumah, ada waktu senggang, justru saya malah mengisi waktu dengan beres-beres.

Biasanya ini saya lakukan untuk sesuatu di rumah yang sehari-hari saya sulit untuk menyentuhnya. Misalnya, mainan anak yang biasanya asal taruh di tempat mainan, saat senggang, inilah yang jadi sasaran saya untuk dibereskan.

3. Solo traveling

Satu hal saat lajang yang saya suka dan hampir tidak pernah saya lakukan lagi sekarang ini adalah solo traveling. Dulu, saya hobi banget bepergian sendiri terutama naik bus. Sekarang saat sudah punya anak dan suami, otomatis, hampir tidak pernah lagi saya melakukan hal ini.

4. Nonton film

Saat tahu ada ibu-ibu yang cerita hobinya nonton drakor, jujur, di situ rasanya saya pun ingin melakukannya lagi. Ya, lagi. Karena sewaktu lajang, terkadang saya mengisi hari libur dengan nonton film. Bisa di rumah sambil lihat di laptop, atau nonton di bioskop.

Bahkan dulu saat kerja, pernah saya mengisi hari libur dengan nonton tiga studio 21 dalam sehari. Biasanya pas hari libur, pas sedang libur juga shalatnya.

5. Baca buku

Bisa dibilang kuantitas buku yang saya baca sejak menikah itu menurun drastis. Sebetulnya dan seharusnya, baca buku itu bagian dari kebutuhan dan juga hiburan. Sayangnya, sampai saat ini saya belum ketemu solusinya nih biar bisa sering baca buku lagi.


Bisa dibilang itu semua activity wish list yang ingin saya lakukan andai bisa punya hari libur yang benar-benar libur. Kalau teman-teman, biasanya hari liburanya diisi dengan aktivitas apa saja?

Related Posts

Post a Comment

Popular